Cara Merawat Kucing Kampung Agar Bulunya Lebat! Terbukti Manjur!

 
Bagikan artikel ini

Apakah sulit menemukan cara merawat kucing kampung agar bulunya lebat bak kucing ras? Kucing merupakan hewan peliharaan dengan bulu dan juga perilaku yang sangat lucu dan menggemaskan. Alasan inilah yang menyebabkan banyak sekali pecinta kucing di seluruh dunia bahkan termasuk di Indonesia.

Kamu yang memutuskan untuk memelihara kucing, ada banyak sekali pertimbangan yang harus dilakukan, walaupun kucing yang kamu pelihara merupakan kucing kampung. Dalam artikel ini akan kita bahas secara lengkap mengenai cara yang tepat untuk merawat kucing kampung. Sehingga mereka bisa sehat apalagi jika bisa gendut seperti halnya kucing ras. Banyak yang penasaran bukan bagaimana tips cemerlangnya? Berikut ini informasi lengkapnya.

Cara Merawat Kucing Kampung
Cara Merawat Kucing Kampung

Macam Macam Kucing di Indonesia

Ada banyak macam macam kucing kampung atau ras di Indonesia. Kucing kampung merupakan salah satu kucing yang paling banyak untuk dipelihara. Selain banyak karena umumnya berkembang secara liar kucing kampung juga banyak yang memiliki perilaku menggemaskan dan juga warna bulu yang unik loh.

Namun sayangnya masih banyak yang terkendala, bagaimana cara merawat kucing kampung agar mereka bukan hanya hidup. Namun bisa tumbuh sehat dan juga gendut seperti halnya kucing ras. 

Jenis Makanan Kucing

Cara merawat kucing kampung pertama yang harus diperhatikan tentu saja jenis makanan yang dipilih beberapa cat lovers, saat memutuskan untuk memberikan makanan kering untuk kucing kampung atau makanan basah agar lebih mudah dikonsumsi. Terutama karena kucing kampung memiliki nafsu makan yang lebih besar dibandingkan dengan kucing ras.

Baca juga:  Perhatikan Nutrisi Makanan Anak Kucing Umur 1 Bulan, Simak Info Terbaik Berikut!

Makanan  Kering/ Dry Food

makanan kering lebih aman dan tidak terlalu amis. cocok sekali dikonsumsi dalam frekuensi yang cukup sering dalam satu hari. namun hal yang harus diingat adalah ketika memutuskan untuk memilih makanan kering cobalah perhatikan kandungan atau nutrisinya. bukan berarti kucing kampung yang tahan banting diberikan makanan yang sembarang ya! jika kamu ingin merawat kucing kampung layaknya kucing ras, pastikan untuk menentukan makanan kering yang tepat.

Makanan Basah /Wet Food

Cara merawat kucing kampung selanjutnya yang bisa dilakukan untuk membantu kucing kampung yang kamu miliki selucu kucing ras, maka kamu bisa memanfaatkan wet food untuk diberikan kepada kucing. Umumnya beberapa masyarakat Indonesia seringkali memberikan makanan seperti tongkol basah ataupun ikan yang dicampur dengan nasi. Namun makanan manusia sebenarnya bisa membuat bulu dari kucing rontok, terutama jika kamu memutuskan untuk memelihara kucing kampung.

Ada baiknya untuk mengganti wet food dengan yang lebih sesuai. Jika kamu ingin membuatnya sendiri biasanya ada racikan khusus, misalnya seperti daging ayam dan juga ikan yang dicampur kan bersama dengan agar-agar. Sehingga nutrisinya lebih terjamin. Jangan gunakan nasi hanya karena kucing akan merasa kenyang. Jika diberikan karbohidrat seperti itu justru yang ada sebaliknya. Kucing akan lebih mudah diare dan tubuhnya akan tetap kurus.

Mandikan 1 Minggu Sekali

Selanjutnya tips cemerlang cara merawat kucing agar bisa seperti kucing ras yakni jangan lupa untuk memandikannya. Walaupun kucing kampung, namun kamu harus tetap menjaga kebersihan dan juga kesehatannya. Mengingat kucing kampung lebih berpotensi untuk terkena jamur ataupun kutu. Sehingga jika dibiasakan untuk dimandikan sejak kecil, kucing kampung bisa memiliki bulu yang lebat disertai dengan tampilan layaknya kucing ras.

Kucing kampung memang terkenal sebagai kucing yang cukup sulit untuk dimandikan, karena mereka tidak terlalu suka terkena air. Untuk itu kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan air hangat dan memandikan kucing, dengan menggunakan shampoo khusus dan jangan menggunakan sampo manusia. Serta mengeringkannya setelah mandi, sehingga bulunya akan cepat kering.

