Kisaran Harga Kucing British Shorthair Anakan Hingga Biaya Perawatannya

 
Bagikan artikel ini

Kisaran harga kucing british shorthair anakan hingga biaya perawatannya. Kucing sudah lama menjadi satu di antara hewan peliharaan yang sering dijadikan sebagai teman bermain di rumah. Wajar saja, karena kucing adalah hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Apalagi dengan kehadirannya yang bisa menghibur dan mampu memberikan energi positif bagi pemilik dan keluarganya.

Salah satu jenis kucing yang saat ini sedang populer adalah British Shorthair. Tampangnya yang besar dan bulat terlihat lucu dan menggemaskan. Tak heran jika adopsi kucing British Shorthair menjadi populer karena bentuk ras kucing ini yang mirip boneka. Lalu bagaimana harga kucing British Shorthair?

Harga Kucing British Shorthair
Harga Kucing British Shorthair

Kisaran harga kucing British Shorthair

Khusus berbicara tentang harga, mungkin kamu tertarik dengan mahalnya harga kucing british shorthair ini. Bahkan ada yang kabarnya pernah menjual jenis British shorthair ini hingga puluhan juta rupiah. Namun jika ingin mendapatkannya dengan harga yang lebih murah bisa membelinya saat sudah berumur 5 bulan.

Harga kucing British short hair sangat bervariasi salah satunya tergantung pada kondisi fisik kucing tersebut. Di pet shop kamu bisa mendapatkan kucing ras ini dengan kisaran harga 20 juta-an rupiah. Harga kucing British Shorthair umur 3 bulan misalnya, dapat kamu miliki dengan budget sekitar Rp. 28.000.000, sedangkan harga kucing British Shorthair anakan lebih murah dengan harga sekitar Rp. 20.000.000.

Bukan hanya di pet shop, kamu bisa juga membeli kucing ini melalui online shop. Hal ini seiring dengan semakin berkembangnya teknologi. Sudah banyak sekali orang yang menjual berbagai macam hewan di internet, sehingga hal ini tentu memudahkan kamu untuk mendapatkannya.

Baca juga:  Berikut Harga Vaksin Kucing Yang Wajib Diketahui

Ciri-ciri kucing British shorthair

Kucing ras ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari jenis kucing lainnya. Hal ini membuat bulu kucing British shorthair ini semakin imut dan menggemaskan. Rambutnya pendek dan sangat halus sehingga nyaman untuk disisir. Kucing british shorthair ini memiliki sikap yang tenang dan tidak banyak bergerak. Kucing jenis ini sangat senang bermalas-malasan di rumah.

Kucing British Shorthair juga sangat dimanja oleh pemiliknya. Sehingga seolah-olah dia akan selalu menjadi tuan yang dimanjakan sementara kita sendiri lah pelayannya. Seperti namanya, kucing british shorthair ini merupakan kucing ras murni yang banyak ditemukan di Inggris. Di kota bernama Crystal Palace, kucing ini sering dipamerkan di kompetisi dan fashion show.

Memiliki tubuh yang halus dan bulu yang pendek namun anggun, kucing ini ternyata merupakan hewan mandiri. Sangat cocok dijadikan hewan peliharaan di rumah. Perilakunya yang menggemaskan bisa membantu mengurangi stres kamu jika kamu merawatnya.

Kucing ras ini tampak kuat dengan tubuh yang serba bulat, kepala, pipi, mata, dan ujung ekor yang membulat. Saat kecil mata mereka berwarna kuning dan ketika dewasa menjadi hijau tua. Bagaimana tidak lucu dan menggemaskan, bukan?

Makanan dan Perawatan kucing British Shorthair

Jika kamu tertarik untuk memelihara kucing ras ini, maka kamu juga perlu memperhatikan makanan dan perawatannya. Meski mandiri dan cenderung mudah dirawat, ras kucing ini jika tidak dirawat dengan baik akan menghambat pertumbuhannya. Oleh karena itu, mengetahui makanan dan perawatannya sangat penting.

British shorthair merupakan kucing yang rawan gemuk, terlalu gemuk akan membuat kesehatannya terganggu. Mungkin sebagian besar orang akan tertarik dengan kucing yang terlihat gemuk, namun masalah kesehatan seperti diabetes, gagal jantung merupakan penyakit yang dimulai dari kucing yang terlalu gemuk.

