Kucing Chartreux, Ciri-ciri, Karakter dan Cara Merawatnya

 
Bagikan artikel ini

Jenis kucing chartreux mungkin akan mengingatkan kamu dengan jenis British shorthair hingga Russian blue, meski sekilas mirip namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Menilik pada asal mulanya, chartreux dibawa pertama kali oleh seorang biarawan Perancis di kawasan timur.

Berikutnya, dikembangkan di Kota Paris karena memiliki daya tarik yang cukup besar. Meski begitu ras kucing ini sempat menghilang di era perang dunia kedua, namun berkat kerja keras para peternak yang berupaya mengembalikan populasinya chartreux berhasil dilahirkan lagi.

Chartreux

Ciri-Ciri Kucing Chartreux

Kerap dijuluki sebagai ras kucing tertua di dunia, kucing ini memiliki postur tubuh yang gempal namun berotot, meski tergolong sedang jika dibandingkan dengan jenis kucing lainnya. Kucing ini juga sangat menggemaskan dengan pipi bulat yang unik.

Matanya bahkan menyerupai almond dengan warna kuning tembaga dan bulu yang cukup lebat. Meski begitu, Ia tak menyerupai anggora atau Persia yang memiliki postur cukup besar. Malah, chartreux tergolong pendek namun memiliki bulu yang dapat melindunginya dari cuaca dingin dalam waktu yang lama.

Bulunya memiliki tekstur seperti wol dengan dua lapis mantel serta ketebalan yang bervariasi. Semua tergantung pada tempat tinggal, usia serta cuaca dari lokasi kucing tersebut. Di bagian luar bulu memiliki semburat warna perak meski cenderung tipis pada permukaannya.

Untuk ukuran jantan beratnya berada di kisaran lebih dari 6 kg, sementara untuk betina juga memiliki berat yang tak beda jauh. Warna mata yang dimiliki beragam seumpama emas, hijau hingga orange.

Untuk harapan hidup, chartreux memiliki ketahanan selama 8-13 tahun jika dirawat dan diberi vitamin dengan lebih maksimal.

Baca juga:  Fakta Unik Kucing Himalaya Beserta Ciri, Harga dan Cara Merawatnya

Cara Merawat Kucing Chartreux

Perawatan kucing jenis ini tergolong mudah karena Anda tak perlu secara rutin memandikannya. Bulunya yang tak terlalu panjang tak menuntut Anda melakukan perawatan khusus terhadap bulu yang dimiliki.

Kamu cukup memandikannya jika melihat kucing ini berbau atau kotor. Untuk mengeringkan bulunya kamu bisa menggunakan hairdryer untuk membuat bulu kucing tersebut kering dengan sempurna. Proses ini juga dapat membantu kucing terhindar dari penyakit atau jamur pada kulit atau bulu yang dimiliki.

Chartreux

Karakter Kucing Chartreux

Seperti penampilannya, chartreux adalah kucing dengan sifat lembut, tenang namun kadang aktif. Ia bukanlah tipe kucing yang punya sifat agresif sehingga sangat mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Tak hanya itu, Ia juga memiliki toleransi yang tinggi terhadap makhluk hidup lain dan tak mudah menyerang.

Perangainya yang tenang sangat cocok bagi kamu yang menjadikannya hewan peliharaan untuk keluarga, terutama untuk bermain dengan anak-anak. Pada banyak kasus, hampir tak ada keluhan atau kondisi dimana jenis kucing ini berkelahi atau saling mencakar dengan kucing atau hewan lainnya.

Di sisi lain, refleks yang dimiliki juga sangat baik. Chartreux bahkan bukan tipe kucing yang gemar bersuara atau mengeong secara terus menerus seperti kebanyakan kucing lainnya. Ia lebih senang mendekatkan diri dengan cara mendekati pemiliknya dan mengajak untuk bermain.

Jika kamu memiliki waktu luang, utamakanlah untuk  mengajaknya bermain. Dapat saja dia tiba-tiba datang sendiri kemudian mengajak bermain, misalkan mengembalikan barang, dan berputar dengan barang ukuran kecil di mana dianggap menarik olehnya.

Sebagaimana kucing yang bersahabat, chartreux tak suka jika ditinggalkan sendirian. Maka lebih baik untuk tidak meninggalkannya sendiri di rumah, melainkan mengajaknya jalan atau menitipkannya pada penitipan hewan yang dapat dipercaya.

Baca juga:  Harga Kucing Caracal beserta Fakta dan Ciri-cirinya

Membuatnya ditempatkan dengan hewan lain bahkan akan lebih mudah, karena karakternya yang friendly.

Keunikan lain yang dimiliki oleh kucing ini adalah kecerdasannya yang di atas rata-rata. Maka tak heran jika chartreux memiliki daya tangkap yang baik dan sangat mudah untuk dilatih.

Ras kucing ini banyak memikat hati para pecinta kucing tak hanya karena perawakannya, melainkan juga karena karakternya. Meski tergolong ramah, kucing ini adalah pemburu yang hebat.

Ia gemar mengejar makhluk kecil, dan tak akan berhenti hingga menangkapnya. Selain itu, kucing ini juga sangat setia dalam menemani majikannya ke mana saja. Jangan khawatir dalam melatihnya, karena chartreux mudah dilatih dengan instruksi-instruksi kecil.

Meskipun sangat mudah menyayangi keluarganya, Ia cenderung memilih satu orang yang paling disayangi. Orang ini biasanya adalah yang paling sering berinteraksi atau bermain dengannya.

Kucing ini akan senang mengikutinya kemanapun, terlebih dengan raut wajah yang terlihat seperti tersenyum.

Harga Kucing Chartreux

Tak banyak yang tahu, jika kucing chartreux kini hanya dimiliki oleh orang pada kalangan tertentu. Meski namanya tak sepopuler kucing sphynx, anggora atau Persia, chartreux punya penggemarnya sendiri. Perihal harga, tergolong besar karena dibanderol hingga kisaran 14-21 juta rupiah untuk jenis anakan. Itulah ciri-ciri, karakter serta cara merawat chartreux yang bisa Anda jadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan membelinya. Pada dasarnya mudah memelihara ras ini selama kamu paham karakter dan kondisi fisiknya.