Cara Merawat Kucing Kecil Lucu Menggemaskan Sedunia

  94 views
Bagikan artikel ini

Artikel ini didedikasikan khusus bagi kalian para cat lovers. Meskipun terkadang bikin kesel, namun kucing sangat efektif untuk mengurangi stres, iya nggak? Selain lucu, kucing juga bisa menjadi teman di kala sedih.

Kucing, hewan peliharaan ini termasuk ke dalam kategori hewan paling menggemaskan di dunia. Apalagi jika melihat kucing-kucing kecil yang baru bisa berjalan, wajah imutnya pasti bikin kamu semakin gemas.

Ada banyak jenis ras kucing kecil lucu menggemaskan di dunia yang bisa kamu pelihara. Namun, apa kamu tau cara merawat kucing kecil lucu yang benar? Bagi yang belum tau, mari simak beberapa point berikut ini ya cat lovers!

Cara Merawat Kucing Kecil
Cara Merawat Kucing Kecil

Cara merawat kucing kecil lucu

Cat lovers, dengan mengetahui cara merawat kucing kecil yang benar, maka diharapkan akan membantu pertumbuhan kucing-kucing tersebut menjadi lebih sehat. Untuk mempermudah hal itu berikut beragam poin penting yang wajib kamu tau!

Pahami kebutuhan serta asupan gizinya sedari kecil

Tau nggak sih, kalau anak kucing butuh jumlah gizi 2x lebih besar bila dibandingkan kucing dewasa. Tapi, itu bukan berarti harus dikasih makan terus ya!

Anak kucing pada umumnya akan belajar makan saat menginjak usia 5-6 minggu. Walaupun mereka juga masih tetap menyusu induknya. Bagi kucing kecil yang tak berinduk, biasanya akan tetap diberikan susu formula khusus kucing.

Cat lovers, cara merawat kucing kecil lucu yang pertama adalah dengan memberinya makan secara rutin 3-4 kali sehari. Perhatikan takaran yang tepat untuk kucing kesayanganmu, jangan kurang dan jangan terlalu berlebihan. Serta pastikan kamu memilih makanan kucing yang banyak mengandung nutrisi dan vitamin. Hal itu sangat berguna untuk membantu proses pertumbuhan kucing dengan baik.

Baca juga:  Ternyata Begini Cara Merawat Anak Kucing Baru Lahir Agar Tidak Mati!

Kucing merupakan karnivora alami

Masih membahas cara merawat kucing kecil lucu, kucing merupakan salah satu jenis hewan karnivora. Apa itu? Karnivora adalah hewan pemakan daging. Maka dari itu berilah kucing makanan yang berasal dari daging, seperti ikan, ayam atau sapi.

Beri makan daging atau ikan tanpa campuran bahan yang lain, tujuannya untuk mengenalkan rasa makanan pertama kalinya. Sebelum makanan dihidangkan, kamu bisa mengukus atau menggoreng terlebih dahulu supaya bebas dari kontaminasi mikroorganisme.  Dan berilah makanan anak kucing umur 1 bulan dengan porsi yang pas.

Sebaiknya hindari untuk memberikan kucing makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Mengapa? Sebab, kucing tak mampu mencerna makanan itu dengan baik. Padahal di luar sana masih banyak lho orang yang memberi makan kucing dengan nasi dan sayur. Itu justru mengakibatkan kotoran kucing menjadi lebih bau, dibanding bila kucing memakan daging.

Menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh

Bulu kucing mulai berbau? Pasti hal itu bikin kamu nggak nyaman kan? Nah, itu artinya kucing harus dimandikan. Cara merawat kucing kecil lucu yang satu ini harus kamu lakukan dengan teratur ya! Selain berguna untuk menjaga kebersihan badan. Hal itu juga dapat menghindari ia dari serangan kutu serta berbagai penyakit.

Ketika memandikan kucing sebaiknya memakai air dingin ya! Emang nggak boleh pake air panas? Jawabannya tidak, karena air panas dapat menyebabkan kulit kucing iritasi. Setelah mandi, keringkan bulunya dan sikat secara rutin pula dengan memakai sisir khusus. Selain membuat kucing menjadi nyaman, hal itu juga berguna untuk menghilangkan kuman, bakteri serta rambut mati yang menempel pada bulu kucing.

