Berbagai Fakta dan Harga Kucing Hutan yang Harus Kamu Ketahui

 
Bagikan artikel ini

Bagi para pecinta kucing, wajib hukumnya untuk mengetahui berbagai fakta dan harga kucing hutan sebelum memulai pelihara kucing. Hal ini dikarenakan, tanpa pengetahuan yang mumpuni nantinya Kamu akan mengalami kerugian. Maka dari itu, simak artikel berikut ini dari awal hingga akhir.

Harga Kucing Hutan
Anak Kucing Hutan

Tentang Kucing Hutan

Apakah kucing ini selalu berada di hutan dan merupakan hewan yang sangat liar? Tidak juga, kok. Kucing ini memiliki nama lain macan akar. Banyak orang yang memelihara kucing satu ini karena sangat eksotis dan juga unik.

Dari segi ukuran, sebenarnya kucing ini memiliki ukuran yang normal seperti kucing rumahan biasanya. Bulunya sangat halus dan tidak panjang. Kucing yang satu ini memiliki warna khas dari bulunya yakni warnanya kucing kecoklatan serta memiliki belang – belang hitam di kepalanya. Pada bagian badannya, terdapat warna totol hitam.

Habitat aslinya adalah di hutan atau pada kawasan di dekat perkampungan yang notabenenya adalah tetumbuhan. Pada habitat aslinya, kucing hutan ini akan membuat sarang dari gua kecil atau liang batu untuk berlindung diri. Kucing ini tidur pada siang dan mencari makan atau mangsa di malam hari.

Yang harus Kamu ketahui tentang kucing jenis hutan adalah fakta bahwa kucing ini adalah jenis satwa yang dilindungi. Maka dari itu, Kamu perlu membuat surat izin untuk memelihara kucing ini jika mau.

Masa Reproduksi Kucing Hutan

Yang harus Kamu ketahui selanjutnya dari kucing ini adalah masa reproduksinya. Masa reproduksinya adalah sepanjang tahun. Masa kehamilan dari macan akar ini adalah 70 hari. Setiap melahirkan, indukan macan akar mampu melahirkan dua hingga empat ekor anak kucing.

Baca juga:  Fakta Kucing British Shorthair yang Menggemaskan Jarang Orang Tahu!

Pada sepuluh hari pertama, kucing jenis  hutan anakan tidak akan membuka mata. Nantinya setelah melewati sepuluh hari ini, anak macan akar sudah siap mencari makanannya sendiri. Kucing jenis hutan ini dapat dikatakan telah dewasa jika usianya menginjak tiga belas bulan. Meskipun dari segi reproduksi cukup tinggi, tetapi harga kucing hutan masih terbilang tetap lumayan mahal.

Fakta Kucing Jenis Hutan

Untuk mengetahui lebih jauh tentang kucing yang satu ini, Kamu harus mengetahui berbagai faktanya. Berbagai faktanya antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Harga kucing hutan cukup mahal
  2. Hewan ini sudah hampir punah
  3. Merupakan hewan yang aktif pada malam hari
  4. Pada siang hari, hewan ini akan tertidur
  5. Felis bengalensis sering dikira macan
  6. Banyak ditemukan di Laos, Vietnam, Malaysia, Thailand, Srilanka, India, Bangladesh
  7. Pada habitat aslinya memakan burung, ular dahan, dan juga tupai
  8. Hewan yang satu ini beberapa diantaranya dilindungi pemerintah yakni pada PP No. 7 Tahun 1999 serta undang-undang No. 5 Tahun 1990.
  9. Sifatnya sangat aktif dan juga agresif
Kucing Hutan Sumatera
Anak Kucing Hutan

Kisaran Harga Kucing Hutan yang Harus Kamu Ketahui

Meskipun beberapa diantaranya tidak boleh dipelihara, tetapi Kamu tetap bisa memelihara kucing ini dengan cara mengurus izin memelihara kucing hutan. Dengan begitu, Kamu bisa memilikinya tanpa harus terancam penjara atau denda.

Berapa harga kucing hutan ini? Untuk harganya memang terbilang cukup mahal. Harga kucing hutan bisa mencapai dua kali lipat dari harga Persia yang selama ini pun sudah masuk dalam kategori mahal.

Untuk harganya sendiri sebenarnya tergantung dengan jenisnya karena pada dasarnya ada beberapa jenis kucing yang habitatnya di hutan ini. Tetapi kisaran harganya paling tinggi bisa mencapai 100.000.000.

