Jenis, Ciri-ciri Dan Harga Kucing Scottish Fold

  84 views
Bagikan artikel ini

Mempunyai peliharaan kucing tentunya sangat menyenangkan, apalagi jenis kucing Scottish Fold. Tingkahnya yang lucu dan rupa imutnya pasti akan menghibur kamu disaat senggang. Kucing yang berasal dari Skotlandia ini menjadi kucing yang memiliki banyak peminat setelah ras Persia dan Maanie Coon. Maka jangan kaget jika harga kucing Scottish Fold cukup mahal.

Menarik! Ini Profil dan Harga Kucing Scottish Fold

Harga Kucing Scottish Fold
Asal Mula Kucing Scottish Fold

Asal Mula Kucing Scottish Fold

Kucing Scottish Fold merupakan kucing domestik yang berubah karena gen dominan yang mengakibatkan beberapa perubahan pada tubuhnya. Bagian yang terpengaruh yaitu tulang rawan yang terdapat pada seluruh tubuhnya hingga menyebabkan telinganya merunduk ke bawah dan menghadap ke depan.

Tahun 1961 di Perthshire, Skotlandia tepatnya di gudang dekat peternakan Coupar Angus ditemukan kucing Scottish Fold bernama Susie. Ia merupakan jenis kucing scottish fold asli berwarna putih. Saat ditemukan Susie memiliki tampilan mirip burung hantu karena di telinganya terdapat lipatan yang tidak seperti kucing umumnya.

Tak lama setelah itu, Susie hamil dan melahirkan dua anak kucing dan satu diantaranya memiliki telinga terlipat sepertinya. Lalu tahun 1966 William Ross seorang peternak kucing mendaftarkan anak kucing bertelinga terlipat tersebut ke GCGF(Governing Council of the Cat) Inggris. Di tahun yang sama Ross dibantu Pat Turner membiakkan kucing tersebut dan berhasil membiakkan 76 anak di tiga tahun awal. 34 anak kucing bertelinga lurus sedangkan 42 lainnya memiliki telinga yang berlipat.

Baca juga:  Kucing Mau Mesir: Dianggap Dewa! Sejarah, Ciri dan Harga Kucing ini

Pada tahun 1971 GCGF menarik kucing tersebut dari daftar karena khawatir beberapa kelainan dan penyakit di telinganya seperti tuli, tungau dan infeksi. Selain itu, masyarakat Eropa tak menerima kehadiran kucing tersebut. Namun kucing Scottish Fold justru diekspor dan terus dikembangkan di Amerika dengan cara perkawinan silang antara jenis American Shorthair dan British Shorthair.

Meskipun bentuk telinganya kecil dan merunduk yang mengkhawatirkan banyak kotoran yang menumpuk hingga saat ini kekhawatiran akan penyakit yang diderita oleh kucing ini tidak terbukti. Justru saat ini kucing tersebut menjadi kucing favorit dengan harga kucing scottish fold yang tak bisa dibilang murah.

Jenis Kucing Scottish Fold

Scottish Fold merupakan kucing menggemaskan dan pintar yang cocok dipelihara sebagai hewan kesayangan. Kucing ini terbagi menjadi dua jenis berdasarkan bentuk telinganya yang unik dan khas, berikut ini adalah jenis-jenisnya;

Kucing Scottish Fold Straight Ear

Jenis kucing asal Skotlandia yang pertama yaitu Straight Ear atau bertelinga lurus. Selaras dengan namanya, Scottish Fold Straight Ear memiliki bentuk telinga yang lurus atau bisa dikatakan normal seperti bentuk telinga kucing pada umumnya.

Kucing Scottish Fold Folded Ear

Scottish Fold Folded Ear merupakan jenis kucing yang memiliki tampilan asli seperti kucing aslinya. Bentuk telinganya yang menunduk dan terlibat merupakan ciri khas yang paling menonjol dari kucing ini. Lipatan telinga yang disebabkan oleh genetika dan hasil perubahan tersebut biasanya akan terlihat jelas ketika kucing beranjak dewasa.

Meskipun tampilan telinganya tak seperti kucing pada umumnya, tak mengurangi tingkat lucunya dan keramahan kucing ini. Bentuk telinga inilah yang justru membuat pecinta dan peternak kucing rela mengeluarkan kocek lebih demi membayar harga kucing scottish fold yang fantastis.

Baca juga:  Sifat dan Ciri-ciri Kucing Siberia yang Harus Kamu Ketahui!

Ciri-Ciri Kucing Scottish Fold

  • Scottish Fold memiliki bentuk tubuh sedang atau lebih cenderung pendek. Namun akan nampak sangat bulat di beberapa waktu. Untuk pejantan kucing ini, bobot yang dimiliki biasanya antara 4-6 kg. sedangkan untuk betina berat badannya lebih kecil dari si jantan yaitu antara 2,7 hingga 6 kg.
  • Kucing menggemaskan ini memiliki bentuk wajah bulat yang membuatnya tampak semakin lucu. Selain itu, telinganya yang terlipat membuat ia semakin bulat selaras dengan bentuk kepalanya hingga nampak seperti boneka kucing kecil. Bentuk telinga tersebutlah yang membuat harga kucing scottish fold ini cukup tinggi.
  • Beralih ke pipinya yang gembul atau bahkan terdapat pula lipatan. Meskipun terlihat berat dan banyak lemak, ternyata pipi gembulnya memiliki tulang yang kokoh dan kuat. Kucing ini juga memiliki bentuk mata yang unik, yaitu besar dan cukup lebar. Sedangkan warna mata pada setiap jenisnya sangat berbeda tergantung dengan gen dan warna bulunya.
  • Yang membuat kucing ini terlihat semakin bulat adalah lehernya yang pendek. Seragam dengan bentuk kepala dan telinga, leher pendek kucing ini sangat unik sehingga selalu nampak seperti bayi.
  • Tampilan kucing ini semakin menawan dan banyak menarik perhatian karena ekornya yang diselimuti dengan lebat dan halus. Pada bagian ekor, bulunya justru lebih panjang dibanding dengan bulu di tubuhnya. Maka jangan heran jika kamu sering melihat kucing ini mengibas-ngibaskan bulunya.
  • Kucing Scottish Fold sebenarnya memiliki bulu yang bervariasi tergantung dengan jenisnya. Kamu bisa menemukan kucing ini dengan bulu lebat pendek atau panjang. Menariknya kucing ini memiliki warna bulu yang beragam dengan berbagai macam corak yang unik pada tubuhnya.
  • Adapun warna-warna bulunya yaitu krem, cameo, abu-abu, putih, hitam, coklat dan biru. Sedangkan corak yang terdapat pada tubuhnya meliputi spot, solid, shades, tabby, bicolor, smoke dan tricolor. Warna dan corak inilah yang juga berpengaruh pada harga kucing scottish fold.
Baca juga:  Sifat dan Karakter Kucing Persia Abu Abu yang Harus Diketahui

Kepribadian Scottish Fold

Kucing Scottish Fold adalah hewan yang cerdas dan energik ini akan menemani kamu saat bersantai atau menghabiskan waktu bersama keluarga. Tingkah lakunya yang kadang kala konyol namun menggemaskan akan membuat siapa saja tertawa. Kucing ini merupakan kucing yang ramah serta sangat mudah beradaptasi, jadi kamu tak perlu khawatir mengajaknya bermain bersama-sama.

Meskipun energik bukan berarti kucing ini tak suka bermalas-malasan. Ia sangat senang menghabiskan waktunya untuk tidur. Namun kucing ini tidak menyukai tempat sepi dan kesendirian karena itu bisa membuatnya stress, jadi pastikan kamu selalu menemani atau mengajaknya berbicara agar ia tidak kesepian.

Harga Kucing Scottish Fold
Harga Kucing Scottish Fold

Harga Kucing Scottish Fold

Jika kamu sudah memutuskan untuk mengadopsi kucing Scottish Fold makan pastikan kamu mengetahui harga kucing scottish fold. Harga kucing tersebut bervariasi tergantung dengan jenis, warna serta umur kucing.

  • Scottish Fold Asli umur 2,5 bulan harganya 6 juta
  • Scottish Fold Anakan umur 2,5 bulan harganya 6,5 juta
  • Scottish Fold Betina Shorthair umur 3 bulan harganya 16,5 juta
  • Scottish Fold Jantan umur 3 bulan harganya 8 juta
  • Scottish Fold Exotic umur 5 bulan harganya 2,5 juta
  • Scottish Fold Jantan Shorthair umur 3 bulan harganya 16,5 juta
  • Scottish Fold Dewasa umur 6 bulan harganya 13 juta

Penutup

Bagaimana sudah mantap untuk memelihara kucing lucu ini setelah membaca ulasan singkat berikut dengan harga kucing Scottish Fold? Pastikan memilih dan merawat kucing tersebut penuh kasih sayang agar biaya yang kamu keluarga juga sepadan.