Seringkali Jadi Andalan, Yuk Intip Hubungan Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang Di Sini

Diposting pada

Tanaman Ketapang merupakan jenis pohon yang mudah dan familiar di Indonesia. Tanaman yang memiliki nama latin Terminalia Catappa ini sebenarnya adalah tanaman pantai. Dan daun ketapang sendiri banyak dimanfaatkan untuk merawat ikan hias. Memang daun ini memiliki banyak manfaat salah satunya manfaat daun ketapang untuk ikan cupang berikut.

Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang dan Manfaatnya

Daun ketapang untuk ikan cupang
Daun ketapang untuk ikan cupang

Sebelum jauh membahas perihal hubungan daun ketapang dan ikan cupang, ada baiknya mengetahui lebih dahulu tentang tanaman satu ini. Tanaman Ketapang sendiri memiliki ciri khas yang mudah untuk dikenali. Daunnya memiliki bentuk oval yang warnanya akan menjadi merah saat akan gugur. Sementara pohonnya akan cenderung bertingkat layaknya pagoda.

Sebelumnya, daun ketapang sering dimanfaatkan pada budidaya ikan gurame dan ikan patin. Sementara untuk ikan cupang, daun ini juga memiliki banyak manfaat. Mengingat ikan cupang sering terancam dengan infeksi bakteri. Dan daun ketapang bisa mengatasi masalah tersebut. Karena di dalam daun ini terdapat senyawa flavonoid dan alkaloid.

Dimana flavonoid ini akan memiliki efek sebagai anti tumor, antioksidan, anti bakteri, anti radang dan anti virus. Sementara senyawa alkaloidnya akan membantu untuk menghambat tumbuhnya mikroba. Tak heran jika daun ketapang untuk ikan cupang begitu terkenal dan banyak direkomendasikan. Tidak hanya itu, manfaat lainnya juga bisa didapatkan dari daun ini.

Ikan cupang menjadi lebih cerah warna dan memiliki kulit yang bagus. Daun ketapang yang kering juga akan menghasilkan zat organik sehingga kadar pH air bisa diturunkan, serta zat kimia dalam air bisa diserap. Infeksi jamur ataupun penyakit kulit lainnya juga bisa dicegah dengan daun ini. Daun ketapang juga akan mengurangi stress pada cupang.

Baca juga:  Yuk Kenali Karakteristik Ikan Cupang Sarawak yang Populer untuk Dipelihara

Cara Memanfaatkan Daun Ketapang Untuk Ikan Cupang

Daun ketapang untuk ikan cupang
Daun ketapang untuk ikan cupang

Manfaat yang dimiliki daun satu ini memang sangat banyak bagi ikan cupang. Hanya saja, anda perlu tahu bahwa penggunaan yang tidak tepat justru mendatangkan bahaya. Daun ketapang kering, kemudian dimasukkan langsung akan membahayakan. kesehatan ikan menjadi terganggu dan juga air menjadi lebih berminyak.

Untuk itu wajib bagi anda memahami proses penggunaan daun ketapang untuk ikan cupang yang baik. Langkah pertama adalah memilih daun ketapang yang kering dan warna kecoklatan. Setelah itu, silahkan bersihkan kotoran yang menempel pada daun. Sebab daun yang tidak steril akan mendatangkan bakteri juga zat asam yang tidak sempurna.

Hal ini ditandai airnya yang menjadi keruh dan baunya tidak sedap. Untuk itu setelah dibersihkan, anda perlu untuk merendam daun ketapang pada air garam. Proses perendaman ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Setelah itu, anda bisa mengangkat daun ketapang dan meniriskan lebih dulu. Baru direndam di air bersih sekitar 24 jam.

Proses ini belum berakhir, anda masih harus kembali meniriskan dan kemudian menjemurnya di bawah matahari. Hingga daun ketapang benar benar kering dan bisa difungsikan untuk ikan cupang. Daun ketapang yang telah kering dimasukkan pada ember yang telah diisi 5 sampai 6 liter air.

Diamkan saja air tersebut hingga warnanya menguning, biasanya butuh 1 sampai 2 hari. barulah hasil rendaman bisa diberikan kepada ikan cupang anda. Dimana perbandingan daun ketapang untuk ikan cupang sekitar 1 banding 3. Barulah nanti ikan cupang bisa anda masukkan ke dalam air yang bercampur daun ketapang ini.

Manfaat daun ketapang untuk ikan cupang memang sangat melimpah. Begitu juga dengan cara pengolahannya yang mudah. Dengan memanfaatkan ramuan alami ini, anda yang sedang budidaya ikan cupang bisa menjaga kualitasnya tetap baik. Namun tetap harus memperhatikan kebersihan air dan akuarium agar tetap sehat.