Pakai AC di Rumah? Yuk Berhemat Dengan Tips Ini

by -2 views
AC di rumah

Embaran.id – Terlihat beraneka ragam alasan, ada banyak orang yang tidak menggunakan penyejuk ruangan (AC) di rumah huniannya. Ada yang berpendapat, menggunakan AC akan menambahkan tagihan listrik, ada juga yang takut tegangan listrik di rumahnya tidak akan kuat menanggung beban listrik dari AC.

Tapi jangan takut. Berikut ini tips agar bisa tetap hemat meski memasang AC di rumah.

Tak perlu merasa takut untuk hal yang satu ini. Kamu bisa ikuti tips berikut agar dapat berhemat walaupun menggunakan AC di rumah.

Menghidupkan AC Seperlunya Saja

Ketika ruangan sedang kosong, jangan sekali-kali hidupkan AC. Memasang AC saat ruangan kosong, hanya akan menambahkan tagihan listrik meningkat tanpa merasakan kesejukannya. Mulailah cermat memakai AC apabila mau tetap hemat.

Tutup Jendela dan Pintu Ketika Menghidupkan AC

Akan sangat sia-sia jika kamu menghidupkan AC dan membiarkan ruangan tersebut tidak kamu tutup rapat. Hal tersebut akan berdampak udara dingin yang dikeluarkan oleh AC tidak akan berdiam di dalam ruangan. Hawa panas yang terasa dari luar ruangan juga akan masuk ke ruangan AC tersebut dan juga akan menurunkan temperatur udara di dalam ruangan. Pada akhirnya temperatur udara AC harus di-setting serendah mungkin agar tetap dingin.

AC yang Memiliki Refrigeran Sudah Teruji Lebih Hemat

Cek terlebih dahulu sebelum kamu membeli AC, Lihat pada bagian spesifikasi apakah AC tersebut sudah mempunyai refrigeran atau belum. Refrigeran berfungsi untuk memangkas biasa listrik kamu dan tentunya akan ramah lingkungan. Ada satu produk yang bernama Musicool dan diproduksi oleh Pertamina ini mempunyai refrigeran hidrokarbon yang keutamaannya sekalian dari ramah lingkungan, juga hemat energi.

Spesifikasi Musicool MC - 22 dan MC - 134 (Foto: dok. Pertamina)
Spesifikasi Musicool MC – 22 dan MC – 134 (Foto: dok. Pertamina)

Musicool mulai diproduksi Pertamina di awal 2000-an, dipublikasikan dengan merk Petrozon dan diaplikasikan secara terbatas di kalangan teknisi-teknisi mesin pendingin terpilih. Pada Desember 2003, tepatnya pada HUT Pertamina, Refrigeran Hidrokarbon Pertamina resmi diluncurkan dengan merk Musicool. Produk ini diambil dari nama Sungai Musi, karena kilang satu-satunya produsen Musicool berada di RU III Plaju, Palembang. Untuk informasi lebih lengkap tentang produk ini, bisa lihat di www.musicoolpromo.com atau hubungi Pertamina Call Center 135.

5/5 (1)

Silakan nilai berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *