Harga Kucing Persia Medium Lokal, Perkawinan dengan Lokal atau Non lokal

Diposting pada 103 views
Bagikan artikel ini

Bagi pecinta kucing, terkadang sulit untuk mengetahui harga kucing dengan pasti. Terutama harga kucing Persia medium. Salah satu kelebihan dari kucing ras yaitu tampilan fisik yang sangat lucu dan juga tubuhnya yang umumnya gendut. Namun kita tidak bisa pungkiri bahwa kucing ras biasanya memiliki harga yang cukup mahal.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali kucing ras yang seringkali dipelihara, dan menjadi favorit masyarakat Indonesia. Mulai dari anggora, Himalaya, hingga kucing Persia. Berdasarkan pembagiannya sebenarnya kucing Persia juga terdiri dari beberapa jenis, salah satunya Persia medium. Dalam artikel ini akan kita bahas mengenai kucing Persia medium, dan juga ciri fisik yang bisa kamu dapatkan. Terutama bagi yang pertama kali ingin memelihara kucing.

Harga Kucing Persia Medium
Harga Kucing Persia Medium

Apa itu Kucing Persia Medium?

Kucing Persia medium merupakan salah satu jenis kucing Persia yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Karena kemungkinan nama kucing Persia medium ini, sebenarnya hanya muncul di beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura dan negara timur lainnya. Sedangkan di bagian negara Barat ataupun Eropa, tidak ada kucing Persia medium. Bahkan mereka hanya menyebutkan sebagai kucing Persia saja.

Hal ini dikarenakan adanya perkawinan ataupun pencampuran antara kucing Persia dan juga beberapa kucing lokal. Sehingga dari fisiknya terkadang tidak terlalu mirip dengan kucing Persia umum, namun juga berbeda dengan kucing lokal. Di tanah air sendiri, untuk populasi dari kucing Persia tak sebanyak populasi kucing lokal.

Minat Kucing Persia Medium di Indonesia

Berbicara mengenai minat ataupun banyaknya masyarakat Indonesia yang tertarik dengan kucing Persia medium ini? Sebenarnya jika dilihat cukup tinggi, karena dari sisi harganya tidak terlalu mahal, namun tampilan fisik yang dimiliki kucing ini tidak jauh berbeda dengan kucing ras lainnya. Bahkan tidak kalah lucu dengan kucing Persia biasa.

Terkadang kucing Persia medium ini menjadi alternatif bagi banyak orang, yang tidak memiliki budget yang cukup banyak untuk memelihara kucing yang lucu dan imut. Kucing Persia medium tetaplah kucing ras yang memiliki gen unggul dan berbeda dengan kucing domestik atau kucing lokal.

Ciri Fisik dan Harga Kucing Persia Medium

Lantas bagaimana sih cara membedakan secara fisik antara kucing Persia, dan juga kucing Persia medium. Serta apakah ciri fisiknya berpengaruh pada harga kucing Persia medium tersebut? Tentu saja berpengaruh. Berikut ini cara untuk membedakan jenis kucing berdasarkan fisiknya.

1. Bulu yang Tidak Terlalu Lebat

Ciri pertama yang mudah dikenali adalah bulunya yang cukup panjang, namun tidak terlalu lebat. Kucing Persia medium ini memiliki bulu yang lebih panjang dibandingkan dengan kucing lokal, dan hampir sama dengan kucing Persia biasa.

Tetapi perbedaan besarnya, Persia medium tidak memiliki bulu yang lebat karena adanya faktor atau pengaruh dari gen kucing lokal. Tidak seperti jenis kucing Persia lain yang biasanya sangat lebat atau bahkan seperti mantel. Hal ini juga yang mempengaruhi adanya perbedaan kucing Persia medium dan juga kucing Persia biasa.

2. Ukuran Kaki

Ciri kedua yang bisa dilihat yaitu bentuk kakinya. Umumnya ukuran kaki dari kucing Persia medium lebih besar dibandingkan dengan kucing lokal. Sedangkan untuk kucing Persia biasa ukuran kakinya juga sama lebarnya dengan kucing Persia medium. Sebenarnya ciri ini tidak mempengaruhi harga kucing Persia medium pada umumnya.

3. Bentuk Wajah

Bentuk wajah seringkali menjadi faktor yang paling mudah ditemukan, ketika seorang penjual menentukan harga kucing Persia medium. Jika dilihat dari bentuk wajahnya, kucing Persia ini memang tidak memiliki hidung yang terlalu pesek dan bentuk muka yang runcing. Namun tidak seruncing kucing lokal.

Selain itu kucing ini juga cukup jarang memiliki lemak di bagian pipi. Sehingga tidak jauh berbeda dengan beberapa tampilan atau bentuk wajah kucing lokal di Indonesia, hanya saja lebih berisi dan memiliki bulu yang lebih lebat di sekitar kepalanya. Bentuk wajahnya ini yang paling mudah dilihat dan menjadi pembeda paling mudah antara kucing Persia medium dan kucing Persia biasa.

4. Telinga Besar dan Berdekatan

Jadi selanjutnya yang menyebabkan harga kucing Persia medium berbeda dengan beberapa jenis lainnya. Adanya telinga yang lebih besar dan berdekatan, sehingga menjadikan kucing tersebut terlihat lebih lucu dan imut.

5. Usia Kucing

Selain ciri ataupun keturunannya sebenarnya yang membedakan harga kucing adalah usia. Misalnya saja untuk harga anak kucing Persia lokal berkisar antara 1 juta hingga 1.500.000, namun khusus untuk harga kucing Persia dewasa, dibanderol dengan harga yang lebih murah.

Kucing Persia Medium Non Lokal

Terkadang kita masih bisa menemukan harga kucing Persia medium yang cukup tinggi di pasaran? Mengapa seperti itu, karena sebenarnya ada beberapa kucing Persia medium anakan yang dikawinkan dengan beberapa kucing ras luar negeri.

Misalnya saja British shorthair ataupun angora. Sehingga hal tersebut mempengaruhi harga kucing Persia dengan jenis anakan nonlokal. Bulu yang semakin lebat, dengan ukuran yang lebih panjang ,tubuh yang lebih gempal, ataupun muka yang lebih bulat, menjadi ciri fisik ini jelas mempengaruhi harga kucing Persia medium non lokal. Jika dilihat dari harganya, penjual dapat memberikan harga 4 juta rupiah hingga puluhan juta rupiah untuk anakannya saja.

Berbeda juga kamu datang ke tempat peranakan kucing ataupun pet shop yang menjual jenis kucing Persia medium namun dikawinkan dengan kucing domestik atau kucing lokal. Biasanya harga kucing Persia medium anakan lokal jelas lebih murah. Berkisar antara 500 ribu hingga 2 jutaan. Karena keturunan ataupun didapatkan dari kucing domestik biasanya tidak mudah hilang. Sehingga seringkali beberapa kucing Persia medium memiliki bulu yang tidak terlalu lebat, ataupun tubuh yang kurus. Namun ras atau keturunan sendiri sebenarnya tidak mempengaruhi kesehatan ataupun tingkah yang dimiliki oleh kucing tersebut.

Kucing Persia Medium, Ras Kucing yang Murah

Itulah informasi atau deretan yang bisa kamu dapatkan mengenai kucing Persia medium. Selain dari ciri-cirinya, tentu saja sebagai seorang peternak ataupun pemelihara kucing kamu harus bisa mengetahui bagaimana caranya merawat kucing Persia medium. Mengingat ciri-ciri dan juga cara hidupnya kucing Persia medium ini, hampir serupa dengan kucing ras lainnya.

Misalnya saja cukup sensitif dengan makanan seperti dry food ataupun wet food, diharuskan untuk mandi atau melakukan perawatan pada bulu agar tidak mudah kusut, dan lainnya. Sedangkan, jika memiliki kucing Persia medium dengan anakan lokal, biasanya membutuhkan area yang lebih luas untuk bermain dan tidak betah untuk dikurung di rumah. Ada baiknya kamu untuk membawa kucing tersebut jalan-jalan pada waktu-waktu agar tidak stres apalagi depresi hingga mati. Sudah tidak bingung lagi bukan untuk membeli kucing Persia medium?