Belajar Cara Menjinakkan Kucing dengan Mudah

 
Bagikan artikel ini

Belajar cara menjinakkan kucing dengan mudah. Banyak kucing liar yang terkadang galak dan senang mencakar, namun Kamu bisa mempelajari cara menjinakkan kucing dengan mudah agar bisa mengatasi kucing liar yang ada di lingkungan sekitar Kamu.

Cara menjinakkan kucing
Cara menjinakkan kucing

Cara Menjinakkan Kucing Paling Ampuh

Banyak hal yang bisa dilakukan ketika kucing yang Kamu adopsi dalam kondisi galak dan sering menyendiri karena tidak terbiasa dengan pemilik barunya. Kamu tidak perlu khawatir karena Kamu bisa mempelajari cara menjinakkan kucing yang baru diadopsi seperti berikut ini.

Memahami Sifat Dasar Kucing

Sebelum menjinakkannya, Kamu bisa langsung memahami sifat dasar dan bahasa tubuh kucing. Ketika Kamu mendapati bahwa kucing dalam kondisi tubuh merendah, mata membesar, dan mengeluarkan suara seperti hendak bertengkar maka Kamu jangan mendekatinya.

Bahasa Tubuh

Kamu bisa mempelajari bahasa tubuh kucing hanya dengan memperhatikan gerak-geriknya. Ketika bagian pupil matanya tampak membesar maka itu pertanda bahwa kucing dalam kondisi ketakutan.

Menjaga Jarak

Ketika kucing masih enggan mendekat dengan Kamu maka sebaiknya biarkan. Sementara itu, jagalah jarak Kamu dan biarkan dengan sendirinya kucing tersebut mendekati Kamu.

Mendekati dengan Kalimat Lembut

Cara menjinakkan kucing selanjutnya adalah mendekat dengan mengucap kalimat-kalimat yang lembut. Ajaklah kucing berbicara dan tunjukkan ekspresi yang menyenangkan.

Sering- Sering Ucapkan Kata “Pus”

Seluruh kucing hampir pasti memahami kata “pus” sehingga sering-seringlah mengucapkannya ketika hendak mendekat ke kucing. Dengan mengucapkan kata-kata ini, maka kucing juga akan lebih mengenal pemiliknya.

Hindari Adu Pandang

Ketika memandang mata dalam waktu lama hindarilah kegiatan demikian. Memandang mata dalam waktu lama dapat diartikan kucing sebagai sikap agresif yang berarti mengajak bertengkar. Hal ini bisa membuat kucing marah dan menjauh.

Baca juga:  Mengenal Lebih Dekat Kucing Mixdom, Karakter Hingga Perawatannya

Jangan Membuat Takut

Hindari menakut-nakuti kucing Kamu dengan suara keras, membentak, atau membawa sapu. Hal ini akan membuat kucing menjadi semakin liar.

Perlakukan dengan Lembut

Buatlah kucing nyaman dengan memperlakukannya dengan lembut. Berikan belaian lembut di bagian bawah leher hingga ke bagian dagunya.

Hindari Memegang Ekor

Bagian ekor kucing adalah bagian yang cukup sensitif sehingga hindari untuk memegang apalagi memainkannya. Ketika Kamu menyentuhnya dengan tidak sengaja, bisa jadi kucing merasa tidak nyaman dan justru berbalik marah ke Kamu.

Beri Kandang

Menempatkannya di kandang yang khusus adalah ide yang cukup bagus. Siapkan kandang yang nyaman dan bersih sehingga kucing bisa beristirahat dengan nyaman.

Mengenalkan Aroma Manusia

Letakkan pakaian bekas pakai di sekitar kucing agar terbiasa menghirup aroma manusia dan semakin cepat beradaptasi dengan Kamu.

Beri Makan dan Minum

Memberikan makanan dan minuman secara rutin dapat membuat kucing menjadi jinak dan terbiasa dengan keberadaan Kamu. Namun, jangan heran jika nantinya Kamu akan diikuti kemanapun Kamu pergi.

Menyentuh dengan Perlahan

Jika kucing sudah memberikan sinyal terbiasa dan mau membuka diri maka Kamu bisa mendekatinya dengan menyentuh di bagian leher atau punggungnya dengan sehalus mungkin.

Mengambil Kesempatan

Tunjukkanlah perhatian lebih dan jangan lupa memperhatikan asupannya dengan tepat waktu sehingga kucing merasa diperhatikan oleh pemiliknya. Ketika kucing sedang sakit, berikan perawatan uang maksimal.

Ajaklah Bermain

Cara menjinakkan kucing yang terakhir adalah dengan mengajak bermain. Kucing akan sangat senang ketika diajak bermain sehingga Kamu perlu mengajaknya bermain ketika Kamu dalam waktu luang.

Itulah berbagai cara menjinakkan kucingyang bisa Kamu ikuti sesaat setelah mengadopsi kucing dan membawanya pulang. Memang memerlukan waktu ketika hendak membuat kucing menjadi jinak.

Cara Menjinakkan Kucing
Cara Menjinakkan Kucing

Tips Menjinakkan Kucing yang Gemar Menggigit

Banyak cara menjinakkan kucingapalagi yang memiliki hobi menggigit. Bagi Kamu yang merupakan pemula maka penting untuk mengetahuinya agar bisa mencari solusi tepat untuk mengatasinya.

Bersikap Tenang

Cara menjinakkan kucing yang suka menggigit adalah dengan mencari tahu alasannya. Tidak mungkin kucing menggigit tanpa sebab yang jelas. Bisa jadi alasan di baliknya adalah karena stres, bosan, atau merasa sakit. Hindari untuk memukul kucing atau mengejarnya, karena hal ini justru membuatnya semakin agresif. Berikan respon tenang dan menjauh ketika kucing masih saja menggigit.

Baca juga:  Ikuti 13 Tips Berikut Sebagai Cara Membuat Kucing Gemuk

Menjauh

Sementara waktu,  jauhkan diri Kamu dengan kucing dan tunjukkan ekspresi wajah tidak suka namun tanpa perlu membentak atau menyakitinya. Kucing dapat memahami ekspresi wajah seseorang sehingga Kamu hanya perlu menunjukkannya saja. Hindari mengelusnya ketika digigit, karena itu bisa membuat kucing mengulangi hal yang sama lagi.

Biarkan Kucing Menjauh Sementara

Terkadang banyak faktor yang membuat kucing menggigit dengan tiba-tiba. Maka dari itu, biarkan saja dia menjauh dan menuju ke tempat yang diinginkan. Jangan mengejarnya karena ia bisa merasa terancam.

Hindari Memberi Makan

Meski sudah waktunya makan, namun ketika 20 menit dari kejadian ia menggigit jangan beri dia makan. Tetap beri air minum, namun hindari memberinya makan. Ketika Kamu memberinya makan sesaat setelah menggigit, bisa jadi ia merasa mendapatkan hadiah karena telah menggigit.

Alihkan dengan Mainan

Mainan yang bisa digigit menjadi pengalih yang paling jitu ketika kucing menggigit. Berilah mainan yang bisa digigit seperti tikus-tikusan dan beri pujian ketika kucing berhasil menggigitnya.

Tunjukkan Perintah dan Bahasa Tubuh

Kamu bisa menunjukkan ekspresi tidak suka sembari memerintah dengan kata “jangan atau tidak”. Arahkan jari Kamu pada kucing dan perlihatkan ekspresi sedih atau tidak suka.

Tepukan Tangan

Ketika kucing menggigit maka tepukkan tangan Kamu dan katakan “jangan”. Kamu bisa menepuk tangan di depan wajah kucing agar ia paham bahwa Kamu tidak suka.

Abaikan

Cara menjinakkan kucing yang sedang dalam kondisi menggigit adalah dengan mengabaikannya. Setelah selesai menggigit maka menjauhlah dari kucing dan abaikan dia dalam waktu kurang lebih 10 menit. Tunjukkan bahwa Kamu tidak menyukai apa yang dilakukannya tadi.

Pura-Pura Sakit

Menunjukkan ekspresi kesakitan dan berusahalah pergi menjauh. Jika gigitannya hanya untuk bermain-main, namun sakit bagi Kamu maka dorong tubuh kucing perlahan-lahan.

Hindari Main dengan Tangan

Sebaiknya, bermainlah dengan mainan yang khusus Kamu persiapkan untuk kucing Kamu dan hindari bermain dengan tangan kosong karena bisa jadi tangan Kamu yang menjadi sasaran gigitan kucing.

Baca juga:  Perawatan Kucing Himalaya yang Perlu Dilakukan

Sebenarnya, cara menjinakkan kucing tidaklah sulit dan bisa dipelajari. Akan tetapi, Kamu harus melakukannya dengan konsisten. Jangan sampai Kamu juga emosi ketika menghadapi kucing yang sedang dalam kondisi marah atau menggigit. Karena ini justru bisa membuat kucing menjadi lebih agresif dan semakin marah.

Cara menjinakkan kucing
Cara menjinakkan kucing

Tanya Jawab Cara Menjinakkan Kucing

Ada banyak sekali pertanyaan yang akan dijumpai jika membahas cara menjinakkan kucing. Dari beberapa pertanyaan yang biasa ditemui sudah kita filter dan akan dibahas juga disini. Berikut dibawah ini pertanyaan dan jawaban yang sudah tim embaran.id siapkan untuk dipelajari.

Bagaimana cara menjinakkan kucing liar?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas ada 15 cara menjinakkan kucing liar dan memang terbukti paling ampuh untuk di praktekkan. Yang paling utama adalah kamu wajib mengetahui sifat dasar dari kucing serta bahasa tubuh kucing. Dengan demikian, kucing akan dapat dengan mudah untuk dijinakkan. Langkah selanjutnya dapat kamu baca diatas atau dengan klik link ini: Cara menjinakkan kucing paling ampuh.

Bagaimana cara agar kucing nurut?

Jika ingin agar kucing peliharaan dirumah nurut sama kamu, ada 7 cara mudah untuk melatihnya. Simak caranya dibawah ini:
1. Latihlah sejak dini (ketika masih kecil)
2. Buat sesi latihan sependek mungkin
3. Siapkan camilan, mainan atau catnip sebagai hadiah
4. Gunakan alat “clicker” untuk melatih kucing
5. Sangat tidak disarankan untuk memberi hukuman pada kucing
6. Ajarkan juga supaya patuh buang kotorannya di litter box
7. Jangan lupa mengelusnya untuk menambah kedekatan emosional antara kucing dan kamu

Mengapa kucing menjadi agresif?

Kucing menjadi agresif bisa dikarenakan menderita stres pasca trauma. Otak kucing dapat berhubungan dengan cara yang sama dengan kita. Dan efek dari kecemasan kronis dari hasil kekerasan manusia pada masa lalu atau juga dari faktor perjuangannya untuk bertahan hidup di jalanan. Itu dapat membuat kucing menjadi lebih agresif.

Penutup

Jika Kamu sudah berhasil mempelajari cara menjinakkan kucing dengan benar, Kamu bisa mencoba mempraktikkannya perlahan-lahan. Jangan memaksa kucing untuk bisa beradaptasi dengan cepat karena berisiko stres. Ikuti saja alurnya dan tunggulah hingga siap.