Apa Saja Penyebab dan Cara Mengobati Kucing Mencret?

 
Bagikan artikel ini

Cat lovers, pada kesempatan yang lalu kita sudah membahas mengenai ciri-ciri kucing sakit. Nah, saat ini kita akan mengulas cara mengobati kucing mencret. Mungkin kamu juga tau jika kucing adalah salah satu hewan yang rentan terkena diare atau mencret.  Hal itu biasanya akan berpengaruh pada proses pencernaan.

Lalu, apa saja penyebab kucing mencret dan cara mengatasinya? Jika kamu penasaran, yuk langsung saja kita simak jawabannya berdasarkan uraian di bawah ini ya!

Cara Mengobati Kucing Mencret
Cara Mengobati Kucing Mencret

Penyebab kucing mencret

Sebelum kita bahas cara mengobati kucing mencret, terlebih dahulu kamu mengetahui apa saja faktor penyebabnya. Karena ada berbagai macam sebab, serta pada kasusnya mencret pada kucing dikategorikan menjadi 2 tingkatan yakni mulai dari tingkat ringan hingga berat. So, check this out!

Penyebab kucing diare ringan

Makanan

Cat lovers, apa kamu sering gonta-ganti makanan kucing? Jika iya, maka itu bisa menjadi faktor penyebabnya. Perlu kamu ingat, kucing itu mempunyai pencernaan yang sangat sensitif layaknya bayi. So, sebisa mungkin pilih makanan yang pas serta usahakan agar selalu higienis.

Minuman

Selain makanan, kamu juga jangan sembarangan memilih minuman untuk kucing ya cat lovers! Salah satu faktor penyebab kucing mencret adalah karena kucing diberikan minum yang tak higienis.

Namun, meskipun kucing sudah diberi minuman yang higienis, ia terkadang minum air di luar rumah yang kita tak atau apakah itu higienis atau tidak. Tak hanya itu, kamu juga perlu memilih produk susu kucing yang tepat, pasalnya ia sukar untuk mencerna laktosa.

Cuaca

Faktor lain penyebab kucing mencret ialah cuaca. perubahan cuaca yang terjadi, bisa membuat kucing menjadi stres loh cat lovers! Lalu apa akibatnya? Kondisi fisik kucing bisa ikut menurun sehingga ia lebih rentan terkena penyakit diare.

Baca juga:  Penyebab Jamur Pada Kucing Yang Wajib Diketahui

Stres

Seperti sudah dipaparkan pada faktor di atas, ternyata penyebab lain kucing menjadi stres ialah lingkungan. Apabila terjadi pergantian pemilik atau ada orang baru di lingkungannya, maka kemungkinan kucing akan menjadi stres. Jadi hal ini disepelekan ya cat lovers!

Penyebab kucing diare berat

Bakteri dan virus

Cat lovers, perlu kamu tau jika bakteri atau virus merupakan faktor penyebab kucing menjadi diare. Jenis Bakteri yang biasa menyerang pencernaan kucing ialah Escherichia Coli. Dan jenis bakteri ini bisa menyebabkan kucing diare secara terus-menerus.

FIV atau penyakit AIDS kucing

Wah penyakit yang satu ini bahaya sekali, layaknya penyakit HIV yang dapat menyerang melalui gigitan atau yang lainnya. Tak hanya bahaya bagi kucing, penyakit FIV (Feline Immunodeficiency Virus) juga berbahaya bagi kita loh! Tapi, tenang karena penyakit ini jarang sekali ditemui pada kucing.

Radang usus

Penyakit radang usus juga disebut Panleukopenia, merupakan penyakit yang cukup berbahaya. Hal ini kerap ditemui pada kucing yang belum diberi vaksinasi.

Penyakit ini bisa menyebabkan beberapa kucing muntah-muntah, diare yang berat, hingga anemia. Duh, jangan sampai deh itu terjadi!

Ginjal rusak

Cat lovers, kamu perlu waspada dengan yang satu ini karena rusaknya ginjal kucing dapat disebabkan karena pemberian minum yang kurang. Sama sepertimu, ternyata kucing juga butuh kadar air yang tinggi pula.

Kasih kucing air minum yang cukup ya cat lovers, serta imbangi pula dengan pemberian makanan kering atau sering disebut dry food.

Nah, setelah kita tau faktor penyebab kucing mencret, sekarang kita lanjut tentang cara mengobati kucing mencret. Silahkan kamu simak infonya di bawah ini ya cat lovers!

