Dijamin Sangat Efektif! Tips Cepat & Sehat Menurunkan Gula Darah

by -76 views
gula darah
Gula darah tinggi

Hiperglikemia bisa disebut kondisi apabila kadar gula darah sangat tinggi, umumnya terdapat pada pasien penderita diabetes atau mempunyai gangguan hormon insulin. Jika tidak segera ditangani, perkara kesehatan yang makin serius dapat berlaku, termasuk kecacatan organ tubuh, koma, hingga kematian.

Misalnya Anda memiliki penyakit yang mengandung risiko kadar gula darah tinggi tambah besar, maka sangat penting untuk mengawasi kadar gula Anda dengan teratur. Selain itu, kenali gejala yang tubuh Anda alami ketika kadar gula naik.

Dibawah ini merupakan berbagai tips untuk mengurangi kadar gula darah yang sehat dan cepat, yang bisa Anda lakukan mulai dari sekarang juga!

Periksa Gula Darah

Anda yang mengidap diabetes tipe 2 bisa jadi sudah diberi pesan oleh dokter untuk mengecek gula darah secara rutin, minimal 2 kali per hari (sekurang-kurangnya untuk mengetahui jumlahnya, setelah Anda makan dan bangun tidur di pagi hari).

Berdasarkan tes gula darah sewaktu (GDS), kadar gula darah Anda normal, sekiranya jumlahnya di bawah 200 mg/dl.

Jadi, seandainya angkanya lebih, artinya Anda mengalami kondisi hiperglikemia. Tulis bahwa kadar gula darah dapat berubah sewaktu-waktu, contohnya ketika Anda mencocokkan hasilnya sebelum dan sesudah makan.

Kisaran normal jumlah gula darah pada waktu-waktu tertentu adalah sebagai berikut:

  • Sebelum makan: 70 sampai 130 mg/dl;
  • Satu sampai dua jam setelah makan: kurang dari 1800 mg/dl;
  • Sebelum tidur: 100 sampai 140 mg/dl.
  • Gula darah puasa (setelah tidak makan selama 8 jam): kurang dari 100 mg/dl;

Minum Air Putih

Disaat kadar gula darah tinggi, Anda dianjurkan untuk minum air putih dengan segera. Karena, air di dalam tubuh akan digunakan untuk menetralkan kelebihan gula di dalam darah, dan akhirnya akan dibuang dari tubuh lewat air kemih.

Dengan begitu, Anda butuh lebih banyak air agar tubuh tetap terhidrasi. Oleh karena itu, pengidap diabetes wajib terbiasa minum air putih yang jumlahnya sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas, bukan hanya 8 gelas per hari.

Berolahraga

Perubahan gaya hidup dasarnya adalah wajib bagi penderita penyakit, tergolong diabetes. Rajin berolahraga akan membantu mengendalikan kadar gula darah dengan lebih baik, termasuk menurunkan jumlahnya, karena jantung akan sanggup memompa darah secara lebih merata ke seluruh tubuh.

Karena, glukosa digunakan di dalam aliran darah ketika darah dipompa untuk menghasilkan lebih banyak energi bagi tubuh. Akan tetapi, jangan berolahraga secara berlebihan untuk penurunan kadar gula yang terlalu drastis pun takkalah berbahaya bagi tubuh Anda.

Batasi Konsumsi Gula

Sudah jelas, cara ini pun diwajibkan jika Anda ingin menurunkan kadar gula di dalam darah. Apabila konsumsi gula tidak dibatasi, maka jumlahnya akan terus menumpuk di dalam darah dan tubuh.

Pada saat ini, Anda sudah bisa temukan berbagai rupa produk pemanis rendah kalori dengan kandungan kromium sebagai pengganti gula pasir. Kromium berfungsi meningkatkan fungsi insulin di dalam tubuh, sehingga penderita diabetes pun dapat mengendalikan gula darah dengan lebih baik.

Suntik Insulin

Penerapan ini dilakukan seandainya kadar gula darah sudah dipastikan tinggi, dan hasilnya tetap tinggi berdasarkan peninjauan HbA1c, sekalipun sudah diberi obat telan anti-diabetes.

Apabila disuntikkan ke perut, hormon insulin dapat bekerja lebih cepat. Sebaliknya, hormon insulin akan bekerja lebih lambat jika disuntikkan di area-area tertentu, seperti lengan atas, dan lebih lambat lagi di kaki, atau bahkan di bagian belakang.

Fungsi insulin dapat membantu mengendalikan kadar glukosa (gula darah) di dalam tubuh. Jika dokter sudah meresepkan suntik insulin kepada Anda, periksa kadar gula darah secara teratur untuk menentukan dosis insulin yang pas untuk tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *