Ciri Ayam Bangkok Bagus dari Kecil

Diposting pada

Ciri ayam bangkok bagus dari kecil – Ayam bangkok yang berkualitas bukan hanya dapat diperoleh melalui proses perawatan dan latihan saja, namun juga dari bibit yang unggul ataupun anakan yang memang telah berkualitas. Memanglah tidak mudah untuk menilai anak ayam itu berkualitas dan mempunyai daya tarung super atau tidak. Namun, ada beberapa ciri ayam bangkok bagus dari kecil yang dapat menjadi pertimbangan kamu.

Ciri-Ciri Ayam Bangkok Bagus dari Kecil

Ciri ayam bangkok bagus dari kecil
Ciri ayam bangkok bagus dari kecil

Tulang Anak Ayam Bangkok

Bentuk tulang berpengaruh sekali dengan kualitas dari ayam bangkok dari masih kecil. Beberapa tulang yang dimaksud seperti tulang leher, tulang kaki, dan tulang badan. Tulang leher yang besar, rapat, dan panjang merupakan ciri ayam bangkok bagus dari kecil. Umumnya ayam yang memiliki tulang semacam ini cukup fleksibel ketika menggerakkan kepala dan bermanfaat sekali guna menunjang pertarungan.

Tulang kaki pada anak ayam terdapat dua jenis. Ada yang mempunyai tulang kaki membulat dan tulang kaki persegi. Anak ayam yang bagus mempunyai tulang kaki membulat dan biasanya jenis ayam yang tulangnya seperti ini akan mempunyai pukulan yang keras, tajam, dan kuat.

Tulang badan yang memanjang mulai dari tulang dada hingga ke tulang belakang juga menjadi salah satu ciri ayam bangkok bagus dari kecil yang wajib kamu perhatikan. Tulang pada bagian dada biasanya akan besar dan tebal. Ketika diraba tulangnya harus rapat, keras, dan kuat.

Baca juga:  Mengintip Ayam Bangkok Petarung Sadis dan Potensinya

Warna Bulu Anak Ayam Bangkok

Terdapat sangat banyak jenis dari warna anak ayam bangkok yang mempunyai ciri khas tersendiri. Konon katanya bahwa warna bulu adalah katuranggan yang telah diyakini mempunyai keunggulan. Setiap penggemar ayam pasti mempunyai warna bulu kesukaannya sendiri.

Beberapa yang terkenal di kalangan penggemar ayam yakni warna wangkas, wiring, kelabu, blorok, jalak, putih, dan hitam. Menentukan warna bulu pun dapat menjadi frekuensi dalam menilai bagus atau tidaknya anak ayam bangkok.

Kepala Anak Ayam Bangkok

Ciri ayam bangkok bagus dari kecil yang berikutnya dapat kamu lihat dari kepalanya. Anak ayam yang berkualitas mempunyai bentuk kepada mirip dengan burung jalak. Cirinya yaitu bentuk kepalanya tampak tebal, panjang, dan kulitnya tipis. Ciri yang satu ini memperlihatkan bahwa ayam akan mempunyai tampilan yang berwibawa, tidak cengeng ketika terluka, dan kuat dalam menerima pukulan.

Jengger Anak Ayam Bangkok

Jengger anak ayam menyerupai mahkota yang telah menjadi ciri khasnya. Untuk ayam bangkok, maka jengger ini dapat mewakili gaya bertarung, sifat, dan juga mental ayam untuk bertarung. Ciri jengger yang paling disukai dan populer adalah yang bentuknya menyerupai belangkon. Untuk sebagai penggemar ayam yang yakin dengan adanya mitos katuranggan percaya kalau setiap bentuk jengger mempunyai kelemahan dan keunggulan.

Paruh Anak Ayam Bangkok

Parus yang berkualitas pada anak ayam bangkok yakni paruh yang di bagian atasnya mempunyai garis putih, hampir serupa dengan rajawali. Ciri ayam bangkok bagus dari kecil yang berupa paruh semacam ini menandakan bahwa ketika anak ayam tersebut beranjak dewasa, dirinya akan mempunyai patukan yang tajam, kuat, dan tentu saja mematikan.

Alangkah lebih baik kamu juga memilih anak ayam bangkok yang paruhnya memiliki warna sama dengan warna pada ruas kakinya. Dari segi warna, maka paruh dari anak ayam mempunyai rupa yang terbilang transparan.

