10 Tempat Wisata Papua Terpopuler

by -34 views
10 Tempat Wisata Papua Terpopuler
10 Tempat Wisata Papua Terpopuler

Indonesia adalah sebuah negara yang memang kaya akan keindahan alamnya. Sehingga banyak wisatawan mancanegara berdatangan ke Indonesia untuk menikmati liburan dan pariwisata yang sangat menakjubkan terutama tempat wisata papua terpopuler.

Keindahan alam Papua  memang masih sangat alami dan mengagumkan. Di Pulau tersebut Anda dapat menikmati keindahan bawah laut yang lengkap seperti di Raja Ampat, Menyaksikan Gletser di Pegunungan Jaya Wijaya atau menelusuri budaya Papua di Desa Suwandarek.

Berikut 10 Destinasi pariwisata Papua yang banyak di kunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk menikmati keindahan alamnya.

1. Raja Ampat
Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan yang berlokasi di bagian Barat Pulau Papua, Indonesia. Perairan Raja Empat merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik buat penyelaman di dunia.

Di tempat ini terdapat lebih dari 450 jenis karang keras, 1.000 jenis ikan, dan catatan tertinggi bagi gonodactyloid stomotopod crustaceans.

Ada beberapa kawasan terumbu karang yang masih sangat baik fisiknya dengan persentase penutupan karang hidup hingga 90%. Yaitu di selat Dampier, Kepulauan Kofiau, Kepualauan Misool Tenggara dan Kepulauan Wayag. Tipe dari terumbu karang di Raja Ampat umumnya adalah terumbu karang tepi dengan kontur landai hingga curam. Tetapi ditemukan juga tipe atol dan tipe gosong atau taka. Di sebagian tempat seperti di kampung Saondarek, ketika pasang surut terendah, bisa menyaksikan hamparan terumbu karang tanpa menyelam. Karang tersebut tetap hidup walaupun berada di udara terbuka dan terkena sinar matahari langsung.

2. Taman Nasional Lorenz
Taman Nasional Lorenz

Destinasi Taman Nasional Lorenz yang terletak di Provinsi Papua, Indonesia. Taman seluas 22,4 juta ha ini merupakan Taman Nasional terbesar di Asia Tenggara yang merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1999.

Taman Nasional ini merupakan beberapa bagian diantara tiga kawasan di dunia yang mempunyai gletser di daerah tropis yang membentang di puncak gunung setinggi 5.030 mdpl. Selain itu di Taman Nasional Lorenz terdapat 34 tipe vegetasi yang diantaranya hutan rawahutan tepi sungai, hutan sagu, hutan gambut, pantai pasir karang, hutan hujan lahan datar, hutan kerangas, padang rumput hingga lumut kerak.

Selain itu ditempat ini juga banyak ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan dan hewan langka. 630 jenis burung dan 123 jenis mamalia.
Taman Nasional ini memiliki beranekaragaman hayati yang tinggi yang ditunjang dengan keanekaragaman budaya yang sangat menggagumkan yang diperkirakan telah berusia 30.000 tahun dan merupakan tempat kediaman dari Suku Nduga.

5/5 (1)

Silakan nilai berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *