Mengenal Ciri Ciri Kucing Hamil, dan Seputar Kehamilan Kucing

  102 views
Bagikan artikel ini

Cat lovers, apakah kamu memelihara kucing betina? Bila iya, wajib hukumnya untuk kalian mengenal ciri ciri kucing hamil. Karena terkadang, ada yang masih bingung apakah kucing sedang hamil atau hanya bertambah gemuk. Dengan begitu, maka nantinya akan membantu untuk mempersiapkan kelahiran sang jabang bayi kucing agar dapat lahir dengan sehat dan selamat.  

Akan tetapi, ada beberapa kucing yang tanda-tanda kehamilannya sulit dikenali. Namun, kamu juga dapat membedakan kucing yang hamil atau tidak dengan mengamati bentuk fisik serta kebiasaannya. Eh, tapi jangan salah ya, karena kucing bisa hamil saat ia berusia empat bulan dan itu pun masih terlalu dini lho!

Nah, pada kesempatan ini kita akan memberikan informasi seputar kehamilan kucing. Seperti bagaimana ciri cirinya? Berapa lama kucing hamil setelah kawin? Yuk, cek ulasannya di bawah ini ya!

Ciri Ciri Kucing Hamil
Ciri Ciri Kucing Hamil

Ciri ciri kucing hamil

Cat lovers, perlu kamu tau jika masa hamil kucing ternyata lebih singkat dari manusia. Hal itu biasanya berlangsung antara 57- 68 hari atau sekitar 2 bulan. Dalam sekali melahirkan, akan ada satu hingga enam anak kucing yang keluar dari perut induknya. Agar lebih jelas, mari simak tanda-tanda kucing hamil antara lain yaitu:

Perut membesar

Ciri ciri kucing hamil yang pertama kita bahas ialah perut membesar. Yap, perut kucing akan terlihat membesar ketika kehamilan menginjak usia 5 minggu. Dan perut akan terus membesar, sampai tibalah waktunya untuk ia melahirkan.

Warna puting cenderung merah dan membesar

Ciri yang kedua ialah puting akan membesar dan berubah warna menjadi lebih merah. Pada umumnya perubahan ini akan nampak saat memasuki hari ke 15 atau 18 yang dihitung dari awal masa kehamilan. Cat lovers, ternyata itu juga merupakan pertanda jika si kucing tengah mempersiapkan dirinya untuk menyusui bayi bila nanti telah lahir.

Perut membulat

Bila perut kucing terlihat menggembung atau sedikit membulat, maka bisa dipastikan jika kucing sedang hamil. Untuk memperhatikan ciri ciri kucing hamil juga harus sangat hati-hati. Karena jika kucing sampai mengalami tekanan atau stres, bahkan bila ia terkena benturan benda yang terlalu keras, maka beresiko kucing akan mengalami keguguran. So, berhati-hatilah ya cat lovers!

Punggung melengkung

Ketika kucing hamil, cobalah kamu amati jika punggungnya akan terlihat melengkung dari biasanya. Dan bandingkan dengan kucing yang tidak sedang hamil, pasti akan jauh berbeda. Karena punggung kucing yang tidak hamil akan tampak biasa saja dan datar.

Bertambahnya nafsu makan

Cat lovers, apakah kucing betinamu terlihat sering makan? Nah, bisa saja lho kalau ternyata ia sedang hamil. Pada saat umur kehamilan mencapai 3 minggu, maka biasanya nafsu makan kucing akan semakin meningkat. Oleh sebab itu, ia merasa jika membutuhkan nutrisi yang tinggi pula. Tetapi, pada masa awal kehamilan justru kenapa kucing tidak mau makan? Mungkin itu merupakan bentuk adaptasi tubuhnya yang sedang mengalami perubahan karena hamil.

Lebih pendiam

Masih membahas ciri ciri kucing hamil, jika dilihat dari gerak-geriknya maka kucing akan cenderung berubah menjadi tenang. Padahal kita tau sehari-hari perilaku kucing selalu aktif, lincah dan ceria. Tak hanya itu kucing juga gemar sekali untuk bermain. Sedangkan perilaku kucing yang hamil akan tampak bertolak belakang, seperti menunjukkan sifat malas dan menjadi pendiam.

Caper

Kucing itu terbilang hewan yang manja, namun ketika ia sedang hamil maka manjanya akan semakin meningkat dari biasanya. Jadi kucing akan selalu mengikuti ke mana pun kamu pergi. Bahkan tak jarang ia akan mendekat untuk mengganggu kalian guna mendapat perhatian atau sekedar ingin dibelai. Usahakan agar kamu paham dengan hal ini ya cat lovers, dan lakukan keinginan kucing dengan penuh kasih sayang.

Sering muntah

Meskipun ini bukanlah menjadi ciri ciri kucing hamil 1 minggu setelah dikawinkan, namun salah satu tanda kucing hamil ialah sering muntah-muntah. Sama seperti manusia yang sedang hamil, terkadang kucing juga mengalami morning sickness. Walaupun tak terlihat dengan jelas, namun ini menunjukkan gejala awal kucing sedang hamil. Maka para cat lovers harus paham ya!

Berhentinya masa birahi

Cat lovers, sebagai penggemar kucing tentu kamu sering mengamati ketika kucing sedang mengalami masa birahi atau tidak. Masa birahi biasanya akan timbul dalam waktu tertentu saja. Akan tetapi, jika masa birahi ini tiba-tiba saja berhenti maka kamu patut curiga. Bisa saja lho ini merupakan ciri ciri kucing hamil.

USG

Nah, langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui ciri ciri kucing hamil ialah dengan USG. Kamu bisa membawa kucing ke dokter hewan, guna diperiksa apakah ia sedang hamil atau tidak. Hal itu juga sangat dianjurkan lho cat lovers, mengapa? Karena untuk memperoleh hasil yang lebih tepat dan akurat. Tak hanya itu, ternyata cara ini juga berguna mengetahui persiapan untuk kucing yang akan melahirkan.

Berapa Lama Kucing Hamil
Ciri ciri kucing hamil

Berapa lama kucing hamil setelah dikawinkan?

Cat lovers, pernahkah kamu mengawinkan kucing? Dan kira-kira berapa lama ya kucing hamil setelah ia kawin? Yap, salah satu syarat kucing betina bisa hamil yaitu bila kucing jantan dapat membuahi sel telur atau ovum yang terletak di dalam rahim induk kucing betina.

Lalu, kapan waktu pembuahan terjadi? Biasanya akan berlangsung selama 2 sampai 3 hari. Apabila proses pembuahan berhasil, maka dapat dipastikan 100% kucing akan hamil. Selanjutnya ciri ciri kucing hamil akan muncul dengan jelas ketika kehamilan menginjak usia 2-3 minggu.

Ada peristiwa unik saat kucing jantan dan betina dikawinkan. Pada peristiwa ini rahim si betina akan mengirimkan sinyal untuk penyiapan ovum, dan proses pematangan ovum akan terjadi sekitar 2 hari sejak ia kawin. Bila ovum telah matang, maka tinggal menunggu datangnya sperma.

Mengapa harus menunggu 2 hari? Ya, meskipun jalur rahim betina cenderung berukuran pendek, namun jalannya sperma untuk menuju ke rahim itu tak mudah sehingga butuh waktu yang lama. Jadi harap maklum ya cat lovers! Dan jika ovum telah dibuahi oleh sperma, selanjutnya rahim akan menyiapkan tempat untuk proses pembesaran embrio. Nah, inilah fase yang tepat untuk menyebut kucing sedang hamil. 

Apa makanan untuk kucing hamil yang bagus?

Bagi kucing yang sedang hamil, lebih baik makan makanan khusus yang dapat membantu pertumbuhan. Kebanyakan makanan yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya adalah makanan basah atau makanan khusus untuk anak kucing. Dan bila ingin memberi makanan kering, pilih yang berkualitas serta mengandung nutrisi yang baik.

