Kucing American Shorthair: Kenali Sejarah, Ciri hingga Harganya!

  58 views
Bagikan artikel ini

Satu lagi jenis kucing ras yang harus diketahui oleh pecinta kucing, yakni kucing American shorthair atau biasa disebut di Indonesia sebagai kucing bulu pendek Amerika. Kucing yang satu ini banyak dipelihara orang karena keindahan dan keunikannya. Bagaimana memangnya keindahan dan keunikan yang dimaksud? bagaimana sejarah, ciri, dan merawatnya? semua hal tersebut akan terjawab disini.

American shorthair

Deskripsi Kucing American Shorthair

Seperti namanya, kucing ini berbulu pendek dengan ukuran tubuh yang medium. Meskipun begitu, tubuhnya begitu padat sehingga cukup berat jika dibandingkan dengan jenis kucing yang lainnya. Kucing ini sangat terkenal di kalangan para cat lovers karena wajahnya yang sangat lucu.

Secara fisik, ia memiliki dada lebar, leher kuat dan berotot dan juga moncong yang cukup bagus. Warna matanya cukup beragam mulai dari emas hingga odd-eyed. Memiliki waktu hidup yang lama, kucing ini bisa hidup hingga mencapai dua belas tahun lamanya. Kucing American shorthair ini sudah ter-registrasi pada organisasi CFA, ACFA, dan juga TICA.

Sejarah Kucing American Shorthair

Sejarah kucing ini dimulai saat tahun 1960 dimana kucing ini menjadi kru kapal di Mayflower karena memiliki kemampuan berburu yang sangat baik. Kemudian, kapal tersebut berpindah-pindah ke berbagai tempat seperti ke daerah Jamestown hingga ke daratan Florida. Dengan berbagai perjalanan tersebut, kemudian kucing  shorthair melalang buana.

Waktu itu, kucing begitu dianggap penting baik di lautan ataupun di daratan. Pada daratan, para petani dan juga pemilik toko berbondong-bondong memelihara shorthair ini karena sangat padat dan kuat. Kucing American shorthair waktu itu adalah pilihan yang sangat tepat untuk membantu mereka.

Baca juga:  Kucing Toyger: Inilah Sejumlah Hal Menarik Terkait Hewan ini

Ciri-ciri Kucing American Shorthair

Setiap kucing tentunya memiliki ciri khas tersendiri, sehingga antara ras satu dan lainnya dapat dibedakan dan memiliki identitasnya masing-masing. Bagaimana dengan shorthair yang satu ini? cirinya antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Wajah dari kucing ini adalah bulat lucu dengan moncongnya yang agak maju dan kotak
  2. Bentuk mata kucing ini adalah menyerupai almond dengan warna mata yang cukup beragam mulai dari emas, odd-eyed, biru, dan lain sebagainya.
  3. Tinggi badan dari kucing shorthair ini adalah sekitaran 45 hingga 50 cm.
  4. Panjang badan dari kucing ini adalah mencapai kisaran 35 cm.
  5. Kucing yang satu ini memiliki ciri khas yakni badan yang cukup gempal dan padat, berat badan jantannya bisa 3,5 hingga 4,5 kg dan untuk betinanya bisa memiliki berat badan dari 3 hingga 4,5 kg
  6. Memiliki kaki serta cakarnya yang kuat
  7. Bukan kategori kucing agresif tetapi sangat pandai berburu
  8. Bulunya pendek dan juga tebal dengan berbagai jenis warna bulu
  9. Memiliki kecenderungan pendiam serta memiliki sifat yang manja kepada Kamu sebagai pemiliknya
  10. Shorthair ini suka bermain dan juga pandai menyesuaikan diri di tempat yang baru.

Cara Merawat Kucing American Shorthair

Jika Kamu sudah memiliki atau berencana memiliki kucing ini, maka Kamu harus paham betul bagaimana merawatnya. Cara merawat kucing yang satu ini adalah sebagai berikut:

  1. Menyisirnya seminggu sekali sehingga bulunya rapi dan tidak mati yang mana menyebabkan berceceran
  2. Kucing American shorthair tidak perlu mandi terlalu sering, Kamu hanya perlu memandikan 2 minggu sekali saja
  3. Jangan lupa untuk menggosok gigi kucing setiap beberapa waktu sekali karena makanan kucing bisa membuat gigi kucing berkarang atau menguning
  4. Memberikan makanan khusus kucing agar gizi kucing tercukupi dan tidak terkena penyakit berbahaya akibat makan sembarangan
  5. Jagalah kebersihan kandang karena kandang kucing yang buruk bisa menimbulkan berbagai penyakit berbahaya, Kamu bisa membersihkan kucing setidaknya 3-4 hari sekali supaya kandang tidak terlampau kotor
  6. Memberikan vitamin dan vaksin yang dibutuhkan kucing. Ini sangat penting karena hubungannya dengan daya tahan dan kesehatan kucing
  7. Menjaga kesehatan mental kucing Kamu dengan cara rutin mengajak bermain, tidak di buat stres, tidak disakiti, dan lain sebagainya
  8. Menjemur kucing secara rutin, karena sinar matahari sangat penting bagi kucing. Ini mampu membunuh bakteri dan jamur yang berbahaya serta memberikan kucing Kamu vitamin.
Baca juga:  Mengenal Karakteristik Kucing dan Perilakunya
American shorthair

Harga Kucing American Shorthair

Jika Kamu berminat untuk mengadopsi kucing yang satu ini, mengetahui harganya akan sangat membantu Kamu dalam mempersiapkan budget. Informasi ini juga penting untuk Kamu agar tahu pasaran harganya. Daftar harga kucing American Shorthair bisa Kamu lihat dibawah ini:

JenisHarga
American Shorthair impor dari breeder yang tidak populerRp. 8.900.000 hingga 12.000.000
American Shorthair dari breeder yang jelas silsilahnyaRp. 15.000.000 hingga Rp. 22.000.000
Daftar harga kucing american shorthair

Harga tersebut memang cukup tinggi, tetapi kenyataannya, tidak sedikit orang di Indonesia tertarik dan memutuskan memelihara kucing lucu satu ini.

Itulah berbagai informasi yang wajib Kamu ketahui tentang kucing American shorthair. Apakah Kamu berminat untuk mengadopsinya? Jika iya, jangan lupa untuk merawatnya dengan baik, ya! Hal ini dikarenakan kucing adalah mahkluk hidup yang juga harus Kita sayangi sebagaimana mestinya. Semoga bermanfaat dan cepat mendapatkan kucing American shorthair yang Kamu inginkan. Terima kasih.