Tak hanya itu, untuk menjaga daya tahan tubuhnya kucing juga harus divaksinasi. Ada beragam jenis vaksin yang bisa diberikan untuk kucing. Kamu bisa mengunjungi dokter hewan untuk mendapatkan vaksin tersebut, selain itu tindakan ini juga berguna untuk memonitor kesehatan kucing dengan baik.

Baca juga:  Bagaimana Cara Menggemukkan Kucing Kampung? 100% Sukses

Ajak keluar rumah dan bermain dengannya

Boring nggak sih kalau di rumah terus? Kucing juga merasakan hal yang sama lho cat lovers. Membawa kucing jalan-jalan keluar rumah agar dia happy itu juga merupakan cara merawat kucing kecil lucu yang patut kamu lakukan. Tak hanya raganya yang sehat, namun jiwanya pun akan menjadi bahagia.

Lantas, gimana kalau hal itu sulit dilakukan? Ya, karena terkadang ada kucing yang nggak mau diajak ke luar rumah. Tenang, sebab kamu masih bisa menghiburnya kok. Beli saja beberapa mainan, dan ajak kucing bermain bersama agar ia tetap aktif dan lincah.

Ajari kebiasaan hidup sehari-hari

Pada umumnya kucing setelah berumur 1 bulan, induk kucing akan membiarkan anaknya untuk membersihkan diri sendiri, seperti buang air dan kotoran. Sebab, jika tak diajarkan dengan benar, maka kucing akan terbiasa bersekresi dimana pun. Wah nggak mau kan itu terjadi?

Maka dari itu cara merawat kucing kecil lucu untuk poin ini perlu kamu ajarkan sedini mungkin. Kamu dapat menyediakan kotak pasir sebagai toiletnya. Selain itu sediakan pula tempat makan, minum serta tempat tidur supaya ia dapat hidup secara teratur.

Beragam ras kucing kecil lucu menggemaskan sedunia

Cat lovers, ada banyak ras kucing lucu yang bisa kamu pelihara di rumah. Mungkin diantaranya bisa menjadi alternatif pilihan sebelum kamu menentukan kucing yang ingin diadopsi. So, check this out!

Main coon

Alternatif pilihan yang pertama buat kamu adalah jenis ras kucing main cone. Mungkin kucing yang berasal dari benua Amerika ini masih jarang terdengar di telinga kalian. Kucing ini berasal dari daerah Maine, New England dan merupakan kucing peliharaan yang sangat bersahabat lho! Selain unik dan lucu, ia juga mudah sekali bergaul baik dengan sesama hewan ataupun manusia.

Baca juga:  Kucing Russian Blue: Fakta, Ciri, Harga, dan 5 Cara Merawatnya

Ragdoll

Kucing mungil yang satu ini memang berpawakan elegan. Ini termasuk jenis kucing yang jinak, dia lebih suka bermain dengan pemiliknya daripada berjelajah ke luar. Pembawaannya pun sangat santai, serta ia sangat lemas saat bulu-bulu halusnya diberikan sentuhan. Itu sangat menggambarkan betapa manjanya kucing ini saat diperhatikan.

Scottish Fold

Scottish Fold mempunyai penampilan yang berbeda dengan kucing lainnya. Apa sih yang bikin kucing ini berbeda? Pasalnya ia memiliki bentuk daun telinga yang menutup, berbeda dengan bentuk daun telinga kucing pada umumnya yang cenderung meruncing.

Eh tak hanya itu, kucing ini juga punya title “berwajah burung hantu”. Mungkin karena wajahnya yang hampir mirip seperti owl ya! Mereka juga dikenal suka bermain, tenang ramah, cerdas dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Exotic shorthair

Pembawaannya yang sangat hati-hati membuat cara merawat kucing kecil lucu ini perlu waktu adaptasi yang lebih lama. Tapi kamu nggak perlu khawatir, karena setelah beberapa waktu ia akan menjadi sangat akrab dan menggemaskan. Kucing ini dikenal punya kesetiaan yang sangat kuat dengan pemiliknya. Dan ia akan selalu mengikuti ke mana pun si empunya pergi.

Oke cat lovers, demikian informasi cara merawat kucing kecil lucu, serta beragam ras kucing kecil yang sudah dirangkum dari berbagai sumber. Meskipun kamu nggak pengen memeliharanya, namun dengan membaca tulisan ini akan nambah wawasan untukmu. Bye bye!