6 Ciri Ayam Brahma Asli dan Tips Ternak Ayam Jenis Ini

Diposting pada

Bagi pecinta unggas pasti sudah kenal dengan ayam brahma. Jenis ini dikenal memiliki bentuk yang menawan. Tidak salah kebanyakan orang memilih untuk mengoleksinya. Apa yang membuat unggas jenis ini lebih istimewa memang terlihat dari nampak fisiknya. Terlebih ukuran ayam bisa lebih besar dari tipe umumnya. Maka dari itu pastikan Kamu benar dalam pemilihan ketika ingin memelihara ayam brahma asli. Jangan sampai pilih atau tertukar dengan jenis lain.

Ciri-Ciri Ayam Brahma Asli

Foto ayam brahma asli
Foto ayam brahma asli: ayam brahma blue

Bulu tidak hanya di badan

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membedakan ayam brahma asli dengan jenis lain. Umumnya Kamu dapat memulai membedakan dari bentuk fisik. Langkah pertama dapat di lihat dari bagian bulu pada ayam. Bila pada ayam jenis lain hanya terdapat bulu pada bagian badan serta kepala, lain halnya dengan ayam brahma.

Sebab pada Ayam yang konon hasil persilangan ini memiliki bulu pada bagian kaki. Muncul bulu lebat pada kaki ayam membuatnya terlihat sangat unik. Bahkan hanya ada ditemui di jenis satu ini. Jadi ketika hendak membeli unggas jenis brahma maka dapat membedakan dari adanya bulu pada bagian kakinya saja. Cara ini terbilang yang paling mudah.

Memiliki ukuran yang besar

Ciri umum ayam brahma asli tidak hanya terletak dari bulunya yang sampai ke kaki. Adapun Kamu dapat memperhatikan pula dari ukuran pada unggas. Pada jenis lain seperti ayam bangkok umumnya memiliki bobot hanya mencapai 4 kg. Berbeda dengan ayam brahma asli yang mana ukuran badan jauh lebih besar. Bahkan mampu tumbuh hingga 6 sampai 7 kg dengan tinggi mencapai 70 cm.

Baca juga:  8 Ciri Ciri Ayam Petarung yang Bagus

Dari segi tampilan ayam jenis ini memang sangat mempesona. Berbadan besar dengan bulu hingga kaki nampak sangat menggemaskan. Tidak salah bila lebih banyak di manfaatkan sebagai ayam hias atau koleksi. Meski sebetulnya bisa juga di manfaatkan sebagai ayam potong atau petelur.

Memiliki 3 jengger

Membedakan ayam brahma dengan tipe lain sebetulnya tidaklah sulit. Sebab dari nampak fisik saja sudah terlihat. Meski begitu bagi Kamu yang masih awam tentu ada kendala tersendiri. Jika dua cara di atas masih belum meyakinkan, maka dapat mencoba tips satu ini. Ayam brahma asli memiliki keistimewaan yang mana memiliki tiga jengger. Bila di lihat fakta ini memang terbilang sangat unik. Nampak tersebut jelas berbeda mengingat tipe ayam lain umumnya hanya memiliki 1 jengger saja.

Ekor mengarah ke atas

Ayam Brahma asli memiliki satu ciri khas lain yang membedakan. Ciri ini nampak pada bagian ekor yang mana memiliki bentuk berbeda. Bila ayam pada umumnya mempunyai ekor yang membulat, berbeda dengan ayam brahma. Sebab tampilan ekor lebih mengarah ke atas. Jadi jika di cermati maka akan terlihat dengan jelas perbedaannya.

Memiliki keindahan bentuk

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa keistimewaan ayam brahma asli berada pada bentuknya. Terlebih tampilan ayam jauh lebih besar secara ukuran. Di dukung dengan keindahan bulu membuat unggas ini terlihat menggemaskan. Maka dari itu Kamu yang memeliharanya dapat memanfaatkan sebagai ayam hias.

Bila tertarik untuk memeliharanya pun tidak perlu panik. Sebab dari segi perawatan tidak terlalu sulit dilakukan. Hal terpenting ialah pemberian pakan yang berkualitas agar ayam mampu tumbuh dengan sempurna. Barengi pula dengan kebersihan kandang serta perawatan berupa memandikan ayam.

