Bagaimana Cara Menggemukkan Kucing Kampung? 100% Sukses

  93 views
Bagikan artikel ini

Bagaimana cara menggemukkan kucing kampung? 100% sukses. Bagi Kamu penggemar kucing dan kerap khawatir karena kucing peliharaan Kamu kurus dan terlihat kurang sehat, ada beberapa cara menggemukkan kucing kampung yang bisa dicoba. Tentu, tanpa mengeluarkan uang yang banyak dan bisa kamu lakukan sendiri dirumah.

Cara Menggemukkan Kucing
Cara Menggemukkan Kucing Kampung

Cara Menggemukkan Kucing Kampung

Cara paling efektif menggemukkan semua jenis kucing pada dasarnya memerlukan pola yang telaten dan runut. Proses penggemukan juga tidak bisa dilakukan secara instan, melainkan dengan mengubah pola hidup dari hewan kesayangan Kamu. Berikut dibawah ini ada beberapa cara yang dijamin ampuh untuk menggemukkan kucing kesayangan.

Tingkatkan Nafsu Makan

Cara menggemukkan kucing kampung secara alami yang paling dasar adalah dengan meningkatkan nafsu makan. Tubuh kurus pada kucing misalnya, jelas disebabkan karena rendahnya nafsu makan atau karena cacing yang hidup dalam sistem pencernaannya.

Sehingga, apapun makanan yang dikonsumsi dan sebaik apa gizi yang masuk, kandungan tersebut tidak akan berpengaruh terhadap tubuh dan sistem pencernaannya. Akibatnya, berat badan akan turun drastis karena kandungan gizi yang tidak memadai.

Untuk mengatasinya, Kamu hanya perlu memberikan jenis makanan termasuk dengan suplemen penambah nafsu makan. Bisa juga, dengan memberikan obat cacing melalui resep dan rekomendasi dokter agar lebih aman.

Makanan Tinggi Protein

Berikutnya adalah dengan memberikan makanan tinggi protein, kandungan ini akan membuat massa kucing berangsur naik dan membaik dengan cepat. Saat ini, banyak makanan kucing terbaik yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Ada baiknya Kamu memperhatikan komposisi makanan yang akan dibeli dan seberapa besar kandungan protein yang dimiliki.

Baca juga:  Ciri dan Penyebab Kucing Cacingan! Jangan Panik! Berikut Solusinya

Berikan Vitamin

Vitamin adalah satu dari zat gizi penting yang dibutuhkan tak hanya oleh manusia tapi juga makhluk hidup lain seperti kucing. Untuk itu, berikan asupan vitamin yang cukup berupa minyak ikan. Kandungan ini sangat baik untuk mengembalikan nafsu makan kucing.

Vaksin secara Rutin

Salah satu faktor yang paling sering membuat badan kucing kurus adalah penyakit. Oleh karena itu, penting untuk memberikan vaksin secara rutin untuk memberikan sistem proteksi dan kekebalan tubuh yang baik. Penggunaan vaksin ini akan membantu dalam mengecilkan resiko penyakit masuk, dan meningkatkan daya tahan tubuh jadi lebih baik.

Konsumsi Ikan dan Daging

Ikan dan daging adalah makanan untuk menggemukkan badan kucing yang paling direkomendasikan. Baik itu ayam maupun daging rebus baiknya menjadi alternatif dalam mengolah makanan hewan peliharaan jenis ini.

Meski begitu, perlu diingat untuk tidak memerikan dry food atau makanan kering yang memiliki pewarna karena akan sangat berdampak buruk bagi ginjal. Makanan kering hanya dianjurkan sebagai camilan yang dikonsumsi sesekali bukan sebagai makanan utama.

Mencegah Stres

Penyebab lain dari hilangnya nafsu makan adalah stres. Tak hanya manusia, kucing juga rentan mengalami stres dan akan berpengaruh terhadap nafsu makannya. Cara mengatasinya dengan rutin mengajak jalan, mengelus serta mengajaknya bermain.

Kucing sendiri merupakan hewan aktif yang senang beraktivitas dan senang mendapat perhatian. Cara menggemukkan kucing kampung dengan mencegahnya agar ia tidak stres bisa lebih efektif. Dengan memberikan perhatian serta aktivitas bersama yang menyenangkan, akan sangat membantu dalam mengembalikan nafsu makannya.

Berikan Tempat Tinggal yang Sejuk

Tak hanya pada kucing, cuaca sejuk atau dingin kerap membuat kita lapar dan makan lebih banyak dari biasanya. Cara ini juga bisa dicoba dengan hewan peliharaan Kamu, yakni dengan memberikan atau memastikan sarang yang ditinggali dalam keadaan sejuk.

Baca juga:  Kucing Muntah Kuning? Kenali 4 Penyebab Kematian Kucing Terbanyak

Sebagai makhluk berbulu, tak jarang hewan jenis ini gerah dan kehilangan kontrol atau nafsu makannya. Oleh sebab itu, cukup pastikan sarang atau rumah tempatnya tinggal dalam keadaan yang sejuk atau cukup dingin.

Atur Pola Makan

Selain tempat tinggal, cara menggemukkan kucing kampung juga bisa dengan mengatur pola makan yang baik. Cara ini juga bisa Kamu terapkan untuk meningkatkan nafsu makan pada kucing. Ini termasuk salah satu cara ampuh pada umumnya bagi hewan yang memiliki berat badan di bawah standar.

Prosedur bisa dilakukan dengan disiplin waktu makan serta porsi yang terukur. Kucing memiliki insting untuk memahami kapan jadwal makan dengan aktivitas rutin yang diberikan, sehingga langkah ini tak cukup sulit untuk dilakukan.

Taruh Makanan di Bagian Tengah

Salah satu kebiasaan kucing adalah mengabaikan makanan yang berada di bagian pinggir wadah. Ia, hanya fokus terhadap makanan yang terlihat jelas di bagian tengah wadah makanan yang diberikan. Untuk itu, ketika memberi makanan Kamu bisa memastikan jika makanan tersebut berada di bagian tengah dan dilahap dengan habis. Ini menjadi salah satu cara menggemukkan kucing kampung terbaik.

Perhatikan Komposisi Nutrisi

Terdapat tiga unsur makanan yang perlu dipenuhi pada makanan kucing, yakni protein sebagaimana dijelaskan di atas. Selanjutnya ada serat sebagai asupan yang sangat penting bagi sistem pencernaan kucing.

Melalui sistem pencernaan yang baik, maka penyerapan gizi akan lebih maksimal untuk diterima. Bagian ketiga adalah dengan aroma, aroma sangat penting bagi kucing agar mereka mau mencoba makanan yang diberikan.

Beri Kuning Telur Ayam Kampung

Jika Kamu memerlukan bahan makanan lain yang bisa membantu menambah nafsu makan pada kucing, maka kuning telur ayam kampung patut untuk dicoba. Kuning telur mengandung zat protein yang tinggi serta lemak yang baik bagi pemenuhan gizi.

Baca juga:  Kapan Anak Kucing mulai Makan dan Apa Makanan yang Tepat

Kedua zat tersebut juga sangat penting dalam proses pembentukan sel serta peningkatan berat badan. Namun ingat untuk tidak hanya memberikan kuning telur, tapi juga putih telur karena memiliki zat yang baik.

Istirahat yang Cukup

Meski kucing senang bermain, terlalu banyak beraktivitas juga sangat tak baik bagi tubuhnya. Kurang istirahat akan membuat kucing lelah dan kehilangan nafsu makan. Untuk itu, jika Kamu memperhatikan pola bermain kucing yang berlebihan lebih baik untuk membatasinya pada jam-jam tertentu.

Taruh di dalam sarang dan beri ruang istirahat yang cukup dan nyaman. Selain bermain, kucing juga merupakan hewan yang senang bermalas-malasan dan banyak menghabiskan waktu dengan tidur.

Diet Tinggi Kalori

Salah satu cara menggemukkan kucing kampung juga bisa dilakukan dengan melakukan diet tinggi kalori. Caranya, dengan memperhatikan asupan kalori serta lemak pada menu makanan yang diberikan. Kamu juga bisa menakar kalori yang masuk pada tiap jenis makanan dengan memilih yang paling tinggi.

Dengan asupan tersebut, kalori akan disimpan tubuh sebagai lemak sehingga membantu menaikkan berat badan kucing tersebut.

Memilih Menu Makanan yang Tepat

Cara menggemukkan kucing kampung yang terakhir adalah dengan memperhatikan menu makanan yang diberikan. Kadang, kucing tidak ingin makan karena merasa sakit, tidak enak atau kehilangan selera makan sama sekali. Kemungkinan tidak menyukai makanan tersebut tentu bisa ditangani dengan menggantinya ke jenis makanan lain.

Selain itu, tak ada salahnya memberikan beberapa varian menu berbeda ke setiap makanan yang diberikan. Dengan begitu, Kamu bisa menentukan dan memilih makanan yang paling digemari. Memberi menu makanan yang berbeda juga bisa membantu meningkatkan nafsu makan.

Cara Menggemukkan Kucing
Cara Menggemukkan Kucing Kampung

Penutup

Itulah beberapa cara menggemukkan kucing kampung dengan cara yang sehat dan alami. Paling penting, memastikan tubuh kucing peliharaan Kamu dalam keadaan sehat serta gizi yang cukup. Memeriksakan secara rutin juga perlu dilakukan untuk mengantisipasi penyakit yang mungkin ada.