Baca juga:  Jenis, Fakta, dan Cara Menjinakkan Kucing Liar yang Harus Kamu Ketahui!

Daftar Harga Kucing Hutan Beserta Jenisnya

Sudah disinggung diawal bahwa ada beberapa jenis kucing jenis hutan ini. Beberapa jenis dan juga harga kucing hutan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Anakan blacan tanpa vaksin berusia dua bulan adalah sekitar Rp. 22.000.000
  2. Anakan blacan kitten berusia satu bulan adalah sekitar Rp. 4.600.000
  3. Anakan blacan satu pasang berusia enam bulan adalah sekitar Rp. 8.000.000
  4. Anakan blacan asli dengan usia tiga bulan adalah sekitar Rp. 4.000.000
  5. Blacan betina dengan usia dua tahun adalah sekitar Rp. 6.000.000
  6. Kucing asli Sumatra dengan usia empat bulan adalah sekitar Rp. 500.000
  7. Kucing asli hutan Jawa dengan usia satu tahun adalah sekitar Rp. 1.100.000
  8. Kucing asli anakan yang paling murah bisa mencapai Rp. 300.000
  9. Kucing asli macan dahan dengan usia enam bulan hingga dua tahun adalah sekitar Rp. 100.000.000
  10. Kucing asli hutan Kalimantan dengan usia 2,5 bulan adalah hingga Rp.500.000

Range harga di atas sifatnya adalah perkiraan sehingga Kamu bisa mendapatkan gambaran tentang harga dari kucing jenis hutan ini. Memang jika dilihat harga kucing hutan ini cukup mahal tetapi tetap sepadan dengan kucing yang nantinya akan ada di rumah Kamu.

Cara Mengurus Izin Memiliki Kucing Ini

Jika kucing yang ingin Kamu beli adalah kategori yang dilindungi pemerintah, maka wajib bagi Kamu untuk mengurus izinnya. Ada syarat-syarat yang harus dipenuhi antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Hewan langka yang Kamu beli adalah hewan yang dibeli dari penangkaran, bukan dari alam
  2. Hewan tersebut masuk dalam kategori F2

Apa itu F2? ini adalah istilah hewan yang merupakan generasi ketiga. Generasi ketiga itu pun harus didapat dari penangkaran. Secara terperinci, langkah-langkah yang harus Kamu lalui untuk mendapatkan izin antara lain adalah sebagai berikut:

Baca juga:  55 Jenis Kucing Dari Yang Paling Banyak Dipelihara Sampai Yang Langka
  1. Membuat proposal izin memelihara hewan, yang mana Kamu harus mengajukanya ke BKSDA
  2. Menyediakan salinan KTP atau kartu tanda penduduk untuk individu. Jika untuk badan usaha, maka membutuhkan akta notaris
  3. Kamu juga harus menyertakan surat bebas gangguan usaha. Ini isinya adalah keterangan bahwa kegiatan Kamu dalam memelihara hewan tersebut tidak akan mengganggu orang sekitar
  4. Bukti secara tertulis asal usul indukan hewan yang Kamu pelihara

Setelah selesai melakukan pengajuan proposal serta berbagai dokumen pelengkap, maka Kamu selanjutnya harus menunggu surat izin tersebut keluar. Nantinya jika sudah keluar, Kamu akan aman dan secara legal diperbolehkan memelihara kucing jenis hutan ini. Tanpa adanya surat ini, Kamu bisa terkena jaring hukum dan dihukum sesuai dengan peraturan yang ada.

Kamu juga bisa meminta bantuan kepada orang atau pihak yang menjual kucing jenis hutan ini untuk mendapatkan surat izin. Biasanya mereka akan sangat memudahkan utamanya nomer satu dan juga poin nomer empat. Sesungguhnya, proses mendapatkan izin tidak serumit yang dibayangkan, kok.

Itulah artikel tentang harga kucing hutan dan berbagai informasi di dalamnya mulai dari fakta hingga cara mengurus surat izinnya. Hewan yang tidak hanya mahal ini ternyata juga membutuhkan usaha ekstra untuk memilikinya. Tetapi meskipun begitu, akan sangat menyenangkan memelihara jenis kucing yang sangat lincah, eksotis, dan menggemaskan juga ini.