Baca juga:  Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan dan Penyebabnya

Hindari Cacingan

Kucing kampung memang tahan banting, namun kita tidak bisa melupakan bahwa mereka juga bisa terkena penyakit ataupun masalah seperti halnya cacingan. Untuk menghindari kucing kampung menjadi kurus, walaupun telah diberi makan banyak akibat cacingan.

Kamu bisa menggunakan obat-obatan ataupun vitamin cacing, dan pastikan bahwa kucing yang kamu miliki memang terbebas dari parasite. Dengan begitu mereka bisa menggemuk, layaknya kucing ras bahkan berubah menjadi kucing lucu dan menggemaskan loh.

Bersihkan Lingkungan Tempat Tinggalnya

Cara merawat kucing kampung selanjutnya yang tepat dan benar yaitu memberikan lingkungan yang bersih. Kita tidak bisa pungkiri bahwa terkadang beberapa kucing kampung tidak bisa dikurung di dalam rumah. Sehingga mereka berkeliaran walaupun sudah dirawat dan juga dimandikan dengan baik. Namun kamu juga tetap harus bisa memberikan lingkungan yang bersih. Jika kamu menyediakan kandang untuk bermain ataupun area yang cukup besar untuk kucing tersebut beraktivitas. Lingkungan yang bersih ini nantinya dapat membantu menjaga kesehatan dan juga kebersihan.

Terutama jenis kucing kampung yang cukup cuek dengan kondisi tubuhnya. Selain itu lingkungan yang kotor memang bisa menjadi salah satu tempat yang membuat kucing tersebut mudah stres ataupun tertular penyakit. Meskipun tidak sensitive seperti kucing ras, dan masih tetap bisa hidup di area kotor. Namun kucing kampung kamu akan berubah menjadi kucing liar pada umumnya jika tidak dirawat kebersihannya.

Berikan Vitamin dan Obat

Kesalahan lainnya yang sering dilakukan ketika memutuskan untuk mengikuti cara merawat kucing kampung yaitu membiarkan kucing untuk tidak divaksin ataupun tidak diberikan obat-obatan. Serupa dengan kucing ras, kucing kampung juga berhak menerima vaksin ataupun obat-obatan yang lebih menyehatkan.

Baca juga:  11 Ras Kucing yang Bisa Dijadikan Peliharaan Lucu di Rumah

Terutama jika kamu ingin menyulap kucing kampung yang kamu miliki layaknya kucing ras. Sekarang ini ada banyak sekali pet kesmas yang memberikan harga murah, untuk bisa melakukan vaksin dan juga memberikan nutrisi seperti vitamin kepada kucing kampung yang kamu pelihara.

Berikan Obat Nutrisi Bulu

Cara merawat kucing kampung agar bulunya lebat selanjutnya yang bisa dilakukan tentu saja memberikan vitamin khusus untuk bulu, ataupun nutrisi yang diaplikasikan di bagian luar. Umumnya cat lovers yang memelihara kucing ras, memberikan vitamin ataupun bulu nutrisi pada bulunya. Sehingga lebih sehat dan juga lebih lebat.

Sedangkan kucing kampung yang diberikan obat-obatan seperti itu bisa kamu sulap menjadi kucing yang lebih lucu dengan bulu yang semakin lebat dan sehat, terutama tidak mudah rontok. Kamu harus memberikan vitamin ataupun nutrisi khusus yang diaplikasikan pada bagian bulunya. Bukan tidak mungkin loh membuat kucing kampung memiliki bulu yang lebat.

Cara Merawat Kucing Kampung
Cara Merawat Kucing Kampung

Lakukan Berbagai Cara Merawat Kucing Kampung Agar Sehat

Cara merawat kucing kampung agar lebih sehat yaitu periksakan ke dokter secara berkala. Walaupun kucing kampung memang tidak sensitif kucing ras ,yang seringkali sakit, terkenanya virus dan juga penyakit tertentu. Namun bukan berarti kamu bisa bebas dari pemeriksaan rutin loh. Karena beberapa kucing kampung yang melalui pemeriksaan secara rutin bahkan dengan perawatan yang maksimal, mereka bisa berubah menjadi selucu kucing ras.

Itulah deretan informasi mengenai cara merawat kucing yang bisa dilakukan. Ada juga beberapa seleb cat di beberapa media sosial, yang ternyata merupakan kucing kampung yang dirawat dengan baik. Selama kamu telaten menjaganya, kamu pasti bisa mendapatkan kucing peliharaan yang kamu miliki menjadi lebih lucu.