Begini Cara Merawat Kucing Sakit di Rumah Paling Ampuh!

 
Bagikan artikel ini

Kucing merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara di Indonesia. Sebagai hewan peliharaan yang paling banyak dipilih, kucing memang memiliki banyak persyaratan untuk bisa dirawat. Salah satunya ketika kucing sedang mengalami sakit. Dalam artikel ini akan kita bahas mengenai cara merawat kucing sakit yang benar dengan berbagai ras ataupun tipe. Sehingga kamu tidak sembarangan dalam memberikan obat ataupun treatment.

Cara Merawat Kucing Sakit
Cara Merawat Kucing Sakit

Faktor yang Menyebabkan Kucing sakit

Perawatan kucing sebenarnya didasarkan pada beberapa faktor. Sehingga tidak bisa disamakan antara 1 kucing dengan kucing lainnya berikut ini faktor yang mempengaruhinya:

Perhatikan Ras Kucing

Pertama faktor yang mempengaruhi pemeliharaan dan juga perawatan kucing yaitu ketika kamu memiliki kucing dengan ras yang berbeda. Saat mencoba untuk mencari cara merawat kucing kampung dan kucing ras tentu saja berbeda.  Terutama ketika mereka sakit umumnya untuk kucing kampung penyakit yang seringkali menerpa.

Mulai dari diare akibat sembarangan mengkonsumsi makanan, dan juga terkena jamur ataupun kutu. Sehingga pengobatan yang paling mudah dilakukan oleh pemilik kucing yakni memperhatikan makanan yang dikonsumsi oleh kucing dan juga rutin untuk memberikan shampoo anti kutu dan juga anti jamur.

Sedangkan untuk kucing ras umumnya penyakit yang menerpa lebih beragam hal ini sebenarnya dikarenakan kucing ras memiliki tingkat sensitivitas yang lebih tinggi, disertai dengan penyakit yang mudah menyerang. Apabila mereka harus beradaptasi lagi tinggal di Indonesia Misalnya saja bagi kamu yang memelihara British shorthair, American shorthair ataupun beberapa kucing ras luar negeri lainnya cobalah untuk melakukan pengecekan lebih rutin ke dokter hewan. Misalnya saja satu bulan sekali dan jangan lupa melakukan vaksinasi.

Baca juga:  Berikut 13 Cara Mengobati Kucing Flu yang Harus Diketahui

Lingkungan yang Sehat

Faktor kedua yang mempengaruhi kucing mudah terkena sakit tentu saja lingkungan ataupun tempat tinggal di rumah. Umumnya pandang dan juga Lingkungan sangat berpengaruh. Walaupun kucing yang kamu pelihara masuk ke dalam kucing kampung.

Meskipun kamu mencari cara merawat kucing sakit, jika lingkungan ataupun kandang yang dimiliki tidaklah sehat dan bersih. Maka hal tersebut tidak akan mempengaruhi kesehatan atau kebersihan mereka dengan baik.

Usia Kucing

Selanjutnya faktor ketiga adalah usia ketika memutuskan untuk merawat kucing yang masih pernah atau masih kecil. Umumnya mereka tidak mudah terserang penyakit tetapi jika sembarangan mengkonsumsi makanan kucing kitten. Biasanya mudah diare, hingga muntah. Selain itu jika kucing yang sudah lanjut usia tentu saja akan banyak penyakit yang menyerang. Sehingga kamu harus memastikan usia kucing yang kamu pelihara terlebih dahulu.

Tips/Cara Merawat Anak Kucing

Setelah memahami mengenai faktor penyebab kucing mudah sakit, yakni mencari tips atau cara untuk mengobati dan juga menghindari kucing yang kamu sayangi agar terhindar dari penyakit.

Jenis Makanan

Tips pertama yang bisa dilakukan tentu saja menjaga pola makan yang dimiliki oleh si kucing. Terutama jika kucing kamu memang memiliki riwayat penyakit seperti mudah diare ataupun mudah muntah. Hal ini bisa dilakukan dengan mengakali makanan yang dikonsumsi. Misalnya saja jenis dry food yang lebih mudah untuk dikonsumsi secara rutin namun tidak menyebabkan perut memiliki gas yang cukup banyak. Jika kucing kamu mudah lapar maka kamu bisa menggunakan wet food.

