Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Induk Dan Cara Memandikan Tanpa Hair Dryer

Diposting pada 42 views
Bagikan artikel ini

Cat lovers, pernah melihat anak kucing namun tak ada ibunya? Mungkin kamu merasa tak tega, sehingga berniat ingin menolong mereka. Akan tetapi, nggak tau gimana sih cara merawat anak kucing tanpa induk?

Memang cara merawat kucing tanpa induk bisa dibilang gampang-gampang susah. Pasalnya apabila tak dirawat dengan hati-hati dan semestinya mereka malah bisa mati.

Tapi tak perlu risau, kamu masih bisa lho melakukan perawatan untuk menjaga bayi-bayi kucing tersebut agar tetap hidup dan tumbuh menjadi kucing dewasa. So, baca baik-baik panduannya berikut ini ya dan jangan sampai ada yang terlewat!

Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Induk
Cara Merawat Anak Kucing Tanpa Induk

Cara merawat anak kucing tanpa induk

Cat lovers, teknis-teknis cara merawat kucing kecil tak berinduk yang baik dan benar disini panduannya! Kamu harus telaten dan rajin memberi perhatian serta berbagai kebutuhan untuk anak kucing. Yuk simak panduannya di bawah ini!

Sediakan tempat yang nyaman dan hangat

Cat lovers, langkah pertama cara merawat anak kucing tanpa induk yang harus kamu tempuh adalah menyediakan tempat yang hangat. Hal ini perlu kamu siapkan, agar anak kucing tetap merasa hangat meskipun jauh dari induknya.

Kamu bisa menggunakan handuk atau selimut dengan bahan yang lembut. Dan jangan lupa letakkan lampu pijar di dekat tempat tidur kucing, supaya dia tetap merasa hangat dan nyaman saat di malam hari. Pastikan pula tempat yang kamu gunakan kering dan bersih. Sebab jika kotor dan lembab, akan menjadi sarang penyakit dan bakteri yang bisa menyerang anak kucing.

Kasih susu

Layaknya bayi baru lahir, kucing kecil atau kitten juga butuh asupan susu sebagai pengganti asi yang tak bisa ia dapatkan dari induknya. Ingat ya, jangan sembarangan kasih susu! Karena susu yang diberikan adalah susu khusus kucing. Susu ini diformulasikan khusus sehingga aman dikonsumsi oleh anak kucing.

Berikan susu dengan menggunakan botol dot khusus yang bisa kamu beli di supermarket atau petshop. Cara merawat anak kucing tanpa induk ini, usahakan untuk memberinya susu secara teratur yaitu 2-3 jam sekali.

Bantu pipis dan BAB

Setelah kucing minum dan makan, maka kamu dapat membantunya untuk pipis atau BAB. Cara merawat anak kucing tanpa induk untuk pipis atau BAB yaitu dengan mengelus perut anak kucing atau mengusap area genitalnya dengan memakai air hangat. Apa tujuannya? Untuk merangsang anak kucing agar dapat pipis dan BAB.

Memberi vitamin D

Cara merawat anak kucing tanpa induk selanjutnya ialah memberi vitamin D. Seperti bayi manusia, seekor anak kucing juga perlu asupan vitamin D yang diperoleh dari sinar matahari. Kamu bisa menjemur mereka antara jam 7-8 pagi di bawah sinar matahari selama 10 menit. Cara ini juga baik untuk mendukung pertumbuhannya.

Memandikan

Jika cara merawat anak kucing tanpa induk yang satu ini belum memungkinkan untuk dilakukan. Maka sebaiknya kamu seka badan kucing dengan memakai waslap yang dibasahi dengan air hangat.

Akan tetapi, bila mungkin untuk dimandikan sebaiknya gunakan air hangat ya, mengapa? Karena agar anak kucing tak merasa kedinginan setelah ia mandi. Cara ini tak perlu kamu lakukan setiap hari, cukup 3 hari sekali saja.

Vaksin

Vaksinasi sangat penting untuk mendukung kesehatan anak kucing. Pemberian vaksin akan disesuaikan dengan kebutuhan kucing. So, kamu harus berkonsultasi ke dokter hewan terlebih dahulu.

