Ada 11 Cara Mengetahui Umur Kucing

Diposting pada 35 views
Bagikan artikel ini

Kebanyakan orang gemar memelihara kucing sebagai teman bermain di kediaman. Hewan ini memang menggemaskan baik dari bentuk hingga tingkah lakunya. Kamu mungkin termasuk pula sebagai penyuka kucing. Meski begitu hanya ada beberapa orang yang tahu betul usia persis dari hewan kesayangan. Memperkirakan usia kucing memang sulit apalagi bila memeliharanya tidak sejak lahir. Sebelum kamu menanyakan kepada dokter hewan ada baiknya lakukan beberapa cara mengetahui umur kucing seperti berikut.

Inilah 11 Cara Mengetahui Umur Kucing yang Harus kamu Tahu

Cara Mengetahui Umur Kucing
Cara Mengetahui Umur Kucing

Menghitung jumlah gigi

Memperkirakan usia kucing dapat dilakukan dengan cara melihat jumlah gigi. Tidak bisa dipungkiri bahwa pada hewan menggemaskan ini juga membutuhkan waktu untuk memiliki raga gigi yang lengkap. Di usia tertentu seperti 2 sampai 4 minggu baru hanya ada sebuah gigi seri. Pertumbuhan terus dilanjutkan dengan munculnya gigi taring pada Kisaran usia 3-4 minggu. Beberapa waktu berselang pun akan terlihat pula gigi geraham tumbuh di saat 4-6 minggu.

Melihat fakta penumbuhan gigi yang demikian maka secara otomatis kamu bisa memanfaatkan teknik ini sebagai cara mengetahui umur kucing yang efektif. Perkirakan jumlah pada gigi kucing yang ini ditebak usianya. Kamu dapat membuka mulut kucing untuk kemudian melihat kelengkapan pada bagian giginya. Bila masih belum lengkap maka bisa dipastikan hewan kesayangan terkesan masih muda. Perlu diketahui bahwa pada usia 6 sampai 1 tahun gigi pada kucing sudah mulai lengkap.

Ketajaman gigi

Selain dapat melihat dari jumlah gigi yang ada pada hewan peliharaan, kamu juga dapat menebak usia kucing dari ketajaman giginya. Hal ini sebetulnya terbilang lumrah uang mana jika usia kucing masih terkesan muda maka tingkat ketajaman pada gigi masih terjaga dengan baik. Adapun kamu dapat merasakan ketika hewan peliharaan bermaksud mengajak bermain. Lain halnya pada usia tua yang mana ketajaman kucing mulai berkurang. Dikarenakan kerap digunakan membuat kekuatan ketajaman pada gigi kian tumpul.

Warna gigi

Sebagai pelengkap sebagai cara mengetahui umur kucing, kamu juga dapat melihat dari segi warna gigi hewan peliharaan. Ibarat bila terus terjaga dengan baik maka nampak gigi akan terlihat putih bersih. Lain halnya jika gigi lama digunakan tanpa adanya upaya pembersihan maka akan terlihat kuning. Nah pada kucing pun dapat diprediksi usianya dari segi warna gigi. Apabila anabul terlihat memiliki ragam gigi yang putih maka dapat dipastikan masih berusia muda. Lain lagi jika usia kucing sudah mencapai 2 tahun maka akan terlihat warna yang muali kuning. Demikian pula pada usia-usia seterusnya yang akan terus bertambah kuning.

Karang gigi

Sebetulnya dalam melihat usia kucing dari segi adanya karang gigi tidak berbeda jauh dari beberapa tips sebelumnya. Bagaimana tidak, apabila gigi pada hewan kerap digunakan maka juga akan berpengaruh terhadap kualitas dan kebersihannya. Munculnya karang gigi dapat menandai bahwa kucing sudah memasuki masa dewasa atau bahkan tua. Kian menumpuk karang tersebut maka indikasi hewan lucu ini sudah tua bisa dipastikan. Bila mana nampak kebersihan gigi masih terjaga maka itulah ciri yang masih muda.

Meraba tekstur bulu

Cara mengetahui umur kucing tidak hanya dapat dilihat dari tampilan giginya saja. Sebab kamu juga dapat memperkirakan usia hewan menggemaskan ini dilihat dari bulunya. Untuk tips kali ini tentu mengharuskan kamu memegang langsung hewan peliharaan. Rasakan tekstur bulu pada kucing untuk memperkirakan umurnya. Apabila tekstur bulu terkesan terasa lebih kasar maka dapat dipastikan bahwa kucing sudah berusia tua. Lain halnya jika tekstur bulu terasa lebih halus maka bisa dipastikan kucing tersebut masih muda.

Ketebalan bulu

Tidak puas dengan hanya merasakan tekstur bulu pada kucing. Dalam memperkirakan usia hewan lucu ini juga dapat dilakukan dengan mengecek ketebalan bulu. Perlu diketahui bahwa sebetulnya ketebalan juga dipengaruhi dari jenis kucing apa yang kamu pelihara mengingat ada jenis tertentu yang memiliki bulu super lebat. Bagaimanapun indikasi kucing yang masih mudah dapat terlihat dari tampilan bulu yang masih lebat. Berbeda jika usia kucing sudah tua yang maka akan terasa bulu yang makin jarang. Hal itu disebabkan kerontokan yang sering kali terjadi untuk kucing usia demikian.

Perubahan warna bulu

Beberapa dari kamu pasti tidak sadar kalau perubahan warna pada bulu dapat menjadi cara mengetahui usia kucing. Tips ini memang membutuhkan kejelian bagi pemilik untuk tahu adanya perbedaan warna yang mulai muncul. Contoh mudahnya di beberapa jenis kucing akan muncul warna bulu berbeda yang mana menjadi tanda usia tua. Misalnya warna abu-abu yang muncul pada kucing berwarna hitam maka warna itulah yang menjadi tanda umur dari kucing kesayangan kamu.

Nampak fisik kulit

Nampak dari fisik kulit pada kucing menjadi cara mengetahui usia kucing yang terbilang efektif. Seperti halnya pada manusia, perubahan kekencangan pada kulit terjadi seiring berjalannya waktu. Pada kucing pun akan terlihat tanda usia tua dengan terlihat kulit hewan menggemaskan ini yang makin keriput. Namun, di beberapa jenis tentu sulit membedakannya mengingat ada jenis kucing yang berbulu panjang.

Pola tidur

Tingkah kucing paling menggemaskan ialah saat tertidur. Bagaimana tidak,  di saat istirahat itulah kamu akan melihat berbagai macam gaya tidur hewan ini yang terbilang unik. Kucing yang merupakan hewan yang hobi tidur akan lebih banyak gaya ketika berusia satu tahun lebih. Lain halnya ketika usia masih kecil yang mana anabul lebih kerap tidur dengan gaya itu-itu saja. Jadi memperkirakan usia juga bisa dilakukan dengan memperhatikan gaya tidur dari hewan menggemaskan ini.

Bentuk tubuh

Sadar atau tidak bentuk tubuh kucing akan terus mengalami perubahan. Tidak hanya akan tampak tumbuh terus menerus tetapi bentuknya pun akan terlihat lain. Seperti pada kucing usia muda akan dominan memiliki bentuk tubuh yang terbilang lebih ramping dan berotot. Aktif dalam berbagi macam hal membuat tubuhnya terlihat demikian. Berbeda dengan kucing usia pertengahan yang mana akan lebih terlihat bulat dan berisi. Meski begitu ciri ini hanya dapat diteliti bila tingkat perawatannya terjaga saja. Mengingat banyak pula kucing yang berusia tua tetapi berbentuk kurus.

Fungsi indera

Cara terakhir dari cara mengetahui umur kucing untuk tahu usianya ialah dicermati dari fungsi indera pada kucing. Sebab bila mana semua organ seperti penglihatan dan pendengaran pada hewan lucu ini masih baik maka usianya pun dapat dipastikan masih muda. Hal itu berbanding terbalik dengan kucing dengan usia tua yang mana fungsi indera mulai mengalami penurunan yang signifikan. Pada kucing usia ini pula kerap terjadi masalah seperti encok ketika banyak gerak.

Cara Mengetahui Umur Kucing
Cara Mengetahui Umur Kucing

Penutup

Itulah beberapa cara mengetahui umur kucing. Langkah di atas dapat kamu pilih untuk sekedar tahu usia hewan peliharaan. Mengetahui usia anabul tentu membantu dalam perawatan kucing nantinya. Daripada langsung bertanya dokter tak ada salahnya untuk kamu mengecek secara manual terlebih dahulu.