Intip Harga Anak Kucing Persia Umur 1 Bulan sampai 8 Bulan

Diposting pada 101 views
Bagikan artikel ini

Kucing Persia merupakan salah satu jenis kucing yang paling banyak dipilih dan juga difavoritkan oleh banyak masyarakat Indonesia. Bukan hanya karena bulunya yang tebal ataupun badannya gendut, namun kucing Persia memiliki ciri khas tersendiri yaitu hidungnya yang pesek. Membuat kucing ini berbeda dengan kucing lainnya. Bagi kamu yang tertarik untuk memiliki kucing Persia dan sedang mencari anak kucing Persia. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai harga anak kucing Persia, yang bisa kamu ketahui.  

Harga Anak Kucing Persia
Harga Anak Kucing Persia

Harga Kucing Persia

Kucing Persia merupakan salah satu ras domestik dengan bulu yang panjang, dan juga karakter yang paling mudah dikenali yaitu wajah bulat dan lonjong yang pendek. Nama Persia, sebenarnya mengacu pada nama Iran di mana kucing ini ditemukan pada akhir abad ke-16. Kucing ini cukup banyak ditemukan di Britania Raya dan juga Amerika Serikat khususnya setelah perang dunia kedua.

Ras ini disebut sebagai kucing bulu panjang Persia, dan terbagi menjadi dua jenis yaitu chinchilla, dengan warna perak cerah dan juga agak gelap. Serupa dengan kucing ras yang ada, banyak upaya yang dilakukan oleh para peternak untuk bisa melestarikan ras kucing ini. Mengingat kucing Persia yang masuk ke dalam ras tradisional, yang wajib dipelihara.

Termasuk salah satunya yang paling populer harga anak kucing Persia medium yang terus meningkat. Hal ini tentu saja mempengaruhi harga kucing Persia yang semakin melambung, seiring berkembangnya kebiasaan memelihara kucing. Peranakan ataupun perkembangan kucing Persia menjadi lebih sulit, dan kebutuhan konsumen akan kucing ini lebih tinggi termasuk di Indonesia.

Faktor Harga Kucing Persia Berbeda

Ketika mencoba untuk memutuskan membeli kucing Persia. Ada beberapa hal yang mempengaruhi harga yang diberikan oleh para penjual diantaranya yaitu:

1. Usia Kucing

Usia kucing merupakan faktor pertama yang seringkali mempengaruhi ketika kamu memutuskan untuk membeli kucing Persia. Usia baru lahir biasanya tidak dijual, karena masih membutuhkan asi dari ibu kucing. Sehingga anak kucing bisa dibanderol atau dijual ketika berusia 3 bulan.

Setelah itu harga anak kucing Persia akan mulai beranjak seiring bertambahnya usia si kucing. Ketika kucing memasuki usia 1 tahun, maka secara fisik tubuhnya sudah mulai seperti kucing dewasa. Sehingga terkadang harga kucing Persia tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan anak kucing nya. Sedangkan ketika kucing telah dewasa harga kucing Persia kembali naik.

2. Sertifikat yang Didapatkan

Harga dari seekor kucing khususnya jenis Persia adalah sertifikat. Bagi para pecinta kucing terutama mereka yang melatih kucing nya untuk bisa mendapatkan sertifikat, dan juga mengikuti perlombaan. Kucing yang telah berhasil mendapatkan sertifikat merupakan suatu aset yang memiliki harga cukup tinggi, bahkan hingga puluhan atau juga ratusan juta rupiah.

Sehingga bagi kamu yang mencari kucing dengan tujuan untuk merawat atau memelihara saja. Maka kamu tidak perlu kucing dengan sertifikat. Namun jika kamu memang ingin mengikuti kompetisi ataupun mencari kucing untuk dijadikan peranakan, yang nantinya memiliki bulu yang sangat bagus dan cocok sekali untuk perlombaan. Maka kamu bisa menggunakan Persia yang bersertifikat.

3. Peranakan/Perkawinan Ras

Selanjutnya faktor yang terkadang mempengaruhi harga anak kucing Persia yaitu keturunan ataupun peranakan yang didapatkan. Umumnya ada beberapa pemilik kucing yang sengaja mengawinkan antara kucing Persia dengan jenis lainnya. Sehingga dapat menghasilkan anakan yang lebih unik, harganya juga semakin mahal.

