6 Selebritas yang Ternyata Diketahui sebagai Penemu

by -27 views
Penemu
Penemu

Keingintahuan merupakan sifat dasar manusia. Oleh karena itu, manusia selalu berinovasi untuk menghasilkan penemuan baru. Sejak 1790-an, lebih dari delapan juta paten penemuan dikeluarkan di Amerika Serikat. Beberapa di antaranya telah diberikan dan didedikasikan kepada penemu hebat sebagai wujud apresiasi. Thomas Alva Edison bahkan menerima lebih dari 1.000 hak paten terkait penemuannya. Namun, ternyata ada juga kisah menarik sejumlah “public figure” dalam mendapatkan hak patennya. Selain bekerja sebagai artis, dia juga merupakan penemu. Berikut ulasannya:

1. Jack Johnson

Pada 1908, Jack Johnson adalah pria kulit hitam pertama yang menjadi juara kelas berat dunia dalam tinju. Pada 1912, dia dicari oleh otoritas berwenang karena telah menikahi seorang gadis berkulit putih. Johnson melarikan diri ke Eropa bersama dengan istrinya, Lucille Cameron. Ketika kembali ke Amerika pada 1920, ia menjalani hukumannya di Leavenworth, Kansas. Ketika dalam penjara, ia berhasil menemukan kunci pas yang bisa dibesarkan dan dikecilkan sesuai dengan kebutuhan. Dia menerima patennya untuk itu pada tahun 1922 untuk kunci pas tersebut.

2. Hedy Lamarr

Pada September 1940, sebuah U-Boat Jerman menenggelamkan kapal barang Inggris, City of Benares dan menyebabkan 262 meninggal, termasuk 87 anak-anak yang sedang dievakuasi ke Kanada. Hedy Lamarr, salah satu bintang top di Hollywood, mulai bertanya-tanya bagaimana cara membuat torpedo yang dikendalikan dari jarak jauh, yang dapat menyerang kapal selam. Selama pernikahannya dengan Fritz Mandl, dia belajar banyak mengenai persenjataan, radar dan gangguan radio. Pada 1942, di tengah kesuksesan film Hollywood-nya, ia dan komposer George Antheil menerima paten untuk perangkat yang dapat mengubah frekuensi sinyal radio.
Teknologi itu menginisiasi perkembangan nirkabel yang digunakan saat ini, termasuk bluetooth dan wifi.

3. Eddie Van Halen

Edward Lodewijk van Halen atau Eddie Van Halen dikenal sebagai salah satu gitaris terbaik dunia. Selain pencapaian itu, dia juga juga telah menerima tiga paten untuk penemuannya. Berawal dari kesuksesannya pada album 1984, ia menyusun penemuannya yakni gitar dengan bebas bisa bersandar pada tangan dan punggung pemain. Alat ini mendapat paten di AS dengan nomor 4656917A. Dengan demikian, pemain gitar bisa memungkinkan membuat dan memainkan teknik gitar dengan posisi yang tak seperti biasanya.

4. Marlon Brando

Selain dikenal sebagai aktor terbaik pada 1960-an, dia juga merupakan seorang pemain drum. Berbeda dengan drum yang dimainkan orang pada umumnya, dia mematenkan drum conga. Drum ini bisanya disetel menggunakan lima atau enam sekrup pada bagian bawahnya. Namun, berkat penemuan Brando, conga bisa disetel dengan satu putaran bagian bawah. Brando mendesain alat conga agar lebih mudah digunakan dan dia mendapatkan paten pada 2002. Brando meninggal pada 2004, sebelum melihat penemuannya benar-benar masuk masa produksi.

5. Florence Lawrence

Lawrence merupakan bintang film pertama. Dia mulai memainkan film pada 1906 dan segera bergabung dengan Biograph Studios dengan sutradara DW Griffith. Walaupun film ini tak populer, namun Lawrence tetap mendapatkan pujian. Lawrence menjadi favorit penonton dan mendapatkan banyak julukan dari beberapa pendukungnya. Karena dia seorang aktris yang begitu sukses, Lawrence dapat membeli mobilnya sendiri. Hal itu sangat jarang karena pada awal abad ke-20, mobil masih menjadi barang mewah. Pada 1914, ia berhasil mengembangkan sinyal pada mobilnya. Sinyal ini bisa dikatakan otomatis. Cara kerjanya adalah berdasarkan naik atau turunnya listrik otomatis yang didesain sebagai tanda ketika mobil mau belok dan berhenti. Setelah itu, Lawrence menemukan sinyal rem yang belum sempurna yang bekerja dengan prinsip yang sama. Cara kerjanya, ketika pengemudi menekan rem, maka akan muncul tanda dari belakang mobil yang menandakan mobil itu berhenti karena rem.

6. Michael Jackson

Dalam sebuah lagu yang muncul pada 1987 berjudul “Smoth Criminal”, Michael Jackson mencondongkan tubuh ke depan dengan sudut menantang gravitasi yang tak biasa dilakukan orang banyak. Seakan-akan Jackson terlihat miring dan membuatnya akan jatuh. Namun, ternyata cara ini dilakukannya dengan menghubungkan tali pengikat di pinggangnya. Dalam menggunakan ini, MJ tak bisa melakukan ini di atas panggung, karena itu harus membutuhkan seseorang yang mengaitkan dan melepaskan. Ternyata MJ melakukannya dengan menghubungkan tali pengikat yang dikenakan di pinggangnya. Namun, dia tidak bisa melakukan ini di atas panggung secara langsung, karena itu harus membutuhkan seseorang yang mengaitkan dan melepaskan. Jackson mematenkan metode ini dengan Michael Bush dan Dennis Tompkins pada 1993.

5/5 (4)

Silakan nilai berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *