Bulu Kucing Rontok, Cara Mudah Untuk Mengatasinya

Diposting pada 7 views

Bulu kucing rontok adalah salah satu masalah yang sering di alami dan tentunya sangat mengganggu. Apalagi bulu yang rontok bisa beterbangan dengan bebas dan menempel di sembarang tempat dan di seluruh penjuru rumah misalnya saja pada pakaian, sofa, dan tempat makan yang tentunya sangat mengganggu. Apalagi juga bisa mengganggu sistem pernafasan. Lantas bagaimana penyelesaiannya berikut ulasannya untuk kamu.

Bulu Kucing Rontok
Bulu Kucing Rontok

Penyebab Bulu Kucing Rontok Dan Cara Mengatasinya

Jangan biarkan hal tersebut dapat terjadi pada kucing kesayangan kamu. Perhatikan hal berikut dibawah ini agar kamu bisa segera mengatasinya.

Kondisi Pada Kulit Kucing

Jika kamu memiliki kucing yang bulunya mudah sekali rontok mungkin kucing tersebut mengalami infeksi contohnya saja kurap atau bisa disebut dengan istilah infeksi jamur atau bisa juga mengalami infestasi parasit yang menyerang tungau maupun kuku. Ada juga yang terjadi karena alergi.

Semua yang membuat kulit kucing menjadi iritasi dan menyebabkan kucing selalu menggaruk-garuk bagian tubuhnya dengan begitu bulu kucing akan otomatis menjadi rontok. Jika tidak segera diberi perawatan akan membuat kucing menjadi botak, bahkan resiko yang paling mengerikan adalah kucing akan menelan sendiri bulu-bulu mereka ketika menjilatnya.

Stres

Siapa bilang stres hanya bisa menyerang manusia, karena faktanya kucing bisa mengalaminya. Jika kucing kesayangan kamu mengalami hal tersebut pastinya akan menyebabkan bulu kucing menjadi mudah sekali rontok. Tidak hanya stres, bulu kucing rontok juga bisa disebabkan oleh rasa sakit yang dialami oleh kucing.

Kebiasaan kucing yang tidak bisa diubah adalah, mereka akan merawat luka tersebut dengan cara menjilatnya. Walaupun air liur kucing bisa menyembuhkan luka namun jika berlebihan akan membuat bulu-bulu indah kucing kamu menjadi rontok.

Sampo Yang Tidak Cocok

Saat kamu akan memandikan kucing pastikan sampo yang kamu pilih bisa cocok untuk bulu kucing. karena jika sampo yang digunakan tidak cocok akan menyebabkan bulu menjadi mudah sekali rontok. Jadi perhatikan setelah kamu memandikan kucing apakah bulu pada kucing mu mengalami kerontokan atau tidak, jika iya segeralah menggantinya supaya bulu kucing mu terhindar dari kerontokan.

Hormon Kucing

Hormon yang ada dalam tubuh kucing juga bisa menyebabkan bulu kucing menjadi mudah rontok. Hormon sendiri berfungsi sebagai pertumbuhan bulu kucing. namun, akan menjadi masalah jika hormon tidak seimbang pada gilirannya.

Saat kucing mengalami kekurangan hormon ataupun kelebihan bisa menyebabkan bulu kucing mudah rontok. Biasanya hal ini sering terjadi pada kucing yang sedang hamil atau menyusui, bulu kucing yang mengalami fase tersebut pasti akan mengalami perubahan dari bagian bulunya. Kamu tidak perlu khawatir karena bulunya akan kembali tumbuh seiring berjalannya waktu.

Kesehatan Yang Buruk

Kucing yang memiliki pola makan yang tidak sehat akan mengganggu kesehatannya dan hal tersebut tentunya akan memudahkan penyakit menyerang sistem imun. Jika sudah begitu otomatis akan menyebabkan bulu kucing menjadi mudah rontok. Jika kucing mu mengalami hal tersebut segeralah membawanya ke dokter hewan untuk melakukan identifikasi penyebab bulu kucing menjadi rontok.

Karena bulu kucing rontok juga bisa menyerang manusia dan yang paling parah hal tersebut bisa menular. Oleh karena itu, kamu harus selalu menjaga kesehatan kucing kesayangan supaya bulunya tidak mudah rontok secara tidak wajar, karena jika itu terjadi Kamu sendiri yang akan merasakan dampaknya.

