Mengenal 8 Jenis dan Keunikan Burung Lovebird Biola

Diposting pada

Bagi Anda pecinta lovebird, pasti mengenal jenis burung lovebird biola. Jenis yang satu ini dikenal sebagai salah satu jenis burung lovebird termahal, karena harga jualnya bisa mencapai angka Rp 28 juta.

Karena harganya yang sangat mahal sejak pertama kali dilahirkan, burung lovebird biola memiliki julukan khusus yaitu lovebird ningrat. Walaupun harganya selangit, lovebird biola masih banyak diincar oleh para pecinta burung.

Asal-usul Burung Lovebird Biola

Gambar Burung Lovebird Biola
Source: burungnya

Asal-usul burung biola yang memiliki nama lain opaline ini, berawal dari hasil mutasi genetik pertama dari dua indukan jantan dan betina lovebird muka salem yang pertama kali menetas di Becky Anderson Bird Farm, Michigan, Amerika Serikat pada tahun 1997.

Saat pertama kali ditetaskan, burung ini memang memiliki warna cerah yang unik. Yaitu kepalanya berwarna merah, badannya berwarna hijau dan bagian ekor yang hampir terlihat seperti warna oranye.

Burung yang satu ini memang paling banyak difavoritkan untuk disilangkan dengan jenis lovebird lainnya. Saat disilangkan, biasanya warna kepala akan berubah, tapi bentuknya masih tetap sama.

Ciri-ciri Burung LoveBird Biola

Memiliki warna bulu yang indah, tak heran jika burung yang satu ini sering diikutkan dalam lomba warna hingga lomba suara.

Burung ini juga memiliki keunikan mencolok yaitu suara ngekek panjang yang dikeluarkan, yang bisa dilatih sejak muda.

Jika tertarik membelinya, silahkan perhatikan ciri khas burung lovebird biola berikut ini.

1.Burung ini memiliki ciri khas yang mencolok yaitu warna bulu di kepalanya yang berwarna merah terang.

Baca juga:  Mengenal Lovebird Josan Lebih Dalam

2.Sementara pada bagian tubuhnya berwarna hijau lembut. Tapi warna hijaunya berbeda dengan jenis lovebird yang lain. Selain hijau lembut, ada juga bulunya berwarna hijau kekuningan.

3.Saat masih muda, pada bagian belakang kepalanya bulunya terlihat berwarna kuning. Tapi semakin dewasa warnanya akan berubah menjadi merah cerah dan lebih kontras.

Jenis-jenis Burung Lovebird Biola

Jika Anda tertarik untuk memeliharanya, silahkan simak beragam jenisnya berikut ini.

1. Green

Gambar Lovebird Biola Green
Source: hewanpeliharaan

Jenis yang satu ini merupakan jenis yang paling standard diantara jenis lovebird lainnya yang keberadaannya cukup langka. Karena kelangkaannya, membuat harga biola Green berada di kisaran angka Rp 28 juta.

Burung ini juga sangat mudah untuk Anda kenali, karena ciri-ciri biola green yang paling mencolok terdapat pada bagian badannya yang didominasi warna hijau, sementara pada bagian kepalanya berwarna orange.

Jenis lovebird biola yang satu ini, memiliki keunikan pada bagian sayap yang terlihat seperti motif batik. Biola green lebih muda ditemukan di negara Afrika Selatan, Afrika Timur hingga negara Tanzania.

2. Parblue

Gambar Lovebird Biola Parblue
Source: jalaksuren

Parblue merupakan jenis lovebird paling langka dan jarang ditemui di Indonesia, karena jenis yang satu ini cukup sulit untuk menyilangkannya.

Jika Anda ingin mendapatkannya, Anda bisa mencoba menyilangkan blue possible parblue, yang merupakan anakan dari biola blue, dengan parblue betina dan dikawinkan dengan parblue pastel betina. 

Parblue juga memiliki warna yang unik. Pada bagian kepalanya, parblue berwarna kuning keemasan. Sementara bagian badannya berwarna biru yang tidak terlalu terang.

3. Lutino

Gambar Lovebird Biola Lutino
Source: kicaumania

Jenis selanjutnya adalah lutino. Sama seperti biola Green, lutino juga sangat mudah dikenali karena memiliki warna kuning bersih yang mencolok pada bagian dada hingga bagian bawah tubuhnya.

Sementara kepalanya memiliki pencampuran warna merah dan orange. Harga biola lutino sendiri berada di kisaran Rp 11 juta.

Baca juga:  Burung Lovebird, Unggas Kecil yang Mempesona

4. Blue

Gambar Lovebird Biola Blue
Source: zenhobbies

Walaupun sama-sama berwarna biru, ada perbedaan mencolok antara biola blue dan biola parblue yang harus Anda ketahui.

Jika pada bagian kepala biola parblue berwarna kuning keemasan, warna kepala biola blue adalah putih seperti kepala burung elang. Sementara pada bagian dadanya berwarna biru terang.

Keunikannya membuat burung satu ini digadang-gadang sebagai jenis burung lovebird termahal. Untuk bisa mendapatkannya, Anda harus siap menyiapkan uang sebesar Rp 40 juta.

5. Euwing

Gambar Lovebird Biola Euwing
Source: majalahlovebird

Jika dilihat, biola euwing memiliki warna yang hampir sama dengan biola green. Bagian kepala biola green yang berwarna orange terang, juga dimiliki oleh biola euwing.

Sementara pada bagian bulu di tubuh burung Euwing berwarna kuning, sementara sayapnya merupakan percampuran warna kuning dan hitam.

Ciri khas dari biola euwing bisa Anda lihat pada bagian belakang sayapnya memiliki corak berbentuk huruf ‘V’. Biola Euwing biasanya dijual di pasaran di kisaran harga Rp 15 juta.

6. Merah

Gambar Lovebird Biola Merah
Source: pxhere

Ada juga jenis lovebird biola yang sangat langka dan keberadaannya jarang ditemui khususnya di Indonesia yaitu merah.

Seperti namanya, pada bagian tubuhnya didominasi dengan warna merah pekat. Untuk bisa mendapatkan burung cantik ini, Anda harus siap merogoh kocek hingga 12 juta rupiah.

7. Fallow

Gambar Lovebird Biola Fallow
Source: tokopedia

Jenis selanjutnya adalah fallow. Jika diamati, fallow memiliki warna yang sama dengan biola lutino. Tapi yang membedakan adalah warna merah pada bagian kepalanya.

Pada bagian kepala lutino, warna merah tidak melebar hingga ke bagian dada. Sementara warna merah pada bagian kepala biola fallow melebar hingga ke bagian dada.

Tidak seperti lutino yang bagian bawah tubuhnya berwarna kuning pekat, bagian bawah biola fallow terlihat pencampuran warna kuning dan hijau yang tidak terlalu terlihat jelas. Kisaran harga biola fallow sendiri mencapai Rp 15 juta.

Baca juga:  Cara Ternak Lovebird untuk Pemula Dijamin Berhasil

8. Fischeri

Gambar Lovebird Biola Fischeri
Source: ebird

Fischeri juga merupakan hasil persilangan dari biola green dengan biola hijau biasa atau lebih banyak dikenal dengan nama josan.

Jika dilihat, warna dari biola fischeri sekilas memiliki kemiripan dengan warna biola fallow. Hanya saja warna hijau pada bulu bagian badan fischeri lebih terang.

Warna kepala fischeri juga terlihat lebih mencolok dan tegas seperti kepala elang. Harga biola fischeri sama dengan Green yakni Rp 28 juta.

Cara Merawat Burung Lovebird Biola

Karena memiliki keunikan dan harga yang fantastis, Anda tidak boleh sembarangan saat merawatnya. Silahkan Anda perhatikan bagaimana cara merawat lovebird biola dibawah ini.

  1. Beberapa jenis makanan favoritnya yaitu biji kenari, juwawut dan buah apel. Pastikan untuk selalu memberi makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan vitamin yang tinggi.
  1. Jangan lupa untuk membersihkan kandang minimal dua kali sehari, agar selalu bersih dari sisa makanan dan kotorannya. Anda juga harus memandikannya secara rutin, untuk menjaga warna bulu lovebird biola agar tetap indah dan terhindar dari penyakit.
  2. Rutinlah untuk mengganti air minumnya, karena burung ini suka mencelupkan paruhnya ke wadah minum hingga membuat air menjadi keruh. Jika terus-terusan meminumnya, maka lama kelamaan akan mengakibatkan kematian.
  3. Anda bisa memandikannya sekitar pukul 7 pagi, lalu setelah itu Anda bisa menjemurnya setiap 2 atau 3 jam sekali.
  4. Pilihlah sangkar berukuran sedang dan pastikan posisinya harus berjauhan dari hewan-hewan yang mengganggu ketenangannya. Jangan lupa untuk berikan wadah minum dalam sangkarnya.

Demikian penjelasan mengenai jenis dan cara merawat burung lovebird biola yang benar. Walaupun harganya cukup tinggi, tapi hal itu sebanding dengan bentuk dan warnanya yang indah.