8 Ciri Ciri Ayam Petarung yang Bagus

Diposting pada

Ciri ciri ayam petarung yang bagus – Sabung ayam masih menjadi tradisi lama yang dipertahankan. Tidak hanya di Nusantara tetapi juga dilakukan di beberapa negara lain misalnya Thailand hingga Hongkong. Kegiatan kontes ayam petarung ini dilakukan antar dua ayam jantan petarung. Sebelum itu, Kamu sebagai pemilik harus menyiapkan ayam yang kuat untuk bertanding. Berikut akan disampaikan 8 ciri ciri ayam petarung yang bagus.

Ciri Ciri Ayam Petarung yang Bagus

Ciri ciri ayam petarung yang bagus
Ciri ciri ayam petarung yang bagus

1. Bentuk kepala

Melihat kualitas ayam petarung bisa dilakukan dari berbagi sisi. Paling mudah Kamu dapat memperhatikan ciri fisiknya. Misalnya pada bagian bentuk dari kepala unggas. Ada sesuatu yang bisa jadi pertimbangan untuk mengidentifikasi bahwa ayam jantan memiliki jiwa bertarung yang tinggi. Misalnya bentuk kepala yang agak kecil seperti buah pinang.

Bentuk kepala demikian dapat menjadi tanda sikap pantang menyerah dari pada unggas. Mental tersebut jelas di butuhkan untuk terus memberikan perlawanan terhadap lawan. Selain itu ciri tersebut kerap menjadi tanda keagresifan serangan dari ayam.

2. Leher lebih panjang

Ciri ciri ayam petarung yang bagus dapat di lihat pula dari tampilan bagian leher. Bagaimana pun leher membantu dalam melancarkan serangan terhadap musuh. Lalu bentuk leher seperti apa yang menjadi tanda kualitas unggas?. Kamu dapat mengidentifikasi bahwa leher ayam yang lebih panjang dapat menjadi ciri ayam tersebut memiliki jiwa bertarung yang tinggi.

Baca juga:  Cara Pemberian dan Manfaat Jahe untuk Ayam Bangkok

Keadaan fisik itu juga akan membantu ayam dalam melancarkan serangan ke musuh. Daya jangkau lebih mudah dalam menyerang serta pergerakan menjadi lebih fleksibel. Jadi bentuk fisik ini patut untuk di pertimbangkan.

3. Paruh lebih panjang

Selain dari nampak fisik di atas, ciri ciri ayam petarung yang bagus juga dapat diperhatikan dari bentuk paruhnya. Paruh merupakan bagian ayam untuk mencucuk atau menelan makanan. Bagi ayam petarung fungsi yang di miliki sangat penting. Mengingat berguna dalam penyerangan. Jadi semakin panjang sebuah paruh pada ayam maka semakin menunjukan kualitas ayam petarung yang berkualitas. Sebab serangan akan di percaya akan lebih kuat.

4. Ekor pendek

Bila ciri ciri ayam petarung yang bagus di atas di dasari pada panjang organ seperti leher dan juga paruh, lain dengan ekor pada unggas. Perlu diketahui bahwa ekor ayam yang panjang bukan berarti merupakan indikasi kualitas mumpuni dari ayam petarung. Sebab hal itu justru memperlambat gerakan serangan dari hewan peliharaan.

Maka dari itu ekor pendek pada ayam jantan justru menjadi indikasi kualitas petarung yang patut di waspadai. Sebab gaya bertarungnya akan lebih fleksibel. Gerakan serangan menjadi lebih mudah dan agresif. Apalagi jika bulu ayam tersusun rapi tidak berantakan.

5. Postur tegap dan tinggi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa ciri fisik pada ayam sangat menentukan gaya bertarung. Kelebihan akan semakin di dapatkan bila mana ayam memiliki keunggulan postur seperti tinggi dan tegak. Ayam yang memiliki tampilan demikian akan memudahkan dalam menyerang lawannya. Efektif serta kemampuan melawan pun akan lebih variatif dan patut di waspadai.

6. Bentuk punggung lebar

Ciri ciri ayam petarung yang bagus juga dapat di lihat dari bagian punggung ayam. Cara menganalisa dapat terlihat dari bentuk. Maksudnya ialah apakah bentuk punggung terlihat lebar atau tidak. Menurut banyak pakar, bentuk punggung yang lebar menjadi ciri kualitas ayam aduan yang mumpuni. Pendapat itu twrasa wajar karena memungkinkan pukulan ketika menyerang semakin kuat.

Baca juga:  Warna Ayam Bangkok yang Ditakuti Lawan

7. Fisik kaki

Kaki menjadi tumpuan utama pada ayam. Apalagi sebagai ayam aduan maka dibutuhkan katuranggang yang kuat untuk menopang serangan atau ketika melawan serangan musuh. Maka dari itu Kamu dapat mencermati bahwa bentuk kaki bulat menjadi ciri kualitas menawan pada ayam petarung. Terlebih jika sisik pada kaki nampak rapi sehingga makin kuat.

8. Bentuk jengger seperti blankon. Kuat berkualitas

Siapa sangka bahwa bentuk jengger juga menjadi tanda ciri ciri ayam petarung yang bagus. Kamu pasti kerap melihat tampilan jengger yang berbeda dari tiap ayam jantan. Tahukah bahwa bentuk jengger menyerupai blankon di anggap terbaik untuk unggas tipe petarung. Bentuk tersebut menjadi ciri ketangguhan dari petarung serta kualitas yang mumpuni.

Inilah Ciri Fisik Anak Ayam Petarung yang Berkualitas

Ciri fisik anak ayam petarung berkualitas
Ciri fisik anak ayam petarung berkualitas

1. Kaki anak ayam

Jika ciri sebelumnya dapat di lihat dari ayam dewasa, lain dengan ketika masih anak ayam. Ada beberapa ciri ciri ayam petarung yang bagus bisa di amati bahkan ketika masih kecil. Misalnya dengan melihat bentuk kaki anakan. Pertama, Kamu dapat melihat ukuran kaki yang mana memastikan apakah panjang sama atau tidak. Bila sama maka kualitas dianggap layak di pertimbangkan.

Keseimbangan kaki memang di perlukan untuk nantinya lebih mudah dalam bertahan dari serangan lawan. Demikian pula dengan pola serangan yang di luncurkan. Selain itu amati pula bentuk jari pada anak ayam. Pastikan semua normal tidak ada cacat. Sisik rapi kering juga menjadi nilai pertimbangan lebih kualitas petarung.

2. Mata anak ayam

Memperhatikan mata anak ayam menjadi tips berikutnya yang bisa dilakukan. Perlu diketahui bahwa ada beberapa ciri ciri ayam petarung yang bagus yang dapat di lihat dari bentuk mata. Bahkan pada saat masih anak-anak. Cirinya antara lain jernih, bulat serta alis menonjol dengan bola mata sedikit menjorok ke dalam.

Baca juga:  Ayam Bangkok Wiring Kuning Super! Ciri dan Kelebihannya

Tampilan tersebut dipercaya menjadi kualitas aduan yang super. Tatapan mata bulat dan jernih menambah fokus serangan ayam aduan. Selain itu kerap pula menjadi tanda nilai juang yang tinggi pada hewan.

3. Kepala anak ayam

Identifikasi ciri ciri ayam petarung yang bagus berikutnya dapat terlihat dari kepala anak ayam. Bentuk paling ideal ialah mirip dengan burung jalak. Kepala demikian menjadi tanda bahwa hewan memiliki sikap pantang menyerah dan anti loyo. Sikap berwibawa pun lebih dianggap dapat terceminkan pada tipe ini. Maka dalam menghadapi musuh akan memiliki semangat juang tinggi tanpa menyerah.

4. Tulang anak ayam

Bagian lain yang dapat dicermati ialah tulang anak ayam. Pada saat masih berusia kecil, Kamu dapat mencermati kualitas ayam apakah mumpuni sebagai petarung atau tidak. Caranya dengan memeriksa susunan tulang tubuhnya. Ada beberapa syarat yang menjadi tanda kualitas misalnya tulang pada bagian dada lebih besar, rapat dan memanjang.

Perhatikan pula susunan tulang leher. Pastikan tulang leher sedikit lebih panjang yang mana nantinya memudahkan dalam menyerang lawan. Ukuran yang besar pun menjadi kelebihan tersendiri nantinya. Terakhir, periksa bagian kaki anak ayam. Pastikan tidak terjadi kecacatan.

Itu dia informasi mengenai ciri ciri ayam petarung yang bagus. Ciri di atas dapat menjadi pertimbangan dalam pengamatan. Bagaimana pun tidak sembarang ayam bisa di adukan begitu saja. Perlu juga untuk memberikan pelatihan agar mampu mengalahkan banyak musuh. Selain itu beri juga perawatan yang maksimal mulai dari pembersihan kandang, pakan berkualitas serta memberi vitamin dan suplemen.