Kucing Cymric: Kucing Hasil Mutasi Genetik Alami Tertua Asal Inggris

  33 views
Bagikan artikel ini

Apakah kamu menyukai kucing yang terlihat imut menggemaskan? Kalau iya, pilihlah kucing Cymric sebagai kucing peliharaanmu. Jenis kucing ini memiliki tubuh pendek dengan ukuran sedang yang membuatnya terlihat imut. Kucing ini mirip dengan kucing jenis manx, tetapi dengan versi bulu yang lebih panjang. Ekornya yang pendek menjadi ciri khas dari ras kucing ini.

Kucing cymric
Kucing cymric

Ciri Unik Kucing Cymric

Sebelum mengetahui cirinya, kita bahas bersama terlebih dahulu asal usul atau sejarah dari kucing ini. Kucing ini berasal dari pulau kecil yang bernama Isle of Man di Inggris. Tempat originalnya itu sama dengan kucing Manx, dengan begitu kucing yang satu ini dulu awalnya dikenal dengan sebutan Longerhaired Manx. Bahkan, ada yang menduga bahwa kucing ini merupakan hasil persilangan dari kucing Manx dengan kucing Persia antara tahun 1930-1940. Dugaan ini didasari pada bulu kucing ini yang panjang mirip Persia, tetapi ekornya pendek seperti Manx.

Perkembangbiakan kucing ini pertama kali dipelopori oleh Brair Wright dan Leslie Falteisek yang merupakan peternak kucing. Tujuan mereka mengembangbiakan ras ini ialah untuk membuat ras kucing ini diakui oleh organisasi-organisasi pendaftaran kucing. Dengan alasan itu, mereka berusaha menyempurnakan standar dan sifat genetik ras kucing ini. Pada akhirnya usaha mereka menuai hasil baik karena nama ras kucing ini berhasil diubah menjadi Cymric. Namun, perlu dicatat bahwa mereka hanya mengembangbiakkannya karena kucing ini sebenarnya memang tercipta dari hasil mutasi genetik alami bukan atas dasar campur tangan manusia.

Sayangnya, tidak ada penjelasan yang pasti mengapa kucing ini bisa dengan cepat berkembang di Pulau Isle of Man. Akan tetapi, kucing ini disebutkan sebagai salah satu kucing tertua di dunia yang berasal Inggris karena tahun kemunculannya di pulau itu.

Baca juga:  Kucing Bengal: Asal Mula, Karakteristik, Harga dan Cara Merawatnya

Ciri fisik kucing ini tentu seperti yang disebutkan sebelumnya, yakni memiliki bulu yang panjang dan ekor yang pendek. Tiap kucing Cymric memiliki bentuk ekor yang dapat saling berlainan. Ada yang ekornya disebut dimple rumpy (tidak memiliki ekor), rumpy riser (ekor pangkal), stumpy (ekor yang agak panjang), dan longy (ekor lebih panjang dari stumpy). Bulunya tebal, padat, dan terlihat mengkilap sehingga tampak cantik dipandang mata. Biasanya kucing ini memiliki warna solid, hijau, dan biru.

Ciri lainnya dari kucing berbobot 4-6 kg untuk betina dan lebih dari 6 kg untuk jantan ini dapat dilihat pada bulu di sekitar hidungnya yang berwarna sama dengan warna bulu di tubuhnya. Tubuhnya relatif lebih pendek jika dibandingkan dengan kucing lainnya. Lehernya juga pendek dengan bentuk kepala yang bulat dengan mata besar sehingga membuatnya tampak imut. Bulu-bulu yang berada di sekitar lehernya relatif tebal membuatnya tampak lebih gempal dan pendek. Sementara itu, bagian telinganya berukuran sedang dengan bagian bawah yang melebar dan ujung yang melengkung. Letaknya kedua sisi telinga agak berjauhan.

