Cara Merawat Kucing yang Baik dan Benar Paling Akurat

Diposting pada 6 views

Kucing termasuk dalam jenis hewan peliharaan yang disukai oleh banyak orang. Bagi kamu yang memelihara binatang imut tersebut, sangat penting memahami dengan baik cara merawat kucing yang tepat.

cara merawat kucing
Cara Merawat Kucing

Karena ada beberapa ras kucing yang memerlukan perawatan secara khusus. Kesabaran dan ketelitian sangat dibutuhkan dalam merawat kucing, sebab tiap-tiap ras kucing memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Cara Merawat Kucing Rumahan yang Bisa Kamu Coba

Agar kucing kamu sehat dan terawat dengan baik, kamu bisa menyimak beberapa cara merawat kucing yang tepat seperti di bawah ini:

1. Membuat Lingkungan yang Nyaman

Lingkungan memiliki peran penting pada perkembangan kucing. Dan lingkungan yang tepat bisa menghasilkan perilaku positif, kebiasaan yang baik dan kesehatannya semakin terjaga.

Lingkungan yang nyaman bisa kamu ciptakan di dalam rumah. Misalnya saja mempersiapkan ruang khusus kucing yang membuatnya nyaman tinggal dan beraktivitas di sana. Jangan lupa untuk menyediakan pasir atau tanah sebagai tempatnya buang air.

2. Memberikan Makan dan Minum yang Tepat

Kamu bisa memberikan makanan yang sesuai dengan usia kucingmu. Berilah mereka makan di waktu yang telah dijadwalkan.

Untuk makanannya pastikan kamu memberikan makanan yang tepat dengan kandungan gizi seimbang di dalamnya. Berikan air minum berupa air tawar. Kamu pun bisa mengajarkan kucing untuk lebih mandiri lagi saat ia makan.

Dengan cara merawat kucing yang benar dengan memberikan makanan dan minuman yang tepat, Kamu bisa membuat kucing kesayangan menjadi lebih gemuk dan lebih menggemaskan.

3. Menjaga Kesehatan Kucing

Kucing sama halnya dengan manusia, ia bisa saja terkena penyakit dan sakit. Sebab itulah kesehatan kucing wajib kamu perhatikan dengan seksama.

Mulai dari membersihkan kandangnya hingga merawat kebersihan tubuhnya. Rutin memeriksakannya ke dokter hewan pun sudah paling tepat.

4. Memberikan Hiburan Khusus Kucing

Hewan seperti kucing memiliki sifat yang setia dan gemar bermain bersama majikannya. Agar kucing tidak stres, kamu bisa membiarkannya bebas di dalam rumah. Jangan mengurung ia berlama-lama di kandangnya. Berilah ia hiburan seperti menyediakan mainan khusus kucing, mengajaknya bermain, dan sesekali membawanya jalan-jalan ke luar rumah.

Cara Merawat Kucing Kecil dengan Baik dan Benar
Cara Merawat Kucing

Cara Merawat Kucing Kecil dengan Baik dan Benar

Apabila kucing kamu dikembangbiakkan dan memiliki anak, kamu bisa merawatnya juga dengan tepat. Sebab metode merawat kucing kecil dan kucing dewasa tidak begitu berbeda.

Caranya seperti berikut ini:

  • Menyediakan lingkungan atau kandang yang bagus dan nyaman.
  • Menyediakan tempat tidur yang nyaman.
  • Menyediakan ruangan khusus agar tetap hangat.
  • Perhatikan cara kamu memegang anak kucing secara tepat.
  • Memberikan susu bubuk khusus kucing.
  • Menyediakan wadah khusus untuk makan dan juga minumnya.
  • Setelah ia semakin besar, berilah makanan yang bergizi baik yang bisa dibeli di petshop.
  • Kucing kecil di bawah 9 minggu tidak wajib kamu mandikan, jadi seka tubuhnya dengan waslap dan basahi dengan air hangat sesekali.
  • Rutin memeriksanya ke dokter hewan dan diberi vaksin.
  • Melatihnya cara buang air pada tempatnya.

Apabila kamu telah memahami cara-cara mudah dalam merawat kucing dan juga anak kucing, kamu tentu nantinya tidak akan kewalahan dan sudah terbiasa. Kamu pun bisa menyesuaikan untuk memelihara ras kucing apa dan usianya berapa.

Beberapa pakar kucing menyarankan untuk memelihara kucing sebaiknya jika sudah berumur untuk kamu yang masih newbie. Perlu kamu ketahui pula bahwa kucing umumnya memiliki usia hingga 14 tahun.

