Kenali Berapa Lama Kucing Hamil dan 10 Ciri Akan Melahirkan

  89 views
Bagikan artikel ini

Kucing merupakan salah satu hewan yang memiliki banyak sekali peminat untuk dipelihara. Apalagi bentuk dan tingkah dari satwa ini kerap mengundang tawa serta menggemaskan. Tak ayal beberapa orang memilih untuk memeliharanya. Selain kerap terlihat menggemaskan, beberapa hal terkait kucing juga terbilang unik. Misalnya ketika hewan ini sedang dalam masa hamil. Berapa lama kucing hamil membutuhkan waktu hanya 58 sampai 67 hari. Periode itu terbilang singkat padahal sekali lahir mampu menghasilkan anak lebih dari 4.

Berikut Berapa Lama Kucing Hamil dan Penjelasan Mengenai Ciri Akan Melahirkan

Berapa Lama Kucing Hamil
Berapa Lama Kucing Hamil

Perut lebih besar

Ciri utama yang dapat dijadikan tanda bahwa kucing hamil akan segera melahirkan dapat dilihat dari nampak perutnya. Seperti halnya manusia, pada kucing betina yang hamil maka akan mengalami pertumbuhan pada bagian perut yang signifikan. Perubahan perut akan semakin lama membuncit seiring berjalannya waktu. Bila mana Kamu melihat hewan peliharaan memiliki ciri demikian maka dapat dipastikan anabul sedang mengandung banyak anak.

Sering muntah-muntah

Ciri kedua kucing hamil hendak melahirkan ialah kerap mengalami muntah-muntah. Lagi-lagi pada tahap ini terlihat kemiripan dengan masa hamil manusia. Namun bedanya pada masa muntah ini bisa saja sang kucing betina mengalami sakit sehingga membuatnya lemas dan muntah. Mengatasi masalah ini, Kamu dapat memberikan tambahan vitamin kucing atau nutrisi yang pas untuk semua jenis kucing.

Puting kucing merah muda

Berapa lama kucing hamil? kucing membutuhkan waktu sekitar 58 sampai 67 hari. Ketika periode hamil sudah mendekati waktu demikian maka biasanya muncul ciri khas yang menandakannya. Tanda itu terlihat dari puting kucing betina yang akan lebih berwarna merah muda. Selain mengalami perubahan pada warna, bentuknya pun terpengaruh. Hal itu bisa di lihat yang mana nampak puting kucing akan lebih besar dari biasa.

Baca juga:  Kucing Rex Selkirk: Deskripsi, Sejarah, Ciri, Cara Merawat, serta Harganya

Lebih manja dan lembut

Ciri khas kucing menjelang kelahiran ialah perubahan sifat yang terkesan berbeda. Kucing akan dengan sengaja mendekati Kamu terus menerus hanya untuk diberikan sentuhan hangat. Sikap itu menunjukan bahwa satwa ini memiliki perubahan sifat yang mana akan lebih lembut dan manja. Apabila Kamu mengamati tanda ini maka sebaiknya segera persiapkan tempat khusus untuk persiapan kelahiran satwa menggemaskan ini.

Bulu mengalami kerontokan

Penetapan berapa lama kucing hamil dipercaya lebih dari dua bulan. Selama periode mendekati kelahiran biasanya kucing memberikan tanda-tanda tidak terduga. Salah satu yang tak terlewatkan yaitu bulu yang terus mengalami kerontokan. Meski begitu bila Kamu melihat fenomena ini tidak perlu panik mengingat ini merupakan sesuatu yang wajar. Peningkatan hormon kulit menjadi penyebab utama kerontokan rambut betina.

Waktu tidur lebih lama

Tanda kucing makin dekat dengan kelahiran juga dapat dicermati melalui waktu tidur yang lebih lama. Fakta ini memang terbilang unik mengingat kucing itu sendiri memiliki waktu tidur yang terbilang lama sampai 16 hingga 18 jam. Jadi bila kucing Kamu memiliki waktu tidur yang melebihi dari itu maka dapat dipastikan bahwa tidak lama kelak akan segera melahirkan. Untuk itu ada baiknya persiapkan tempat lahir yang nyaman agar tidak lahir di sembarang tempat.