Yang unik dari kucing ini tidak hanya fisiknya, tetapi juga karakter atau sifat yang dimilikinya. Kucing cymric sangat senang berada di sekitar pemiliknya. Makanya, jangan heran bila kamu nanti akan terus diikuti olehnya kemanapun kamu melangkah. Yang lebih unik lagi, kucing ini suka dan selalu tertarik dengan barang-barang yang terlihat mengilap, seperti cahaya, perhiasan, medali, dan lain-lain. Jadi, harus ekstra berhati-hati untuk menjaga kucing ini agar tidak merusak barang-barang di rumah.

Kucing ini juga sangat aktif. Mereka mampu dan senang melompat dari ketinggian serta berjalan-jalan mengitari rumah. Kemampuannya ini berkat pinggul dan kaki belakangnya yang kuat. Mereka juga senang bermain dengan air sehingga berbeda dengan kucing kebanyakan. Kucing ini juga seringkali dikatakan mirip dengan anjing karena kesetiaannya. Mereka cenderung akan terus ingin bersama dengan satu orang atau satu keluarga yang telah dikenali daripada memulai kehidupan baru dengan lingkungan yang berbeda. Bahkan, kucing ini juga memiliki kebiasaan menggeram seperti anjing jika merasa terganggu.

Baca juga:  Kenali Kucing Bengal Mix Kampung Wajib Diketahui! Seperti Harimau
Kucing cymric
Kucing cymric

Cara Merawat Kucing Cymric

Untuk merawat kucing seharga Rp3.000.000 sampai dengan Rp 6.000.000 rupiah ini, kamu harus memiliki kesabaran dan ketelatenan. Kucing ini tidak suka untuk dikekang. Maksudnya, kamu harus lebih sering membebaskan atau mengelurkannya dari kandang. Mereka bisa stres bahkan sakit jika selalu dikurung di kandangnya. Hal ini dikarenakan sifatnya yang sangat aktif bergerak dan melompat. Oleh karena itu, bila kamu sudah mendengar suara geramannya segera keluarkanlah kucing dari kandangnya.

Sementara untuk menjaga kebersihannya kamu harus telaten menyisir bulunya dua atau tiga kali dalam seminggu. Aturlah waktu yang tepat agar bulu kucing tidak kusut dan bulu-bulu mati yang telah rontok bisa dibuang. Selain itu, kamu juga perlu menjaga kebersihan mulut dan giginya untuk mencegahnya terkena penyakit periodontal. Sikatlah giginya beberapa kali dalam seminggu agar kebersihannya lebih terjaga.

Kebersihan lainnya yang harus dijaga ialah kebersihan sudut mata yang bisa dibersihkan dengan menggunakan kain lembab dan kebersihan telinga yang harus dibersihkan setidaknya seminggu sekali. Kucing imut dengan tubuh pendek dan bulu tebal ini akan menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin memiliki kedekatan intim dengan peliharaan. Kucing ini akan setia dan selalu berada di sekitarmu. Namun, berhati-hatilah karena kucing Cymric bisa stress kalau mereka merasa terkekang atau terganggu.

Harga Kucing Cymric

Sebenarnya untuk kucing cymric ini masih belum bisa dipastikan untuk harga dipasaran Indonesia. Namun jika dilihat dari kemiripannya dengan kucing manx, bisa menjadi alternatik untuk mendapatkan patokan harga dari ras kucing cymric. Hasil yang ditetapkan agar kamu dapat memiliki jenis kucing cymric, kamu bisa membelinya dengan harga 3 juta hingga 6 juga rupiah.

Baca juga:  Wajib Diketahui! Sifat dan Karakter Kucing Hutan Sumatera

Demikian pembahasan mengenai sejarah, ciri, karakteristik, cara merawat hinggi harga dari jenis kucing cymric. Semoga dapat membantu kamu untuk mendapatkan informasi tentang kucing ini. Sampai jumpa di lain kesempatan dan terima kasih.