Cara Merawat Ayam Aduan Sebelum Turun Arena

Diposting pada

Cara merawat ayam aduan sebelum turun arena – Ayam merupakan hewan yang banyak dipelihara oleh masyarakat. Bukan tanpa alasan melainkan unggas ini bisa dikatakan serba guna. Kamu dapat beternak untuk di jual, di ambil daging ataupun sebagai petelur. Selain itu beberapa tradisi juga kerap dilakukan misalnya sabung ayam. Untuk menghasilkan ayam petarung handal tentu dibutuhkan perawatan yang baik. Maka dari itu berikut akan diberikan informasi mengenai cara merawat ayam aduan sebelum turun arena.

Berikut 8 Tips & Cara Merawat Ayam Aduan Sebelum Turun Arena

Cara merawat ayam aduan sebelum turun arena
Cara merawat ayam aduan sebelum turun arena

Ayam aduan agar menjadi petarung jagoan tidak datang dengan begitu saja. Harus ada perawatan khusus untuk membuat ayam bisa berlaga. Berikut dibawah ini tips dan cara merawat ayam aduan sebelum turun arena dan bisa menjadi petarung yang handal.

Pemilihan bibit

Jika Kamu ingin memulai cara merawat ayam aduan sebelum turun arena sedari awal, maka dibutuhkan untuk mendapatkan bibit unggulan terlebih dahulu. Lakukan riset untuk menentukan mana bibitan yang berkualitas. Ciri-ciri yang bisa di cermati antara lain seperti sehat, tidak cacat serta mempunyai bulu yang bagus. Pemilihan bibit sangat menentukan hasil ayam petarung nantinya.

Selain itu perhatikan pula dalam pemilihan kandang. Apalagi bila harus merawat dari bibit. Pastikan Kamu memberi tambahan fasilitas seperti boklam yang bertujuan menghangatkan anakan. Fungsi dari lampu sangat penting mengingat daya tahan terhadap dingin dipertaruhkan. Selain itu kualitas kandang juga akan melindungi dari ancaman hewan lain misalnya tikus yang menyerang.

Pemberian pakan

Bila sudah menemukan bibit unggulan maka proses yang dibutuhkan selanjutnya yakni dalam pemberian pakan. Pastikan Kamu memberikan fur secukupnya. Peternak dapat pula mencampur dengan bahan lain misalnya nasi atau sayuran. Pemberian pakan berkualitas akan membantu pertumbuhan otot dan tubuh lebih sehat sehingga mampu bertahan lebih ketika bertarung.

Baca juga:  Cara Merawat Anak Kucing untuk Pemula

Demikian pula dengan cara merawat ayam aduan sebelum arena ketika sudah dewasa. Umumnya ayam akan di fokuskan dalam pertumbuhan pada usia 0 sampai 5 bulan. Baru setelah masuk 6 bulan ke atas di fokuskan dalam pertarungan. Pemberian makan bisa di berikan fur untuk membuat badan tumbuh sempurna menunjang saat tarung.

Berikan Vitamin dan Suplemen

Masih berkaitan dengan pola pemberian pakan. Demi menunjang pertumbuhan ayam aduan, Kamu dapat pula memberikan vitamin dan suplemen. Meski begitu beri secara secukupnya jangan berlebihan agar justru tidak mengganggu pertumbuhan. Ada beberapa vitamin atau suplemen yang bisa di berikan dengan di campur pakan seperti fur. Ada pula yang di berikan secara tersendiri.

Tekun membersihkan kandang

Cara merawat ayam aduan tidak terlepas dari kebersihan kandang. Kamu tidak boleh membiarkan kandang dalam keadaan kotor. Hal itu jelas tidak baik serta mempengaruhi kesehatan peliharaan. Maka dari itu, periksa kandang paling tidak dua sampai tiga kali dalam seminggu. Lakukan pembersihan secara menyeluruh agar kenyamanan ayam aduan terjaga dengan baik.

Memandikan ayam teratur

Selain membersihkan kandang, cara merawat ayam aduan sebelum turun arena yang baik harus melibatkan pemandian unggas ini secara teratur. Tujuan dilakukan tentu membuat badan ayam menjadi lebih bersih dan segar. Adapun Kamu dapat memandikan setiap hari kecuali ketika hujan tiba. Waktu terbaik dalam memandikan ayam petarung ialah pada pukul 8 pagi.

Alasan pemilihan waktu demikian sangat tepat mengingat di saat itu hari juga mulai panas untuk proses penjemuran. Perlu diketahui bahwa dalam cara merawat ayam aduan sebelum turun arena, peternak tidak boleh memandikan dengan air hangat. Sebab air hangat berpotensi merusak bulu ayam. Jangan pula menggunakan sabun yang justru tidak bermanfaat untuk ayam. Lebih baik bersihkan secara menyeluruh dengan membilas dengan air bersih.

