Tips Yang Tepat Dari Cara Merawat Burung Lovebird

Diposting pada

Mulai dari hewan yang cocok untuk diternakkan seperti ikan hias atau hewan yang lucu seperti kucing. Namun, ada orang yang gemar dengan pelihara burung cinta. Lalu bagaimana cara merawat burung lovebird untuk pemula yang tepat?

Cara Merawat Burung Lovebird

Ketika berbicara tentang burung pastinya sudah banyak yang mengetahuinya. Burung sendiri ada banyak sekali jenisnya. Namun, burung Lovebird ini memiliki banyak penggemarnya.

Tidak hanya itu saja bahkan ada juga kontes kejuaraan untuk penggemar burung jenis lovebird ini. Lalu bagaimana cara merawat burung cinta ini dengan baik. Mulai dari memberinya makan hingga memandikannya.

Bagaimana yang paling tepat? Simak berikut ini.

Cara Yang Tepat Untuk Pemeliharaan Burung Lovebird

Cara Merawat Burung Lovebird

Bagaimana cara pemeliharaan burung lovebird ini yang baik? Simak ulasannya berikut ini.

1. Melakukan Pengembunan Pada Pagi Hari

Untuk menjaga burung terhindar dari stress dan membuatnya tetap tenang adalah melakukan pengembunan. Cara ini juga mampu untuk menjaga stamina pada burung Lovebird yang kamu miliki.

Lakukan mulai dari jam 4 pagi hingga matahari terbit. Cukup gantungkan kandang burungmu di teras rumah atau belakang rumah. Namun sebelum itu, pastikan cuaca mendukung dengan tidak hujan.

2. Pakan Yang Bagus

Untuk mempercepat burung cinta kamu gacor. Kamu bisa memberi makan burung lovebird milikmu dengan pakan yang baik. Tidak lupa juga berikan ia nutrisi serta vitamin yang cukup untuknya.

Baca juga:  Begini Cara Merawat Kucing Sakit di Rumah Paling Ampuh!

Pemberian buah segar juga mampu mempercepat burung lovebird cepat ngekek. Seperti buah apel atau pisang setiap 4 minggu sekali. Supaya nutrisinya seimbang lakukan selang seling dalam pemilihan pakan.

3. Memandikan Lovebird Secara Rutin

Cara merawat burung lovebird selanjutnya adalah, memandikannya secara rutin. Ini akan membuat burung cinta kamu menjadi lebih sehat. Terutama untuk lovebird yang masih kecil, rawan sekali bakteri menempel pada bulunya.

Bisa kamu mandikan pada pagi atau siang hari. Bisa di antara pukul 7 hingga 8 pagi. Atau saat siang hari bisa di antara pukul 12 hingga 1 siang.

3. Pemberian Vitamin Agar Tak Gampang Sakit

Memenuhi kebutuhan vitamin dari lovebird kamu untuk membuatnya tidak gampang sakit. Kamu bisa mendapatkan multivitamin yang banyak tersedia di toko burung. Ini adalah cara merawat burung lovebird yang baik.

Berikan dosis yang sesuai dengan anjuran dokter hewan supaya Lovebirdmu tidak kelebihan nutrisi. Pasalnya kelebihan nutrisi ini bisa berbahaya untuk burung jenis ini.

Jadi pastikan kamu paham dengan cara merawat burung Lovebird untuk pemula, jangan sembarangan memberinya vitamin.

4. Membersihkan Kandang Secara Teratur

Pastikan kandang dari burung lovebird ini selalu bersih. Ini akan membuat burung lovebird menjadi tidak mudah terserang penyakit. Perhatikan mulai dari lantai, kandang, angkringan, tempat pakannya sampai besi pinggirannya.

Selalu pastikan semua bersih. Selain kotoran perhatikan juga bulu-bulunya yang terjatuh. Buang hingga bersih tak tersisa. Ini adalah cara merawat burung lovebird yang tepat.

5. Lakukan Pemasteran Untuk Membuatnya Ngekek Tanpa Jeda

Proses pemasteran ini mampu membuat burung cepat ngekek. Pertama bawa burung ke tempat yang sepi, kemudian perdegarkan suara masteran. Lakukan setidaknya 2-3 kali dalam seminggu agar burung punya jeda beristirahat. Jika setiap hari maka akan cepat mengalami kelelahan.

Baca juga:  Belajar Cara Menjinakkan Kucing dengan Mudah

6. Pemilihan Kandang Yang Tepat

Pilih kandang yang tepat adalah salah satu hal yang terpenting. Ukuran badan yang kecil harus teliti untuk bisa memilih jarak antara sekat kandang. Jarak yang semakin kecil dirasa lebih baik supaya burung tidak mudah tersangkut.

