Mengintip Ayam Bangkok Petarung Sadis dan Potensinya

Diposting pada

Ayam bangkok petarung sadis – Bagi mereka yang terbiasa melibatkan diri dalam pertandingan ayam di Indonesia, keinginan memelihara ayam bangkok petarung sadis pasti bukan lagi suatu keanehan. Pasalnya, unggas jenis ini dikenal karena gaya bertarungnya gesit, unik, dan kuat, terutama ketika menghadapi musuh dengan level setara. Meski begitu, tidak mudah untuk membesarkannya hingga jadi petarung andal.

Ingin Membeli Ayam Bangkok Petarung Sadis? Pertimbangkan Aspek Ini

Gambar ayam bangkok petarung sadis
Gambar ayam bangkok petarung sadis

Kepala

Bentuk kepala bibit ayam bangkok petarung sadis umumnya mempunyai bentuk tampak seperti burung rajawali. Ini diikuti oleh kulit serta tulang yang halus, tetapi sekaligus juga kukuh. Keuntungannya saat diadu terletak pada kemampuan bertahan dari serangan musuh di mana efek cedera dapat dihindari sekecil-kecilnya.

Bagaimanapun, ayam biasanya akan menyasar kepala lawan dengan patokan ketika bertarung. Jadi, yang memiliki bentuk kepala kukuh dan keras memberikan manfaat pertahanan diri lebih bagus. Itulah mengapa Anda harus mempertimbangkan aspek anggota tubuh terpenting ini saat ingin membeli bibitnya.

Paruh

Paruh termasuk senjata utama ayam bangkok petarung sadis ketika dilibatkan dalam pertandingan. Pastikan Anda tidak melewatkan indikator ini saat mencari unggas yang berdaya saing. Bentuknya harus tebal karena akan sangat menentukan apakah patokannya keras dan kuat atau tidak.  Biasanya, paruh terbaik terlihat sedikit naik di bagian atasnya atau dijuluki ngalen dalam istilah Jawa.

Bukan hanya itu, Anda pun akan menemukan sedikit bagian melekuk serupa dengan burung elang, lalu diikuti dengan warna yang mirip seperti sisik di kakinya. Meski demikian, hindari memelihara ayam berparuh pendek serta tebal sebab umumnya mereka kesulitan mematuk lawan.

Baca juga:  Ciri-Ciri Ayam Bangkok Aduan yang Bagus dan Tips Perawatannya

Bulu

Ayam yang bagus dan sehat biasanya akan memiliki bulu seutuhnya, tidak terlihat aneh. Bulu ini berfungsi layaknya tameng perlindungan dalam pertarungan, jadi harus serius diperhatikan. Ayam dengan bulu jarang-jarang atau terlalu tipis, selain tidak sehat, itu juga akan mengurangi self-defense ketika bertemu musuh.

Terutama saat diharuskan melawan petarung tipe bongkar sayap, tentu akan jauh lebih sulit lagi untuk bertahan. Oleh karenanya, carilah ayam dengan bulu yang subur dan lebat agar memperoleh pertahanan mumpuni, bukan sekadar kuat dalam menyerang.

Mata

Ayam bangkok petarung sadis mempunyai bentuk mata serta iris yang menonjol. Penglihatan yang baik biasanya diikuti dengan kebeningan dan kebersihan pada bagian irisnya. Di lain pihak, tulang alisnya akan terlihat lebih menonjol sehingga membuat mata tampak mengarah ke dalam.

Namun, indikator ini sulit dideteksi jika Anda membeli bibitnya atau anak ayam. Pasalnya, bentuk mata baru akan tampak jelas ketika telah memasuki umur dewasa. Sebagai solusinya, disarankan mewawancarai penjual sambil tetap memperhatikan kredibilitas mereka.

Badan

Coba cek bagian tulang, apakah bentuk dan jumlahnya normal?

Namun, jauh sebelum itu, tentunya Anda sendiri harus sudah memahami bagaimana deskripsi ayam bangkok yang memiliki struktur badan normal. Misalnya, badan cenderung panjang, demikian pula kakinya terlihat jenjang. Meski begitu, bukan berarti yang berbadan pendek secara otomatis disimpulkan sebagai ayam penyakitan.

Bagaimanapun, ayam bangkok petarung sadis sendiri memiliki beberapa tipe badan. Oleh karena itu, para pembeli biasanya menyesuaikan dengan selera mereka. Apakah itu tinggi dan panjang atau pendek, semuanya kembali kepada preferensi pribadi serta peruntukannya.

Keunggulan Memiliki Ayam Bangkok Petarung Sadis

Gambar ayam bangkok petarung sadis
Gambar ayam bangkok petarung sadis

Kebanggaan

Ayam bangkok memang telah dikenal sebagai jenis petarung yang diidamkan banyak orang. Artinya, memiliki ini sebenarnya identik dengan kebanggaan bagi para pecinta kegiatan aduan. Betapa tidak, dari segi penampilan terlihat sangat prima, di mana mata, struktur badan, dan ukurannya seimbang serta saling mendukung.

Baca juga:  Ciri Ayam Bangkok Bagus dari Kecil

Hidup lama

Selama perawatannya tepat, ayam bangkok petarung sadis bisa bertahan lebih lama meskipun sering diadu. Kekuatan fisik sudah menjadi bagian tak terpisahkan darinya sehingga angka harapan hidup pun cenderung lebih tinggi dibandingkan tipe lainnya. Meski begitu, biasanya mereka juga memiliki porsi makan yang jauh lebih banyak, jadi siapkan modal Anda sebaik-baiknya.

Peluang menang meningkat

Peluang kemenangan dalam satu sesi pertarungan akan meningkat ketika Anda menjadikan ayam jenis ini sebagai andalan. Kekuatannya bisa diadu bersama dengan hewan serupa lainnya, jadi tidak perlu khawatir. Biasanya, itu bahkan dapat bertahan meski setelah mengalami pertempuran beberapa kali dalam sehari.

Staminanya tidak mengalami penurunan drastis, meski tentu saja, tetap ada batasan ketahanan yang harus dipertimbangkan. Sejalan dengan harapan untuk bisa bertahan hidup dalam waktu lama, sebaiknya hindari memforsir tenaga mereka secara terus-menerus karena itu sama artinya sengaja menyiksa.

Harga jual kompetitif

Barangkali, akan tiba suatu masa ketika Anda membutuhkan uang secara mendadak atau mulai kehilangan minat terhadap aktivitas aduan. Saat menghadapi kejadian semacam ini, tentu biasanya muncul keinginan untuk menjual ayam bangkok petarung sadis milik Anda.

Kabar baiknya, di pasaran akan selalu ada penggemar ayam tersebut, bahkan kadang-kadang dapat ditawar hingga mencapai puluhan juta. Tentunya ayam dengan harga jual yang tinggi mempunyai profil tak kalah tinggi, itulah mengapa diminati banyak kalangan.

Adapun saat ingin menjualnya tetap diperlukan upaya promosi, bukan sekadar dilakukan begitu saja tanpa persiapan. Selama Anda masih memilikinya, cobalah untuk membiasakan pola pertarungan sehingga ayam tersebut jadi terlatih dan punya insting tajam. Pasalnya, semakin besar nama seekor ayam bangkok petarung sadis, maka akan semakin luas pula basis pangsa pasarnya.

Baca juga:  9 Jenis Ayam Aduan Terkuat

Enak dipandang

Siapa yang tidak suka melihat hewan berbentuk indah? Selain karena berencana memelihara ayam sebagai pion pertandingan, kadang-kadang itu dilakukan sebatas hobi. Ini artinya, mendapati bahwa hewan peliharaan Anda tumbuh secara optimal memberikan kepuasan dan kesenangan tersendiri, bukan?

Kiat Khusus Membuat Napas Ayam Lebih Panjang

Gambar ayam bangkok petarung sadis
Gambar ayam bangkok petarung sadis

Urgensi

Ayam bangkok petarung sadis dengan napas yang pendek tentu membuat peluang kemenangan jadi relatif lebih kecil. Sulit untuk bertahan melawan musuh ketika untuk bernapas saja terasa sangat memberatkan. Pertarungan demi pertarungan yang dilewatkan memiliki probabilitas kekalahan lebih banyak dibandingkan kemenangannya.

Tentu, sebagai pecinta aktivitas sabung ayam, Anda tidak mengharapkan hal itu, bukan? Oleh karenanya, perlu dilakukan sejumlah kiat khusus dalam membuat napas ayam jadi lebih panjang. sehingga daya tahan selama bertarung pun meningkat.

Kiat

Berikan suplemen atau makanan tambahan kepada ayam peliharaan Anda, di samping membuatnya tetap bersih di setiap pekan. Saat matahari beranjak naik, cobalah untuk menjemurnya sekitar pukul 8 sampai 10 pagi. Di sisi lain, dibutuhkan pula pelatihan fisik secara khusus seperti kliter atau renang.

Masih belum cukup, Anda harus membuatnya terbiasa dengan pertarungan, tetapi hindari memforsir berlebihan. Kemudian, jangan pakai doping untuk meningkatkan staminanya, sebaiknya biarkan berkembang secara natural.

Membeli, merawat, dan meningkatkan kemampuan ayam bangkok petarung sadis sesungguhnya gampang-gampang susah. Faktor penentu paling utama adalah ketelatenan pemiliknya dalam menjalankan berbagai macam treatment. Pastinya, jika tidak dibarengi kesabaran dan kemauan kuat untuk membantu pertumbuhannya, itu bisa saja berakhir percuma dan potensinya sia-sia.