12 Kiat & Cara Mengatasi Kucing Stres dengan Benar

Diposting pada 41 views
Bagikan artikel ini

Memelihara kucing bukanlah hal yang baru saat ini. Hewan tersebut banyak dipilih dikarenakan bentuk dan tingkah lakunya menggemaskan. Terlebih lagi kucing merupakan hewan peliharaan yang mudah bersahabat dengan pemilik. Sangat cocok untuk menemani keseharian Kamu selama di rumah. Sayangnya bila perawatan kurang tepat, hewan ini juga mudah mengalami stres. Jika sudah demikian maka Kamu perlu cara mengatasi kucing stres tersebut.

Inilah 12 Cara Mengatasi Kucing Stres Dengan Tepat

Cara Mengatasi Kucing Stres
Cara Mengatasi Kucing Stres

Memberi makan kesukaan

Beberapa kasus kucing mengalami stres diakibatkan oleh pola pakan. Bila Kamu kurang memperhatikan jenis makanan bergizi maka akan berpengaruh terhadap kondisi hewan menggemaskan ini. Tidak salah pula apabila ingin memberi variasi makanan tertentu agar hewan lucu ini tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja. Perlu diperhatikan bahwa hewan ini suka berkeliaran yang mana kemungkinan memakan makanan sembarang bisa terjadi. Jadi batasi lingkungannya untuk sementara waktu. Jangan biarkan terlebih dahulu kucing untuk berkeliaran.

Memperhatikan kebersihan kucing

Kebersihan kucing sangat penting untuk diperhatikan. Bukan hanya berimbas pada kesehatan melainkan pula memberi pengaruh terhadap tingkat stres hewan lucu ini. Kotoran yang terlalu lama dibiarkan padanya membuat muncul banyak kutu yang hinggap. Maka dari itu cara mengatasi kucing stres dengan tepat ialah memperhatikan kebersihan hewan. Pastikan Kamu memandikan anabul beberapa minggu satu kali untuk kebersihan. Dalam pemandian usahakan menggunakan air hangat agar kucing lebih rileks ketika dimandikan. Tak lupa berikan pula shampo khusus kucing yang mana bagus dalam pembasmian kutu.

Potong kuku kucing

Potong Kuku Kucing
Cara Mengatasi Kucing Stress Dengan Cara Potong Kuku Kucing

Memperhatikan kebersihan memang menjadi cara yang penting. Nah selagi memandikan anabul, jangan lupa pula untuk rajin memotong kukunya. Pemotongan kuku bertujuan untuk menimalisir kemungkinan virus yang menempel pada kuku. Kuman pada bagian kuku akan membuat kenyamanan hewan tidak terasakan. Untuk itu lakukan pemotongan dengan rutin selama sudah panjang. Pelan-pelan saja agar tidak salah bagian dalam memotong. Bila memang tidak ahli maka bawalah ke petshop agar tidak terjadi kesalahan dalam memotong kuku kucing.

Matikan suara yang keras

Siapa sangka bahwa mematikan suara yang keras merupakan salah satu cara mengatasi kucing stres. Hal itu didasarkan fakta bahwa hewan menggemaskan tersebut sangat sensitif terhadap bunyi-bunyi sekitar. Bila suara keras terus terdengar maka rasa nyaman akan hilang. Keadaan demikian membuat kucing sulit beristirahat dan merasa tertekan terus-menerus. Jangan biarkan itu terjadi, sebaiknya kecilkan suara musik, televisi, radio dan lain-lain.

Jangan berlebihan dalam mengajak main

Untuk menumbuhkan rasa dekat dengan pemilik, kucing memang harus diajak bermain. Namun, bukan berarti Kamu terus mengajak bermain tanpa membiarkan waktu istirahat anabul. Apabila keadaan itu berlangsung maka waktu istirahat hewan lucu ini menjadi terhambat. Padahal hewan berbulu ini merupakan satwa yang memiliki hobi tidur. Jadi pastikan Kamu tahu untuk kapan mengajaknya bermain dan kapan membiarkan beristirahat.

Bersihkan kandang dengan rutin

Dalam cara mengatasi kucing stres ada kaitan pula dengan kebersihan kandang. Hal itu bisa terjadi mengingat kebersihan kucing sangat berkaitan dengan kesehatannya kelak. Jika anabul berada di tempat yang tidak terjaga kebersihannya maka kemungkinan terkena serangan kutu tidak dapat terhindarkan. Rasa stres terkena kutu di kandang puj dapat meningkat pesat. Daripada demikian lebih baik Kamu rajin dalam membersihkan kandang.

