Ciri-Ciri Ayam Bangkok Aduan yang Bagus dan Tips Perawatannya

Diposting pada

Ciri ayam bangkok aduan yang bagus – Beternak ayam merupakan kegiatan yang banyak dilakukan masyarakat. Kebanyakan memilih ternak untuk di jual atau di ambil dagingnya. Meski begitu ada juga yang memelihara untuk sekedar hobi. Apalagi masih ada tradisi khas masyarakat tertentu seperti sabung ayam. Menarungkan ayam jago seperti jenis bangkok sudah menjadi tradisi yang kerap dilakukan. Lebih jauh kenali beberapa ciri ayam bangkok aduan yang bagus seperti berikut.

Ciri-Ciri Ayam Bangkok Aduan yang Bagus

Ciri ayam bangkok yang bagus
Ciri ayam bangkok yang bagus

Badan tegak dan tinggi

Badan tegak dan tinggi menjadi ciri utama dari ayam petarung yang berkualitas. Bagaimana pun penampilan fisik sangat mempengaruhi tingkat dan gaya bertarung. Ayam bangkok yang memiliki badan tegak dan juga tinggi akan lebih berpotensi lebih unggul pada saat bertarung. Nampak tegak dengan tulang dada lebih besar jelas akan ditunjang otot kuat untuk mudah menyerang musuh.

Leher lebih panjang

Ciri ayam bangkok aduan yang bagus juga dapat dilihat dari bentuk leher. Beberapa master dalam sabung ayam pasti akan memegang leher ayam terlebih dahulu dalam memilih. Tindakan ini sudah umum dilakukan dengan pertimbangan melihat jenis tulang pada leher. Pastikan Kamu memilih ayam bangkok dengan leher yang lebih panjang. Bentuk fisik demikian memudahkan ayam dalam hal menyerang.

Sebetulnya ada alasan yang dilakukan ketika pembeli memegang leher ayam aduan. Alasan dilakukan salah satunya ialah melihat tulang sambung pada bangkok. Sebab tulang sambung yang tidak menonjol paling banyak di cari. Pergerakan di percaya lebih fleksibel dalam menyerang di banding yang menonjol.

Baca juga:  Model Kandang Ayam Bangkok yang Bagus

Sisik rapi dan kaki bulat

Ayam petarung tentu menyerang dengan di tunjang dengan kakinya. Makan dari itu perhatikan ketika hendak memilih. Ciri ayam bangkok aduan yang bagus umumnya memiliki bentuk kaki bulat. Bentuk seperti itu umumnya di tunjang dengan kaki kering. Dalam proses menyerang ayam tersebut lebih di rasa kuat dan lincah dalam bergerak. Apalagi bila di tunjang dengan postur tegak.

Dalam pemilihan, jangan lupa pula untuk melihat bentuk sisik. Sisik pada bagian kaki ayam juga mempengaruhi gaya bertarungnya. Kamu dapat lebih baik memilih ayam dengan sisik rapi. Artinya tampilan sisik tidak terputus. Hal itu di percaya pula mempengaruhi tingkat bertarung dan kekuatan menyerang.

Kepala seperti pinang

Ciri ayam bangkok aduan yang bagus juga dapat dilihat dari bentuk kepalanya. Dalam pemilihan maka pastikan Kamu memilih ayam petarung yang berbentuk kepala seperti buah pinang. Bentuk demikian memungkinkan ayam jago memiliki kepala yang besar. Tidak hanya besar melainkan kemampuan bertarung pun akan lebih kuat dan menyusahkan lawan.

Ayam bangkok dengan ciri di atas juga dikenal menjadi karakteristik ayam yang tidak mudah menyerah. Mengingat pertarungan berjalan tidak sebentar tentu membutuhkan daya tahan serta mental yang baik dari peliharaan. Maka dari itu, kemampuan tidak mudah menyerah jelas sangat di butuhkan.

Warna mata sama dengan paruh dan kaki

Siapa sangka bahwa warna mata juga dapat menjadi pertimbangan dalam menentukan ciri ayam bangkok aduan yang bagus. Faktanya memilih ayam dari segi tampilan fisik sedikit banyak mempengaruhi. Dalam segi mata pun demikian, pastikan Kamu memilih ayam petarung yang memiliki warna mata tembus. Artinya warna mata pada jago sama dengan paruh dan kaki.

