Penanganan dan 9 Cara Mengatasi Kucing Mencret dengan Tepat

 
Bagikan artikel ini

Memelihara hewan seperti kucing kerap menjadi pilihan beberapa orang. Bentuk dan tingkahnya yang lucu serta menggemaskan menjadi alasan banyak orang menyukainya. Apalagi hewan menggemaskan ini juga mudah sekali bersahabat akrab dengan pemilik. Kamu pun akan selalu terhibur berada di dekatnya. Namun, ketika memelihara hewan tentu kamu harus siap dalam perawatan. Perawatan sangat harus diperhatikan agar kesehatan kucing tetap terjaga. Bila kurang memperhatikan tingkah peliharaan salah-salah malah justru terkena diare akibat salah makan. Berikut akan diberikan tips dan cara mengatasi kucing mencret.

Cara Mengatasi Kucing Mencret
Cara Mengatasi Kucing Mencret

Prosedur Penanganan dan Cara Mengatasi Kucing Mencret Dengan Tepat

Mengganti menu makan

Mencret merupakan gejala penyakit yang sering mengganggu aktivitas kucing. Penyebab dari diare ini bervariasi tapi paling banyak dipengaruhi oleh pola makanan yang salah dikonsumsi oleh kucing. Kamu mungkin tidak sadar kalau hewan peliharaan kerap mencari makanan sendiri entah itu di tong sampah atau di lingkungan yang kotor. Bila hal itu terus dibiarkan tentu berbahaya bagi kesehatan kucing.

Memakan makanan yang sembarang jelas tidak baik bagi kesehatan kucing. Makanan yang kotor mengandung bakteri itulah penyebab utama datangnya diare. Mengetahui fakta demikian kamu harus lebih memperhatikan perilaku anabul. Batasi tempat-tempat tertentu agar peliharaan tidak menjangkaunya. Bila perlu ubah menu makanan yang lebih menyehatkan. Mengganti pola makan dapat dilakukan secara perlahan agar kucing mau menurut.

Memberikan makanan berserat

Pola makan kucing memang harus benar-benar diperhatikan. Apalagi diare banyak terpengaruh dari pakan yang salah diberikan. Jika anabul sudah terlanjur terserang diare maka kamu tidak perlu panik. Sebab cara mengatasi kucing mencret juga bisa dilakukan dengan memberi makan berupa makanan berserat. Serat tinggi pada makanan memberi manfaat positif pada organ bagian dalam pencernaan.

Baca juga:  Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir Yang Tak Berinduk

Berikan makan berupa tempe

Siapa sangka bahwa tempe yang dikenal lezat untuk manusia juga dapat dimanfaatkan sebagi obat diare kucing. Pada awalnya kamu mungkin mengira bahwa langkah ini terbilang aneh. Namun, fakta berbicara tidak demikian. Kandungan makanan tempe dipercaya Bagus dalam penanganan kucing yang sedang terkena diare. Kamu dapat mengaplikasi pakan dengan bahan ini dengan cara cuci lalu rebus tempe selama beberapa menit sebelum diberikan kepada anabul.

Memberikan air yang cukup

Terkadang kamu sebagai pemilik sering kali melupakan fakta bahwa diare pada kucing juga bisa disebabkan oleh dehidrasi. Nah maka dari itu pastikan tidak pernah lupa untuk rajin mengisi minuman pada tempat kucing yang tersedia. Usahakan air yang diberikan dalam keadaan matang serta terjamin kebersihannya. Kebiasaan kucing yang suka bepergian terkadang menjadi penyebab hewan ini minum di tempat yang sembarang seperti di got, wc air kotor dan lain-lain.

Beri multivitamin

Pemberian vitamin tambahan menjadi cara mengatasi kucing mencret yang sangat tepat. Disamping mampu menjadi obat untuk mengatasi diare, vitamin juga banyak membantu pertumbuhan hewan peliharaan. Kamu bisa memberikannya baik berupa bubuk dengan mencampurkan dengan pakan. Selain itu penggunaan dengan cara penyuntikan juga kerap dipilih. Namun, pada tips kedua tersebut usahakan dilakukan oleh ahli.

Puasakan kucing

Cara mengatasi kucing mencret sebetulnya tidak perlu banyak pola tertentu. Pada dasarnya diare bisa sembuh dengan sendiri dalam beberapa hari saja. Kotoran yang dihasilkan oleh kucing itu sendiri terbilang encer dan mudah ke mana-mana. Beberapa orang percaya bahwa mempuasakan kucing menjadi pilihan tepat agar kondisi pencernaan tidak banyak diganggu dengan makanan lain apalagi bila pakan yang kurang tepat. Namun, membiarkan kucing tanpa makanan jangan sampai lebih dari 12 jam.

Memberikan anti biotik

Bakteri dan virus menjadi salah satu penyebab utama diare pada kucing. Maka dari itu, pemilihan berupa anti biotik begitu disarankan sebagai cara mengatasi kucing mencret. Kamu dapat membeli obat anti biotik yang mudah ditemui di apotik. Pastikan gunakan secukupnya lalu dapat di aplikasikan sebagai cara mengatasi kucing mencret dengan menaburkan pada pakan yang biasa kamu berikan pada hewan peliharaan.