Mengganti kandang yang lebih nyaman

Bilamana membersihkan kediaman kucing masih tidak berpengaruh maka tidak ada tips lain selain mengganti kandang. Namun Kamu harus memperhatikan betul bahwa kandang baru lebih nyaman untuk ditempati. Pastikan pula ukuran tempat kucing tidak terlalu sempit agar kucing dapat lebih nyaman dalam beristirahat. Kamu dapat membeli kandang atau membuat sendiri dengan memanfaatkan kardus yang di lubangi.

Mengajak bermain

Hewan peliharaan tidak harus melulu di dalam rumah. Jika terus dibiarkan di kediaman maka hewan lucu ini akan bosan. Apalagi bila pemilik tidak gemar mengajak bermain. Rasa stres merasa tidak diperhatikan pun muncul. Untuk itu cara mengatasi kucing stres dapat dilakukan dengan mengajak kucing bermain di lingkungan sekitar. Awasi terus anabul agar tidak berlarian terlalu jauh. Kamu juga dapat memakai tali ikatan selagi jalan-jalan bersama hewan menggemaskan ini.

Membelikan mainan

Keaktifan hewan peliharaan memang harus diperhatikan. Jangan biarkan kucing terus dalam keadaan murung tanpa aktivitas apa-apa. Maka dari itu, kamu dapat membelikan mainan lucu untuk mengajak bermain. Pola bermain dengan mainan juga menjadi opsi yang tepat agar kucing tidak bosan dengan pola permainan yang itu-itu saja. Jika kedekatan antara pemilik dan anabul terjaga dengan akrab maka bukan tak mungkin mood kucing terus dalam keadaan baik.

Mengurangi persaingan antar kucing

Persaingan yang dimaksud ialah agar antara satu dengan kucing lain tidak memperebutkan sesuatu. Dalam cara mengatasi kucing stres ini dilakukan untuk kamu yang memelihara anabul lebih dari satu. Sebetulnya tujuan kamu mungkin baik dengan memelihara banyak kucing tetapi ada kalanya itu memancing persaingan. Persaingan bisa dalam pola makan yang berebut. Bila langkah seperti itu terus dilakukan maka bisa berpengaruh terhadap kesehatan kucing. Oleh karena itu, bagilah menu makanan dengan sama rata.

Jangan dekatkan dengan hewan lain

Rasa stres pada kucing juga dapat tumbuh akibat pengaruh hewan lain. Kamu mungkin tak sadar bila mana hewan lucu ini bertemu dengan satwa lain seperti anjing. Nyatanya pertemuan dengan hewan lain tidak melulu baik. Rasa stres terus disakiti akan mengakibatkan kondisi kucing menjadi buruk bahkan mengalami stres. Untuk itu langkah aman yang sebaiknya diambil ialah jangan dekatkan dengan hewan lain.

Jangan meneriaki kucing

Ini dia kesalahan fatal yang kerap diabaikan oleh pemelihara kucing. Bermaksud mengomeli kucing tapi malah justru membuat anabul stres. Meneriaki kucing ketika berbuat salah tidak mempengaruhi apapun. Hal yang perlu kamu lakukan ialah memberikan kode khusus saat hewan melakukan sesuatu yang dilarang. Jangan lupa untuk memberikan hadiah tertentu sebagai bentuk reward atas apa yang telah dilakukan hewan menggemaskan ini.

Jaga suasana damai di rumah

Masih berhubungan dengan sensitivitas kucing, Kamu harus benar memperhatikan kondisi kenyamanan rumah. Hal itu berakibat positif yang mana jika kondisi kediaman damai maka akan berpengaruh pula dengan ketenangan anabul. Usahakan tidak terlalu sering memutar entah itu musik, film atau apapun dengan volume yang tinggi. Kucing stres perlu diberikan perawatan khusus dengan nuansa yang terjaga pula di kediaman.

Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi kucing stres. Langkah di atas dapat di pilih ketika hewan peliharaan Kamu mengalami permasalahan tersebut. Bersabarlah dalam perawatan. Bila dalam beberapa minggu tak ada perubahan maka sebaiknya di bawa ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih jauh.