Pemberian vaksin dapat mencegah beragam virus dan penyakit tertentu selama masih bayi bahkan ketika mereka dewasa. Karena bisa saja anak kucing mewarisi penyakit induknya yang mungkin tak kamu ketahui.. Dan jangan lupa, berikan obat cacing agar anak kucing tumbuh cepat dan sehat. Nah, cara merawat anak kucing tanpa induk ini wajib kamu terapkan lho cat lovers!

Latih anak kucing

Cat lovers, memang pada dasarnya kucing adalah hewan yang penurut dan setia. Apalagi jika kamu mau melatih mereka tentang berbagai hal. Ada beberapa hal pokok yang perlu kamu ajarkan untuk anak kucing sedari dini supaya mereka dapat mandiri dan patuh saat dewasa nanti.

Hal-hal apa saja itu?

  • Latih anak kucing untuk bergerak aktif
    Anak kucing yang baru lahir memang rentan dan belum dapat bergerak aktif. Kamu bisa memberinya mainan sebagai umpan agar mereka mau bergerak.
  • Latih makan minum dengan mandiri
    Tak ada salahnya lho melatih anak kucing makan dan minum sendiri! Contohnya seperti memasukkan dan melepaskan botol dot susu sendiri. Kamu juga bisa memberikan makanan padat kepada anak kucing untuk menambah kecukupan nutrisinya.

Cara memandikan anak kucing tanpa hair dryer

Cat lovers,  mau memandikan kucing tapi tak punya hair dryer? Tenang, ada solusinya disini! Silahkan baca langkah-langkahnya ya!

Siapkan bahan-bahan

Sebelum, kamu memandikan anak kucing ada beberapa bahan yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu, antara lain:

  • Handuk lembut berukuran sedang
  • Ember
  • Air hangat
  • Sampo kucing
  • Sisir

Basahi tubuh kucing

Jika semua bahan telah siap, maka langkah pertama yang kamu lakukan adalah mengguyur tubuh kucing dengan air hangat yang telah disiapkan dalam ember sebelumnya. Kamu harus melakukan hal ini dengan hati-hati ya, dan jangan sembarangan.

Sebab air tak boleh kena mata, hidung, mulut serta telinga kucing. Mengapa? Ya supaya si kucing nggak rewel. Dengan air hangat akan membuat tubuh anak kucing menjadi lebih rileks dibandingkan air dingin.

Beri sampo

Setelah seluruh badan kucing basah, maka langkah selanjutnya memberikan sampo khusus untuk kucing. Caranya tuangkan sampo pada telapak tanganmu dan gosokkan ke seluruh tubuh kucing hingga mengeluarkan busa.

Lakukan cara ini sambil memijatnya, dan jangan sampai busa sampo mengenai area mata, mulut dan hidung kucing lho! Pastikan supaya tubuh kucing diusap dengan sampo sampai rata ya cat lovers.

Bilas

Langkah berikutnya bilas kucing dengan air hangat sampai busa yang menempel pada tubuhnya benar-benar hilang. Ingat, jangan gunakan air dingin ya, nanti bisa saja kamu dicakar karena ia takut dengan air dingin. Serta pastikan tak ada busa yang masih menempel, sebab kucing bisa menjilatnya. Kan bahaya tuh!

Keringkan pakai handuk

Karena poin yang kita bahas ini cara memandikan anak kucing tanpa hair dryer, maka kamu cukup mengeringkan kucing dengan menggunakan handuk. Sebenarnya sama saja sih, bedanya proses mengeringkan bulu kucing dengan hair dryer lebih cepat.

Ketika mengeringkan tubuh kucing dengan handuk, usaplah secara perlahan lalu keringkan di bawah sinar matahari. Jika sudah kering, kamu bisa menyisir bulunya dengan lembut agar terlihat rapi.

Begitulah panduan cara merawat anak kucing tanpa induk, disertai cara memandikan anak kucing tanpa memakai hair dryer. Kamu bisa memakai cara ini, karena tak semua kucing suka dengan hair dryer.  Semoga artikel ini bisa membantu kalian semua ya cat lovers!