Yang perlu kamu ingat, biasanya bulu kucing akan mengalami kerontokan itu terjadi sepanjang tahun. Jika bulu kucing kesayangan mu rontok namun tidak ada bercak botak maka dapat disimpulkan jika hal tersebut adalah hal wajar dan akan segera berakhir. Dan kamu juga harus selalu membersihkan kutu kucing supaya kucing mu bisa tetap sehat dan terhindar dari segala penyakit.

Cara Menumbuhkan Bulu Kucing Yang Rontok Karena Jamur

Untuk menumbuhkan kembali bulu kucing kesayangan kamu yang rontok, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

Menyikat Bulu Kucing Secara Teratur

Untuk mengatasi masalah bulu kucing yang rontok langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menyikat bulu kucing secara teratur. Cara tersebut tergolong sangat efektif untuk mengatasi masalah bulu kucing yang rontok, teknik tersebut akan membantu kucing mengumpulkan bulunya sebelum terjadi kerontokan.

Sebelum menyikat bulu kucing pastikan kamu mengetahui jenis bulu kucing tersebut apakah memiliki bulu kucing yang panjang atau sedang, jika kamu memiliki kucing yang bulunya sedang kamu bisa menggunakan Slicker. Untuk bulu kucing yang pendek kamu bisa menggunakan sikat yang terdapat dua sisi.

Memandikan Kucing Sebulan Sekali

Hewan berkaki empat yang menggemaskan ini memang terkenal hewan yang tidak suka mandi, padahal salah satu cara alami untuk mengatasi bulu yang rontok adalah dengan memandikannya minimal sebulan sekali.

Kucing yang sering dirawat akan terhindar dari segala jenis penyakit. Apalagi jika kamu memandikannya secara rutin bisa membuat rambut yang tumbuh di lapisan bagian bawah menjadi hilang, dengan begitu kucing tidak akan mengalami kerontokan.

Ubah Pola Makannya

Untuk mengatasi bulu kucing yang rontok adalah dengan mengubah pola makannya. Karena untuk mendapatkan bulu yang cantik dan sehat, kucing harus diberi makanan yang cocok untuk kucing yang bulunya rontok. Oleh karena itu kami sarankan supaya kamu menyediakan makanan yang seimbang dan kaya omega. Pastikan dalam makanan tersebut terdapat kandungan rasio asam lemak omega 6 dan 3 yang selalu seimbang. Hal ini bertujuan untuk selalu menjaga kesehatan bulu.

Banyak sekali produk makanan kucing yang dijual di luaran sana, kamu hanya tinggal memilihnya. Tetapi pastikan di dalamnya terdapat kandungan protein, asam lemak omega 3, vitamin dan mineral. Karena semua itu akan membantu menjaga kesehatan kucing baik dari segi gigi, tulang, sistem pencernaan dan juga bulu kucing supaya tidak mudah rontok.

Menjaga Kucing Supaya Tetap Terhidrasi

Untuk mengatasi masalah bulu kucing yang rontok, pastikan kamu selalu menjaga kucing supaya tetap terhidrasi dengan baik dan benar. Karena kucing juga membutuhkan minum yang cukup, kucing yang tidak tercukupi mineralnya akan mencerminkan kulit dan bulu yang kering. Dengan begitu bulu kucing kesayangan kamu akan mudah sekali rontok. Dengan begitu pastikan jika kamu selalu menyediakan mangkuk yang berisi air minum yang bersih dan penuh supaya jika sewaktu-waktu kucing haus ia akan langsung meminumnya.

Membersihkan Kandang

Biasanya kucing kesayangan akan dilepas bebas di lingkungan rumah kamu, sebenarnya hal ini tidaklah benar. Karena untuk mengatasi masalah bulu kucing rontok kamu harus menempatkannya di kandang yang khusus. Apalagi jika kucing yang kamu pelihara adalah kucing rumahan.

Dengan memberikannya kandang khusus, kamu bisa mengatasi atau meminimalisir bulu-bulu yang rontok dan akan menyebabkan bulu-bulu kucing menjadi beterbangan di lingkungan rumah apalagi jika menempel di furniture rumah dan hal tersebut tentunya sangat mengganggu. Oleh karena itu, kami sarankan supaya kamu memberikan tempat tidur yang nyaman di area kandang yang sudah disediakan. Dengan begitu bulu-bulu kucing tidak akan mudah rontok dan kamu sendiri bisa mengendalikannya.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab bulu kucing rontok dan cara mengatasinya. Semoga dengan pembahasan di atas dapat bermanfaat untuk merawat kucing kesayangan mu. Selamat mencoba!