Baca juga:  Ciri-Ciri Ayam Bangkok Aduan yang Bagus dan Tips Perawatannya

Kaki Anak Ayam Bangkok

Bagian kaki ini merupakan unsur yang sangat penting dan menjadi salah satu dari ciri ayam bangkok bagus dari kecil. Anak ayam bangkok yang bagus akan mempunyai kaki yang jarinya terbuka cukup lebar dan normal memanjang. Selain itu, bentuk kakinya juga harus proporsional, mempunyai sisik yang kering, dan lututnya menjorok ke belakang.

ciri ayam bangkok bagus dari kecil tersebut menunjukkan bahwa anak ayam ini akan mempunyai pukulan yang terarah dan akurat. Selain itu,  anak ayam umumnya juga lebih kuat, tangkas, dan cocok sekali memasuki arena pertarungan ketika telah dewasa.

Mata Anak Ayam Bangkok

Ciri anak ayam bangkok bagus dari kecil yang terakhir dan wajib untuk kamu perhatikan adalah bentuk matanya. Mata anak ayam bangkok yang super yaitu mata yang jernih, bening, alisnya lebih menonjol, serta sedikit menjorok ke arah dalam. Ciri ini menunjukkan kalau anak ayam tersebut nantinya akan mempunyai tingkat kewaspadaan yang baik ketika bertarung karena penglihatannya jeli.

Darah Keturunan yang Bagus

Dalam hal memilih anak ayam bangkok harus mengetahui tentang asal usul keturunannya terlebih dahulu. Hal ini karena semakin bagus ayam, maka kemungkinan keturunannya pun akan bagus juga. Oleh karena itu, sebelum kamu memilih anak ayam, maka sebaiknya tahu dahulu secara jelas tentang keturunan ayam.

Akan lebih bagus lagi apabila anak ayam tersebut asalnya dari ayam bangkok yang sudah pernah menjadi juara. Setelah itu, dihasilkan pula dari induk yang memang bagus dan berkualitas.

Cara Memilih Anak Ayam Bangkok yang Berkualitas dari Kecil

Ciri ayam bangkok bagus dari kecil
Cara memilih anak ayam bangkok yang berkualitas dari kecil

Pemilihan Anak Ayam Bangkok yang Berusia 2 Minggu

Cukup susah untuk mengetahui tentang kualitas ciri ayam bangkok bagus dari kecil. Oleh karena itu, cara yang paling tepat untuk memastikan mutunya yaitu dengan melihat dan memperhatikan perilakunya secara detail. Untuk memancing munculnya suatu perilaku yang dapat memperlihatkan atau menggambarkan karakter dari anak ayam, maka kamu bisa menggunakan pakan.

Baca juga:  Yuk Kenalan Sama Ayam Bangkok Termahal di Thailand

Kamu bisa menyebarkan pakan di area sekeliling anak ayam yang dalam keadaan lapar. Setelah itu, perhatikan dengan baik mengenai cara makan dari anak ayam bangkok tersebut. Lalu, pilih saja anak ayam yang tampak agresif dalam mengambil pakan serta melindungi pakannya dari anak ayam yang lainnya.

Selain memperhatikan perilaku ketika makan, kamu harus memastikan pula jenis kelamin dari anak ayam bangkok, apakah ayam betina atau jantan. Apabila kamu telah menentukan pilihan, maka rawatlah dengan baik anak ayam tersebut. Caranya yaitu dengan memberikan tambahan vitamin atau suplemen di dalam pakan ayam supaya cepat besar.

Pemilihan Anak Ayam Bangkok yang Berusia 3 Bulan

Cara untuk memilih anak ayam usia 3 bulan dapat dengan menggunakan jangkrik yang dilempar dalam keadaan hidup-hidup. Kamu harus mengamati dengan baik gerakan yang dimunculkan oleh anak ayam bangkok. Nah, gerakan mengambil jangkrik dapat menjadi cara untuk mengetahui kualitas anak ayam.

Anak ayam yang super akan cepat mematuk dan mampu melompat dengan gesit ketika mengejar jangkrik. Untuk anak ayam yang terbilang kurang cerdik, maka gerakannya kurang cepat dan tampak kesusahan mendapatkan jangkrik.

Itulah cara pemilihan dan ciri ayam bangkok bagus dari kecil yang penting untuk  kamu ketahui. Jangan lupa pula untuk selalu memastikan keaslian anak ayam bangkok sebelum memilihnya.