Ada juga beberapa peternak kucing ataupun mereka yang seringkali mengawinkan kucing Persia dengan kucing Persia lainnya. Sehingga memiliki kualitas atau warna yang sangat bagus, dan menghasilkan anak yang tetap memiliki Persia murni 100%. Namun dengan bulu ataupun jenis yang terlihat berbeda. Dengan begitu jika kamu memilih kucing seperti ini. Maka ada kemungkinan anak kucing Persia tersebut bahkan mencapai ratusan juta rupiah.

Harga Anak Kucing Persia Umur 1-3 Bulan

Selanjutnya apakah mungkin kita mendapatkan anak kucing Persia dengan harga yang cukup murah? Sebenarnya mungkin saja, terutama ketika kamu memutuskan untuk mencari kucing Persia sejak kecil misalnya saja 1 bulan. Umumnya harga yang dibanderol kepada para konsumen memang tidak terlalu mahal, tetapi sangat jarang untuk menemukan kucing Persia sejak umur 1 bulan.

Hal tersebut terjadi apabila induk mereka mati ataupun induknya tidak ingin menyusui anak kucing tersebut. Sehingga pada akhirnya kucing yang berusia 1 hingga 3 bulan dijual, ataupun diberikan kepada orang lain. Bagi kamu yang tertarik dan penasaran, berapa sih harga anak kucing Persia umur 1 bulan? Biasanya berkisar antara 500.000 hingga 2.000.000 tergantung dari keturunan jenis kucingnya.

Kucing Persia Medium Jantan

Dalam kucing Persia sendiri, sebenarnya ada beberapa tipe dan juga jenis yang terbagi. Sehingga bagi kamu yang sedang mencari kucing Persia, pahami terlebih dahulu jenis-jenis nya. Salah satu jenis yang paling menarik perhatian banyak orang adalah Persia medium. Kucing ini memiliki jenis atau ukuran tubuh standar seperti kucing lainnya dan bulunya tidak terlalu panjang.

Selain itu hidupnya tidak terlalu pesek dan memiliki warna yang cenderung dominan coklat, oren, ataupun putih. Persia medium ini cocok sekali bagi kamu yang kurang suka dengan bulu kucing yang terlalu panjang, seperti halnya Persia lain. Ditambah lagi kucing Persia medium biasanya tidak terlalu merepotkan, karena tidak terlalu manja, dan bisa beradaptasi dengan berbagai lingkungan.

Lantas berapa harga anak kucing Persia jantan? Atau betina? Apakah ada perbedaannya? Jawabannya jelas berbeda. Bagi kamu yang ingin mencari Persia betina, umumnya memiliki harga yang lebih mahal. Karena kucing Persia medium betina umumnya digunakan untuk indukan selanjutnya, yang bisa dikawinkan dengan kucing lainnya. Sedangkan untuk Persia jantan biasanya lebih murah. Berbeda 200 hingga 500 ribu, terkadang jenis kelamin menjadi pertimbangan besar loh.

Perawatan Pada Kucing Persia

Karena harganya yang tidak murah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi kamu para pecinta kucing ataupun memelihara kucing Persia. Agar tidak mati karena stress.

  1. Usahakan menggunakan kandang yang luas dan bersih
  2. Pastikan untuk memberikan jenis makanan yang sesuai dengan kucing Persia, perhatikan juga kandungan nutrisi pada dry food ataupun wet food nya.
  3. Karena bulunya yang cukup tebal dan juga panjang, pastikan untuk memandikan serta merawat bulu-bulu kucing Persia sejak masih kitten
  4. Gunakan shampoo ataupun vitamin untuk membantu merawat kualitas bulu, serta kulit yang dimiliki oleh kucing Persia. Terutama jika kamu mengambil kucing Persia Himalaya atau medium.
  5. Karena harga anak kucing Persia yang kamu dapatkan tidaklah murah, pastikan bahwa kamu telah memiliki vitamin ataupun obat-obatan ketika kucing sakit.

Nah, itulah informasi mengenai harga anak kucing Persia dengan berbagai jenis. Jadi kamu pilih jenis apa? Pastikan apapun jenis dan tipe kucing yang kamu pelihara perlakukan dengan baik dan sediakan makan serta tempat tinggal yang layak.