Kucing dengan usia 1 tahun, memiliki usia 18 tahun jika dibandingkan dengan manusia. Kucing yang berusia 2 tahun setara usia manusia 25 tahun, dan seterusnya. Sehingga memelihara yang sudah dewasa atau berumur, bisa lebih memudahkan kamu untuk merawatnya sebab rata-rata ia sudah mandiri.

Manfaat Memelihara Kucing Di Rumah yang Penting Kamu Tahu

Untuk kamu yang memelihara kucing, kamu sangat beruntung. Apalagi kucing yang kamu pelihara merupakan kucing ras elit layaknya British shorthair dan lainnya. Sebab tidak sedikit orang yang tidak mampu membeli kucing dengan berbagai alasan.

Sehingga manfaat memelihara kucing di rumah adalah sebagai berikut ini:

Menghilangkan Stres

Saat kamu memelihara kucing, kamu pun akan lebih banyak menghabiskan waktu dengan kucingmu. Dan tanpa kamu sadari, otak akan merespon dengan baik kemudian menghasilkan hormon oksitosin. Sehingga kamu akan lebih rileks, dan stressmu bisa hilang seketika.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bayi yang berusia di bawah 1 tahun memiliki risiko kecil terkena alergi saat ia sering berinteraksi dengan kucing. Secara umum kucing memberikan dampak positif yang membuat kekebalan tubuh semakin baik.

Mencegah Berbagai Penyakit

Saat kamu bahagia, daya tahan tubuh semakin terjaga dan kuat. Sistem imun yang kuat bisa dihasilkan dari rasa gembira saat kamu bermain bersama kucing.

Elus atau manjakan kucingmu, tengok tingkah lakunya yang unik membuat hal positif datang padamu. Sehingga penyakit tidak akan mudah menghampirimu jika kamu selalu bahagia.

Teman di Kala Sepi

Faktanya manfaat memelihara kucing bisa kamu rasakan kapan saja. Termasuk saat kamu merasa kesepian, kucing dengan berbagai tingkah lakunya bisa membuat kamu merasa hangat karena memiliki teman.

Jenis kucing Paling Banyak Digemari

Berikut ini beberapa ras atau jenis kucing yang sangat populer dan juga digemari di mana saja:

1. Kucing Persia

Kucing Persia identik dengan bulunya yang panjang dan indah. Biasanya ras Persia memiliki hidung yang sedikit pesek dan wajah yang datar.

Kucing Persia memiliki bulu dengan warna yang bermacam-macam. Salah satu ras kucing persia populer yakni peaknose juga banyak digemari di mana-mana.

2. Kucing Maine Coon

Kucing yang satu ini memiliki perawakan yang besar dengan bulu yang lebat. Karakteristiknya itu menjadikan ciri khas maine coon yang unik. Sebabnya maine coon menjadi salah satu kucing paling populer di dunia.

3. Kucing British Shorthair

Siapa yang tidak mengenal ras kucing yang satu ini? apalagi jika kamu kerapkali main Instagram, akan banyak kamu temukan kucing-kucing British shorthair yang sangat populer.

Bukan tanpa sebab, British shorthair memiliki wajah yang bulat dengan pipi yang padat. Sifatnya pun sangat santai, terkadang manja, terkadang hanya suka rebahan. Dan harganya pun cukup tinggi.

4. Kucing Scottish Fold

Telinga yang terlipat adalah ciri khas utama dari kucing yang satu ini. Sekilas kamu akan melihat Scottish fold layaknya burung hantu karena penampilannya tersebut.

Namun, kucing ini sangat ramah dan mudah sekali bersahabat dengan manusia. Scottish fold dikenal pula memiliki suara yang lembut dan indah.

5. Kucing Sphynx

Ras kucing ini adalah salah satu yang langka. Sehingga banyak yang menggemari kucing sphynx untuk dijadikan peliharaan yang eksklusif. Ciri khas dari kucing ini terlihat tanpa bulu. Padahal ia memiliki bulu yang tipis dan kecil.

6. Kucing Bengal

Keturunan kucing hutan yang aktif dan pintar ini, selalu menjadi kesukaan siapa saja. Sebab itu bengal kerapkali dijadikan peliharaan yang menarik. Ras kucing ini sangat spesial dan langka, juga harganya cukup tinggi.

Itulah tadi beberapa cara merawat kucing yang baik dan tepat yang bisa kamu lakukan di rumah. Hal tersebut sangat penting untuk merawat kucingmu agar tetap sehat. Semoga pembahasan lainnya bisa bermanfaat dan juga menambah wawasan kamu mengenai kucing.