Namun, jangan berikan kucing makan dengan porsi yang berlebihan ya cat lovers! Mengapa? Pasalnya berat badan kucing akan berlebih dan dapat berbahaya untuk bayi yang sedang dikandungnya. Maka lebih baik kita memberi makan kucing dengan takaran yang sama, tetapi jumlah hariannya yang ditambah. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bagi bayinya.

Perawatan Kucing
Ciri ciri kucing hamil

Tanya Jawab Seputar Cici Cici Kucing Hamil

Kucing hamil di usia berapa?

Pada umumnya mereka akan mulai birahi pada usia 6 bulan sampai 1 tahun tergentung dari jenis dan sifat kucing tersebut. Jarak tempuh dari kawin hingga hamil kucing bisa dilihat sekitar 1 bulan dan usia kehamilan kucing berkisar 60 hingga 65 hari. Jadi si kucing dapat melahirkan bayi kucing ketika berusia paling cepat adalah 10 bulan.

Apa ciri ciri kucing hamil?

ada 5 ciri ciri kucing hamil yang perlu kamu ketahui. diantaranya adalah:
1. Terlihat lebih tegang dan lebih besar pada perutnya. besarnya pada perut kucing yang terjadi dipengaruhi oleh banyaknya jumlah anak yang dikandungnya.
2. Dilihat dari warna putihnya yang berubah berwarna pink dan juga membesar, biasanya terlihat disaat kehamilannya berusia sekitar 2 hingga 3 minggu.
3. Timbulnya gejala mual dan muntah sama seperti manusia
4. Menjadi lebih manja dan lebih suka tidur dan lebih lahap untuk makan
5. Ketika sudah dekat dengan masa melahirkan, kucing akan mencari tempat sendiri untuk bersarang.

Apakah kucing yang sedang hamil boleh dimandikan?

Jawaban terbaik adalah tidak boleh. Jika kamu sudah baca artikel-artikel yang ada di embaran.id tentunya sudah paham kalau memandikan kucing tentu dapat mengakibatkan mereka menjadi stres, apalagi pada kucing yang sedang hamil/bunting loh! Akan membahayakan janin yang ada didalam perut kucing. Untuk tambahannya, membersihkan kandangnya pun jangan dilakukan.

Apa yang harus dilakukan jika kucing hamil?

Disaat kucing kamu sedang hamil, simak 5 hal berikut agar si kucing tetap sehat. Yang paling utama adalah berikan makanan yang tepat untuknya karena vitamin, kalsium dan mineral akan sangat dibutuhkan sekali demi menjaga kesahatan kandungannya. Kedua adalah buat si kucing merasa nyaman, alasannya karena mereka cenderung akan lebih manja ketika sedang hamil. Berikan kasih sayang dan juga lapisi handuk lembut di tempat tidurnya agar dia merasa lebih nyaman. Untuk yang ketiga adalah jangan biarkan si kucing main di luar rumah karena kebersihan juga sangat mempengaruhi kesehatan si kucing. ke empat adalah hindari dari kucing lainnya, karena saat sedang hamil mereka akan lebih sensitif, kemungkinan jika berada didekat kucing lain akan sangat mudah untuk bertengkar. Dan yang terakhir adalah jangan sampai berikan vaksin atau jenis obat-obatan lainnya. Sudah pasti akan berdampak negatif pada janinnya dan tentu akan menjadi salah satu penyebab mereka keguguran atau lahir dengan kondisi cacat.

Opsional untuk tambahan yang perlu dilakukan jika kucing hamil adalah dengan memeriksakan ke dokter hewan secara rutin agar kesehatan si kucing dan janin pun dapat terkontrol dengan baik serta juga jangan lupa untuk menyiapkan tempat untuk bersalin guna menghindari dari hewan atau predator lainnya yang dapat membahayakan bayi-bayi kucing nantinya.

Penutup

Cat lovers, demikian informasi ciri ciri kucing hamil yang telah kita kupas tuntas. Semoga artikel ini menambah wawasan bagi kalian para penggemar kucing ya!