Pilih kandang dengan bentuk kotak untuk membuatnya nyaman dan mampu bertahan hidup lebih lama. Tepatkan yang jauh dari kebisingan untuk menghindarinya dari stress.

7. Tepatkan Bersama Pasangannya

Jenis burung ini membutuhkan kehidupan sosial yang tinggi. Maka ada mitos memelihara burung lovebird hanya satu akan membuatnya stress dan cepat mati. Sebenarnya, menempatkannya dengan lawan jenis supaya tidak kesepian.

Namun itu hanyalah mitos semata. Nyatanya masih banyak orang yang memeliharanya tidak sepasang dan masih tetap hidup.

Cara Tepat Untuk Memberi Makan Burung Lovebird

Cara memberi makan burung lovebird

Bagaimana cara memilih dan memberikan makanan burung lovebird yang tepat?

1. Pilih Jenis Makanan

Jenis makanan ini ada yang diformulasikan memang untuk si burung, ada yang dari sayuran, buah-buahan juga biji-bijian. Pertama, pilih produk makanan berdasarkan usia burung. Pastikan produk  tidak mengandung bahan pengawet atau tambahan.

Sayuran segar seperti selada hijau atau wortel bisa menjadi makanan pendukung untuk lovebird. Buah segar seperti pisang juga apel cocok untuk diberikan kepada burung cinta ini. Atau biji-bijian yang diberikan sebagai camilan juga dalam jumlah yang kecil.

2. Tetapkan Jadwal Makan

Berikan takaran makan burung lovebird, dengan 70% pelet dan 30% sisanya dengan buah juga sayur-sayuran. Berikan makanan dengan waktu yang sama setiap harinya. Kamu juga bisa mengganti secara berkala jenis buah yang akan diberikan.

3. Berikan Makanan Bayi Burung Dengan Tangan

Burung yang baru menetas lebih baik diberi makan menggunakan tangan. Ini merupakan cara merawat burung lovebird yang baik. Langkah ini dirasa sangat ideal jika kamu membesarkannya sendiri sejak awal.

Baca juga:  Scabies Pada Kucing: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan yang Tepat

Atau bisa gunakan suntikan untuk pakan yang berbentuk bubuk. Ikuti cara pembuatannya untuk mengetahui perbandingan air serta bubuk makanannya.

Cara Memandikan Burung Lovebird Yang Baik

Cara memandikan burung lovebird

Berikut ini cara yang baik untuk memandikan lovebird.

1. Anginkan Sebelum Dimandikan

Sebelum kamu mandikan, anginkan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya burung tidak merasa kaget saat dimandikan. Lakukan selama kurang lebih 20 menit pada pagi hari antara pukul 06.00 atau 07.00 pagi.

2. Pilih Waktu Memandikan yang Tepat

Untuk cara merawat burung lovebird kamu pastikan waktu memandikannya tepat. Waktu yang baik untuk memandikannya adalah sebelum pukul 10.00 pagi. Cukup 2 hari sekali saja untuk memandikannya.

Bisa dimandikan dengan cara disemprot atau keramba. Namun, dengan cara disemprot dirasa lebih efektif dan membuat nyaman burung.

3. Memandikan Burung Cinta Anakan Dan Dewasa

Cara memandikan burung lovebird anakan atau dewasa sedikit berbeda. Karena masih kecil jadi masih lebih mudah. Cukup semprotkan dari atas ke bawah secara perlahan.

Sedangkan yang dewasa, cara terbaiknya menggunakan semprotan embun. Pertama, semprot air ke tubuh burung lalu hentikan dengan keadaan basah. Jika burung sudah terlihat biasa, bisa disemprotkan lagi, cukup basah saja jangan sampai basah kuyup.

4. Penjemuran Burung Cinta

Selesai mandi, sebaiknya jangan langsung dijemur. Tunggu air pada bulu berjatuhan terlebih dahulu. Kalau dijemur langsung bisa membuat bulu menjadi pecah dan kusam.

Jemur burung selama 2 jam di bawah terik matahari. Namun jangan menjemur lewat jam 10 pagi. Ini merupakan cara merawat burung lovebird yang baik.

5. Mengkerondong Burung

Kerondong burung dengan kain yang telah disiapkan. Pemberian kerondong ini dimaksudkan supaya burung cinta ini dapat ngekek secara panjang. Itulah bagaimana cara merawat burung lovebird yang baik. Mulai dari cara merawatnya, memberinya makan sampai memandikannya. Terutama untuk pemula yang masih bingung bagaimana caranya yang tepat.