Rangkuman 12 Ciri Ciri Kucing Sakit Yang Penting Untuk Diketahui

Diposting pada 6 views

Cat lovers, taukah kamu jika kucing pun bisa sakit layaknya manusia. Akan tetapi, tak semua orang peka terhadap hal ini. Memang wajar, karena mereka tak bisa berbicara secara langsung dengan kita. Lantas gimana ciri ciri kucing sakit?

Oleh sebab itu, penting bagi kalian agar secara rutin memeriksa kesehatan kucing kesayanganmu. Sehingga jika kucing peliharaanmu sakit kamu bisa langsung mengobatinya. Apa penyebab kucing sakit? Penyebabnya ada beberapa hal seperti infeksi virus, bakteri, jamur, atau bahkan karena luka luar.

Walaupun kamu sudah berusaha untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kucing kesayanganmu, tetapi kemungkinan kucing masih bisa terserang penyakit. So, jangan khawatir karena disini kita akan memberikan solusinya. Yuk kita simak bersama-sama infonya berdasarkan rangkuman di bawah ini ya cat lovers!

Ciri-ciri Kucing Sakit
Ciri Ciri Kucing Sakit

Ciri Ciri kucing sakit

Cat lovers, setelah pada kesempatan yang lalu kita membahas mengenai perbedaan kucing anggora dan Persia. Nah, kali ini bagi kamu yang memelihara kucing di rumah, wajib tau beberapa tanda kucing sakit. Apa saja? Langsung saja kita simak uraiannya antara lain yakni:

Gerakan tak selincah biasanya

Cat lovers, ini merupakan ciri pertama yang dapat kita amati secara langsung ketika kucing sakit. Karena kucing yang sehat biasanya akan bergerak dengan lincah serta aktif bermain. Namun, bila tiba-tiba kucing peliharaanmu mendadak jadi pendiam, maka bisa jadi lho kalau kucingmu sedang sakit.

Nafsu makan berkurang

Bukan menjadi rahasia umum lagi, jika nafsu makan kucing yang turun secara drastis adalah ciri ciri kucing sakit. Kamu juga harus memperhatikan kondisi tubuhnya saat ia tak mau makan. 

Ternyata tak hanya itu, bila kucing tiba-tiba menjadi rakus, maka hal itu dapat menunjukkan adanya gangguan kesehatan yang terjadi dalam dirinya.

Sering mengeong

Cat lovers, sebagai pemilik pasti kamu dapat mengindentifikasi jenis suara yang dikeluarkan oleh kucingmu. Suara kucing ketika mengeong juga dapat dianalisis sebagai tanda ciri ciri kucing sakit loh!

Jika kucingmu, sering mengeong dan tak berhenti, kemungkinan ada yang salah dari dalam tubuhnya.

Perlu kamu tau bila kucing mengungkapkan perasaannya melalui suara “mengeong”. Apalagi jika biasanya kucing peliharaanmu cenderung pendiam. So, jangan tunda dan segera bawa ke dokter ya cat lovers!

Muntah dan diare

Seperti ketika kita demam, maka saat kucing demam pun terkadang disertai dengan gejala muntah dan diare atau mencret. Nah, jika kucingmu menunjukkan tanda-tanda seperti itu, berarti ia sedang sakit.

Cat lovers, apa kamu tau penyebab kucing mencret dan cara mengatasinya? Makanan juga bisa menjadi pemicunya. Maka cobalah dahulu untuk memeriksa kotak pasirnya. Atau kamu bisa mengikutinya ketiak ia pengen buang air, trus amati bentuk kotorannya. Karena muntah dan diare merupakan salah satu tanda kucing sedang sakit.

Lalu, bagaimana cara mengobati kucing mencret dan tidak nafsu makan? Adakah cara mengobati kucing mencret dengan bahan alami? Dan apakah obat diapet untuk kucing mencret? Nah, nanti pertanyaan itu akan kita jawab pada pembahasan yang berikutnya ya cat lovers! Sekarang kita lanjut lagi pada pembahasan ciri ciri kucing sakit selanjutnya.

Buang kotoran sembarangan

Masih membahas tentang ciri ciri kucing sakit. Cat lovers, kamu pasti menyediakan kotak pasir di rumah kan? Yap, khusus untuk kucing rumahan yang  telah terbiasa dilatih, ini adalah tempat dimana kucing akan membuang kotorannya secara rutin.

Tapi, gimana jika tiba-tiba kucing buang air kecil dan besar secara sembarangan? Ya, itu tandanya kucing sedang diare. Kucing tak bisa menahan rasa sakit dan mules yang sedang ia rasakan, sehingga ia kencing dan bab dimana saja.

Suhu badan meningkat

Cat lovers, tau kah kamu jika suhu normal kucing berkisar 37 oC- 39oC. Bila kucing kesayanganmu terlihat murung dan lemas, coba cek suhu badannya dengan menggunakan termometer.

Jika suhu badannya lebih dari 39oC, itu artinya kucing sedang demam. Ingat jangan coba-coba memberikan obat penurun panas untuk manusia ke kucing ya cat lovers! Mengapa? Karena kondisi kucing pastilah berbeda dengan manusia.

Pupil mata melebar

Ciri ciri kucing sakit berikutnya ialah pupil mata melebar. Jika itu sampai terjadi, maka kemungkinan kucingmu sedang menahan rasa sakit. Rasa sakit yang ia rasakan bisa saja disebabkan karena adanya luka luar atau luka dalam.

Menurut para pakar kesehatan hewan menyatakan jika pupil kucing makin lama terus melebar, maka itu tandanya ia sedang merasa sakit perut.

Amati perubahan berat badan

Cat lovers, jika kucing kesayanganmu mengalami perubahan berat badan yang signifikan maka segeralah bawa ia ke dokter hewan. Penurunan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba, atau bahkan dengan bertahap itu bisa menandakan adanya penyakit.

Tetapi, bila kamu tak yakin dengan hal itu, coba timbang kucing sekali seminggu. Dan bila kucing terus mengalami penurunan berat badan, maka segeralah minta bantuan kepada dokter hewan terdekat.

Tiba-tiba galak

Kucing yang sehat biasanya akan tampak lucu dan menggemaskan. Bahkan tak jarang ia akan selalu bermanja-manja dengan pemiliknya. Akan tetapi, bila tiba-tiba kucing peliharaanmu berubah menjadi galak bisa saja ia sedang sakit loh!

Ketika kucing sedang sakit, maka ia akan merasakan hal yang tak enak pada tubuhnya. Ia menjadi tak nyaman serta tidak ingin ada yang mendekatinya, bisa dibilang juga kalau kucing sedang sensitif.

Amati berapa lama saat tidur

Kucing yang sedang sakit, biasanya frekuensi tidurnya akan lebih banyak. Bila ia tak menunjukkan ciri ciri kucing sakit, seperti muntah, tampak terjadi pembengkakan atau yang lainnya , maka perhatikan ia dengan baik.

Cat lovers, kamu coba awasi ia selama 24 jam. Bila sudah menginjak hari kedua dan kucing menunjukkan ciri tersebut, maka cepat bawa ia ke dokter hewan ya!

Periksa bulunya

Kamu tau tidak, jika kucing yang sakit juga tak punya tenaga untuk merapikan diri loh! Karena biasanya bulu yang tampak bersinar dan terawat, kini menjadi kusam, kusut bahkan tak teratur.

Selain itu stres juga bisa memicu terjadinya kerontokan bulu atau perubahan sikap untuk merapikan diri. Nah, itu juga tanda kucingmu sedang sakit cat lovers!

Lihat apa kucing dehidrasi

Cat lovers, ini merupakan poin terakhir yang kita bahas mengenai ciri ciri kucing sakit. Kamu perlu waspada terhadap kebiasaan minum kucing. Banyak sedikitnya ia minum, itu tergantung pula dengan jenis makanan yang dimakan.

Jenis makanan basah atau kering yang ia konsumsi bisa berpengaruh pada intensitas minum kucing. Selain itu ada beberapa penyebab lain yang menjadikan rasa haus pada kucing bertambah, seperti adanya infeksi, penyakit ginjal, diabetes atau gangguan kesehatan lainnya.

Penutup

Itu tadi cat lovers, rangkuman 12 ciri ciri kucing sakit. Apa kamu pernah melihat tanda-tanda di atas? Jika iya, ayo segera bawa kucingmu ke dokter hewan ya! Jangan sampai diabaikan.