Berikut Harga Vaksin Kucing Yang Wajib Diketahui

  86 views
Bagikan artikel ini

Harga vaksin kucing memang tergolong mahal. Namun saat kamu sudah memutuskan untuk memelihara hewan tentunya kamu juga sudah menyiapkan anggaran biaya untuk kesehatannya. Karena vaksin menjadi salah satu cara penting untuk memelihara kucing supaya terhindar dari segala virus yang berbahaya.

Harga Vaksin Kucing
Harga Vaksin Kucing

Harga Vaksin Kucing Dokter Hewan Yang Wajib Diketahui

Jika kamu pecinta kucing kamu pasti tahu jika hewan lucu ini memiliki sistem imun yang cukup baik jika dibandingkan dengan hewan lainnya. Namun hal tersebut tentunya juga jangan dianggap sepele. Karena kamu juga diwajibkan untuk memberikan vaksin secara rutin supaya daya tahan tubuhnya tetap terjaga sehingga bisa kebal terhadap penyakit.

Yang perlu diketahui adalah saat memberikan vaksin kamu harus memberikan pada kucing yang usianya sudah mencapai 6 sampai 8 minggu dan masuk dalam kategori dewasa. Pemberian vaksin yang tidak tepat juga bisa memberikan dampak buruk misalnya saja, kucing akan terkena alergi baik berat maupun ringan. Lantas berapa harga vaksin kucing sebenarnya?

  • Vaksin tricat, jika kamu ingin memberikan jenis vaksin ini pastikan umur kucing mu masuk 8 sampai 10 minggu dan untuk harga vaksin kucing ini sekitar 80.000 sampai 200.000. ada juga vaksin Tetracat yang harganya 170.000 sampai 200.000 jenis vaksin ini tergolong bermerek dan mahal.
  • Vaksin tricat untuk usia kucing 12-14 minggu harganya dipatok dari 80.000 shampoo 150.000 untuk merek yang murah, sedangkan untuk merek yang lebih bagus sekitar 200.000. untuk Tetracat harganya 170.000 sampai 200.000.
  • Untuk kucing yang sudah masuk usia bulan dan belum pernah diberi vaksin. Kamu bisa memberikan vaksin tricat dengan harga 80.000 sampai 150.000 sedangkan untuk merek yang lebih mahal kamu harus mengeluarkan budget sebesar 170.000 sampai 200.000

Bagaimana tentang harga vaksin kucing diatas? Apakah menurut kamu murah atau mahal? Nah dibawah ini akan menjelaskan tentang berapa kali sih kucing harus divaksin? Tetap disimak ya cat lovers.

Kucing Harus Divaksin Berapa Kali?

Untuk pemberian Vaksinasi sebenarnya hampir sama dengan vaksin pada manusia, tahapannya pun tergolong mirip. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan dan disesuaikan dengan kebutuhan pada  usia kucing. biasanya para peliharaan akan merawat dengan baik peliharaan dan itu pastinya juga termasuk membersihkan vaksin terbaik.

Yang membedakan pemberian vaksin pada kucing adalah mereka akan memberikan vaksin pada kucing  dengan cara yang tergolong mudah dan simpel yaitu memasukkan cairan melalui suntikan. Untuk cairan suntikan juga berisi bermacam-macam vaksin tergantung kegunaan masing-masing. Dan jangan lupakan mengenai efek yang ditimbulkan karena akan memberikan pengaruh atau dampak yang berbeda-beda pada kucing.

Kucing Persia Himalaya

Apa Saja Efek Yang Ditimbulkan Setelah Melakukan Vaksin Pada Kucing?

pada pembahasan di atas juga sudah dibahas jika pemberian vaksin terhadap hewan peliharaan akan memberikan dampak yang berbeda-beda. Kejadiannya juga hampir mirip dengan manusia yang melakukan vaksinasi biasanya mereka akan merasakan efek yang tidak menentu.

Begitu pula dengan kucing, setelah proses pemberian vaksin akan ada efek yang ditimbulkan. Jadi kamu sebagai pemilik hewan jangan khawatir karena kejadian ini tergolong sering terjadi, biasanya efek yang ditimbulkan adalah kucing akan demam, gatal-gatal dan juga bengkak pada bagian tubuhnya.

Jadi jangan heran jika kucing mu akan mengeluarkan tingkah yang berbeda setelah di vaksin. Kucing akan cenderung lebih galak, sensitive bahkan berubah jadi pendiam. Biasanya mereka yang sudah sering melakukan vaksin akan terbiasa, namun akan berbeda bagi kamu yang melakukan vaksin, kamu pasti akan merasa sedih karena kucing kesayangan mu tidak lagi aktif.

Ada juga efek buruk yang ditimbulkan, kucing bisa pingsan. Kejadian ini tergolong langka dan paling jarang terjadi. karena hanya beberapa kucing saja yang akan mengalami gangguan ini. kamu tidak perlu panik, tetaplah tenang karena kejadian tersebut sangat wajar dan akan diberikan penanganan yang tepat oleh dokter.

Kucing divaksin agar terhindar dari penyakit, oleh karena itu kamu jangan pernah tergiur terhadap penawaran harga vaksin kucing yang murah. Karena harga vaksin kucing juga tergolong standar jadi bisa kamu pilih sendiri ingin memilih vaksin dengan jenis yang bagaimana. Harga vaksin kucing yang murah dapat memberikan resiko yang cukup besar jika kamu tidak pandai dalam memilihnya, jadi sebelum memutuskan untuk melakukan vaksin pada kucing kamu, pastikan kamu mendapatkan tempat atau klinik vaksin yang terbaik dan terpercaya supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Persyaratan Sebelum Memberikan Vaksin Pada Kucing

  • Langkah yang pertama adalah memastikan jika kondisi kucing dalam keadaan sehat. Jadi pastikan tidak ada kutu dan jamur pada kucing mu
  • Langkah yang kedua adalah memastikan kucing tidak demam. Jika kucing tersebut demam sebaiknya kamu menunda untuk melakukan vaksinasi
  • Langkah yang ketiga adalah dengan memastikan kucing tidak sakit baik pada bagian mata, telinga atau mulut
  • Dan yang terakhir adalah pastikan saat hari akan melakukan vaksin kucing kamu tidak mengalami muntah-muntah

Pasti kamu bertanya-tanya kenapa kucing yang sakit dilarang diberikan vaksin? Alasannya sangat jelas, karena itu bisa membuat penyakit menjadi lebih parah. Bahkan tidak hanya itu saja, kamu juga haru mengingat beberapa hal walaupun kucing kesayangan mu sudah melakukan vaksin. Kucing yang sudah divaksin tetap bisa terjangkit penyakit.

Namun, setelah divaksin penyakitnya tidak akan separah sebelum melakukan vaksin. Jadi dapat disimpulkan jika proses vaksin itu bisa dibilang sebagai pencegahan dan pengurangan untuk potensi kondisi kucing semakin parah terhadap penyakit yang dideritanya. Jadi jangan sampai lupa memberikan vaksin pada kucing mu ya, karena langkah ini adalah upaya pencegahan supaya kucing terhindar dari virus yang berbahaya.

Kucing Persia Himalaya

Manfaat Memberikan Vaksin Pada Kucing

Dengan memberikan vaksin pada kucing kesayangan, tentunya akan memberikan banyak manfaat. diantaranya adalah:

Membuat Kucing Kebal Terhadap Virus

Manfaat yang pertama melakukan vaksin adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan juga supaya kucing kesayangan mu bisa terhindar dari yang namanya penyakit. Jadi berikan vaksin  secara rutin dengan dosis yang ditentukan. Pemberian vaksin juga bisa membuat kucing berumur panjang.

Hal tersebut sebenarnya sangat wajar apalagi jika manfaat vaksin sendiri adalah membantu sistem kekebalan tubuh. Vaksin juga bisa menyembuhkan kucing yang cacingan. Namun, kamu juga tidak boleh sembarangan memberikan vaksin pada hewan, jadi kamu juga harus menyesuaikannya pastikan kamu juga melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Meminimalisir Terjadinya Serangan Penyakit

Setelah mengatasi sistem kekebalan tubuh, manfaat yang selanjutnya adalah vaksin bisa menurunkan adanya kemungkinan kucing terjangkit virus penyakit yang bisa disebabkan oleh berbagai virus yang berkembang di lingkungan. Setelah kucing diberi vaksin akan membuat kucing menjadi jarang terkena sakit.

Mencegah Terjangkitnya Penyakit

Manfaat vaksin untuk kucing adalah untuk mencegah datangnya penyakit. Jadi kami sarankan supaya kamu memberikan vaksin secara teratur supaya kucing tetap sehat dalam waktu yang lama walaupun terpapar virus sekalipun. Tetapi untuk penyakit tertentu kamu juga harus melakukan pencegahannya sendiri. Karena tidak semua penyakit bisa diatasi oleh vaksin.

Tanya Jawab Seputar Harga Vaksin Kucing

Menjawab beberapa pertanyaan yang biasa di cari orang di internet yang berkaitan dengan harga vaksin kucing.

Biaya vaksin kucing berapa?

Biaya vaksin kucing itu tergantung dari jenis vaksin tersebut. Untuk harga vaksin kucing jenis tricat sekitar Rp. 80.000 sampai Rp. 200.000. Untuk harga vaksin kucing jenis Tetracat sekitar Rp. 170.000 sampai Rp. 200.000. Vaksin ini diberikan kepada kucing sekitar 2 sampai 3 kali dengan biaya total untuk vaksin kucing kesayanganmu dapat mencapai hampir 1 juta rupiah.

Kapan waktu vaksin kucing?

Vaksin kucing pada umumnya dimulai ketika kucing berusia sekitar 6 sampai 8 minggu. Vaksin untuk virus rhinotracheitis, panleukopenia dan calici diulang ketika sudah 3 sampai 4 minggu, sampai usia kucing mencapai umur 4 bulan. Vaksin rabies diberikan setelah kucing berusia lebih dari 3 bulan dan diulang setiap tahunnya.

Vaksin kucing apa saja?

1. Feline panleukopenia (feline distemper)
Vaksin kucing jenis ini berfungsi untuk menangkal adanya infeksi virus panleukopenia yang dapat menginfeksi pada kucing.
2. Feline herpes dan feline calicivirus
Vaksin kucing jenis ini diberikan secara kombinasi yan berfungsi untuk mencegah terjadinya infeksi pada saluran pernapasan bagian atas atau biasa dikenal dengan nama flu kucing.
3. Rabies
Vaksin kucing jenis ini berfungsi untuk mencegah adanya penyakit rabies pada kucing. Seperti yang sudah kita ketahui kalau rabies ini merupakan penyakit yang dapat berpindah-pindah dari hewan ke manusia dan juga bisa mengakibatkan koma bahkan sampai kematian.

Apakah kucing persia wajib divaksin?

Tentu saja wajib, semua jenis kucing wajib diberikan vaksin untuk mencegah mereka agar tidak mudah terlular penyakit yang nantinya bisa menularkan ke manusia, seperti rabies tentunya.

Apakah kucing harus divaksin?

Untuk sebagian hewan mamalia termasuk kucing. Untuk mencegah penyakit yang paling efektif dan paling efisien yaitu dengan melakukan vaksinasi atau imunisasi. Vaksin tidak hanyak berlaku untuk manusia saya, hewan peliharaan seperti kucing pun juga perlu diberikan vaksin, bahkan menjadi suatu hal yang wajib. Semua kucing wajib diberikan vaksin, kata dari seorang dokter hewan yang bernama Dr. Teremia Tobelanno Sitompul, M.Sc.

Penutup

Jadi itulah penjelasan singkat mengenai harga vaksin kucing dan manfaatnya, semoga dengan ulasan tersebut dapat memberikan kamu wawasan yang luas mengenai vaksin yang baik. Semoga dapat bermanfaat.