Baca juga:  Penyebab Jamur Pada Kucing Yang Wajib Diketahui

Kucing British Shorthair memerlukan makanan yang kaya akan protein dan lemak omega 3 & 6. Protein diperlukan untuk membangun massa otot dan menghilangkan lemak, sedangkan lemak omega 3 & 6 akan membantu menjaga kesehatan rambut. Sumber makanan terbaik adalah salmon, unggas, daging merah, dan tuna.

Untuk merawat kucing jenis ini memiliki tingkat kesulitan yang sedang. Kucing British Shorthair harus dirawat oleh dokter hewan yang sesuai untuk konsultasi rutin. Mengenai penyajian makanan, perlu juga diperhatikan nilai gizi yang diterima, mengingat hewan ini cenderung memiliki sikap malas bergerak jika tidak diajak bermain oleh anggota keluarga.

Untuk kesehatan kucing British Shorthair adalah dengan menjaga kebersihan giginya. Mereka cenderung mendapatkan lebih banyak masalah dengan masalah seperti gusi. Saat kamu menyikat giginya, pilihan pasta gigi khusus untuk kucing yang memberikan rasa seperti tuna adalah yang mereka sukai. Untuk sikat gigi yang pas, carilah sikat gigi dengan bulu pendek karena lebih pas dengan gigi.

Rambutnya yang tebal dan halus membuat British Shorthair mudah dirawat dengan menyikat dan menyisir setiap minggu untuk mencegah hairball. Mandi tergolong jarang dibutuhkan. Sikat gigi diperlukan untuk mencegah penyakit periodontal.

Membersihkan gigi setiap hari adalah yang terbaik, tetapi menyikat gigi setiap minggu juga lebih baik daripada tidak sama sekali. Potong kuku dapat dilakukan setiap minggu. Hilangkan kotoran di mata dengan menyeka sudut mata dengan kain lembut dan lembab.

Periksa telinganya setiap minggu. Apabila nampak kotor, maka kamu coba bersihkan menggunakan kain lembut, sebagai alternatif gunakan bola kapas, basahi memakai campuran 50:50 antara cuka sari apel beserta air hangat. Jangan gunakan penyeka kapas karena dapat merusak telinga bagian dalam. Jaga kebersihan kotak kotoran. Kucing sangat sensitif terhadap kebersihan terutama terkait pembuangan kotorannya.

Baca juga:  4 Cara Membuat Makanan Kucing Bernutrisi dengan Mudah

Sangat disarankan untuk memasukkan British Shorthair sebagai kucing domestik saja (di dalam ruangan) untuk melindunginya dari berbagai hal, seperti penyakit yang ditularkan oleh kucing lain, serangan anjing, dan bahaya lain dari kucing saat akan keluar, seperti tertabrak mobil dan sepeda motor. British Shorthair yang keluar rumah beresiko dicuri karena kucing ini lucu, menggemaskan dan tentunya sangat mahal harganya.

Termasuk dalam hal perawatan adalah menyiapkan tempat buang airnya. Kucing, seperti halnya manusia, membutuhkan privasi saat buang air besar. Pemilik perlu meletakkan wadah yang diolesi pasir khusus untuk kucing, agar si kucing tidak bingung dengan ritualnya. Cari lah wadah yang sesuai untuk privasi Kucing British Shorthair dengan mempertimbangkan lokasi yang tenang dan pisahkan dari tempat untuk makan atau minum.

Harga Kucing British Shorthair
Harga Kucing British Shorthair

Bagaimana dengan biaya perawatannya?

Jika kamu termasuk orang baru yang memiliki kucing British Shorthair maka kamu akan senang dengan perkiraan budget perawatan kucing ini. Biaya berikut merupakan rata-rata dari data toko online yang kami kumpulkan.

  • Box sampah: Rp70.000
  • Pasir khusus untuk kucing 10 liter: Rp90.000
  • Makanan khas British Shorthair seperti Royal canin british shorthair 2 kg: Rp 260.000
  • Sampo khusus untuk kucing 1 : Rp 40.000
  • Vaksinasi tahap 1 & 2: Rp 400.000
  • Sterilisasi: Rp 800.000
  • Checkup rutin dokter hewan sekali dalam 3 bulan: Rp 200.000

Biaya bulanan setelah hal di atas terpenuhi cukup kamu siapkan budget untuk makan, sampo, pasir gumpalan dan pengeluaran tak terduga seperti obat-obatan saat sakit.

Demikian ulasan yang bisa disampaikan tentang harga kucing british shorthair ini. Untuk kamu cat lovers, kira-kira adakah minat untuk memiliki kucing jenis ini dirumah?