Cara Merawat Anak Kucing untuk Pemula

 
Bagikan artikel ini

Ketika memutuskan untuk memelihara anak kucing terutama dengan usia di bawah 1 tahun maka ada banyak sekali pertimbangan yang harus dipikirkan. Termasuk salah satunya mencari cara merawat anak kucing yang tepat dan benar. Sehingga kamu tidak salah apalagi sampai menyebabkan kucing terkena penyakit hingga mati. Berikut ini akan kita bahas secara lengkap mengenai cara merawat anak kucing khususnya di bawah usia  1 tahun yang tepat.

Cara Merawat Anak Kucing
Cara Merawat Anak Kucing

Cara Merawat Anak Kucing untuk Pemula

Cara merawat anak kucing bukanlah perkara yang kamu anggap mudah, terutama jika kamu memutuskan untuk mencari tips seperti bagaimana cara merawat kucing sakit. Hal ini dikarenakan anak kucing lebih rentan terkena penyakit dan juga lebih sensitive. Sehingga ada banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan ketika kamu memutuskan untuk memeliharanya.

Sebelum membahas mengenai, cara merawat anak kucing yang sakit kita bahas dulu. Mengenai tips merawat anak kucing yang sehat terutama bagi kamu yang baru saja pertama kali memelihara kucing.

Menyediakan Makanan dan Minuman

Cara merawat anak kucing pertama yang wajib dipahami yaitu menyediakan makanan dan juga minuman yang sesuai. Dengan usianya masih banyak sekali masyarakat di Indonesia yang Sembarangan dalam memberikan makanan ataupun minuman. Sehingga menyebabkan anak kucing lebih mudah terkena diare ataupun berbagai penyakit.

Padahal sudah tersedia lho di pasaran makanan khusus anak kucing di bawah usia 1 tahun dan juga susu khusus untuk kucing. Apabila anak kucing yang kamu pelihara tidaklah disertai dengan induknya akan lebih baik. Jika kamu memelihara kucing setelah lepas dari masa menyusui, karena kucing yang masih menyusui kemudian dipisahkan oleh induknya terkadang mengalami stress.

Baca juga:  Tips Melakukan Perawatan Kucing Persia yang Tepat

Memilih Kandang yang Tepat

Selanjutnya cara kedua yang bisa dilakukan apabila kamu memutuskan untuk memelihara anak kucing yaitu memastikan bahwa tempat tinggal ataupun kandang yang dimiliki tidaklah terlalu kecil. Apalagi gelap dan lembab. Karena bagaimanapun juga walaupun anak kucing yang kamu miliki berukuran kecil namun mereka membutuhkan area untuk bermain ataupun bergerak secara bebas.

Jangan biarkan anak kucing yang kamu miliki terkungkung di dalam kandang sehingga akhirnya mereka stress atau justru sebaliknya terkadang perilaku yang dimiliki cukup liar. Karena adanya pengurungan sejak kecil di kandang cobalah untuk membiarkan mereka beristirahat di tempat yang nyaman dan juga aman. Jika memang tidak memiliki kandang yang cukup besar. Keluarkan anak kucing ketika siang hari sehingga mereka bisa bermain dengan bebas.

Jangan Mengkonsumsi Makanan Manusia

Anak kucing sama halnya seperti anak kecil manusia mereka seringkali menimbulkan rasa penasaran. Sehingga mudah untuk makan ataupun meminum yang ada di sekitarnya. Untuk itu jangan membiarkan mereka untuk meminum atau mengkonsumsi makanan dan minuman milik manusia yang mungkin umumnya kamu letakkan di gelas ataupun piring. Karena bisa jadi sumber penyakit atau bahan makanan membahayakan bagi si anak kucing.

Mandikan dengan Rutin

Apakah anak kucing sudah boleh dimandikan jawabannya  Tentu saja boleh karena membiasakan anak kucing untuk mandi sejak kecil menjadikan mereka tidak terlalu takut dengan air. Namun pastikan sebelum memandikan atau pun memutuskan untuk memelihara kebersihan anak kucing dengan air.

 Kamu harus mengecek kembali suhu yang digunakan karena anak kucing yang mandi dengan menggunakan air dingin akan lebih mudah sakit dan tentu saja lebih mudah untuk kedinginan. Cara memandikan anak kucing yang betul dan aman, dilakukan oleh para pemilik kucing yang sudah paham yakni menaikkan suhu air untuk mandi. Sehingga menjadi lebih hangat atau minimal suam kuku.

Baca juga:  Cara Ampuh Menghilangkan Kutu Kucing Yang Wajib Dicoba

Jangan Sampai Kelaparan

Terakhir untuk memastikan anak kucing tetap sehat. Yakni dengan memberikan makan yang tepat dan tidak sekaligus hal ini terjadi karena umumnya kucing, tidak mau mengkonsumsi makanan yang telah lama dihidangkan di tempat ataupun mangkuk makanan mereka.

Sehingga lebih baik memberikan sesuai dengan porsinya. Namun dilakukan secara dengan memberikan makan anak kucing beberapa kali sehari. Mereka tidak akan kelaparan dan lebih mudah untuk terhindar dari penyakit.

Cara Merawat Anak Kucing yang Sakit

Selanjutnya adalah cara merawat kucing yang ternyata mengalami sakit ataupun terkena virus tertentu jangan patah semangat. Karena ada beberapa tipsnya:

Menerima Asupan Makanan yang Menyehatkan

Pertama yang harus dilakukan dalam memastikan bahwa anak kucing yang kamu miliki tetap mau mengkonsumsi makanan ataupun menerima asupan. Karena hal ini sangat penting anak kucing hanya bisa menerima makanan dan juga susu untuk bisa mengisi energinya. Sehingga ketika mereka sudah tidak mau makan ataupun minum susu. Maka mereka akan merasa lemas dan tentu saja kesulitan untuk bergerak ataupun bahkan untuk sembuh dari penyakitnya. Hal ini harus kamu perhatikan sebagai seorang pemilik.

Gejala yang Lebih Kompleks

Hal kedua yakni mengasyikkan atau melihat apa saja gejala yang terjadi pada anak kucing biasanya, untuk kita sendiri memang gejalanya lebih kompleks. Mulai dari ketika mengalami diare mereka tidak hanya akan mencret namun kesulitan untuk makan dan juga lemas dan tidak ingin bermain. Selain itu gejala kecil lainnya dapat membantu dokter hewan untuk bisa mendiagnosa kucing lebih tepat lagi. Sehingga pastikan untuk memberikan gejala selengkap-lengkapnya ketika berobat ke dokter.

Rujuk Ke Dokter

Baik itu kucing kampung ataupun kucing ras ada hal yang paling penting yang harus diperhatikan pertama ketika kamu memutuskan untuk memelihara anak kucing dan ternyata sakit. Mereka harus dibawa ke dokter ketika sudah tidak mungkin untuk dilakukan pertolongan. Pertama sementara misalnya saja memberikan air minum dan juga makan kucing serta memberikan obat khusus kucing.

Baca juga:  Berikut Adalah Beberapa Cara Membedakan Kucing Betina dan Jantan

Hal ini sangat penting karena masih banyak masyarakat di Indonesia yang menganggap bahwa anak kucing kampung tidak perlu dirawat secara maksimal. Nyatanya cara merawat anak kucing tidak boleh dibedakan, berdasarkan rasnya mereka sama-sama hewan bukan?

Berikan vitamin

Terakhir cara merawat anak kucing yaitu memastikan bahwa mereka telah mendapatkan vaksin ataupun obat-obatan dan juga vitamin secara rutin. Hal ini dilakukan bukan hanya untuk mengobati sakit yang dialami anak kucing. Namun menghindari mereka dari berbagai penyakit vaksin dan obat memang cukup mahal. Namun sekarang ini sudah ada Puskesmas hewan di beberapa kota besar yang dapat membantu para pemiliknya, untuk bisa mengeluarkan biaya lebih kecil ketika kucing mereka sakit terutama anak kucing.

Nyatanya ada banyak sekali cara untuk merawat anak kucing yang bisa diterapkan. Hal yang paling penting adalah ketika kamu memutuskan untuk memelihara anak kucing. Biasakan hal-hal baik yang dilakukan mulai dari membersihkan kandang memandikan kucing dan juga memberi makan secara rutin. Sehingga mereka bisa tumbuh dengan sehat. 

Jangan Pisahkan Kucing dengan Induknya

Cara merawat anak kucing lainnya yang harus diperhatikan dan seringkali menjadi hal sepele yang dilupakan banyak pemilik kucing. Ketika memutuskan untuk memelihara anak kucing pastikan di sekitar lingkungannya tidak ada kucing besar atau kucing dewasa. Kalaupun ada kamu harus memastikan bahwa kucing dewasa tersebut menerima anak kucing baru ataupun kucing lain yang masuk ke lingkungan mereka. Jika tidak umumnya anak kucing akan mudah stres dan juga merasa tertekan, karena adanya kucing dewasa yang bukan ayahnya atau ibunya.