Mencari tempat yang sepi

Naluri alami seekor kucing betina yang hendak melahirkan ialah sibuk mencari tempat terpencil dan sepi. Berapa lama kucing hamil melakukan tindakan demikian ialah ketika beberapa hari lagi hendak melahirkan. Sang induk akan berusaha mencari lokasi yang dirasa aman demi kebaikan anaknya. Naluri alami itu didasarkan agar anak kucing tidak diganggu oleh makhluk lain bahkan dijauhkan dari manusia. Sebab dari kecil anak kucing belum bisa melindungi diri sendiri.

Baca juga:  Sifat dan Karakter Kucing Hutan Kalimantan yang Wajib Diketahui!

Mengeong terus-menerus

Ketika kucing yang sedang hamil kurang dari 1 jam sebelum melahirkan, pada umumnya kucing akan merasa begitu gelisah. Hasilnya kucing betina yang sedang hamil akan terus mengeong. Apalagi kalau itu hewan peliharaan Kamu dan belum menyiapkan tempat untuk melahirkan. Bila sudah melihat pertanda demikian maka lakukan sesegera mungkin persiapkan tempat untuk melahirkan. Kamu dapat menyiapkan kardus atau kotak di lokasi yang sepi serta nyaman untuk kucing.

Selera makan berkurang

Menjelang kelahiran anak kucing biasanya sang induk yang hamil mulai mengalami selera makan yang berkurang. Hal itu sebetulnya bukan tanpa sebab melainkan rasa malas yang menghampiri. Bentuk tubuh yang makin besar membuat kucing malas untuk bergerak. Sebagian besar waktunya hanya diisi dengan aktivitas seperti tidur. Maka dari itu seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa jam tidur hewan ini semakin meningkat pesat.

Mengeluarkan air seperti pipis

Ciri ketika kucing hendak melahirkan terakhir ialah mengeluarkan air seperti pipis. Ketika gejala kucing melakukan hal seperti ini maka dapat dipastikan induk betina siap untuk melahirkan anak kucing. Jika Kamu tahu dan melihat peristiwa ini maka sebaiknya segera langsung menyiapkan tempat berupa kardus atau kotak yang dipersiapkan untuk tempat hewan peliharaan melahirkan.

Berapa Lama Kucing Hamil
Berapa Lama Kucing Hamil

Inilah Nutrisi yang Diperlukan untuk Kucing Hamil

Selayaknya masa kehamilan seperti pada manusia, kucing pun perlu perhatian khusus. Wujud perhatian dapat berupa pemberian nutrisi yang baik untuk kucing yang sedang mengandung. Apalagi berapa lama kucing hamil terbilang cepat hanya butuh 58 sampai 67 hari. Jadi Kamu harus memberikan tambahan nutrisi yang baik agar anak kucing lahir dengan sehat.

  1. Nutrisi yang perlu Kamu perhatikan pada kucing betina di antaranya adalah protein. Maka dari itu pastikan jumlah protein yang diberikan terus ditingkatkan. Pemberian protein dapat berupa pakan tertentu yang telah banyak disediakan di petshop.
  • Selain memberikan tambahan protein, Kamu juga perlu memberikan asupan fosfor dan kalsium. Kedua zat ini memberikan efek positif yang mana mampu memperkuat tulang anak kucing.
  • Jangan lupa pula untuk berikan peningkatan pada kalori pakan kucing. Fungsi kalori juga tak kalah penting mengingat akan sangat baik untuk induk dan anak kucing di dalam tubuh. Pertumbuhan anak kucing pun dapat menjadi sempurna tanpa ada kendala berarti.
  • Perhatikan pula terkait jumlah fat yang diberikan pada induk betina. Nutrisi ini memberikan manfaat yang baik untuk kucing. Apalagi selama kehamilan kucing betina harus membawa badan yang berat ketika hamil besar. Untuk itu dalam meningkatkan nutrisi memang sudah seharusnya di perhatikan.
Baca juga:  Kucing Liar Eropa! Sejarah, Karakteristik, dan Ciri-cirinya

Penutup

Itu dia beberapa penjelasan terkait dengan berapa lama kucing hamil dan ciri ciri kucing hamil hendak melahirkan. Umumnya seekor kucing yang tidak lama lagi akan melahirkan akan terlihat dari segi fisik. Perut yang semakin besar serta kebiasaan yang berubah akan menjadi tanda yang paling terlihat. Bila menyadari ada tanda-tanda lain seperti yang sudah dijelaskan di atas maka Kamu perlu segera buat atau persiapkan kotak atau kardus untuk kucing melahirkan. Jika Kamu bertanya mengenai berapa lama kucing hamil maka jawabannya ialah 58 sampai dengan 67 hari. Waktu demikian terbilang sangat singkat.