10 Tips Agar Tetap Sehat dan Bugar Saat Berpuasa

by -65 views
10 Tips Agar Tetap Sehat dan Bugar Saat Berpuasa
10 Tips Agar Tetap Sehat dan Bugar Saat Berpuasa

Tidak terasa sebentar lagi bulan ramadhan tiba, waktunya bagi umat muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa.
berikut kami bagikan beberapa tips agar badan tetap sehat dan bugar saat menjalankan ibadah puasa.

1.Jangan Lewatkan Sahur

Di luar Ramadan, sarapan jadi Saat makan yang sangat penting. Mengonsumsi makanan sehat saat sahur juga jadi hal yang penting. Makanan yang dinikmati saat sahur bisa jadi cadangan Kekuatan tubuh dan membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik hingga tiba waktu berbuka. Ketika berbuka, sebaiknya jangan konsumsi makanan secara berlebihan saat berbuka puasa.

2.Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung karbohidrat Mampu membantu dalam menjalankan ibadah puasa, karena dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang banyak Mampu membuat kenyang lebih lama dan membantu menjaga Daya Tahan kamu.

3.Konsumsi Vitamin

Ketika menjalankan puasa mengkonsumsi vitamin juga dapat membantu tubuh tetap sehat karena bisa menjaga tubuh fit dan juga meningkatkan system imun.

4.Hindari Minuman Berkafein

Kafein bersifat diuretik. Ini artinya bahwa kafein dapat menstimulasi pelepasan air dari tubuh secara cepat yang berakbat tubuh lebih mudah untuk dehidrasi. Saat berpuasa, hindari beberapa minuman yang mengandung kafein seperti teh, minuman bersoda atau kopi

5.Tidur Lebih Awal

Bagi yang tidak terbiasa melakukan qiyamul lail, mungkin akan kaget ketika harus bangun sahur saat bulan ramadhan, maka dari itu tidurlah lebih awal agar waktu tidur tetap tercukupi (7-8 jam) dan tetap bisa menjalankan sahur.

6.Kurangi Gorengan

Saat Berbuka puasa anda pasti sangat tergoda dengan makanan satu ini. Namun, makanan tinggi minyak ini bisa membuat tenggorokan Anda kurang nyaman. Dan kebanyakan gorengan yang dijual, minyaknya sudah dipakai berkali-kali sehingga kurang baik untuk kesehatan. Jika ingin menikmati gorengan saat berbuka, sebaiknya buat sendiri dan batasi jumlahnya agar tak berlebihan.

7.Minum Air Putih Sebanyak Mungkin

Minumlah air putih sebanyak mungkin diantara waktu berbuka dan sahur, ini akan mengurangi risiko dehidrasi selama puasa.

8.Jangan Makan Berlebihan Saat Berbuka

Makan berlebihan saat berbuka puasa dapat membahayakan tubuh. Makanan saat buka puasa harus seimbang, baik kandungan gizi maupun jumlahnya. Makan sekaligus banyak akan menimbulkan masalah pada pencernaan, terlalu banyak makan makanan tinggi lemak khususnya dapat mengakibatkan gangguan pencernaan dan penambahan berat badan. Jadi makanlah secara perlahan dan secukupnya.

9.Pilihlah Sup Saat Berbuka

Sup bening yang hangat bisa menjadi pilihan untuk hidangan berbuka puasa. Selain itu sup juga mudah dibuat dan bersifat menghangatkan tubuh. Sup yang berisi sayuran dan lauk berprotein biasanya sangat baik untuk di konsumsi tubuh.

10.Lakukan Olahraga Ringan

Waktu yang dianggap baik untuk melakukan olahraga selama bulan puasa adalah 30-60 menit sebelum berbuka puasa. Ini bisa menguntungkan bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. anda bisa melakukan joging atau bersepeda, tentunya dengan intensitas yang ringan dan jangan sampai membebani tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *