Mengenal Anak Kucing Persia yang Menjadi Incaran Masyarakat

Diposting pada 44 views
Bagikan artikel ini

Anak kucing Persia, dikenal dengan bulunya yang sangat lebat serta ukuran tubuhnya yang kecil. Saking imutnya, jika kucing ini tidak bergerak, mungkin kalian bisa salah mengira bahwa yang kalian lihat adalah boneka kucing. Buat kalian yang ingin memelihara jenis kucing ini, sebaiknya cari informasi terlebih dahulu. Karena, kalian harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk merawat anak kucing lucu tersebut.

Anak Kucing Persia
Anak Kucing Persia

Jenis Kucing Persia yang Perlu Kalian Ketahui!

Maraknya perhatian masyarakat terhadap kehadiran anak kucing Persia, membuat para pecinta kucing tidak segan-segan untuk membelinya. Mereka tidak mempedulikan jenis dari kucing yang akan dipelihara. Padahal, ada beberapa jenis yang menarik dan mudah untuk dipelihara jika kalian cermati lebih dalam. Karena kucing Persia bukan berasal dari wilayah lokal, maka tidak heran bila kalian membutuhkan perlakuan khusus selama masa perawatannya.

Anak kucing Persia diketahui berasal dari negara Iran. Dimana, kucing ini memiliki sifat yang sangat tenang, dan cenderung diam bila ada manusia berada di dekatnya. Bulu yang ada di tubuhnya juga mudah sekali mengalami kerontokan. Oleh sebab itu, tidak dianjurkan untuk memelihara kucing Persia bila ada anggota di rumah yang sedang mengandung atau memiliki penyakit asma. Akan tetapi, masalah tersebut dapat disiasati dengan menyiapkan sebuah ruangan khusus yang memungkinkan kucing dengan penderita asma tidak saling berinteraksi secara langsung.

Berikut ini adalah beberapa jenis kucing Persia yang dapat dengan mudah kalian temukan di pet shop jika hendak membelinya. Simak penjelasannya di bawah ini!

Kucing Persia medium

Jenis anak kucing Persia medium, memiliki ukuran tubuh yang tergolong kecil. Selain bulunya yang lebih lebat dibandingkan dengan kucing Persia pada umumnya, jenis ini terbagi lagi menjadi dua macam, yaitu berbulu panjang dan berbulu pendek. Selain itu juga bentuk hidungnya tidak terlalu mancung ataupun tidak terlalu pesek alias nanggung ini, menjadi daya tarik tersendiri bagi kucing Persia medium.

Harga anak kucing Persia umur 3 bulan jenis medium, bisa mencapai angka 1 juta untuk jenis kelamin jantan. Sedangkan jenis kelamin betinanya, berada di bawah angka 1 juta. Kisaran harga tersebut, biasanya belum termasuk biaya pemberian vaksin terhadap kucing.  Oleh sebab itu, saat hendak membeli anak kucing Persia, alangkah baiknya jika kalian membawa sejumlah uang yang lebih.

Kucing Persia Himalaya

Seperti halnya kucing Persia jenis lainnya, jenis kucing ini juga menghindari suasana ramai atau lebih senang mengasingkan diri ke tempat yang tenang. Jenis Himalaya, berasal dari perkawinan silang antara kucing Persia dengan kucing siam. Sehingga, tidak heran jika jenis ini memiliki corak warna tubuh yang serupa dengan kucing siam. Akan tetapi, bagian tubuhnya diselimuti dengan bulu yang lebat ala anak kucing Persia. Corak warna yang dimilikinya, yaitu berwarna cokelat tua atau hitam yang terletak di bagian wajah, hidung, telinga, ujung kaki, dan ekor.

Harga anak kucing Persia umur 3 bulan Himalaya, diperkirakan bisa menembus jumlah hingga 1,5 juta ke atas baik untuk yang berjenis kelamin jantan maupun betina. Angka tersebut tidak terlalu fantastis bila dibandingkan dengan harga dari jenis anak kucing berhidung pesek. Pembahasan mengenai kucing Persia berjenis hidung pesek, akan dijelaskan pada poin berikutnya.

Kucing Persia hidung pesek

Masyarakat sering menyebutnya dengan istilah flatnose. Sesuai dengan namanya, karakteristik khusus yang dimiliki oleh anak kucing Persia ini, ada pada bagian hidungnya yang terlihat hampir rata dengan wajah. Selain itu, karena jenis kucing ini sangat suka makan, alhasil pipinya terlihat chubby atau tembam. Bagi kalian yang memiliki jenis kucing Persia flatnose, sebaiknya perhatikan juga jadwal makanan mereka. Aturlah pola makan kucing Anda sebaik mungkin, agar kucing kesayangan kalian terhindar dari penyakit obesitas.

Informasi tambahan mengenai harga dari anak kucing flatnose yang masih berumur 6 bulan, ternyata memiliki nilai yang cukup fantastis. Angka tersebut bisa mencapai nominal sebesar 11 hingga 12 juta rupiah. Umumnya, rentang harga yang telah disebutkan sudah termasuk dengan biaya pemberian vaksin. Selain itu, karena hidungnya yang pesek, kucing ini lebih sensitif terhadap debu dan kebersihan yang ada di lingkungan tempat tinggalnya.

Kucing Persia peaknose

Tidak jauh berbeda dari jenis anak kucing Persia sebelumnya, kucing ini jauh lebih rata lagi batang hidungnya dengan wajah. Tidak hanya batang hidung saja, bahkan wajahnya juga datar jika kalian perhatikan baik-baik dari posisi atas dan samping. Uniknya, meskipun benar-benar terlihat seperti tidak memiliki batang hidung, kucing jenis ini banyak digemari oleh masyarakat. Padahal, harga belinya saja sudah sangat mahal dibandingkan dengan jenis kucing Persia lainnya. Bila flatnose bisa mencapai nominal 12 juta rupiah, maka peaknose dapat menembus angka 13 juta rupiah.

Kucing Persia campuran

Disebut campuran, karena anak kucing Persia ini lahir dari hasil perkawinan silang antara kucing Persia asli dengan kucing kampung. Hal tersebut dapat dilihat dari perbedaan warna bola mata yang cenderung berwarna kucing kehitam-hitaman atau bulu yang terdapat di bagian ekor yang sangat lebat khas dari kucing Persia. Karena disandingkan dengan kucing kampung yang pada umumnya memiliki tubuh kuat, jenis campuran tidak terlalu lemah layaknya kucing Persia asli.

Kucing jenis ini juga mudah dipelihara karena sifatnya yang bebas seperti kucing kampung. Meskipun mereka juga suka makan, mereka dapat mencari mangsanya sendiri jika diperlukan. Kucing Persia campuran dapat aktif beraktivitas, baik di saat siang hari ataupun malam hari. Harga anak kucing campuran yang berumur 6 bulan, lebih murah dibandingkan jenis lainnya. Mulai dari nilai 100 ribu rupiah sampai yang paling mahalnya adalah 3 juta rupiah. Nominal tersebut, tergantung dari kondisi fisik yang dimiliki oleh kucing.

Cara Merawat Anak Kucing Persia yang Baru Lahir Tanpa Induk

Membeli anaknya saja sudah mahal, apalagi langsung membeli kucing yang sudah berumur dewasa. Pasti harganya bisa mencapai dua kali lipat lebih mahal. Belum lagi karena masa hidup kucing tidak terlalu lama. Kalau beli induknya, maka kemungkinan besar kalian tidak dapat terlalu menikmati masa-masa merawat kucing. Cara merawat anak kucing Persia yang baru lahir tanpa induknya, pertama kali dimulai dengan menyiapkan tempat tinggal yang hangat dan dalam keadaan bersih. Lalu, biarkan dia beradaptasi dengan lingkungan barunya dengan tidak terlalu sering berada di dekat anak kucing tersebut.

Langkah berikutnya, berikan asupan makanan susu khusus kucing yang dimasukkan ke dalam botol dot. Hindari menggendong anak kucing ketika memberinya makan. Lakukan pemeriksaan kesehatan setiap 1 bulan sekali di awal masa pertumbuhannya. Setelah cukup besar, kalian bisa memperlakukannya dengan biasa. Vaksin bisa disuntikkan setiap 6 bulan sekali. Selain itu, kalian dapat membuat kucing Persia berinteraksi dengan jenis kucing lainnya supaya tidak terlalu malas. Nah.. itulah penjelasan mengenai berbagai jenis anak kucing Persia serta cara merawatnya. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.