Mengintip Asal Usul Ikan Cupang Avatar Beserta Ciri Cirinya

 
Bagikan artikel ini

Mengintip asal usul ikan cupang avatar beserta ciri cirinya. Memelihara cupang dianggap sebagai salah satu hobi yang menarik perhatian. Dari sekian banyak jenis yang ada, ikan cupang avatar tengah menjadi incaran para kolektor karena dianggap memiliki kasta tertinggi dengan nilai jual sangat tinggi. Penasaran dengan pesona yang dimiliki ikan hias satu ini ? Berikut ulasannya.

Ikan Cupang Avatar
Ikan Cupang Avatar

Asal Usul Cupang Avatar

Jenis cupang satu ini cukup unik, karena merupakan hasil kawin silang antara cupang Black Mamba dengan cupang Koi Galaxy yang berasal dari kelas cupang koi. Inilah alasan mengapa jenis ikan ini terlihat serupa dengan 2 spesies cupang tersebut meski memiliki keunikan tersendiri. Sayangnya Anda harus berusaha agar kombinasi warna sesuai dengan keinginan.

Sulitnya mengawinkan indukan untuk menghasilkan cupang jenis avatar membuatnya memiliki nilai jual lebih tinggi dibandingkan jenis cupang lainnya. Setidaknya para kolektor harus rela mengeluarkan dana sekitar 1 juta hingga 3 juta rupiah untuk satu ekor cupang jenis avatar saja. Tingginya patokan harga ternyata tidak menyurutkan minat kolektor untuk membelinya.

Berdasarkan penjelasan diatas, diketahui bahwa ikan cupang avatar tidak akan pernah ditemukan di habitat aslinya karena jenis ikan hias satu ini memang diciptakan lewat rekayasa genetika. Hanya lewat perkawinan silang inilah mereka dapat tercipta dan harus melewati proses yang tidaklah mudah. Tidak heran jika nilai jualnya cukup tinggi di pasaran.

Selain dari proses perkawinan yang cukup sulit, tingginya nilai jual cupang satu ini dipatok dari faktor corak warna serta ukurannya. Semakin unik corak tubuhnya, otomatis Anda harus mengeluarkan dana lebih untuk mendapatkan ikan hias tersebut. Bukan hanya dari segi harga, ikan hias ini pun membutuhkan perawatan khusus agar menghasilkan indukan berkualitas.

Baca juga:  Yuk Kenalan Dengan Ikan Cupang Nemo Multicolor Yang Hampir Mirip Ikan Badut!

Di luar negeri, jenis cupang satu ini lebih dikenal dengan Cupang Galaxy berkat corak warnanya yang unik dan tampak menyala bak langit malam berhiaskan bintang bintang. Warna tubuh ikan cupang avatar yang mencolok, konon mengingatkan para kolektor Indonesia dengan salah satu film populer bernama Avatar yang merupakan hasil garapan Stephen Spielberg.

Ikan Cupang Avatar
Ikan Cupang Avatar

Ciri Ciri Cupang Jenis Avatar

Membedakan antara cupang jenis avatar dengan jenis cupang lainnya tidaklah sulit seperti yang dibayangkan. Meski sekilas tampak serupa, ternyata ikan hias satu ini memiliki ciri khas pada badannya yang didominasi dua warna berbeda yakni hitam dengan totol biru. Corak warna tubuhnya inilah yang mengingatkan Anda dengan pemandangan galaxy.

Berkat kemahiran manusia, kini jenis ikan satu ini pun memiliki corak dengan variasi warna beragam. Cupang jenis Avatar gold misalnya, dimana ikan hias ini terlihat elegan berkat perpaduan warna hitam dan kuning emas yang menghiasi seluruh badannya. Ada pula cupang jenis avatar gordon dengan ciri khas yang membuatnya tidak kalah menarik untuk dimiliki.

Ikan Cupang Avatar Gordon memiliki corak warna hitam dengan semburat warna biru yang menjadi daya tarik utamanya. Berbeda lagi dengan cupang jenis avatar red yang memiliki ciri khas pada kombinasi warna hitam dengan sedikit semburat warna merah dan totol biru. Corak totol biru ini tampak seperti butiran mutiara yang menghiasi seluruh tubuhnya.

Ikan Cupang Avatar
Ikan Cupang Avatar | Sumber: Bettaid

Penutup

Itulah asal usul dan ciri khas cupang jenis avatar yang tidak ditemukan pada jenis cupang lainnya. Apabila tertarik membudidayakannya, tentu saja Anda harus mempersiapkan berbagai hal mulai dari indukan berkualitas hingga pakan terbaik agar cupang tumbuh dan berkembang dengan sehat. Bahkan Anda bisa mendapatkan bibit berkualitas lewat toko online. Menarik bukan ?