Harga Kucing Anggora Kecil di Indonesia Terbaru

Diposting pada 31 views
Bagikan artikel ini

Harga kucing anggora kecil bervariasi sesuai dengan umurnya. Semakin tua umur kucing biasanya akan semakin besar, begitupun sebaliknya. Kucing merupakan salah satu hewan yang sangat digemari oleh manusia untuk dijadikan hewan peliharaan. Tingkah lakunya yang lucu dan menggemaskan membuat setiap orang mudah jatuh hati untuk dapat memelihara kucing.

Kucing memiliki beragam jenis seperti Maine Coon, Persia, Siam, Ragdoll, Scottish Fold, dan masih banyak lagi jenis lainnya. Untuk di Indonesia, kucing yang sangat populer sebagai salah satu kucing ras digemari oleh masyarakat adalah kucing Anggora.

Asal muasal kucing ini sebenarnya berasal dari Turki. Maka dari itu ras asli Anggora sering disebut dengan Anggora Turkish. Namanya diambil dari ibukota Negara Turki yaitu Ankara. Dahulu, kucing ini sering dijadikan oleh-oleh bagi orang yang berwisata ke Turki. Karena itulah populasi kucing ini sempat jauh berkurang. Untuk menyelamatkannya, kebun binatang di Turki mengembangbiakkan kembali kucing ini sehingga sekarang jumlahnya cukup banyak dan menjadi salah satu hewan peliharaan populer di dunia.

Di Indonesia sendiri, kucing ini sering dikawinkan dengan ras lokal. Meskipun begitu, sosok kucing Anggora yang berbulu lebat dan panjang masih tetap ditemukan. Bahkan di Indonesia, untuk dapat memiliki kucing ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Harga Kucing Anggora Kecil
Harga Kucing Anggora Kecil

Harga Kucing Anggora Kecil Jantan dan Perkembangannya

Pada masa baru lahir hingga 3 bulan tumbuh kembang anak kucing sangat menentukan apakah kucing tersebut dapat bertahan hidup atau tidak. Biasanya seekor induk kucing akan dapat melahirkan sekitar 2-6 ekor anak pada periode sekali melahirkan. Masa kehamilan rata-rata sekitar 66 hari. Anak kucing yang baru lahir belum dapat menyesuaikan suhu tubuhnya dengan suhu lingkungan. Maka dari itu mereka membutuhkan induknya untuk menghangatkan. Apabila ini tidak dilakukan, kemungkinan besar anak kucing tersebut bisa mengalami kematian mengingat jenis kucing merupakan hewan berdarah panas.

Sekitar 10 hari, mata mereka akan mulai terbuka dan berusaha untuk berjalan. Hingga mencapai 3-4 minggu anak kucing akan melatih saraf motorik mereka, belajar berdiri tegak dan berjalan. Pada saat usia 3 bulan biasanya anak kucing sudah dapat berjalan, berlari, melompat, bahkan bermain dengan sesamanya. Masa inilah masa lucu dan menggemaskan dari seekor kucing.

Kucing Anggora memiliki masa anak-anak dan juga dewasa. Kucing dapat dikatakan dewasa apabila telah memiliki kematangan seksual dalam tubuhnya. Kucing dewasa ketika mereka berumur 7-12 bulan. Sebelum masa itu dapat dikatakan sebagai masa anak-anak atau kucing kecil. Biasanya penjual kucing akan mulai menjual anak kucing di usia 3 bulan. Penjualan dapat dikatakan ilegal sebelum memasuki usia tersebut.

Anggora besar yang mencapai usia 6-12 bisa dibanderol dengan harga Rp. 700.000 – Rp. 1.000.000. Sedangkan untuk harga kucing Anggora kecil jantan biasanya dibanderol dengan harga sekitar Rp. 450.000 – Rp.500.000 dengan usia sekitar 3 bulan. Harga juga akan tergantung pada jenis kucing Anggora misalnya percampuran ras Anggora dengan kampung akan lebih murah daripada ras Anggora asli. Memelihara kucing yang agak kecil tentunya akan lebih menyenangkan daripada memelihara yang sudah besar. Kita dapat mengetahui perkembangan kucing dari kecil dan mereka akan terbiasa dengan pemiliknya. Belum lagi tingkah lucu dan menggemaskan dari kucing yang masih berusia belia. Kucing dewasa akan cenderung pemalas dan pasif daripada kucing kecil.

Harga Kucing Anggora Kecil Warna Abu-Abu

Warna dasar dari bulu kucing Anggora cukup bervariasi. Ada beberapa warna yaitu putih, krem, merah, hitam, biru, abu-abu, dan masih banyak yang lainnya. Perpaduan warna dai tubuh kucing ini juga beragam ada yang satu warna, percampuran dua warna atau lebih. Kucing Anggora kecil warna abu-abu merupakan salah satu warna favorit yang banyak disukai oleh pencinta kucing. Bentuknya yang lucu dan menggemaskan dikombinasikan dengan warna abu yang mencolok membuat kucing ini terlihat seperti bantalan kapas lucu dan menggemaskan.

Harga kucing Anggora kecil warna abu yaitu sekitar Rp. 400.000 dengan usia sekitar 3 bulan. Perawatannya juga cukup mudah tidak perlu sering melakukan grooming karena bulu mereka yang tidak mudah kusut. Untuk merawatnya hanya perlu disikat dan dimandikan seminggu untuk menghilangkan bulu-bulu yang rontok dan menjaga kucing tetap bersih.

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Kucing Anggora dan Persia seringkali salah dibedakan oleh sebagian orang karena bentuk fisik mereka yang memiliki kemiripan. Beberapa ciri yang dapat membedakannya adalah:

  • Asal muasal. Kucing Anggora berasal dari Turki sedangkan kucing Persia berasal dari kawasan teluk Persia atau yang saat ini lebih dikenal dengan Iran.
  • Bulu. Jika dilihat sepintas, bulu kucing Angora dan Persia memang memiliki kemiripan. Akan tetapi ada perbedaan mendasar yang membedakan kedua jenis ini yaitu bulu pada bagian wajah. Bulu Anggora lebih sedikit dan tipis dan tidak terlampau panjang di bagian wajah daripada kucing Persia yang memiliki bulu wajah panjang. Meski bulu wajahnya tidak panjang, bulu ekor kucing Anggora akan sangat panjang dan lebat. Sedangkan kucing Persia memiliki bulu yang lebat hampir diseluruh tubuhnya.
  • Bentuk wajah. Kucing Anggora memiliki bentuk wajah segitiga dengan hidung runcing. Sedangkan Persia memiliki bentuk wajah yang cenderung bulat, datar dengan hidung yang pesek. Telinga Anggora agak panjang, berbentuk lancip seperti segitiga. Persia memiliki telinga yang agak bulat, rendah, dan dekat dengan kepala. Anggora bisa memiliki warna mata yang berbeda antara kanan dan kiri bisa disebut heterocromia. Matanya berbentuk bulat besar biasanya berwarna agak kebiruan. Sedangkan Persia memiliki hanya satu warna mata kebiruan, kekuningan, atau kehitaman.
  • Proporsi tubuh. Anggora memiliki proporsi tubuh yang ideal karena antara kaki dan badan mereka memiliki tinggi yang ideal. Tubuhnya berotot, ramping dilengkapi dengan bulu-bulu yang panjang. Berbeda dengan Persia, memiliki proporsi tubuh yang agak gemuk dan pendek. Dengan tubuh yang gempal, kaki yang pendek, dan cakar membulat membuat mereka terlihat kuat.
  • Kepribadian dan sifat. Ras Anggora menuntut perhatian lebih dari pemiliknya, sangat aktif, ramah, dan penuh kasih sayang. Kucing ini senang melompat, tidak takut akan ketinggian, dapat bersahabat dengan peliharaan lain seperti anjing. Sedangkan ras Persia lebih cenderung cuek, tidak membutuhkan perhatian lebih, manis, lembut, suka ketenangan dan perlakuan yang lembut. Kucing Persia kurang aktif, sulit dilatih, dan mereka memiliki kesenangan berbaring sepanjang hari. Ia juga tidak suka dengan tempat tinggi karena struktur tubuhnya tidak dirancang untuk melompat dengan baik.

Itulah beberapa perbedaan kucing Anggora dan Persia, perkembangbiakan kucing, hingga harga kucing Anggora kecil. Memelihara kucing dapat membantu melepaskan stres, menghibur Kamu ketika di rumah, dan juga menimbulkan sikap menyayangi binatang. Harga yang dibanderol untuk seekor kucing juga tidak terlalu mahal akan tetapi harus rajin merawat peliharaan Kamu agar tidak mudah sakit atau mengalami kematian.