Baca juga:  Ikuti 13 Tips Berikut Sebagai Cara Membuat Kucing Gemuk

Pengeringan

Setelah proses pemandian ayam maka tahapan cara merawat ayam aduan sebelum turun arena berikutnya yakni proses pengeringan. Usahakan untuk tidak membiarkan ayam berkeliaran setelah dilakukan pemandian. Kamu dapat mengurungnya untuk sementara untuk kemudian proses penjemuran. Usahakan menjemur sampai pukul 10 pagi yang mana pada waktu itu terdapat Vitamin D yang bermanfaat bagi kesehatan ayam.

Jangan lupa pula sebelumnya beri alas berupa bebatuan atau kayu agar bagian bawah ayam tidak kotor. Kebiasaan unggas yang kerap tiduran di tanah jelas membuatnya akan kotor kembali. Jika di rasa sudah kering maka peternak dapat segera mengeluarkannya.

Melatih fisik ayam

Demi menjadi petarung yang handal maka dibutuhkan pelatihan tertentu yang harus dilewati. Nah cara merawat ayam aduan ini melibatkan pembentukan fisik ayam. Sebetulnya ada beberapa teknik yang bagus dalam pembentukan fisik ayam petarung. Misalnya dengan menarik sayap dan paha lalu menggerakan ke kanan dan kiri. Prosedur seperti itu pastinya harus dilakukan setelah Kamu sudah ahli atau terbiasa.

Membantu dengan gerakan tertentu memberikan manfaat misalnya gerakan ayam akan jauh lebih lincah dan terbiasa. Tentu berbeda dengan ayam tanpa pelatihan yang mana hanya menyerang secara spontan saja. Lebih jauh, pergerakan pun akan jauh lebih fleksibel.

Asah mental ayam

Setelah memasuki umur yang cukup kini tiba saatnya asah mental ayam jago. Kemampuan mental ayam harus mulai dibentuk apalagi ketika sudah berusia 6 bulan ke atas. Pastikan Kamu menjadikan dengan lawan yang sepadan untuk mengecek kemampuan terlebih dahulu. Semakin banyak pertarungan maka akan lebih baik dalam mengasah mental dari ayam petarung.

Ciri-Ciri Ayam Aduan yang Berkualitas

Cara merawat ayam aduan sebelum turun arena
Cara merawat ayam aduan sebelum turun arena

Postur badan tinggi dan tegak

Setelah mencermati cara merawat ayam aduan sebelum turun arena, maka kini Kamu harus akan ciri-ciri yang berkualitas. Seekor ayam petarung yang bagus umumnya memiliki postur tinggi dan tegak. Postur tersebut akan membantu dalam menyerang ketika bertarung. Musuh pun akan lebih susah apalagi bila tidak didukung postur yang mumpuni.

Baca juga:  Wajib Diketahui! Cara Merawat Bayi Kucing dengan Baik dan Benar

Ekor lebih pendek

Jangan salah paham dalam melihat tampilan ekor ayam. Sebab bagi awam mungkin akan lebih tertarik dengan ayam jago dengan nampak ekor lebih panjang. Padahal ekor lebih pendek lebih berpotensi menjadi aduan yang handal. Hal itu didukung dengan kemudahan dalam pergerakan. Jauh lebih fleksibel dalam menyerang memberikan kelebihan tersendiri bagi petarung.

Memiliki paruh panjang

Ciri berikutnya yang dapat dicermati antara lain  memiliki paruh yang panjang. Paruh panjang dapat menjadi tanda kemampuan ayam aduan yang berkualitas. Tak salah bila beberapa yang memiliki hobi ternak ayam petarung akan memilih jenis tersebut. Paruh panjang memberikan manfaat sebagai penunjang serangan saat ayam saking adu.

Leher lebih panjang

Ada ciri lain dari ayam aduan yang berkualitas. Misalnya secara fisik memiliki nampak leher lebih panjang. Dari bentuk leher ini sebetulnya akan memberikan banyak manfaat yang mana leher panjang membantu dalam penyerangan unggas ini. Maka dari itu, pilihlah jenis dengan leher yang lebih panjang agar mendapatkan ayam aduan yang potensial lebih tangguh.

Bentuk kepala

Bentuk kepala juga dapat menjadi ciri ayam aduan berkualitas. Ada baiknya Anda memilih ayam dengan bentuk kepala seperti buah pinang. Bukan tanpa alasan melainkan bentuk ini dikenal akan tatapan matanya yang lebih jeli terhadap musuh. Daya serta kecepatan serangan pun lebih fleksibel.

Itulah beragam informasi mengenai tips dan cara merawat ayam aduan sebelum turun arena beserta ciri-cirinya. Beragam tips di atas dapat Kamu ikuti demi mendapat kualitas ayam petarung yang mumpuni. Jaga pula kualitas ayam dengan memberi pakan bermutu tinggi.