Baca juga:  Vitamin Ayam Aduan di Apotik

Ekor lebih pendek

Bentuk ekor juga akan membantu dalam menemukan ayam petarung yang hebat. Namun Kamu jangan sampai salah sangka dalam pemilihan. Sebab ekor yang panjang bukan menjadi ciri ayam bangkok aduan yang bagus. Justru seekor ayam bangkok yang berkualitas memungkinkan memiliki bentuk ekor yang lebih pendek. Ciri fisik tersebut lebih memudahkan pergerakan ayam lebih leluasa dan lebih gesit.

Jengger berbentuk seperti blankon

Bentuk fisik berupa jengger juga harus Kamu perhatikan. Jangan hanya melihat dari segi nampak keindahan jenggernya saja. Dalam langkah ini pastikan memilih jengger dengan bentuk seperti blankon. Bentuk fisik ini dipercaya menandakan gaya bertarung kuat dalam ayam bangkok. Terlebih bila di tunjang dengan ciri di atas seperti kekuatan serta kelincahan. Maka kemungkinan akan kalah pun sedikit.

Paruh panjang tebal

Ciri ayam bangkok aduan yang bagus terakhir dapat di lihat dari bentuk paruh. Kamu pasti kerap menjumpai paruh yang berbeda bentuk dari tiap jago jenis ini. Maka dari itu, pastikan lebih memilih ke ayam dengan paruh panjang lebih tebal. Ciri fisik ini dipercaya lebih kuat dalam bertarung. Warna paruh umumnya akan lebih kuning.

Tips Memelihara Ayam Bangkok Aduan yang Baik dan Benar

Ciri ayam bangkok yang bagus
Ciri ayam bangkok yang bagus

Pemberian pakan berkualitas

Setelah mengetahui ciri ayam bangkok aduan yang bagus maka kini Kamu juga harus mengetahui mengenai perawatan yang dibutuhkan. Bagaimana pun tiap hewan apalagi untuk petarung maka di butuhkan perawatan ekstra untuk menunjang kemampuannya dalam bertarung. Langkah paling awal tentu di awali dari segi pemberian pola pakan yang berkualitas.

Pastikan peternak memberikan pakan yang cukup. Tidak kurang maupun tidak lebih. Kamu dapat mengukur menyesuaikan dengan berat badan peliharaan. Misalnya bila berat ayak bangkok mencapai 3-4 kg maka di butuhkan pakan sebesar 200-300 gram tiap di beri makan.

Baca juga:  Ciri Ciri Kaki Ayam Petarung yang Bagus

Memandikan

Memandikan ayam bangkok sangat penting untuk dilakukan. Hal itu mengingat agar kualitas ayam tetap terjaga. Demikian pula dengan kesehatan dari hewan petarung. Kamu dapat rutin memandikan satu hari sekali. Waktu terbaik untuk memandikan ialah pada pukul 8  hingga 9 pagi

Pastikan jangan memandikan dengan air hangat karena dapat berpotensi merusak bulunya. Jangan pula menggunakan sabun. Sebab ayam tidak cocok dengan penggunaan sabun yang malah justru tidak memberikan efek baik. Jadi cukup berikan air secukupnya tanpa air hangat dan sabun.

Penjemuran

Ciri ayam bangkok aduan yang bagus setelah di mandikan maka segera masuk proses penjemuran. Pastikan Kamu menjemur langsung hingga pukul 10 pagi. Sebab di waktu tersebut sangat bagus untuk memperoleh Vitamin D. Untuk menjemur maka lebih baik gunakan alas berupa kayu atau bebatuan agar ayam tidak berguling di tempat yang kotor kembali.

Latihan

Layaknya seorang petinju, ayam bangkok juga membutuhkan waktu latihan agar mampu bertarung dengan baik. Namun sebelum itu, pastikan peliharaan sudah berumur 6-7 bulan karena waktu tersebut merupakan momen yang pas untuk menguji kekuatan ayam. Berikan porsi latihan yang cukup agar dapat melatih mental bertarung dari ayam. Bila ayam masih berusia dibawah 5 bulan maka sebaiknya fokuskan pada pertumbuhan terlebih dahulu.

Itulah beberapa ciri ayam bangkok aduan yang bagus yang bisa Kamu cermati. Tampilan fisik ayam sedikit banyaknya memang mempengaruhi tingkat bertarung jago. Maka dari itu perhatikan dengan seksama dalam pemilihan. Selain itu, beri pula perawatan ekstra sehingga mampu menunjang kemampuan bertarung ayam.