Ternyata Begini Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir Agar Tidak Mati!

 
Bagikan artikel ini

Cat lovers, apa kamu pernah melihat anak kucing baru lahir yang ditinggal induknya? Iya, pasti kamu tak tega melihat bayi-bayi kucing terlantar begitu saja di jalan. Maka dari itu lebih baik kamu merawat anak-anak kucing tersebut dengan baik.

Biasanya induk kucing akan mencari tempat yang aman dan nyaman untuk melahirkan anak-anaknya. Ada berbagai kriteria aman menurutnya, seperti jauh dari jangkauan musuh atau manusia, kering, hangat dan sebagainya.

Penasaran mau tau caranya? Kamu dapat mengikuti cara merawat anak kucing baru lahir disini! Mungkin sebagian orang ingin memelihara mereka, namun tak tau cara merawat anak kucing baru lahir agar tidak mati. Nah, langsung saja mari kita simak informasinya berdasarkan ulasan di bawah ini ya cat lovers!

Anak Kucing Baru Lahir
Anak Kucing Baru Lahir

Kenapa anak kucing baru lahir tidak boleh dipegang?

Cat lovers, kamu sudah tau kan ciri-ciri kucing hamil? Nah, ketika kamu melihat anak kucing yang menggemaskan pastilah memiliki daya tarik tersendiri yang begitu kuat untuk menyentuhnya. Saat kamu akan menyentuh anak kucing lucu, mungkin kamu merasa senang, tapi apa kamu pernah berpikir apa yang akan terjadi setelahnya? Bisa saja tindakan yang kamu lakukan justru akan berakibat fatal.

Padahal sebaiknya anak kucing yang baru lahir tak baik bila langsung dipegang, mengapa? Karena biasanya akan menyebabkan induk betina marah jika tidak hati-hati. Jadi disarankan saat anak kucing sudah menginjak usia 2-7 minggu barulah ia mulai dibiasakan dengan sentuhan manusia.

Baca juga:  Info Harga Kucing Persia Dibawah 500rb Serta Makanan Untuk Kucing Persia

Atau jika kamu ingin memegang anak kucing, lakukan pendekatan terlebih dahulu kepada induknya. Pasalnya, sejinak apapun induk betina, tetap akan marah bila anaknya yang baru lahir disentuh oleh siapapun tanpa mendapat restu darinya terlebih dahulu. Coba belailah induk betina dengan penuh kasih sayang, dan ajak bicara baik-baik. Jika ia sudah tampak jinak kamu bisa mengambil anak kucing tersebut.

Cara Merawat Bayi Kucing

Bagaimana cara memindahkan anak kucing yang baru lahir?

  • Jika induk kucing masih berada di tempat, maka keluarkan induk kucing tersebut dengan cara merayunya memakai sesuatu yang menyenangkan dan tampak lezat, seperti sepotong ikan. Namun, jangan sampai induk kucing betul-betul pergi dari tempat itu. Karena penting untuk membuat induk kucing melihat apa yang sedang kamu lakukan, namun tetap jaga jarak ya!
  • Angkat anak-anak kucing dari tempat yang lama ke tempat yang baru. Serta pastikan hati-hati ketika kamu memegangnya agar tidak sampai jatuh.
  • Biarkan induk betina mengikutimu ke tempat yang baru.
  • Tinggalkan mereka untuk sementara waktu agar bisa beradaptasi terlebih dahulu.

Cara merawat anak kucing baru lahir

Ada 9 tips untuk kamu para Cat Lovers bagaimana cara merawat anak kucing yang baru lahir ditinggal induknya. Simak tipsnya dibawah ini:

Mencari induk angkat

Jika anak kucing yang baru lahir ditinggal pergi oleh induknya, kamu bisa mencarikan induk kucing yang bersedia merawat anak-anak kucing tersebut. Akan tetapi, tak semua induk kucing mau menerimanya.

Namun, kamu perlu waspada saat anak kucing mangakrabkan diri dengan kucing dewasa, karena bisa saja anak kucing malah dimakan jika kucing dewasa menolaknya. Lantas, gimana kalau tak menemukan induk angkat? Tenang, tak perlu khawatir karena kamu bisa merawat sendiri anak kucing tersebut.

Jaga agar tetap hangat

Cara merawat anak kucing baru lahir yang ditinggal induknya ialah pastikan mereka agar selalu merasa hangat. Mengapa ? Karena bila bayi kucing suhu tubuhnya dingin, maka itu akan menjadi masalah bagi mereka. Anak kucing baru lahir belum dapat menghasilkan panas tubuh yang cukup untuk menghangatkan tubuhnya. Mereka akan menghabiskan sebagian besar energi yang tersimpan untuk menjaga tubuh supaya tetap hangat. Maka saat ingin mengambil anak kucing, jangan gunakan tangan kosong, tapi pakai handuk kecil agar mereka tidak kedinginan.

Baca juga:  Cara Merawat Anak Kucing untuk Pemula

Kamu bisa menyimpan mereka pada wadah berupa kotak yang sudah dialasi dengan kain atau selimut lembut dan jauhkan mereka dari angin. Jika masih dirasa kurang hangat, kamu bisa meletakkan botol yang berisi air hangat di tempat tersebut  agar mereka tetap merasa hangat. Selalu cek suhu kucing agar ideal yaitu antara 31-33oC  hingga mereka mencapai umur 5 minggu.

Beri susu secara rutin

Bila anak kucing tersebut berumur kurang dari seminggu, maka kamu harus memberikan mereka susu formula khusus kucing setiap 2 jam sekali. Dan saat usianya sudah masuk 2 minggu, kamu dapat memberikan susu setiap 4 jam sekali.

Cat lovers, pastikan perut kucing turun ketika kamu memberinya susu. Apa tujuannya? Agar susu benar-benar masuk ke dalam perut kucing bukan pada paru-paru. Nah, setelah kucing berusia 5 minggu kamu mulai bisa mengenalkan kucing dengan makanan basah.

Beri stimulus untuk BAB

Perlu kamu tau cat lovers, jika kucing yang baru lahir itu belum dapat melakukan buang air besar atau BAB sendiri. Maka dari itu kamu harus memberikan stimulus kepada mereka supaya kotoran yang ada dalam tubuh bisa keluar.

Caranya sangat mudah, yakni gosok perut dan anus kucing secara lembut memakai kapas bulat atau tisu yang sudah dibasahi terlebih dulu dengan air hangat.

Jaga kebersihan

Pada umumnya anak kucing baru lahir akan menghabiskan waktunya untuk tidur. Akibatnya kotoran mata yang menumpuk menutupi sekitar area mata anak kucing. Ketika anak kucing bangun tidur, kamu dapat membersihkan kotoran tersebut dengan kapas yang telah dibasahi air hangat.

Selain itu anak kucing baru lahir daya tahan tubuhnya juga masih lemah. Maka sebelum kamu menyentuh mereka, cucilah tanganmu sampai bersih terlebih dahulu. Dan jauhkan hewan peliharaan lain dari mereka.

Baca juga:  Tips Melakukan Perawatan Kucing Persia yang Tepat

Latih membuang kotoran

Pada saat umur 4 minggu, kamu sudah bisa melatih anak kucing baru lahir untuk membuang kotoran di kotak pasir atau litter box. Setelah anak kucing makan, taruh mereka pada kotak pasir. Lalu ambil kaki anak kucing dan ajarkan mereka menggaruk untuk menutupi kotoran tersebut. Ini merupakan naluri kucing, sehingga ia bisa mempelajari dan melakukan hal ini dengan cepat.

Latih untuk bergerak

Saat anak kucing baru lahir berumur 3 minggu, kamu bisa melatih otot dan syaraf agar mereka dapat bergerak lebih lincah. Gimana caranya? Berikan mainan seperti tali atau bola supaya mereka mau bermain dan melatih otot untuk bergerak.

Berikan perhatian dan kasih sayang

Cara merawat anak kucing yang baru lahir agar tidak mati selanjutnya ialah dengan memberikan perhatian dan kasih sayang. Layaknya anak sendiri, anak kucing juga butuh kasih sayang. Belailah anak kucing secara rutin dan berikan perhatian khusus kepada mereka. Hal ini akan membuat mereka merasa nyaman serta lebih setia dan sayang kepada kamu sebagai pemiliknya.

Lakukan vaksinasi

Anak kucing baru lahir sangat mudah terkena penyakit. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memberikan vaksin kucing bagi mereka. Hal itu bertujuan untuk menambah daya tahan tubuh agar lebih kuat sehingga mereka dapat tumbuh dengan sehat.

Cat lovers, itu tadi cara merawat anak kucing baru lahir yang bisa kamu praktekkan di rumah. Selamat mencoba ya dan sampai jumpa lagi pada pembahasan lainnya yang lebih menarik!