Cara mengobati kucing mencret antara lain yaitu:

Bersihkan kandang

Langkah ini merupakan tindakan pertama yang dapat kamu tempuh, setelah kucing teridentifikasi mengalami mencret. Kamu harus membawa kucing menjauh dari kandang. Atau kamu bisa memindahkan kucing untuk sementara, agar kamu bisa membersihkan kandangnya terlebih dahulu.

Baca juga:  Rekomendasi Vitamin Kucing Terbaik Yang Wajib Kamu Ketahui!

Setelah kandang bersih, masukkan kucing pada tempat semula. Dan pastikan kandang selalu bersih dan steril ya cat lovers supaya keadaan kucing nggak semakin parah.

Oralit khusus hewan

Cara mengobati kucing mencret dengan bahan alami yaitu memberikan oralit khusus kucing. Oralit diracik dengan bahan alami seperti gula dan garam yang dilarutkan dalam air. Dan cara ini aman diberikan untuk kucing yang mencret. Namun, jika kamu tak mau salah dalam meracik ramuan ini, kamu bisa memperolehnya di petshop terdekat.

Cairan elektrolit

Taukah kamu apa fungsi cairan elektrolit? Untuk mengembalikan semua cairan dalam tubuh yang hilang akibat diare. Langkah ini bisa ditempuh, supaya daya tahan tubuh kucing kembali pulih. Selain itu proses penyembuhan diare secara perlahan menjadi lebih cepat dan efektif. So, tak ada salahnya kamu coba cara mengobati kucing mencret yang satu ini!

Diapet NR

Cat lovers, kamu pasti pernah dengar obat diapet? Ya, ternyata obat ini tak hanya ampuh untuk mengobati kamu yang sedang diare, namun juga berlaku untuk kucing loh! Hal ini dibuktikan oleh salah satu penggemar kucing, yang mencoba memberikan obat diapet untuk kucing mencret.

Ada dua jenis obat diapet yaitu diapet biasa dan diapet NR. Nah, yang lebih menarik kucing tidak terlalu  menolak saat diberikan diapet NR, karena serbuknya hampir tak berbau. Berbeda dengan diapet biasa yang serbuknya cenderung bau jamu. Larutkan obat ini dengan air, lalu minumkan untuk kucing dengan menggunakan suntikan tanpa jarum. Nah, cara mengobati kucing mencret dengan diapet ini bisa kamu coba juga lho!

Multivitamin

Tak hanya menjaga daya tahan tubuh, namun multivitamin ini juga sebagai cara mengobati kucing mencret dan tidak nafsu makan. Ya, meskipun cara ini tak seratus persen ampuh, namun para cat lovers tak ada salahnya untuk mencoba. Multivitamin ini dapat kamu beli di apotek atau petshop yang ada di tempat tinggalmu.

Baca juga:  Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Kucing Yang Wajib Dicoba

Yogurt

Masih membahas cara mengobati kucing mencret, selanjutnya menggunakan yogurt. Di dalam yogurt ini mengandung bakteri baik yaitu Lactobacillus yang bagus untuk pencernaan tubuh. Akan tetapi, karena kucing merupakan binatang yang rentan terhadap lactosa, maka lebih baik berikan yogurt non lactosa. Atau kamu bisa memberikan yogurt rendah lactosa dengan takaran 1- 2 sendok per hari.

Beri makanan khusus

Saat kucing mencret kamu bisa memberikan makanan khusus seperti tempe serta makanan yang kaya serat. Pasalnya tempe dipercaya manjur untuk mengobati kucing mencret. Rebus tempe terlebih dahulu untuk mematikan bakteri di dalamnya dan jangan beri tambahan penyedap rasa apapun.

Antibiotik

Cara mengobati kucing mencret yang terakhir ialah menggunakan antibiotik. Kamu bisa menambahkan antibiotik ke dalam makanan kucing, bila ia mencret disebabkan karena bakteri atau virus. Namun, untuk mencoba cara ini sebaiknya kamu konsultasi ke dokter hewan dulu ya cat lovers! Pasalnya pemberian antibiotik juga nggak bisa sembarang.

Oke, cat lovers demikian mengenai penyebab dan cara mengobati kucing mencret yang telah kita ulas secara tuntas. Penyakit ini bisa terjadi kapan saja, tapi kamu tak perlu khawatir karena telah ada berbagai pilihan cara untuk mengatasinya.