Jack Ma Minta Staf Alibaba Kerja Selama 12 Jam

by -84 views
Jack Ma
Jack Ma

Embaran.id – Untuk bisa bekerja di Alibaba Group Holding, Anda harus siap untuk bekerja 12 jam dalam sehari juga 6 hari dalam seminggu.

Seperti itulah yang diungkapkan Jack Ma dalam sebuah konferensi internal kepada pegawainya di perusahaan e-commerce terbesar di China.

Mencuplik dari akun resmi Alibaba di Weibo, Minggu (15/4/2019), Jack Ma meneguhkan, dirinya tidak membutuhkan orang-orang yang mencari pengalaman kerja 8 jam sehari seperti staf kantoran biasa. Dia pun memperkenalkan kultur bekerja baru, yaitu 996 atau bekerja mulai dari jam 9 pagi hingga jam 9 malam kurun waktu 6 hari seminggu.

“Agar bisa bekerja 996 adalah sebuah kehormatan besar,” ujar Jack Ma seperti dilansir The Straits Times.

“Andai Anda ingin bergabung dengan Alibaba, Anda harus siap untuk bekerja 12 jam sehari, jika tidak, untuk apa Anda bergabung?” lanjutnya.

Sebagaimana diberitakan, industri teknologi China dipenuhi oleh kisah-kisah programmer dan pendiri yang meninggal mendadak lantaran jam kerja yang terlampau panjang serta tekanan sehingga kelelahan.

Ungkapan Jack Ma tersebut menimbulkan beberapa tanggapan keras di kalangan masyarakat setempat.

“Terlalu banyak omong kosong, dan bahkan tidak disebutkan apakah industri teknologi tersebut akan memberikan kompensasi untuk lembur karena 996,” tulis seseorang di kolom komentar Weibo.

“Para bos melakukan 996 karena mereka bekerja untuk diri mereka sendiri dan kekayaan mereka bertumbuh. Sementara kami bekerja 996 karena kami dieksploitasi tanpa imbalan lembur,” tulis yang lain di komentar tersebut.

Pihak Alibaba pun tidak segera memberi komentar ketika dimintai keterangan. Ungkapan Jack Ma tersebut pun muncul ketika di China sendiri tengah muncul perdebatan sengit di mana banyak programmer setempat yang memulai protes melalui sebuah komunitas berbagi kode online, Github dengan kode 996.ICU yang menarik banyak perhatian dan menjadi marak.

“Jika mengikuti jadwal kerja 996, Anda berisiko menarik diri Anda sendiri ke ICU (Intensive Care Unit),” tulis keterangan dari definisi 996.ICU tersebut.

Pembuat gerakan yang identitasnya masih belum diketahui tersebut berharap seluruh pegawai di sektor teknologi untuk menyuarakan perusahaan yang menyalagunakan pekerja mereka dengan menuntut bekerja lembur tanpa adanya kompensasi.

Alibaba serta perusahaan aliansinya Ant Financial, disebut dalam gerakan protes tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *