Jenis Burung Lovebird Tercantik Beserta Harganya

Diposting pada

Bukan hanya sebagai peliharaan, bisnis burung Lovebird tercantik juga memiliki peluang yang lumayan besar. Kecantikan warna bulunya dan keindahan suara Lovebird tak hanya dilirik kolektor burung saja, namun masyarakat umum ternyata juga banyak menyukainya.

Burung Lovebird Tercantik
Source: jalaksuren

Lovebird dipandang sebagai burung yang lucu dan mudah dipelihara, dapat memberikan hiburan, bahkan keceriaan tersendiri di rumah sang empunya. Apakah kamu sudah tahu nama lovebird berdasarkan warna dan harga sangat beragam? Mari simak agar tak salah pilih.

Jenis Burung Lovebird Tercantik

Apabila ditanya lovebird termahal jenis apa? Jenis burung Lovebird dengan warna lovebird paling mahal adalah yang langka untuk ditemukan. Semakin langka seekor burung Lovebird dicari atau dibudidayakan, maka akan semakin mahal pula harga jualnya.

Artikel ini akan mengulas burung Lovebird tercantik untuk para kicau mania, nama warna burung lovebird bisa kicau mania simak dengan teliti. Inilah burung lovebird tercantik dan termahal.

1. Lovebird Bronze Fallow

Gambar Lovebird Bronze Fallow
Source: tokopedia

Warna lovebird langka yang teramat sulit ditemukan adalah Bronze Fallow. Bronze Fallow tidak mudah diternakkan, bahkan oleh professional. Hal ini karena warna bulunya didapatkan dari hasil mutasi gen dari kedua indukan dengan pola pemberian pakan tepat dan porsi sama.

Burung lovebird tercantik ini lebih sensitif terhadap adanya sinar matahari, sehingga cenderung mudah lemas saat terlalu lama melewati cuaca panas atau terkena cahaya matahari secara langsung.

Lovebird bronze fallow punya warna mata merah, warna bulu sayapnya hijau muda, lehernya berwarna hijau kekuningan, sedangkan paruhnya putih, dan bulu bagian kepalanya berwarna orange terang.

Varian Bronze Fallow memiliki varian burung lovebird tercantik yaitu Turquoise Bronze Fallow, warnanya sangat unik paduan biru muda turquoise dengan putih. Bagian kepala berwarna putih, paruhnya merah muda, sayap serta dadanya biru turquoise soft, matanya warna merah.

Harga Bronze Fallow tergolong termahal burung lovebird tercantik, dapat mencapai mencapai hingga Rp 280 juta rupiah. Jenis ini memang murni berasal dari mutasi khusus dan sangat sulit untuk dikembangbiakkan, sehingga wajar jika harga jualnya fantastis.

2. Lovebird Biola

Gambar Lovebird Biola
Source: jalaksuren

Lovebird biola tergolong burung Lovebird tercantik dalam ras sable atau fischeri. Menjadi jenis lovebird yang dipandang premium, sehingga nilai jualnya cukup mahal berkisar antara Rp 11 – 28 juta. Hal ini membuat Biola dijuluki lovebird ningrat atau berdarah biru.

Bukan hanya burung lovebird warna cantik, Biola memiliki keunikan bulu berwarna hijau yang berbeda dari jenis standar lovebird pada umumnya. Hal itu nampak pada lovebird Biola hijau yang sayapnya memiliki warna hijau tua dengan motif seperti batik yang khas.

Pada jenis lovebird Biola beberapa bulu hijaunya bercampur antara hijau muda dan kuning cerah. Selain hal itu, lovebird Biola juga memiliki tudung bagian kepala berwarna merah cerah atau pekat.

Terdapat berapa jenis burung lovebird Biola? Jenisnya banyak, karena hasil dari persilangan. Diantara yang cukup populer warna biru dengan kepala putih, ekor serta punggung berwarna hitam, disebut Biola Blue. Harga lovebird ini lumayan tinggi, dapat mencapai hingga 40 juta.

3. Lovebird Euwing

Gambar Lovebird Euwing
Source: zenhobbies

Burung lovebird tercantik di dunia selanjutnya, pertama kali ditemukan oleh peternak asal Belanda bernama Piet Verhijde. Merupakan hasil persilangan antara lovebird jenis Lutino dengan Hijau Standar.

Baca juga:  Jenis, Ciri-ciri, dan Harga Lovebird Batman

Penamaan jenis burung ini, didasarkan pada kata Eumelamin dan Wingi yang artinya memiliki corak istimewa pada bagian sayap. Sayap dan ekor burung lovebird tercantik jenis Euwing berwarna paduan hitam dan kuning.

Euwing menjadi salah satu jenis jenis lovebird termahal 2020, karena di Indonesia cukup sulit untuk ditemukan. Di pasaran harga yang dipatok bisa mencapai Rp 2.000.000 hingga Rp 5.500.000.

Berdasar penjelasan Euwing berasal dari mutasi silang beda jenis. Ciri paling kentara yaitu warna sayap lebih gelap dan membentuk seperti huruf V. Pigmen bulu tidak merata, sehingga ada perbedaan kecerahan antara punggung dan sayap, disinilah letak sisi uniknya

Untuk ciri detailnya, bulu bagian kepala berwarna hitam, namun ada juga yang merah orange. Paruhnya memiliki dominasi merah, warna punggungnya kontras, maksudnya punggung atas bagian dekat kepala lebih cerah.

Sedangkan untuk sisi dada berwarna kuning cerah atau bisa juga putih. Pada bagian ekornya lebih didominasi warna hitam dengan paduan gradasi kuning.

4. Lovebird Pipi Hitam (Agapornis Nigrigenis)

Gambar Lovebird Pipi Hitam
Source: catatan-burung

Si Pipi Hitam ini merupakan jenis lovebird dan gambarnya yang sangat ikonik, itu disebabkan salah satu dari 30 jenis Lovebird ini mempunyai warna hitam pada bagian wajah dan bentuk kacamata berwarna putih, dengan leher berwarna coklat.

Bagian punggung berwarna hijau, sedang dada atasnya berwarna oranye, untuk paruh berwarna merah muda, dan matanya putih,. Berdasar ukuranya Agapornis Nigrigenis ke dalam ras nyasa dengan panjang tubuh sekitar 14 cm.

Burung loverbird tercantik ini asalnya dari alam liar wilayah hutan sekitar Negara Botswana, Namizia, serta Zambia. Namun karena banyak pemburu dan perubahan alam yang drastis, sekarang ini cukup sulit bagi Pipi Hitam untuk berkembang biak.

Fenomena di atas menjadikan teramat sulit untuk bisa menemukan Pipi Hitam pada habitat asalnya. Jika ditanya berapa harga burung lovebird Agapornis Nigrigenis? Harganya masih tidak tetap, karena sulit ditemukan keberadaannya. Di Australia pernah laku seharga 3 juta.

5. Lovebird Halfsider

Gambar Lovebird Halfsider
Source: burungnya

Berikutnya adalah ulasan untuk jenis lovebird dan harganya burung dengan nama Halfsider. Halfsider adalah bagian lovebird yang masih termasuk sejenis dengan Blorok, merupakan mutasi antara lovebird paruh merah dan paruh putih.

Nama warna lovebird dan gambarnya Halfsider cukup diminati. Hal tersebut karena burung ini, mempunyai dua gradasi warna yang dapat dikatakan terbagi dalam separuh sisi yang berbeda (halfsider) dan saling dominan antar warnanya.

Ciri warna bulu dari lovebird Halfsider didominasi dengan warna putih atau kuning. Pada bagian kepala sampai leher biasanya berwarna hijau tua menyala layaknya rumput. Untuk sayapnya berwarna hijau.

Dadanya memiliki perpaduan warna putih kebiruan dan hijau muda yang terbagi 2 seperti memiliki garis pembatas antara dua warna tersebut. Warna lovebird apa saja yang ada pada Halfsider? Yang paling sering ditemui umumnya pastel kuning, biru, hijau serta pastel biru.

Apabila dilihat dari samping, Halfsider tampak seperti dua ekor burung dalam satu sangkar. Bicara mengenai harga burung Lovebird tercantik jenis Halfsider mencapai 20x lipat dari harga lovebird biasa, yaitu kisaran Rp 1.500.000 karena cukup unik.

6. Lovebird Madagaskar (Agapornis Canus)

Gambar Lovebird Madagaskar
Source: parrots

Jenis lovebird yang asli berasal dari pulau Madagaskar ini tak seperti namanya, ukuran Lovebird Madagaskar justru lebih kecil dibanding dengan yang lainnya. Bahkan burung ini dinobatkan sebagai burung terkecil dalam spesiesnya.

Baca juga:  Jenis, Ciri-Ciri, Harga, Dan Cara Merawat Lovebird Pasjo

Panjang burung lovebird tercantik Madagaskar sekitar 13 cm dengan berat antara 30-36 gram, sehingga membuat lovebird Madagaskar tampak. Warnanya dominan abu-abu pucat dan ketika dewasa, bulunya bisa berubah menjadi hijau gelap.

Lovebird Madagaskar juga memiliki varian yang sebagian besar bulunya berwarna hijau dengan kaki serta paruh berwarna abu-abu pucat. Di Indonesia nampaknya masih cukup langka.

Jika berminat memilikinya, berdasar review harga lovebird 2021, untuk jenis Madagaskar masih mencapai nilai jual sekitar Rp 1,5 Juta.

7. Lovebird Dakori

Gambar Lovebird Dakori
Source: gdmagri

Spesies bagian dari burung lovebird tercantik selanjutnya adalah Dakori, atau ada yang menyebutnya dengan nama Dakocan. Ada 2 jenis lovebird Dakori yakni dakori grade A dan dakori grade B.

Dakori grade A memiliki warna tubuh hijau standar, bulu kepala berwarna hitam pekat, dan leher hingga dada atasnya dihiasi warna kuning yang membentuk garis lurus berbatasan dengan warna kepalanya.

Sedangkan bagian sayap juga dada bawahnya berwarna hijau, dan paruhnya memiliki warna merah. Perbedaan Dakori grade B dibanding Dakori grade A terletak pada warna leher, yakni kuning bercampur orange.

Untuk harga lebih murah dari lovebird Madagaskar, nilainya belum mencapai jutaan, masih cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 800.000.

8. Lovebird Blorok

Gambar Lovebird Blorok
Source: blibli

Namanya mungkin terdengar seperti dedemit, namun jangan salah warnanya benar-benar mencerminkan burung lovebird tercantik. Bulunya memiliki gradasi warna biru langit dan putih seperti perpaduan awan di langit yang cerah.

Lovebord Blorok juga punya perpaduan warna bulu yang cantik, seperti oranye dan hijau olive. Namun, ada beberapa jenis warna lovebird Blorok dengan warna parblue, warna biola, atau lain sebagainya.

Untuk bagian sayap, punggung, serta ekor lovebird Blorok seolah memiliki warna perpaduan antara beberapa warna seperti kuning dengan hijau. Ada pula yang berwarna putih terang. Blorok mempunyai jenis paruh mungil berwarna orange atau merah muda.

Lovebird Blorok merupakan lovebird hasil rekayasa genetika yang menghasilkan bulu dengan gradasi warna lebih dari satu. Adapun gradasi warna tersebut tersusun acak, secara tidak rata sehingga terkesan sangat unik.

Oleh karena itu, lovebird jenis Blorok ini tergolong sangat langka, dan harganya pun mahal dapat mencapai hingga Rp 800.000 per ekornya. Beberapa jenis Blorok yang populer dan sering dicari yakni Blorok biru, lutinom blue series, dan violet.

9. Lilian’s Lovebird (Agapornis Lilianae)

Gambar Lilian’s Lovebird
Source: birdingecotours

Jenis burung Lovebird tercantik yang berikutnya ada Lilian’s Lovebird, atau yang biasa juga dikenal dengan sebutan Nyasa Lovebird. Nyasa adalah salah satu nama Lovebird berdasarkan warna dan harga 2020 yang cukup populer di kalangan pecinta burung ini.

Lilian’s Lovebird menjadi salah satu spesies yang tercatat sebagai hewan terancam punah oleh IUCN. Faktor utama penyebabnya yakni hilangnya habitat sehingga Lilian’s Lovebird terancam punah. Data saat ini, menunjukkan lilian’s lovebird tersisa sekitar 20.000 ekor.

Burung Lovebird tercantik jenis agarpornis liliane ini, dikenal merupakan spesies yang terkecil dari genusnya. Umumnya memiliki panjang kurang dari 13 cm. Warnanya hampir mirip dengan Fischer’s Lovebird dan Rosy-faced Lovebird.

Warna burung lovebird tercantik ini bagian kepala maupun lehernya berwarna oranye, berubah menjadi hijau di bagian belakang dan depan. Lilian’s memiliki punggung bawah berwarna hijau, sedangkan Fischer’s Lovebird yang biru.

Saat ini endemik Lilian’s ada di Taman Nasional Liwonde di Malawi. Untuk asalnya sendiri dari Tanzania. Dengan deskripsi kelangkaan dan gambar lovebird keren Lilian’s saat ini dipatok lebih mahal yakni harganya berkisar Rp 750.000.

Baca juga:  Mengenal Lovebird Violet, Burung Berbulu Cantik dan Unik

10. Lovebird Misty

Gambar lovebird misty
Source: burungnya

Kata ‘Mist’ dalam bahasa inggris artinya adalah kabut, dari hal itu dapat diidentifikasi jika warna burung lovebird tercantik jenis Misty mempunyai paduan menyerupai kabut yang terlihat begitu tebal namun tetap nampak gagah.

Apabila berada dalam kegelapan, Misty nampak memiliki warna yang lusuh, akan tetapi jika terkena cahaya, akan muncul pancaran efek kemerahan membuatnya terlihat begitu elegan dan mempesona.

Kebanyakan spesies Lovebird Misty memiliki warna dasar kuning cerah, dengan ekor serta kepala berwarna hitam. Bagian sayap berwarna hijau tua, dada dan juga ekor hijau muda, sedangkan kepalanya orange kehijauan, untuk paruhnya juga berwarna orange.

Burung lovebird Misty merupakan mutasi dari gen tubuhnya khusus pada bagian pigmen, sehingga itulah penyebab warna dari burung ini seperti kabut. Karena warnanya yang mampu menyala pancaran kemerahan keindahannya pun dihargai sekitaran Rp 700.000.-

11. Lovebird Merah

Gambar Lovebird Merah
Source: lovebirdoke

Keberadaan lovebird Merah hingga saat ini masih menjadi tanda tanya. Hal itu karena si Merah adalah salah satu jenis paling langka jika dibandingkan 30 jenis Lovebird lain. Bahkan ada yang mengatakan aslinya tidak ada, itu hanyalah trik agar harganya semakin mahal.

Meski demikian, ada pula teori yang mengungkap burung lovebird tercantik Merah adalah hasil persilangan antara 2 burung lovebird dengan warna bulu yang mencolok. Ciri khas jenis ini diketahui jika berwarna merah menyala agak orange.

Warna umumnya seperti namanya yaitu dominan merah, seluruh tubuh diselimuti bulu berwarna merah, dengan mata hitam, dan ekor yang juga hitam kemerahan. Pada bagian ekor dan punggungnya memiliki gradasi warna kuning yang lembut.

Sedangkan bagian sayapnya terdapat warna putih yang menjadikannya tampil begitu cantik. Sebagian ada yang menganggap jika burung ini hanyalah bentuk keisengan semata dan tidak nyata. Pasalnya lovebird yang memiliki warna hampir keseluruhan merah ini sulit ditemukan.

Dari sekian banyak jenis burung lovebird, hanya Si Merah yang mempunyai 1 warna dalam tubuhnya dengan tipe mencolok. Untuk harganya relatif terjangkau seekor Lovebird merah biasa dijual dengan harga Rp 500.000.

12. Lovebird Abisinia (Agapornis Taranta)

Gambar Lovebird Abisinia
Source: tokopedia

Jika lovebird Madagaskar yang terkecil, maka Abisnia ini adalah kebalikannya. Lovebird Abisinia sudah dikenal sebagai terbesar, yakni dengan panjang 16-cm, dan bentuk tubuh yang cukup gembul.

Selain itu burung lovebird tercantik jenis Abisinia yang jantan, ternyata memiliki ciri khas lain, yaitu adanya cincin serta dahi pada bagian mata yang berwarna merah. Untuk warna tubuh Abisinia didominasi warna hijau dengan ekor hitam dan variasi warna biru.

Secara detail warna bulu sayap dan dadanya hijau tua, dengan sedikit warna biru yang menjadi garis di ekor atau sayap atas. Sedang bagian dahinya berwarna orange dengan paruh berwarna putih dan mata berwarna hitam.

Burung yang dikenal sebagai Abyssinian ini asalnya dari Ethiopia dan Eritrea. Abisinia juga senang hidup di dataran tinggi maupun pegunungan. Mempertimbangkan ukurannya harga jual di pasaran berkisar Rp 500.000 karena memang begitu unik dan lebih jumbo.

Penutup

Nah, demikian tadi beberapa ulasan mengenai burung lovebird tercantik disertai dengan detail bentuk fisik juga warna bulu yang menghiasi tubuhnya. Jika berkenan untuk memelihara Anda juga bisa meninjau terlebih dulu harga jual beli jenis burung lovebird.

Untuk pembelian bisa Anda temukan di berbagai pasar burung terdekat, atau melalui kolektor burung, dan bisa juga lewat komunitas pecinta burung lovebird.