9 Cara Memandikan Kucing Dengan Baik Dan Benar Yang Wajib Kamu Ketahui!

  110 views
Bagikan artikel ini

Cara memandikan kucing itu tergolong susah-susah gampang, itu juga tergolong kamu apakah bisa mengetahui langkah-langkahnya atau tidak. Seperti yang kamu ketahui jika sebagian besar kucing sangat membenci air. walaupun kucing mempunyai kebiasaan yang sangat unik yaitu menjilati bagian tubuhnya untuk membersihkan diri, hak tersebut tidak menutup kemungkinan adanya bakteri yang menempel jadi kucing tetap harus dimandikan.

Cara Memandikan Kucing
Cara memandikan kucing

Berapa Kali Memandikan Kucing Dalam Seminggu?

Sebelum membahas mengenai kapan waktu terbaik dan cara memandikan kucing. kamu harus tahu pentingnya memandikan kucing, karena masih banyak orang yang suka mengabaikannya. Memandikan kucing tidak hanya membuat kucing menjadi bersih dan bersinar, ada fakta lainnya yang paling penting yaitu menjaga kucing dari berbagai penyakit, kutu dan jamur.

Lantas berapa kali kucing harus dimandikan? Pertanyaan ini mungkin sudah sering dibahas, namun faktanya masih banyak orang yang tidak tahu. Oleh karena itu saya akan membahasnya untuk kamu. Memandikan kucing kesayangan itu bisa dilakukan seminggu sekali atau saat benar-benar dibutuhkan. Contohnya saja saat kucing dalam keadaan kotor karena bermain air di luar rumah maka jangan tunda untuk memandikannya karena itu bisa menyebabkan kucing terkena penyakit jika dibiarkan.

Banyak orang yang mengeluh kesulitan memandikan kucing, hal ini tidak terlepas kucing yang tidak suka terhadap air. ternyata memandikan kucing tidaklah sesulit yang kita pikirkan. Pada awalnya mungkin kucing akan takut terhadap air, kucing akan terus memberontak dan mencoba kabur yang paling parahnya kucing akan mencakar untuk melakukan perlawanan. Oleh karena itu, saya sarankan supaya kamu tetap tenang dan sabar karena untuk menghadapi kucing yang takut air kita hanya membutuhkan kesabaran.

Grooming Kucing
Cara memandikan kucing

9 Cara Memandikan Kucing Yang Takut Air

Sesuai dengan judulnya, dibawah ini merupakan 9 cara memandikan kucing jika kucing kesayangan kamu takut dengan air. Sebelum masuk ke topik pembahasan, perlu kamu ketahui jika kucing kamu takut dengan air. Selalu gunakan air hangat agar dia tidak merasa kedinginan. Langsung cek dibawah untuk caranya:

Potong kuku kucing terlebih dahulu

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika kamu ingin memandikan kucing kesayangan adalah dengan memotong kuku.

Dengan melakukan langkah ini kamu sudah meminimalisir rasa panik dan juga tegang yang akan terjadi pada kucing. karena saat dimandikan kucing akan brontak dan mencakar, dengan memotong kukunya kamu juga bisa terhindar dari luka cakar. Waktu yang tepat untuk memotong kuku adalah dua hari sebelum jadwal memandikan kucing.

Baca juga:  Harga Pasir Kucing Yang Bagus! Terbaik & Terbaru!

Melakukan persiapan

Langkah yang kedua dari cara memandikan kucing adalah dengan melakukan persiapan terlebih dahulu. jadi pastikan kamu sudah mempersiapkan peralatan mandi si kucing ya. lantas apa saja sih peralatan yang harus disiapkan?

Diantaranya adalah ember yang sudah diisi dengan air hangat, shampoo khusus kucing untuk mendapatkannya kamu bisa membelinya di pet shop, bedak, sisir kucing untuk pemilihan sisir kamu bisa menyesuaikan dengan panjang bulu kucing, kipas angin atau hair dryer, handuk yang terbuat dari kain yang halus untuk menyerap air, potong kuku, cotton buds dan yang terakhir adalah sikat bulu atau sisir.

Menyikat atau menyisir bulu kucing

Langkah yang ketiga dari cara memandikan kucing adalah kamu harus memastikan untuk menyikat bulunya terlebih dahulu. tahapan ini bertujuan untuk menyingkirkan bulu-bulu kucing yang menempel dengan kusut dan sulit untuk dilepaskan. Menyikat bulu kucing juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit saat kucing disisir dalam kondisi basah.

