Cara Grooming Kucing Yang Baik Dan Benar Yang Wajib Diketahui!

Diposting pada 8 views

Bagaimana melakukan grooming kucing yang benar itu? Ketika kamu memutuskan untuk memiliki hewan peliharaan seperti kucing, kamu pasti memerlukan perawatan supaya bisa tumbuh dengan baik dan benar. Lantas apa saja tahapannya, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Grooming Kucing
Grooming Kucing

Grooming Kucing Termasuk Apa Saja?

Grooming atau yang sering kita sebut dengan istilah kegiatan memandikan hewan peliharaan secara rutin dengan tujuan supaya bulunya tetap wangi dan terjaga baik itu dari kutu maupun jamur. Masih saja banyak orang yang bingung bagaimana cara melakukan perawatan kucing dengan baik dan benar itu seperti apa. Dengan pembahasan berikut ini semoga dapat membantu kamu untuk melakukan perawatan hewan kesayangan.

Menyiapkan Peralatan

Langkah pertama adalah dengan menyiapkan mandi khusus hewan seperti sisir yang tidak melukai kucing, shampoo khusus untuk melakukan grooming yang akan bermanfaat untuk menghilangkan kutu, dan yang terakhir adalah bak mandi yang sudah diberi air hangat pastikan suhu airnya pas supaya kucing tidak kedinginan atau kepanasan.

Bagi pemula melakukan Persiapan adalah langkah penting yang wajib dilakukan pertama kali dengan tujuan supaya kamu tidak kesulitan dan tidak perlu repot. Karena yang sering terjadi jika kamu tidak melakukan persiapan kucing akan menghilang pada saat akan dilakukannya proses memandikan padahal kamu sendiri belum menyiapkan alat yang dibutuhkan. Untuk alat pendukungnya kamu juga jangan melupakannya misalnya saja handuk kering, cotton bud yang akan berfungsi untuk membersihkan telinga.

Memperhatikan Apakah Kucing Memiliki Luka Atau Benjolan

Untuk melakukan Grooming Kucing langkah yang kedua adalah, Kamu harus memastikan memeriksa seluruh bagian tubuh Kamu bisa meraba pada bagian tubuh kucing, karena ada juga benjolan kucing yang di indikator sebagai penyakit atau luka baru. dengan mengetahui sejak awal benjolan pada kucing bisa membuat hewan peliharaan terhindar dari penyakit atau rasa sakit yang selama ini dideritanya.

Jika kamu khawatir kamu juga bisa melakukan beberapa pemeriksaan dengan datang langsung ke dokter hewan yang sudah berpengalaman, jika didapati luka ataupun benjolan kamu bisa melakukan konsultasi apakah benjolan tersebut mengganggu atau tidak jika nantinya dimandikan. Kamu juga bisa menanyakan mengenai langkah berikutnya, jika dokter mengizinkan maka Kamu bisa tetap melakukan grooming.

Menyisir Bulu Kucing

Langkah yang selanjutnya adalah dengan menyisir bulu kucing, setelah memastikan kucing baik-baik saja Kamu bisa menyisir bulu terlebih dahulu. tahapan ini dilakukan untuk menyikat sama dengan merapikan. Setelah itu, kamu baru bisa memberi shampoo. Saat melakukan penyiraman otomatis kotoran akan langsung mudah terbawa air.

Jika dilihat bulunya sudah panjang, Kamu bisa melakukan pemotongan.  Pastikan kamu menggunakan alat yang benar dan metode yang digunakan juga tepat, dengan begitu kucing tidak akan merasa terganggu. Langkah ini berlaku untuk kalian yang suka sekali memelihara hewan baik kucing, anjing ataupun hewan lainnya.

Siram Dengan Hati-Hat

Supaya memudahkan kamu dalam memandikan kucing kami sarankan supaya kamu memandikan kucing di ruang tertutup. Hal ini bertujuan supaya kucing tidak mudah keluar ruangan, dengan begitu proses pemandian juga berjalan lancar. Supaya proses memandikan kucing bisa berjalan dengan lancar kamu bisa meletakkan kucing ke dalam bak dan jangan lupakan untuk melakukan pendekatan supaya kucing tidak merasa ketakutan. Kamu bisa mencoba dengan mengelus-elus bulunya. untuk memudahkan penyiraman kamu bisa memegang tengkuknya supaya kucing tersebut tidak berdiri.

Jika sampo sudah merata kamu bisa menyiram secara perlahan menggunakan air hangat dan jangan lupakan agar tidak menyiram pada bagian kepala hal ini bertujuan supaya kucing tidak merasa kaget. Lakukan tahapan tersebut secara berulang kali. Setelah itu beri shampoo khusus kucing dan lakukan pijatan supaya kucing menjadi rileks. Tidak hanya itu saja, pijatan dilakukan bertujuan untuk cairan shampoo dapat menyerap dengan baik pada kulit, jadi kutu, kotoran dan jamur tidak akan menempel kembali.

Bilas Sampai Busa Hilang Dan Bersih

Yang perlu kamu ketahui adalah Proses memandikan kucing tidak memakan waktu yang lama, karena jika terlalu lama bisa membuat kucing menjadi kedinginan dan tentunya hal tersebut membuat tidak nyaman si kucing. setelah memastikan sampo meresap dengan baik tahapan yang selanjutnya adalah dengan membilas menggunakan air bersih, lakukan pijatan secara perlahan supaya kucing tetap dalam keadaan tenang.

Pada saat melakukan pembilasan pastikan sampo tidak lagi menempel pada bulunya. untuk memastikan, maka kamu dapat mencoba mengangkat kucing pada tempat yang lebih bersih, selain itu jauhkan jangkauan dari air. langkah ini bisa dikatakan yang paling mudah jika dibandingkan tahapan lainnya. kamu bisa melakukan growing kucing secara mandiri namun tetap terapkan prosedur supaya kucing tetap aman dan nyaman.

Mengeringkan Tubuh Kucing Dengan Handuk

Tahapan selanjutnya adalah dengan mengeringkan bulu dan badan kucing, kamu bisa menggunakan handuk ataupun kanebo. Lakukan dengan gerakan senyaman mungkin. Dan jangan lupakan untuk membersihkan telapak kucing karena sering digunakan untuk berjalan di tempat-tempat kotor.

Jika bulu kucing dirasa terlalu tebal, kamu bisa menggunakan hair dryer untuk membantu kamu dalam proses pengeringan. Jangan membuang waktu terlalu lama ketika melakukan proses pengeringan karena bisa membuat kucing menjadi demam dan akhirnya jatuh sakit.  Ketika menggunakan mesin pengering jangan lupa untuk memperhatikan gerak-geriknya supaya tidak melukai si kucing.

Bersihkan Gigi Kucing

Cara memandikan kucing dengan baik dan benar juga termasuk membersihkan gigi kucing. kamu bisa dapat membersihkan gigi kucing secara mandiri. Jadi sebagai pemilik kamu juga dituntut untuk berani melakukannya. Pasta gigi yang digunakan juga bukan pasta gigi manusia namun pasta gigi khusus kucing. untuk ukuran sikat giginya pun juga harus disesuaikan pilihlah yang kecil jangan terlalu besar.

Supaya kucing tidak gerak-gerak kamu harus memegang sisi kepala kucing. jika dirasa kesulitan untuk melakukannya kamu bisa mengajak orang lain seperti adik atau pasangan yang mempunyai hobi sama yaitu pecinta hewan. Lakukan dengan hati-hati ya, karena akan sangat berbahaya jika kamu salah melakukannya.

Grooming Kucing Sebaiknya Berapa Kali?

Untuk melakukan grooming atau memandikan kucing kamu bisa melakukan seminggu sekali. Lantas usia berapa kucing harus dimandikan, kamu bisa melatihnya di usia tiga bulan, jangan sering memandikan kucing karena itu bisa menyebabkan si kucing terkena sakit.

Lalu bagaimana jika kamu tidak bisa melakukan growing sendiri, kamu bisa melakukannya di pet shop. Namun berapa lama grooming kucing di pet shop itu tergantung berapa lama pegangannya. Karena jika kamu pergi ke pet shop si kucing akan diberikan perawatan yang ekstra mereka akan melakukan pengecekan dengan teliti. Jadi perlu membutuhkan waktu.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai cara mudah melakukan grooming kucing. semoga dengan pembahasan di atas kamu bisa mendapatkan ilmu untuk memandikan hewan kesayangan mu sendiri di rumah. Kamu juga bisa belajar dari tutorial ataupun membaca ulasan mengenai cara melakukan grooming dengan baik.