Berikut 13 Cara Mengobati Kucing Flu yang Harus Diketahui

Diposting pada 44 views
Bagikan artikel ini

Kucing merupakan hewan yang menggemaskan. Tak ayal banyak orang memilih untuk memeliharanya. Namun, kamu pasti akan sedih ketika hewan dengan tingkah lucu mengalami flu. Layaknya pada manusia, virus flu juga dapat menyebar dengan mudah ke kucing. Apalagi bila dalam perawatan kamu kurang begitu memperhatikan. Untungnya ada beberapa cara mengobati kucing flu yang bisa dilakukan seperti tips berikut.

Inilah Beberapa Cara Mengobati Kucing Flu dengan Tepat

Cara Mengobati Kucing Flu
Cara Mengobati Kucing Flu

Madu

Manfaat madu dikenal sangat kompleks. Selain dapat diolah menjadi banyak variasi minuman yang enak, madu juga dapat menangkal penyakit. Maka dari itu, kamu dapat memanfaatkan minuman manis ini juga untuk mengobati kucing ketika sedang flu. Dalam pemberian pastikan hanya secukupnya saja dan jangan berlebih. Beberapa kucing bahkan tidak suka dengan bau madu sehingga pemilik tidak boleh terlalu memaksakan.

Membersihkan ingus

Kondisi kucing ketika terkena flu akan terlihat sangat berbeda. Bila pada kondisi biasa akan terlihat bugar dan aktif lain halnya ketika penyakit ini sedang melanda. Hewan menggemaskan ini akan banyak terdiam serta lesu. Meski begitu kamu harus senantiasa membantu dalam penanganannya. Cara mengobati kucing flu kali ini ialah dengan membersihkan ingusnya. Hewan peliharaan akan mengeluarkan banyak ingus ketika flu. Jangan biarkan virus tersebut terus berada di kucing. Untuk itu bantulah untuk terus rajin membersihkannya.

Beri vitamin

Pemberian vitamin pada anabul merupakan langkah yang tepat. Tumbuh kembang kucing akan terus dapat meningkat pesat. Adapun dalam pemberian vitamin kamu dapat mencampurkannya dalam tempat makan kucing yang disediakan. Aplikasi lain dapat dilakukan dengan menyuntikan ke bagian tubuh. Vitamin selain baik untuk tumbuh kembang kucing juga sangat baik untuk mengatasi flu. Jadi jangan lupa untuk memberikan kandungan zat ini secara rutin kepada hewan kesayangan.

Jangan dimandikan

Kebersihan kucing memang harus diperhatikan. Bila mana kondisi kotor tentu pemilik juga akan merasa risih untuk melihatnya. Meski begitu memandikan kucing bukan merupakan langkah yang tepat saat terserang flu. Cara mengobati kucing flu itu sendiri membutuhkan hewan lucu ini untuk selalu dalam kondisi yang hangat. Jika dimandikan maka anabul akan merasa semakin kedinginan dan keadaan tersebut tidak boleh dibiarkan terjadi. Jadi untuk sementara jangan dimandikan dahulu serta fokuslah terhadap kesembuhannya.

Beri cuka apel

Alternatif lain yang tidak boleh kamu lewatkan ialah pemberian cuka apel. Cuka apel itu sendiri dikenal memiliki banyak manfaat positif. Selain bermanfaat banyak untuk manusia nyatanya dalam kesehatan kucing pun cuka jenis ini bisa dimanfaatkan. Kandungan vitamin di dalamnya membuat kondisi kucing dapat menjadi lebih baik dari serangan flu. kamu bisa mencampurkan cuka apel terhadap pakan yang telah disediakan di tempat khusus.

Jemur kucing

Cara mengobati kucing flu yang paling efektif memang harus mengondisikan hewan lucu ini dalam keadaan hangat. Untuk itu dilakukan pemandian jelas dilarang untuk dilakukan. Alih-alih demikian naka lebih baik kamu berikan sinar matahari yang cukup terhadap hewan kesayangan. Penjemuran kucing selama kurang lebih setengah jam memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan. Masalah flu pun dapat dihilangkan dengan cepat. Ada baiknya jemur pada saat pagi hari yaitu antara pukul 8 sampai 9 pagi.

Berikan waktu istirahat yang cukup

Layaknya manusia ketika sakit tentu membutuhkan waktu istirahat yang lebih. Demikian pula dengan kucing yang sedang terkena flu. Jangan biarkan hewan kesayangan terus untuk aktif selama proses penyembuhan. kamu pun sementara waktu jangan terlalu sering terlebih dahulu untuk mengajak bermain. Pastikan waktu istirahat anabul tetap terjaga dengan baik agar kondisi tubuhnya semakin membaik. Tips ini memang umum dilakukan mengingat pengidap flu harus istirahat dengan maksimal dalam penanganan.

Jangan berikan obat manusia pada kucing

Beberapa cara mengobati kucing flu di atas mungkin mirip untuk dilakukan kepada manusia. Namun, tidak semuanya berarti demikian. Seperti halnya dalam pemberian obat yang tidak bisa disamakan. Jangan sekali-kali memberikan obat flu untuk manusia kepada kucing. Langkah tersebut akan percuma untuk dilakukan mengingat hewan ini memiliki fungsi enzim yang berbeda dengan manusia. Apabila memang ingin memberikan obat maka berilah obat yang sudah dianjurkan oleh dokter hewan. Dalam pemberian pun pastikan tidak melebihi dosis yang dibutuhkan.

Jaga kebersihan kandang

Penyakit flu pada kucing dapat disebabkan oleh udara yang kurang Bagus.  Cuaca yang tidak menentu juga menjadi penyebab dalam flu yang menyerang anabul. Selain itu kondisi kebersihan kandang juga harus diperhatikan. Sebab siapa yang tahu bahwa kotornya kandang yang demikian menjadi ladang bakteri maupun virus yang akan mengganggu kesehatan kucing nantinya. Untuk itu pastikan kamu terus rajin dalam pembersihan kandang. Berikan pula perhatian terkait kebersihan litter box dan berbagai perlengkapan lain.

Karantina kucing

Dalam cara mengobati kucing flu juga dibutuhkan untuk mengkarantina hewan lucu ini. Sebab penularan flu terbilang sangat cepat. Penularan dapat diakibatkan bila mana kucing yang sedang terserang berinteraksi dengan yang lain. Maka dari itu pastikan kamu memisahkan antara yang sehat dengan yang sedang sakit untuk sementara waktu. Apalagi bila mana kamu memelihara kucing lebih dari satu di kediaman. Tidak perlu panik hewan akan kesepian sebab setelah sembuh maka kucing bisa dibiarkan keluar seperti biasanya.

Jaga suhu tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kucing flu harus diperhatikan suhu tubuhnya. Kamu sebagai pemilik harus memperhatikan dengan baik mengenai kehangatan dari hewan lucu ini. Untuk itu pastikan memberikan perhatian maksimal dengan cara membiarkan hewan ini dalam kondisi yang hangat. Kondisi demikian juga bermanfaat baik agar waktu istirahatnya jauh lebih nyaman. Suhu yang terlalu dingin sangat tidak baik dan malah membahayakan flunya.

Memberikan makanan kualitas baik

Ketika hewan kesayangan sedang terkena flu maka usahakan kamu lebih ekstra dalam perawatan. Sebab bisa saja awal terserang penyakit ini merupakan kelalaian khususnya dalam pemberian makan yang berkualitas. Sifat kucing yang aktif juga kerap membuatnya terlalu berkeliaran dan suka memakan makanan yang sebetulnya tidak boleh dikonsumsi. Cara mengobati kucing flu salah satunya kamu harus selalu menjaga pakan berkualitas pada kucing. Apabila dibutuhkan bahkan berikan vitamin tambahan agar kesehatan tubuh makin terjaga.

Berikan air gula merah

Kucing yang sedang sakit umumnya akan merasakan nafsu makan yang berkurang. Hal itu sebetulnya tidak boleh dibiarkan mengingat kesehatannya bisa saja menjadi semakin menurun. Maka kamu harus telaten juga dalam penanganan terkait pola makan anabul. Memberikan air gula merah dapat di pilih menjadi opsi mengingat air ini dibutuhkan untuk kekosongan perut hewan peliharaan. Pastikan dalam pemberian, berikan secukupnya saja dan jangan berlebihan agar sesuai dengan takaran yang tepat.

Cara Mengobati Kucing Flu
Cara Mengobati Kucing Flu

Penutup

Itu dia beberapa cara mengobati kucing flu yang bisa dilakukan. Penyakit ini sangatlah meresahkan hewan lucu ini. Apalagi dalam penularan terkenal sangat mudah dari satu satwa ke satwa lain. Namun apabila anabul sudah terlanjur terkena flu maka kamu jangan terlalu panik. Perawatan dapat dilakukan sesuai dengan anjuran seperti tips di atas.