Membasahi tubuh kucing terlebih dahulu

Jika sudah melakukan serangkaian persiapan, kamu bisa langsung mempraktekkan cara memandikan kucing dengan menggunakan air hangat atau dingin namun saya sarankan lebih baik kamu menggunakan air hangat saja. setelah itu kamu hanya tinggal membasahi tubuh kucing sampai merata dan jangan lupakan supaya air tidak masuk ke dalam telinga kucing.

Memandikan kucing dengan sampo khusus

Untuk memandikan kucing jangan sampai menggunakan sabun manusia. Sebaiknya kamu menggunakan sabun atau sampo yang memang dikhususkan untuk kucing. kamu bisa mendapatkan shampoo tersebut di pet shop terdekat disana ada banyak sekali merek sampo yang bisa kamu pilih sesuai dengan varian kesukaan mu.

Proses pemberian sampo pada kucing usahakan setelah kamu membasahi tubuhnya terlebih dahulu. setelah itu baru kamu bisa mengoleskan sampo pada permukaan tangan. Kemudian gosokkan sampai berbusa kemudian rasakan sampai seluruh badan kucing rata oleh busa.

Ketika proses memandikan kucing pastikan jika area mata, telinga dan hidung tidak terkena sabun dan air. kamu juga bisa memberi pijatan yang lembut supaya kucing mu bisa semakin rileks dan tidak melawan. Kamu juga harus melakukannya dengan baik dan benar jangan sampai kotoran di dalam tubuh kucing masih menempel.

Bilas sampai bersih menggunakan air hangat

Tahapan yang paling dinantikan oleh para kucing yang dimandikan adalah dibilas. Gunakan air bersih untuk membilasnya. Tetap gunakan air hangat ya supaya kucing tidak mencakar. Pastikan sampo ataupun sabun yang menempel tidak tersisa.

Mengeringkan tubuh kucing

Gunakan handuk untuk mengeringkan tubuh kucing. kamu bisa menggunakan kanebo. Gosok tubuh kucing secara perlahan supaya bulunya tidak rontok dan sakit. Karena jika kita menggosoknya terlalu kasar akan membuat kucing menjadi tidak nyaman. untuk kucing yang memiliki bulu lebat kamu bisa menggunakan hair dryer untuk mengeringkannya.

Baca juga:  Kucing Russian Blue: Fakta, Ciri, Harga, dan 5 Cara Merawatnya

Membersihkan telinga kucing

Setelah melakukan serangkaian cara memandikan kucing diatas, langkah yang berikutnya adalah dengan membersihkan telinga setelah mandi. Telinga pada kucing juga perlu dibersihkan dari kotoran kamu bisa menggunakan cotton buds yang sebelumya sudah diberi baby oil.

Lakukan secara perlahan supaya telinga kucing mu tidak sakit. Untuk selalu menjaga kesehatannya kamu bisa memberinya vaksin, harga vaksin kucing sendiri bermacam-macam kamu hanya tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan.

Berikan kasih sayang

Cara memandikan kucing diatas tersebut sudah benar dan sudah selesai. Sekiranya kucing sudah merasa lebih tenang, segera usap lembut kucing kamu agar si kucing merasa lebih rileks dan tidak akan merasa takut apabila kamu ingin memandikannya nanti.

Tips Memandikan Kucing Bagi Pemula

Tips Memandikan Kucing Bagi Pemula
Cara memandikan kucing bagi pemula

Bagi kamu yang saat ini masih tergolong pemula pasti kamu akan bingung bagaimana cara memandikan kucing yang baik dan benar itu seperti apa. padahal memandikan kucing itu tidaklah sesulit yang kamu pikirkan, karena kamu bisa menggunakan alat-alat sederhana yang sudah pasti tersedia di rumah. Nah berikut ini adalah cara memandikan kucing bagi pemula simak penjelasannya berikut ini:

  • Langkah yang pertama kamu bisa menggunakan ember. Supaya kucing tetap aman dan tidak berontak kamu harus menggunakan air hangat. Jangan pernah menggunakan air dingin untuk kucing yang baru pertama kali dimandikan karena itu bisa membuat si kucing menjadi trauma.
  • Langkah yang kedua adalah menggunakan sampo kucing. jika kamu masih bingung ingin memilih shampoo kucing kamu bisa mencari rekomendasi shampoo terbaik dari internet atau kamu juga bisa bertanya pada teman yang juga memelihara kucing.
  • Siapa yang bilang jika bedak hanya dikhususkan untuk manusia. Kucing juga ternyata ada bedaknya lo. Pilihlah bedak yang sudah disesuaikan dengan kucing kesayangan mu. Sebenarnya tidak menggunakan bedak juga tidak apa-apa namun jika ada kenapa tidak.
  • Siri, alat ini akan bermanfaat untuk menyisir bulu-bulu kucing yang menempel akibat air ataupun kotoran yang menempel. Kamu bisa menggunakan sisir khusus kucing. untuk mendapatkannya kamu bisa mencarinya di pet shop.
  • Blower atau hair dryer adalah salah satu benda yang sangat bermanfaat untuk mengeringkan bulu kucing. kamu bisa memilihnya berdasarkan kucing peliharaan kamu. Biasanya untuk menentukan kedua benda tersebut kamu bisa melihat dari bulu kucing.
  • Handuk berfungsi untuk mengeringkan bulu kucing
  • Cotton buds bermanfaat untuk membersihkan telinga kucing