Baca juga:  Mengintip Ayam Bangkok Petarung Sadis dan Potensinya

Memiliki beragam jenis

Perlu diketahui bahwa ayam brahma asli memiliki beragam jenis berbeda. Artinya terdapat tipe-tipe tertentu yang membedakan. Meski begitu dari bentuk terlihat menonjol serta membedakan dari ayam jenis lain. Umumnya ayam brahma memiliki perbedaan pada warna bulunya saja.

Misalnya pada tipe Columbia light yang merupakan jenis paling favorit. Tampilan terbilang keren dengan adanya bintik hitam pada leher serta ekor. Selain itu ada pula jenis light yang dominan berwarna kusam. Sebetulnya masih banyak lagi tipe lain seperti dark brahma hitam serta masih banyak lagi. Namun untuk membedakan cukup dengan melihat dan memahami perbedaan warna pada bulu saja.

Tips Ternak Ayam Brahma

Foto ayam brahma asli
Foto ayam brahma asli: ayam brahma blue

Persiapkan kandang. bisa juga di lepas

Setelah mengetahui ciri dari ayam brahma asli mungkin Kamu tertarik untuk memeliharanya. Umumnya ayam ini banyak di jadikan ayam penghias. Sebab tampilan lebih terlihat memukau. Jika berkenan beternak ayam jenis ini maka langkah pertama tentu saja persiapkan kandang terlebih dahulu. Pastikan bahwa ukuran kandang jauh lebih besar demi kenyamanan peliharaan.

Seperti yang diketahui bahwa ayam jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar dari jenis lain. Maka dari itu persiapkan kandang yang nyaman dengan ukuran lebih besar. Sebenarnya Kamu juga dapat membiarkan ayam ini hidup tanpa kandang. Namun, tentu langkah tersebut terbilang riskan terjadinya kehilangan.

Pemilihan bibit

Sebelum beternak tentu Kamu harus mempersiapkan pemilihan bibit. Pastikan memilih bibit yang unggulan. Maka dari itu penting untuk melakukan riset terlebih dahulu. Pilih bibit yang sehat dan lincah. Jangan sampai salah pilih bibit yang cacat. Selain itu pastikan lihat pula pada bagian kakinya. Pastikan kakinya memiliki bulu yang mana menjadi khas ayam ini.

Baca juga:  Mengenal Ayam Bangkok F1 Asli Thailand

Seperti yang diketahui ada beragam jenis dari ayam brahma. Tiap jenis di bagi dari warna yang berbeda maka dari itu pilihlah nampak bibit yang berwarna mengkilau. Sebab kemungkinan warna menjadi terlihat cantik ketika dewasa terbuka lebar. Dengan demikian Kamu benar-benar memperoleh bibit berkualitas tinggi.

Pemberian pakan untuk anakan

Setelah memilih bibit ayam brahma asli maka langkah selanjutnya dalam beternak yaitu pemberian pakan. Kamu tidak boleh memberikan pakan anakan secara sembarangan. Sebab hal itu berkaitan dengan tingkat pertumbuhan bibit. Berikan pur serta di campur dengan irisan sayuran. Jangan lupa menambahkan vitamin untuk menunjang pertumbuhan bibit.

Pakan untuk ayam dewasa

Pemberian pakan lanjutan diberikan ketika bibit mulai tumbuh dewasa. Kamu dapat memberikan pakan secara bervariasi. Misalnya dengan memberikan pur campuran berkualitas. Pemberian secara rutin memberikan efek bagus dalam pertumbuhan. Ayam menadi tumbuh tinggi, berotot dan berbulu cantik. Bantu pula dengan pemberian vitamin serta suplemen yang cukup.

Menjaga kebersihan kandang

Dalam beternak, kamu harus memperhatikan betul dengan kebersihan kandang. Bagaimana pun kebersihan kandang menjadi indikasi kesehatan dari unggas. Paling tidak rajin membersihkan satu minggu satu dua kali untuk memastikan kondisi kandang nyaman di tempati hewan peliharaan. Jangan lupa pula untuk membersihkan tempat makan dan minum yang terdapat pada kandang. Sebab bisa-bisa sudah terlalu keruh sehingga harus di cuci kembali.

Penutup

Itu dia beragam informasi mengenai ciri ayam brahma asli serta tips dalam beternaknya. Ayam jenis ini menawarkan keindahan dalam bentuk. Tidak salah banyak orang memanfaatkan sebagai koleksi. Adapun Kamu dapat menjadikan peluang bisnis mumpuni mengingat harga jualnya yang juga terbilang mahal.