Bagaimana jika kucing kamu kesulitan untuk makan maka ada cara merawat kucing sakit yang tidak mau makan. Pertama jika kucing kesulitan untuk makan pada tahap awal atau baru 1 hari maka kamu bisa menggunakan suntikan tanpa jarum dengan wet food yang sudah dihaluskan. Setelah itu suntikan makanan tersebut ke mulut kucing dan lakukan 3 kali sehari. Namun jika kesulitan makan terjadi berkepanjangan.  Maka kamu dapat membawanya ke petshop untuk dilakukan infus agar asupan nutrisi bisa masuk.

Baca juga:  Ikuti 13 Tips Berikut Sebagai Cara Membuat Kucing Gemuk

Memberikan Obat-obatan

Selanjutnya apabila kucing sakit maka tips yang bisa dilakukan yaitu memberikan obat-obatan khusus, untuk kucing masih banyak sekali pemahaman masyarakat Indonesia yang menganggap bahwa ketika kucing sakit. Misalnya saja pilek maka mereka memutuskan untuk memberikan obat manusia pada dasarnya dosis dari obat manusia sangat keras dan berbahaya.

Bagi kucing sehingga Jangan sembarangan untuk memberikan obat dan bawa kucing tersebut ke Puskesmas hewan. Apabila kamu sudah memiliki obat kucing yang pernah didapatkan dari pengobatan sebelumnya kamu bisa menggunakan obat tersebut. Walaupun kucing kampung, namun kamu tetap harus hati-hati dalam memberikan obat ya.

Mandi Menggunakan Suhu Hangat

Tips cara merawat kucing sakit yang bisa dilakukan yaitu memastikan bahwa kucing mandi dengan menggunakan suhu air yang cukup hangat. Hal ini sebenarnya berpengaruh terutama bagi kucing kampung dengan bulu yang tidak terlalu tebal. Kucing mudah sekali kedinginan untuk itu mereka tidak suka dengan air terutama ras tertentu, seperti kucing kampung.

Alasan inilah yang menyebabkan para pemilik kucing jika ingin memandikan kucing, terutama ketika cuaca sedang hujan ataupun tidak terlalu panas. Ada baiknya untuk menggunakan suhu hangat. Sehingga kucing tidak kedinginan dan mudah sakit.

Menemani Waktu Sedang Istirahat

Cara merawat kucing sakit lainnya yang bisa dilakukan tentu saja menemani mereka ketika sedang tidur atau pun beristirahat kucing layaknya manusia lho. mereka juga memiliki perasaan sehingga ketika mereka sakit Biasanya akan lebih manja. 

Selain kucing sakit umumnya hal ini juga terjadi pada kucing yang akan melahirkan mereka akan mencari tempat ternyaman dan teraman. Serta mempercayakan pemiliknya untuk bisa melihat atau menemani mereka melahirkan. Cara ini juga bisa dilakukan karena serupa dengan cara merawat kucing sakit kucing sering menganggap bahwa pemiliknya adalah orang yang bisa ia gunakan untuk bergantung dan berisitirahat.  Walaupun beberapa informasi mengatakan bahwa kucing yang mendekati ajalnya umumnya akan mencari tempat bersembunyi. Karena tidak ingin membuat pemiliknya sedih.

Baca juga:  Kucing Muntah: Penyebab dan Cara Mengatasi dengan Benar

Perhatikan Kesehatan dan Gejala Anak Kucing

Cara merawat kucing sakit terakhir yang paling ampuh dan juga jelas yaitu memastikan penyakit yang menyerang kucing yang kamu miliki mengingat banyak pemilik yang merasa bahwa setelah kucing tersebut sehat. Maka tidak ada lagi hal yang harus dipikirkan padahal Ada banyak hal yang bisa kamu tanyakan kepada dokter hewan yang menangani kucing kamu mulai dari penyebab penyakit muncul.

Adakah hal sensitif ataupun alergi yang harus kamu waspadai. Sehingga tidak memberikan kucing yang kamu miliki sembarang, makanan ataupun minuman dengan begitu. Bukan hanya menemukan cara merawat kucing sakit, tetapi kamu juga menemukan cara untuk merawat mereka agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. 

Itulah deretan informasi cara merawat kucing sakit. Layaknya manusia ketika sakit mereka juga ingin diperhatikan dan juga dibantu pengobatan agar sehat kembali walaupun Terkadang kita merasa bingung bagaimana cara mengobati kucing sakit tidak mau makan dan lemas.

Namun usahakan untuk melakukan berbagai cara Agar kucing kesayangan kamu tidak semakin parah dan terlebih hingga mati. Jagalah kesehatan dan juga kebersihan kucing yang kamu miliki. Sehingga kamu tidak perlu repot mencari cara merawat kucing sakit dan menjaga kucing kesayangan kamu selalu. Agar tetap sehat.