F.A.Q. Seputar Cara Memandikan Kucing

Membantu menjawab dari beberapa pertanyaan yang sering orang tanyakan di internet seputar pembahasan cara memandikan kucing. Apa saja pertanyaannya? Langsung saja cek dibawah ini ya.

Berapa kali memandikan kucing dalam seminggu?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya diatas jika kucing yang sudah dewasa seharusnya di mandikan kira-kira satu minggu sampai dua minggu sekali supaya kebersihanya selalu terjaga. Pada intinya, tidak boleh juga dimandikan terlalu sering. Kecuali, apabila kucing kamu sudah sangat kotor, sehingga sangat perlu untuk segera dibersihkan. Berapa kalinya kucing dimandikan sebenarnya perlu di sesuaikan juga dengan perilaku, keadaan dan kondisi si kucing.

Memandikan kucing umur berapa?

Untuk hal ini, sebenarnya sudah banyak juga dari beberapa media online yang membahasnya. Salah satunya seperti dari media The Nest dengan judul Animal Network Compassion. Sebaiknya untuk memandikan kucing ketika sudah berumur delapan minggu atau sekitar umur dua bulan. Pada usia tersebut, kekebelan tubuh anak kucing sudah mulai kuat dan tentu saja sudah bisa dimandikan menggunakan air hangat ataupun air dingin.

Bolehkah memandikan kucing di malam hari?

Tidak boleh! Memandikan kucing yang baik dan benar itu pada siang hari. Kucing tidak boleh dimandikan pada pagi hari, apalagi malam hari.

Apakah kucing sakit boleh dimandikan?

Tidak boleh! Kecuali jika kucingmu hanya memiliki sakit kucing ringan masih boleh untuk dimandikan. Justru wajib dan segera untuk dimandikan agar dapat menunjang proses penyembuhan pada kucing tersebut.

Bolehkah kucing mandi sebelum vaksin?

Jangan memandikan kucing peliharaan jika belum melakukan di vaksin. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuhnya belum mempunyai ketahanan terhadap virus.

Kenapa kucing habis vaksin tidak boleh mandi?

Ya, tentu belum boleh. Kamu harus menunggu satu minggu agar kucing boleh dimandikan. Alasannya adalah karena mandi adalah suatu kegiatan yang dapat memicu munculnya stres. Efek samping dari vaksin bisa menurunkan daya tahan tubuhnya serta akan menghambat pembentukan antibodi selama satu minggu.

Shampo apa yg bagus untuk kucing?

Ada 10 rekomendasi shampo terbaik yang bisa kamu gunakan. diantaranya adalah: Anju Beaute Blancheur untuk menjaga agar bulu putih si kucing tetap terawat. Virbac Sebaloze Shampoo untuk mendapatkan perawatan ekstra pada kucing kampung (kucing domestik). Safira Premium Pet Shampoo untuk menghilangkan kutu dan terbukti ampuh. Bioline Long Hair Shampoo untuk membuat bulu kucing persia menjadi lebih indah. Sheborrhea untuk menjaga dari berbagai masalah kulit dan bulu kucing. Armani Tick ‘n Flea digunakan untuk melebatkan dan memberi nutrisi pada bulu kucing. Espree Bright untuk melembabkan bulu kucing dan juga dilengkapi dengan conditionernya. Fungizol untuk menghilangkan penyakit kulit dan jamur pada kucing. Pipapet Medicated Shampoo untuk mengatasi scabies secara maksimal , dan yang terakhir Veterinary Formula Flea & Tick Shampoo untuk mengatasi bulu rontok pada kucing kesayangan kamu

Penutup

Demikianlah penjelasan yang dapat saya sampaikan mengenai 9 cara memandikan kucing dengan baik dan benar. Semoga dengan penjelasan di atas ini, kamu bisa belajar untuk memandikan kucing kesayangan mu sendiri ya. selain akan jauh lebih praktis kamu juga bisa menghemat biaya pengeluaran untuk pergi ke pet shop.