6 Fakta Unik dan Harga Kucing Maine Coon di Indonesia Terupdate

Diposting pada 36 views
Bagikan artikel ini

Kelucuannya mampu membuat harga kucing Maine coon yang cukup tinggi bukan suatu masalah bagi para pecinta kucing. Kucing cantik yang seakan memakai syal di lehernya ini bukan  main-main masalah kelucuannya dan sebanding juga dengan harganya. Di Indonesia sendiri, ada banyak orang atau publik figur yang memiliki kucing yang satu ini.

Jenis kucing Maine coon terbesar di Indonesia karena memang ukurannya yang berbeda dengan jenis kucing pada umumnya. Meskipun ukurannya yang besar, wajahnya menunjukkan raut muka yang imut dan tetap menggemaskan. Ditambah lagi, keindahan bulunya yang sangat sempurna membuatnya juga tampak elegan.

Harga Kucing Maine Coon
Fakta Unik dan Harga Kucing Maine Coon

Fakta Tentang Kucing Maine Coon yang Harus Kamu Ketahui

Untuk mengetahui lebih jauh tentang kucing Maine coon ini, alangkah baiknya mengenali tentang fakta-faktanya. Dengan begitu, pepatah tak kenal maka tak sayang akan berubah menjadi sayang, bukan? Berikut adalah fakta-faktanya!

Kucing ras rumahan berbadan besar

Kucing maine coon ini adalah kucing rumahan yang asalnya adalah dari ras Amerika Serikat tepatnya adalah daerah Maine. Dan hal yang paling menonjol dari kucing yang satu ini adalah badannya yang lebih besar dibandingkan dengan kucing rumahan kebanyakan.

Tinggi maine coon dewasa bahkan bisa setinggi 40cm dan memiliki panjang mencapai 1,2 m. Berat badan juga tidak kalah besar, untuk kucing jantan antara 6 hingga 9 kg, sementara itu untuk kucing betina punya berat badan ringan, yaitu 4 hingga 6 kg..

Mitos menarik kucing maine coon

Tahukah Kamu bahwa ternyata kucing yang satu ini juga memiliki mitosnya tersendiri. Ada banyak yang mempercayai bahwa kucing maine coon ini adalah kucing campuran persilangan dengan hewan rakun. Hal ini dikarenakan bentuk ekor yang dimilikinya menyerupai rakun.

Memiliki kelainan pewarisan sifat polidaktili

Satu lagi fakta menarik yang dimiliki kucing yang satu ini. Ia memiliki kelainan pewarisan sifat polidaktili yang mana artinya memiliki kelebihan jari. Jari yang dimiliki oleh kucing yang satu ini adalah berjumlah 6 jari!

Beberapa orang menganggap hal ini suatu keanehan. Padahal sebenarnya, fakta kelainan sifat polidaktili ini bisa menjadi kelebihan dari kucing maine coon dan membuatnya semakin unik dan lucu.

Bisa berenang dan tidak takut air

Kucing dan air dari dulu seakan sangat bermusuhan. Tetapi berbeda dengan kucing yang satu ini. Kucing maine coon tidak takut dengan keberadaan air dan bahkan ia mampu berenang dengan baik! Yang menjadikannya tidak takut air adalah bulunya yang sangat tebal sehingga bisa tahan akan air.

Suka mencari atensi dari manusia

Kucing ini memiliki sifat suka diperhatikan sehingga ia akan melakukan banyak hal untuk membuat Kamu lebih memilihnya daripada hal lain yang sedang Kamu kerjakan. Misalnya, ketika Kamu menonton tv, ia bisa saja duduk di depan tv agar pandangan Kamu terhalangi. Dan perlu diingat bahwa faktanya kucing ini sangat besar, sehingga tidak mungkin bagi Kamu untuk mengabaikannya.

Tidak suka ketinggian

Fakta sifat yang unik berikutnya dari maine coon ini adalah ia tidak suka dengan ketinggian. Sangat berkebalikan dengan kebanyakan kucing ras lain yang tidak masalah dengan ketinggian sehingga sangat pandai melompat. Memang hingga saat ini belum ada studi ilmiah yang membuktikan kebenaran tersebut tetapi ternyata para pemilik maine coon tidak ada yang membantah.

Perbedaan Kucing Maine Coon Ped dan Non Ped

Tahukah Kamu, saat Kamu mengadopsi kucing terdapat perbedaan yang dibedakan yakni kucing ped dan non ped. Sebenarnya apa sih itu? Jadi ped dan non ped itu adalah singkatan dari pedigree dan non-pedigree.

Jadi kucing maine coon ped itu adalah kucing yang sudah mempunyai sertifikat pedigree. Ini adalah silsilah dari organisasi kucing yang mana diakui secara nasional atau internasional. Kucing yang merupakan ped mempunyai garis keturunan yang jelas. Apa maksudnya? Singkatnya adalah kemurnian rasnya sudah resmi diakui.

Sedangkan maine coon non ped tidak jelas akan kemurnian rasnya. Biasanya non ped ini juga kebanyakan adalah campuran atau persilangan. Jadi disini jelas perbedaan antara maine coon ped dan non ped terletak pada kepemilikan sertifikat dan keresmian rasnya.

Harga Kucing Maine Coon
Perbedaan Dari Harga Kucing Maine Coon

Selain itu, perbedaannya juga terletak dari harganya. Harga kucing Maine coon yang pedigree jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan non-pedigree. Oh ya, selain itu, kucing yang merupakan ped bisa mengikuti berbagai kontes kecantikan kucing.

Harga Adopsi Kucing Maine Coon

Tidak heran jika pencarian tentang harga adopsi raja kucing yang satu ini sangat banyak. Siapa sih yang tidak menginginkan kucing lucu satu ini? Jangan khawatir karena harganya antara lain adalah sebagai berikut:

Harga kucing maine coon kitten

Faktanya, harga kitten atau anak kucing dari jenis maine coon ini biasanya lebih mahal dibandingkan yang sudah dewasa. Tetapi dalam hal ini, bukan karena umurnya tetapi berbagai faktor yang menyertainya. Harga antara non ped dan pednya tentu berbeda. Jika Kamu membeli kitten non ped maka harganya berada di kisaran 4.000.000-an dan untuk kitten ped harganya adalah 15.000.000-an.

Harga kucing maine coon pedigree

Sudah dibahas diawal sebelumnya memang harga kucing yang satu ini cukup mahal. Meskipun begitu, banyak orang yang menginginkan jenis ped karena di jenis ini keaslian dan kemurnian kucingnya dapat dipastikan. Rentang harga kucing maine coon pedigree ini adalah dalam range 10.000.000 hingga 20.000.000.

Harga kucing maine coon non ped

Jika Kamu merasa bahwa harga adopsi kucing maine coon ped terlalu mahal, memiliki maine coon non ped juga tidak ada salahnya. Hal ini dikarenakan kenyataannya sekilas pun kucing ped dan non ped tidak ada bedanya. Harganya cukup murah karena non ped berada di kisaran 5.000.000-an saja.

Harga Kucing Maine Coon
Harga Kucing Maine Coon

Tempat Beli Kucing Maine Coon

Mungkin Kamu belum mengetahui dan bingung harus membeli kucing yang satu ini dimana. Ada banyak alternatif yang bisa Kamu pilih. Kamu bisa membeli kucing jenis ini ditempat antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Di breeder resminya yang mana terikat dengan suatu organisasi tertentu (Kamu berpeluang mendapatkan sertifikat resmi disini)
  2. Di berbagai komunitas pecinta kucing (Kamu bisa menemukannya diberbagai sosial media misalnya Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya).
  3. Petshop atau pasar hewan (Tetapi Kamu perlu berhati-hati dan waspada masalah kesehatan kucing disini)
  4. Teman Kamu yang memelihara maine coon dan kebetulan ingin berbagi adopsi
  5. Secara online karena saat ini berbagai platform ternyata bisa menjadi media menemukan Kamu dengan kucing yang ingin Kamu adopsi.

Itulah informasi tentang harga kucing maine coon beserta dengan berbagai informasi yang menyertainya. Dengan mengetahui informasi ini, maka Kamu telah memiliki gambaran serta informasi yang cukup sebelum memutuskan mengadopsi kucing lucu yang satu ini.