Cari Tahu! Harga Kucing Persia Anakan atau Dewasa

Diposting pada 60 views
Bagikan artikel ini

Berbicara mengenai hewan lucu, maka kita bisa menyebut berbagai hewan peliharaan. Mulai dari anjing, kelinci, hingga kucing. Masyarakat Indonesia terdiri dari mayoritas beragama muslim, menggunakan kucing sebagai hewan peliharaan, yang dapat dipelihara dan dibawa masuk ke dalam rumah.  Banyak yang tertarik dengan kucing, khususnya kucing Persia namun khawatir dengan harga kucing Persia yang diinginkan.

Bagi kamu yang ingin mencoba untuk memelihara kucing khususnya jenis Persia. Dalam artikel berikut ini akan kita bahas mengenai harga khusus jenis kucing Persia, dan juga jenis-jenis serta cara merawatnya. Simak informasinya berikut ini.

Harga Kucing Persia
Harga Kucing Persia

Kucing Persia, Kucing Pesek yang Unik

Sebelum memutuskan untuk merawat ataupun memelihara kucing Persia, kamu harus pahami dulu jenis-jenis dari kucing Persia ini. Kucing yang satu ini memang sangat populer, bahkan menjadi salah satu ras favorit banyak masyarakat Indonesia. Sekilas terlihat seperti boneka, dengan bulunya yang cukup panjang dan juga lebat disertai badannya yang cukup besar.

Ciri lain yang seringkali diberikan oleh kucing Persia, yaitu adanya wajah yang bulat, serta hidungnya yang pendek atau hidung yang pesek kucing. Persia dibedakan menjadi 4 jenis diantara-Nya yaitu:

1. Kucing Persia Himalaya

Pertama kucing Persia yang cukup jarang ditemukan di Indonesia, namun memiliki warna yang sangat unik dan cantik adalah Himalaya. Kucing ini memiliki ciri hidung yang tidak terlalu pesek dibandingkan dengan beberapa jenis kucing Persia yang lainnya. Bulunya panjang dan juga tebal, tak jarang karena nafsu makan yang tinggi kucing Persia Himalaya memiliki berat hingga 4-6 kg saat dewasa.

Ciri khas lainnya yang paling mudah dilihat dari kucing Persia Himalaya yaitu warnanya yang hampir serupa dengan kucing siam. Kesamaan antara keduanya punya warna rambut atau pola rambut sama, tetapi ada perbedaan signifikan. Umumnya Persia Himalaya memiliki bulu yang panjang dan tebal sedangkan singa memiliki bulu tipis dan tidak terlalu tebal. Harga kucing Persia cukup tinggi dibanding jenis lainnya.

2. Kucing Persia Flatnose

Selanjutnya kucing Persia yang populer karena tampilannya yang unik yakni flatnose. Jenis ini cukup populer, terutama di antara pecinta kucing. Harga kucing dengan jenis Persia flatnose tidak semahal Himalaya, namun semakin pesek kucing tersebut semakin mahal loh.

Melihat tampilannya, kucing flatnose memiliki hidung yang hampir sejajar dengan matanya. Selain itu pipinya yang chubby, serta telinganya yang runcing menambah kesan lucu dari kucing Persia jenis flatnose.

3. Kucing Persia Medium

Jenis lainnya yakni Kucing Persia medium dengan ciri fisik kaki yang lebih panjang dibandingkan dengan jenis lainnya. Ditambah lagi muka jenis kucing Persia sedikit berbeda, karena hidungnya mancung. Bentuk moncongnya lebih runcing dibandingkan jenis lainnya. Untuk harga kucing Persia medium kitten berkisar antara 1 juta hingga 2 juta rupiah.

4. Kucing Persia Peaknose

Terakhir jenis kucing yang lucu dan masuk ke dalam jenis Persia. Anak kucing Persia peaknose dibanderol dengan harga cukup mahal, yakni berkisar antara 3-5 juta rupiah. Belum lagi jika kucing tersebut memiliki sertifikat kucing yang mengikuti perlombaan ataupun kejuaraan. Harga kucing Persia peaknose memang berbeda dengan harga standar Persia lainnya.

Perbedaan Kucing Persia Anakan dan Dewasa

Ketika memutuskan untuk membeli kucing Persia, ada perbedaan yang harus dipahami terkait harga dan juga perawatan yang dilakukan baik kucing anakan atau kucing dewasa. Syarat yang harus dipenuhi saat memutuskan untuk memelihara kucing Persia yakni :

1. Siapkan Makanan yang Sesuai

Tips pertama yang harus diketahui ketika memutuskan untuk memelihara kucing, yaitu memperhatikan atau menyiapkan makanan yang sesuai. Jika kamu membeli kucing Persia yang masih masuk ke dalam kitchen ataupun di bawah 8 bulan. Maka siapkan makanan dan juga susu yang cocok untuk anak kucing.

Karena jika diberikan makanan untuk dewasa, maka mereka bisa mengalami diare. Sedangkan untuk kucing remaja hingga dewasa. Kamu bisa memberikan makanan kucing pada umumnya, dan juga memadukannya dengan makanan basah ataupun makanan kering.

2. Siapkan Liter Box

Selanjutnya tips yang bisa dilakukan apabila memutuskan untuk mengambil kucing Persia, yaitu menyiapkan litter box untuk menjadi toilet ataupun tempat untuk buang air kecil dan juga buang air besar. Hal ini dilakukan, karena kita tidak bisa pungkiri bahwa harga kucing Persia cukup mahal. Sehingga perawatannya pun harus bisa maksimal, termasuk melatih mereka untuk bisa toilet training dengan baik. Sehingga kucing tidak akan buang air besar ataupun buang air kecil sembarangan di seluruh rumah.

3. Menjaga Kesehatan Bulu

Menjaga kesehatan bulu ataupun rambutnya merupakan hal yang sangat penting. Terutama jika kamu ingin menggunakan kucing yang kamu miliki untuk kompetisi ataupun perlombaan. Mengingat harga kucing Persia cukup mahal. Sehingga kamu harus bisa mengurusi dengan baik cara yang paling mudah yaitu menggunakan sampo khusus kucing, dan juga menggunakan vitamin ataupun serum khusus. Agar bulunya lebih mengkilap dan tidak mudah rontok.

Kucing Persia Anakan

Selanjutnya apakah lebih baik memilih anakan kucing Persia atau kucing Persia dengan jenis dewasa? Sebenarnya bagi beberapa orang yang ingin merawat kucing, ada baiknya untuk memilih kucing Persia anakan karena lebih mudah untuk di atur dan juga dirawat sesuai dengan karakter yang kita inginkan.

Mereka juga bisa belajar ataupun memahami area rumah, atau aturan sejak kecil dibandingkan dengan dewasa. Terkadang, Persia dewasa seringkali sudah terbentuk karakternya, sehingga sangat sulit untuk merubah kebiasaan yang mereka miliki. Misalnya saja untuk mengajarkan toilet training, cara makan dan mengenali lingkungan rumah. Harga kucing Persia anakan terkadang memang lebih mahal dibandingkan kucing dewasanya. Alasannya jelas karena kucing kecil lebih mudah diatur.

Apakah Tersedia Harga Kucing Persia Di bawah 500 Ribu?

Bagi kamu yang tertarik untuk memiliki kucing khususnya turunan kucing Persia, apakah tersedia di bawah harga 500 ribu? Jangan khawatir,  karena beberapa harga kucing Persia di bawah 500 ribu bisa didapatkan. Terutama jika kamu memiliki keterbatasan dana untuk mendapatkan anak bulu ini. Persia dengan harga di bawah 500 ribu umumnya didapatkan apabila anakan atau keturunan domestik dan Persia. 

Jangan khawatir, anak kucing turunan Persia 50% tetap lucu, dengan tipe bulu yang semakin unik dan berbulu tebal. Selain itu, Persia di bawah 500 ribu juga bisa didapatkan jika masih “kitten” atau anak dengan usia di bawah 8 bulan. Usahakan untuk tidak membeli anak kucing yang masih menyusui ya. 

Itulah informasi lengkap mengenai jenis dan juga cara pemeliharaan yang bisa dilakukan. Bagi kamu yang tertarik dengan kucing Persia, selain harga kucing Persia yang cukup mahal, kamu juga harus bisa merawatnya dengan baik. Karena bagaimanapun juga hewan memiliki perasaan dan juga rasa jangan sampai kamu membuangnya.