Baca juga:  Beragam Nama untuk Kucing Lucu dan Menggemaskan

Memberi obat diare

Namanya sebuah penyakit pasti ada obatnya. Demikian pula dengan mencret yang mana bisa disembuhkan dengan obat anti diare. Kamu dapat memilih langkah ini dengan cara memberikan obat diare manusia kepada kucing. Fungsi dan manfaat tak jauh berbeda yang mana mampu membersihkan bakteri dan virus yang mengganggu pencernaan. Pastikan dalam pemberian sesuaikan dengan dosis yang berlaku jadi jangan berlebihan.

Memberikan larutan elektrolit

Pada tahap sebelumnya telah disebutkan bahwa pemberian air minum yang cukup memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kucing. Apalagi dehidrasi kerap kali menjadi penyebab yang terjadinya diare pada kucing. Oleh karena itu kamu dapat pula menambahkan larutan elektrolit pada tempat minum kucing. Larutan demikian dapat kamu buat dengan cara mencampurkan air putih lalu diberi satu sendok garam. Kemudian tambahkan pula satu sendok gula pada air minum tersebut.

Cara Mengatasi Kucing Mencret
Cara Mengatasi Kucing Mencret

Berikut Beberapa Penyebab Kucing Mengalami Mencret

Setelah mengetahui cara mengatasi kucing mencret, ada baiknya kamu harus tahu mengenai penyebab permasalahan tersebut. Mengetahui penyebab akan membuat Pemilik lebih berhati-hati serta teliti dalam memberi perawatan hewan kesayangan.

Salah konsumsi makanan

Seperti yang sudah banyak dijelaskan di atas bahwa diare pada kucing disebabkan oleh makanan yang salah dikonsumsi kucing. Kamu mungkin tidak sadar bahwa hewan kesayangan mengonsumsi makan busuk atau kualitas rendah ketika berada di luar rumah. Maka dari itu, ada baiknya cegah dengan cara batasi tempat bermain anabul.

Alergi makanan

Penyebab lain dari diare juga bisa disebabkan karena alergi. Mungkin kamu tidak sadar kalau hewan kesayangan mengalami alergi tertentu yang menjadi penyebab diare. Untuk itu perhatikan pola makan kucing dengan teliti. Alergi juga dapat disebabkan dari pemberian pakan yang sama terus menerus.

Susu

Tidak semua yang disukai manusia juga baik untuk hewan. Sama halnya dengan susu yang mana sebetulnya sangat tidak baik untuk kesehatan kucing. Pada kucing tidak ada pengatur enzim yang mampu mengubah susu sapi bermanfaat bagi tubuh. Tak ayal pemberian susu malah justru berbahaya bagi kesehatannya. Kucing akan mudah terkena diare serta muntah-muntah. Jika memang hendak ingin memberi susu maka berilah susu khusus hewan yang banyak disediakan di petshop.

Baca juga:  Ternyata Begini Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir Agar Tidak Mati!

Infeksi bakteri, virus atau parasit

Kesehatan kucing haruslah terus dijaga. Jangan sampai ada banyak virus atau bakteri hinggap. Bila sudah demikian maka dapat menjadi penyebab pula hadirnya diare pada kucing. Kamu harus memberikan perawatan dengan teliti. Pastikan pula perhatikan kebersihan hewan peliharaan serta kandang.

Tanya Jawab Seputar Kucing Mencret

Kenapa pup kucing cair?

Penyebab pup kucing cair atau mencret yang paling umum adalah dikarenakan adanya perubahan makanan secara mendadak. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan ada faktor lain seperti bakteri, virus atau mungkin kanker juga bisa menjadi penyebab kenapa pup kucing cair atau mencret.

Apakah Diare kucing dapat sembuh sendiri?

Apa diare kucing dapat sembuh sendiri? Tentu saja bisa dan akan sembuh biasanya hanya dalam beberapa jam, namun jangan kamu remehkan hal tersebut. Karena tanpa adanya penanganan yang tepat, kucing dapat mengalami dehidrasi.

Apa obat alami untuk mencret pada kucing?

Obat alami untuk mencret pada kucing adalah yogurt. Karena yogurt mempunyai kandungan bakteri yang baik untuk usus seperti Lactobacillus. Berikan 1 hingga 2 sendok teh selama beberapa hari akan membantu pencernaan pada tubuhnya. Hal ini adalah salah satu cara mengatasi kucing mencret.

Kenapa kucing bisa mencret?

Diare biasanya di picu oleh makanan baru yang tidak cocok dengan sistem pencernaan kucing. Hal tersebut yang menjadi penyebab kenapa kucing bisa mencret. Perubahan makanan secara mendadak ataupun sesuatu yang dimakan sama kucing.

Penutup

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi kucing mencret. Cara di atas bisa kamu pilih sesuaikan dengan keadaan hewan peliharaan. Mengingat diare dapat membuat kucing nampak lemas, lesu dan tidak berdaya membuat kamu sebagai pemilik harus siap siaga dalam penyembuhan. Bila memang cara di atas masih belum ampuh maka segera kunjungi dokter hewan terdekat segera.